1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

6 Penyebab Banned Google AdSense yang Jarang Diketahui Pemula

Discussion in 'Bengkel AdSense' started by puthzel, Apr 6, 2012.

  1. puthzel

    puthzel Super Hero

    Joined:
    Jun 10, 2006
    Messages:
    1,553
    Likes Received:
    203
    Location:
    Jakarta
    Belakangan ini banyak AdSenser yang merasa galau lantaran terkena banned dari Google AdSense, bahkan saking kesalnya ada yang mau mengumpulkan masa untuk demo di kantor perwakilan Google di Gedung Cyber 2, Kuningan – Jakarta, Weh… :D Saya turut bersimpati kepada yang terkena banned, apalagi bagi yang punya harapan besar di Google AdSense, semoga ada rezeki lain yang bisa sobat dapatkan.


    [​IMG]

    Bagi sobat yang terkena banned dari AdSense jangan marah-marah dulu karena merasa tidak bersalah dan balik menyalahkan Google, pertanyaannya apa iya tidak ada peraturan yang sobat langgar? sudah main bersih atau adakah 6 hal di bawah ini yang sobat lakukan? :)

    1. Situs MFA

    MFA singkatan dari Made for AdSense, adalah sebuah website yang khusus diperuntukkan untuk mendapatkan earning dari Google AdSense, jelas situs beraliran MFA bersalah, karena tujuan utama sebuah situs diperuntukkan bagi pembaca bukan semata-mata untuk AdSense.

    Bagi yang terbiasa melakukan blogwalking cukup mudah untuk menilai blog tersebut MFA atau bukan, kelihatan dari themes yang digunakan, cara penulisan, posisi iklan, traffic dsb.

    Solusi :
    Buatlah situs yang berguna, sehingga visitor yang datang ke situs sobat merasa mendapatkan apa yang dicari dan jauhilah themes yang diperuntukkan khusus untuk AdSense.

    2. Melanggar TOS

    Sebagai seorang AdSenser apa sudah MEMBACA TOS dari Google AdSense?
    Coba baca lagi, buka-buka forum dan konsultasi kepada AdSenser senior mengenai konten dan perihal lain seputar AdSense, tidak perlu malu karena malu bertanya sesat di AdSense :)

    3. Autoblog

    Blog berjalan otomatis menjadi target operasional dari AdSense, waspadalah!

    4. Website Copy-Paste

    Yang dimaksud blog copy-paste adalah blog (biasanya MFA) yang kontennya berasal dari sumber-sumber lain yang memang tidak diperuntukkan untuk dicopy-paste, contohnya artikel pribadi, newsletter dsb.
    Copy-Paste silakan tapi kasih sumbernya dan konten copy-paste jangan dijadikan kekuatan utama dalam website yang diikut sertakan di Google AdSense.

    5. Traffic Website Rendah

    Website yang memiliki traffic rendah dianggap ‘nyampah’ dan tidak serius keikut sertaannya di Google AdSense, mungkin dengan alasan efisiensi dan menjaga loyalitas para AdSenser maka Google AdSense melakukan banned pada website-website yang kurang atau tidak berkualitas dari segi traffic.

    6. Konversi Rendah

    Ini teorinya pak guru Noviku (*aku angkat ya pak guru) menurut beliau blog-blog yang memiliki konversi klik rendah akan terkena banned dari AdSense, mirip seperti kasusnya ppc kliksaya.com dulu yang di mana blog-blog dengan traffic kecil akan diban karena dianggap ‘nyampah’ dan tidak serius serta memberatkan server, tujuan bannednya pun sama dengan poin 5 di atas yaitu efisiensi serta menjaga kualitas dari iklan Google AdSense yang ditampilkan.

    Solusi untuk poin 5 dan 6 adalah :
    saya berkali-kali memberikan advice kepada para AdSenser pemula, kalau mau ikutan Google AdSense maka sebaiknya ramaikan dulu websitenya hingga benar-benar berkualitas dan ramai, kalau menggunakan statistik buatlah dulu website tersebut minimal ada 100 unique visitor yang datang setiap hari, Alexa sekitar 1 jutaan dan memiliki konten yang berkualitas setidaknya 50 post berkualitas.
    Coba sobat pikirkan buat apa memasang iklan Google AdSense dan hanya dapat 1 dollar per hari? Earning segitu perlu waktu 4-5 bulan hingga bisa dicairkan kalau tidak ada perubahan dari segi kualitas websitenya, lebih baik ramaikan dulu sehingga earning lebih berasa dan berasa lebih :) Jangan pertaruhkan resiko akun Google AdSense sobat hanya untuk earning $1 per hari :)

    The Quetions is…

    [​IMG]
    Sebuah pertanyaan muncul, mengapa ada beberapa website yang jelas-jelas bersalah namun masih tetap exist sampai sekarang? bahkan earningnya semakin lama semakin besar.
    Jawabannya ada 4 kemungkinan, saya kemukakan dari pengalaman saya ber-Google AdSense selama 5 tahun serta sharing dari teman-teman.

    1. Member Senior

    Google AdSense menjaga para AdSenser yang loyal kepadanya, yaitu yang sudah tergabung lama, senior, profesional dan dianggap menguntungkan oleh Google, member-member senior ini jika melakukan kesalahan maka diberikan ruang untuk memperbaiki kesalahnnya, misalnya ditegur via email, diberikan peringatan serta diberikan nasehat agar sesuai dengan rules, dengan begitu member-member senior tidak langsung kena banned jika ada kesalahan.
    AdSenser senior juga mendapatkan previlege khusus lainnya yaitu, jika ada pelanggaran fatal di websitenya maka biasanya bukan akunnya yang dibanned tapi hanya websitenya saja yang terkena banned.

    2. Keperluan Riset Tim Google AdSense

    Sebagai perusahaan yang juga bergerak di bidang periklanan tim riset Google AdSense juga perlu data, perlu statistik, misalnya
    - Iklan apa yang keluar jika kontennya adalah konten dewasa?
    - Iklan apa yang keluar jika kontennya memuat konten judi? apakah yang keluar adalah iklan yang berhubungan games, finansial atau yang lainnya?
    - Apakah konten yang dilarang ditampilkan oleh Google AdSense memiliki konversi yang sama dengan konten yang diperbolehkan?
    Hal-hal tersebut perlu jawaban *Kira-kira sobat tau gak jawabannya? :)
    Untuk itulah biasanya tim support memberikan adding time dan barulah setelah itu diambil tindakan.

    3. Belum Ketahuan

    Ini kemungkinan kecil, karena iklan Google keluar berdasarkan isi konten website yang dapat dengan mudah dideteksi apakah konten yang dilarang atau diperbolehkan.

    4. Tidak Melanggar

    Jika menurut sobat ada website yang melanggar TOS dari Google AdSense mungkin tim Google AdSense berpikiran lain, mungkin sah-sah saja :)


    [​IMG]

    Apakah saya pernah terkena ban?
    Jawabannya yup pernah, yaitu pada tahun 2007, pada waktu itu saya sangat kesal terkena ban dan sempat menyalahkan Google AdSense, namun setelah dipikir dan ditelaah ternyata kesalahan memang benar kepada saya.

    Banned Pertama
    Pada banned pertama saya mengakui kesalahan saya karena waktu itu saya melakukan pelanggaran TOS dalam hal mendatangkan traffic dengan menggunakan metode yang tidak diizinkan oleh Google AdSense sehingga dianggap membahayakan pengiklan.

    Banned Kedua
    Pada tahun yang sama yaitu 2007, yaitu setelah dibanned saya membuat 2 akun AdSense, keduanya diapprove, namun selang beberapa lama kemudian satu akun dibanned padahal earningnya masih $0 alias belum ada earning sama sekali, di sini saya merasa kesal karena berpikir “diklik saja belum tapi sudah kena banned” namun ternyata saya menyadari bahwa akun ganda dilarang oleh Google AdSense.

    Saya harusnya bersyukur karena yang dibanned hanya 1 akun saja, yang 1 akun tetap dibiarkan hidup, dan akun hidup itulah yang saya gunakan hingga saat ini :)

    Semoga yang saya tulis berguna khususnya bagi para pemula yang baru mengenal Google AdSense, kuncinya satu kok kalau mau aman yaitu : patuhi rules, simple :)

    Source : blog saya.
     
  2. newbisa

    newbisa I'm Blogger Lovers

    Joined:
    Dec 13, 2010
    Messages:
    2,417
    Likes Received:
    539
    Location:
    DigitalJV.com
    Mantap om sharenya,. ane setuju banget,. kurang lebih sama dg pengalaman ane:senyum:
     
    Last edited: Apr 6, 2012
  3. Verified Account

    Verified Account Ads.id Starter

    Joined:
    Apr 6, 2012
    Messages:
    75
    Likes Received:
    1
    Location:
    Semarang
    baru dua hari kemarin akun GA saya diapprove mas google. Smoga awet hahaha
     
  4. rhedo

    rhedo Newbie

    Joined:
    Aug 10, 2011
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Location:
    Sidoarjo
    Wah, artikel yang menarik gan...ane kemarin juga abis kena Banned, engga tau apa alasan dibalik penyergapan itu, mungkin gara2 kontennya banyak yang copas, giman ga copas kalo blognya tentang lowongan kerja gan..hehehehehe
    gmn menurut agan kalo kayak blog ane yang isinya lowongan, kn mau ga mau ya copas lagi?
    ane masih bimbang mau daftar ulang lagi ke GA.. masih pake yang lokal.
     
  5. ryukk

    ryukk Ads.id Pro

    Joined:
    May 14, 2011
    Messages:
    269
    Likes Received:
    5
    lha trus..
    bagaimana caranya kita tau kalo web kita sudah bisa menghasilkan min $10/day
    kan belum tentu banyak visitor = banyak klik

    :bosan:
     
  6. sarkem

    sarkem Super Hero

    Joined:
    Feb 24, 2011
    Messages:
    1,314
    Likes Received:
    282
    Location:
    Sebelah Rumah Ente
    yang banyak visitor aja belum tentu dapet klik banyak, apalagi yang visitornya dikit..:swt:
     
  7. hadie87

    hadie87 Densus 99

    Joined:
    Sep 10, 2009
    Messages:
    5,920
    Likes Received:
    3,046
    Location:
    Baturaja, Indonesia
    untuk tambahan.

    Navigasi website juga sangat penting. Karena beberapa kali temen temen di banned hanya karena masalah navigasi. nah navigasi disini yang kadang menjadi susah di telaah. karena banyak penjual theme (maaf) meng klain theme nya High CTR tapi terkadang tidak memperhatikan unsur pelanggaran ini.

    Yang termasuk dalam Pelanggaran di Navigasi:
    1. Ngeblended banget antara iklan dan Navigasi Website
    2. Sengaja di sembunyikan nya link2 ke internal page dan di tonjolin iklan nya.
    3. Memberikan penunjuk arah agar user ngeklik.

    Klo soal point 6. Konversi Rendah ane kurang setuju karena ga ada sumbernya yang pasti. Yang pasti Google ga akan melarang siapapun menerbitkan iklan nya walaupun ga ada trafficnya?
    Ane sendiri sudah buktikan, akun ane dulu baru. dan ane cuma pasang di blog yang pengunjung nya paling cuma 1-10an. dan selama 4 bulan earning cuma $4. dan akun masih aman sampai sekarang.
     
  8. degungJagung

    degungJagung Super Hero

    Joined:
    Nov 28, 2011
    Messages:
    1,092
    Likes Received:
    29
    Location:
    Bali
    Setuju baget,, :senyum:

    SAVE Google Adsense
    Be a Good Indonesian Adsense Publisher



    yg kena banned ga perlu pake demo di kantor perwakilan Google,, lebih baik lihat ke diri sendiri dulu,,
    apa sudah sesuai TOS GA web yg di buat?
    gabung Google Adsense sudah sepantasnya ikuti peraturan yg ada
    :senyum: :peace:
     
  9. puthzel

    puthzel Super Hero

    Joined:
    Jun 10, 2006
    Messages:
    1,553
    Likes Received:
    203
    Location:
    Jakarta
    Semoga aman... :senyum:

    Mungkin terlihat MFA... :)

    Kalau daftar ulang sebaiknya gunakan identitas yang berbeda, khususnya di alamat... and jangan melanggar lagi... :)

    Sering-sering baca, jadi tau website mana, traffic berapa, dan konten apa yang menghasilkan...

    Secara universal (di seluruh dunia) biasanya jumlah klik Adsense berkisar 1 hingga 5 persen dari jumlah page views... khan bisa dihitung sendiri kalau per klik $0.1 maka perlu 100 kali klik dan kurang lebih perlu 5000-10000 page views / day jika ingin earning $10, itu dengan asumsi per kliknya $0.1, nilai perklik segitu (atau lebih) biasanya konten English.

    Yupz, tergantung tujuan web, konten, design, penempatan dsb... itu juga mempengaruhi klik :senyum:
     
  10. embey

    embey Super Hero

    Joined:
    Sep 27, 2011
    Messages:
    953
    Likes Received:
    91
    Location:
    Kotabaru Gunungnya Bamega
    terima kasih mastah wejangannya
     
  11. holmesindo

    holmesindo Ads.id Pro

    Joined:
    Aug 3, 2011
    Messages:
    450
    Likes Received:
    268
    Location:
    Surabaya
    Hmm setuju gan :)

    Thx for Sharing
     
  12. cahngalasz

    cahngalasz Super Hero

    Joined:
    Sep 5, 2009
    Messages:
    2,013
    Likes Received:
    26
    Location:
    Klaten, Jawa Tengah, Indonesia, Indonesia
    Terima kasih sudah mengingatkan kita semua.. Google adsense bukan program instan penghasil dollar, kalo ane seh enjoy the prosess aja :silau:
     
  13. han.xcodex

    han.xcodex Ads.id Starter

    Joined:
    Jan 27, 2007
    Messages:
    89
    Likes Received:
    6
    mantab petuah nya, om puthzel
     
  14. Pahlawan_Berwajah_Tampan

    Pahlawan_Berwajah_Tampan Hero

    Joined:
    Jan 18, 2012
    Messages:
    570
    Likes Received:
    21
    Location:
    Ads.Id
    Terima kasih sudah mengingatkan kita lagi., siap dibaca dan dipraktekan
     
  15. AbHafd

    AbHafd Ads.id Pro

    Joined:
    Jul 22, 2010
    Messages:
    360
    Likes Received:
    5
    Location:
    Pekanbaru
    :senyum:he.e.e jadi malu, mungkin salah satu dari alasan yang diulas ma ts pernah ane langgar... makanya dapat kartu merah... he.e.e.
    thanks mas, semangat mo daptar lagi neh, mudah2an ga melangar rambu2 lagi
     
  16. savata

    savata Ads.id Starter

    Joined:
    Apr 3, 2012
    Messages:
    63
    Likes Received:
    1
    I Like This..
     
  17. legowo

    legowo Hero

    Joined:
    Jan 10, 2012
    Messages:
    743
    Likes Received:
    46
    Location:
    marang sliramu
    analisis yg TS jabarkan sangat berguna buat nubie..
    mksh jg buat mas hadiee atas tambahannya.
     
  18. red army

    red army Dalih Webmaster Hangout team

    Joined:
    Mar 20, 2011
    Messages:
    1,653
    Likes Received:
    45
    Location:
    lagi bertapa
    mantab mas sharingnya.. :)

    n suka ma kata2 ini: be a good Indonesian publisher.. :D ayo.. :D
     
  19. facebox

    facebox Ads.id Fan

    Joined:
    Sep 4, 2011
    Messages:
    141
    Likes Received:
    0
    makasih gan wejangannya, mau introspeksi diri
    dulu ah... :D
     
  20. fiqri02

    fiqri02 Ads.id Fan

    Joined:
    Dec 4, 2011
    Messages:
    110
    Likes Received:
    4
    Antara MFA sama Konversi Rendah .... bertentangan tuch .... cara ngatasi gmn?
     

Share This Page