1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

[SHARE] 9 Parameter Backlink Berkualitas untuk Mendominasi Halaman SERP Google

Discussion in 'SEO' started by rohaditerate, Nov 11, 2014.

  1. rohaditerate

    rohaditerate Super Hero

    Joined:
    Apr 13, 2009
    Messages:
    2,034
    Likes Received:
    1,516
    Location:
    rohadiright.com
    [SHARE] 9 Parameter Backlink Berkualitas untuk Mendominasi SERP Google

    Semoga judulnya tidak terlalu bombastis :)

    Backlink berkualitas sangat diperlukan untuk bersaing di halaman pencarian Google, terutama dari sisi off-page. High quality links atau backlink yang berkualitas sangat diperlukan bagi website karena algoritma terbaru Google untuk perankingan situs kini lebih mengedepankan kualitas daripada kuantitas.

    Cara yang dua - tiga tahun lalu works mungkin sudah tidak works lagi sekarang.

    Cara-cara yang dulu dianggap efektif untuk menaikkan ranking kini bisa jadi sekarang malah dianggap spamming dan bisa memberi efek negatif bagi situs yang dibacklink.

    Yang masih bertahan dengan software-software otomatis dalam optimasi off-page pun harus lebih selektif dalam memilih jenis backlink yang digunakan dan tidak asal hajar jika tidak ingin di garuk Penguin (algoritma Goole yang khusus menangani masalah spamming links dan poor backlinks profile).

    Terkecuali jika Anda memang sudah expert dengan software-sofware auto backlink yang anda jalankan, saya sarankan anda beralih dari model backlink massal dengan kualitas rendah (low quality) ke backlink manual dengan kualitas tinggi (high quality).


    [​IMG]


    Nah.. Masalahnya sekarang adalah, meski sudah banyak yang beralih ke backlink manual namun tidak banyak yang tahu bagaimana sebenarnya parameter yang digunakan untuk mengukur kualitas suatu backlink di mata Google. Terutama bagi mereka yang masih pemula, newbie dan masih awam dalam hal SEO.

    Saya coba searching untuk keyword 'backlink berkualitas" di google, masih banyak hasil pencarian yang muncul dengan tekhnik-tekhnik yang sudah outdated alias ketinggalan jaman. Backlink yang mengandalkan kuantitas mungkin efektif untuk dua tahun kebelakang. Tapi untuk sekarang, it's not that worth anymore...

    Untuk itu, saya tulis 9 Parameter Backlink Berkualitas (Google Penguin 3.0 Friendly) yang semoga bisa menjadi panduan dalam mencari backlink berkualitas untuk optimasi off-page anda.


    Parameter Pertama : Relevance (Relevansi)

    Backlink yang berasal dari topik yang sejenis atau relevan sangat bagus dikarenakan link jenis ini terlihat lebih natural, baik bagi pembaca (reader) maupun bagi search engine. Dilihat dari segi user experience, backlink yang berada di webiste yang relevan juga tidak akan mengganggu konsentrasi pengunjung, bahkan sangat memungkinkan untuk mendapatkan klik yang akhirnya terkonversi menjadi kunjungan / trafik.


    Parameter Kedua : Contextual Links (Link di Dalam Kalimat / Artikel)

    Contextual links atau in-content links adalah links yang berada di dalam suatu artikel. Alasan mengapa backlink jenis ini berkualitas dikarenakan link yang berada di dalam artikel biasanya berhubungan dengan apa yang dibahas di dalam artikel tersebut (topik yang ditulis). Jadi contextual links juga memenuhi parameter pertama untuk backlink berkualitas yaitu Relevansi.


    Parameter Ketiga : High PR (Pagerank Tinggi)

    Google menghadiahi website yang tingkat tusted dan authority nya tinggi dengan Pagerank, semakin tinggi pagerank maka biasanya semakin tinggi pula authority nya. Jadi, backlink yang didapat dari domain dengan PR tinggi tentunya punya kualitas yang lebih baik dari pada backlink yang didapat dari situs PR0 atau PR N/A.

    Dengan berita terbaru yang belakangan beredar yaitu kemungkinan dihapuskannya Pagerank dari sistem penilaian Google, maka penilaian Authority suatu website bisa menggunakan alternative dari Moz yaitu DA PA (Domain Authority dan Page Authority). Bila diperlukan, CF (Citation Flow) dan TF (Trust Flow) juga bisa anda gunakan. Patokan nilai yang digunakan untuk mengukur authority suatu website tetap sama, semakin tinggi nilainya semakin bagus.


    Parameter Keempat : Aged Domain (Domain Berumur)

    Jika suatu web tingkat trusted dan authority nya tinggi, biasanya umur domain dari website tersebut juga sudah lama. Jarang ada suatu web yang bisa mendapatkan PR4 atau PR5 dalam hitungan bulan (terkecuali untuk web yang domainnya berasal dari domain drop atau hasil manipulasi domain fake). Kelebihan lain dari aged domain biasanya indexnya lebih cepat. Walaupun website berumur tidak selalu berbanding lurus dengan authority yang juga besar, mendapatkan backlink dari domain dengan jenis ini sayakira jauh lebih aman dari pada mendapatkan backlink dari website-website yang masih baru dengan index yang belum stabil.


    Parameter Kelima : High Traffic (Trafik Tinggi)

    Orang bilang, “google follow people”. Sedikit banyak bisa diartikan, link yang berada di website dengan trafik tinggi mempunyai kualitas yang lebih bagus daripada links yang berada di website dengan trafik rendah, karena link yang berada di website dengan trafik tinggi lebih berpeluang mendapatkan klik (kunjungan) dari visitor di website tersebut.

    Cara termudah untuk mengukur tinggi rendahnya trafik website bisa menggunakan score Alexa.


    Parameter Keenam : Low Outbound Links (Sedikit Link Keluar)

    Hal ini berkaitan dengan Link Juice. Mendapatkan backlink dengan outbound link (link keluar) yang cukup banyak akan mengurangi efektivitas backlink tersebut karena powernya harus dibagi-bagi dengan link-link yang lain di dalam satu halaman yang sama.

    Kebalikannya dengan low outbound links, backlinks yang di dapat dari halaman ini jauh lebih powerful karena Link Juice nya langsung masuk ke website Anda tanpa terlalu banyak terbagi-bagi ke link lain.

    Terlalu sering mendapat backlink dari website dengan outbound links yang banyak juga cukup berbahaya bagi website Anda karena high outbound links rentan dianggap sebagai halaman spam (yang masuk kategori ini biasanya spamming jenis blog commenting).


    Parameter Ketujuh : Different C class IP’s (Unik)

    Mendapatkan backlinks dari website dengan hosting yang berbeda-beda dan IP yang berbeda-beda juga ikut mempengaruhi peringkat website kita di search engine Google.

    Logikanya, jika backlink yang di dapat dari IP yang berbeda-beda, kemungkinan besar backlinks yang didapat bukanlah manipulasi seperti halnya jika kita membuat backlinks dari website-website kita sendiri (dengan IP dan hosting yang sama).

    At least, itulah yang besar kemungkinan dibenamkan ke dalam pikiran Penguinnya Google. Walaupun dalam prakteknya, tetap saja backlinks beda IP juga bisa dimanipulasi (dengan PBN misalnya).

    Mendapatkan backlinks dari puluhan website dengan IP yang berbeda-beda jauh lebih baik daripada ratusan backlinks tetapi dari 1 website yang sama.


    Parameter Kedelapan : Dofollow Attribut

    Menurut teori, Dofollow adalah link yang dihitung google sebagai sebuah ‘vote’ untuk website Anda, sedangkan nofollow tidak. Jadi, jika Anda mendapatkan banyak backlinks berkualitas dengan 7 parameter diatas namun link nya ternyata bukan dofollow, maka itu adalah sebuah kerugian besar.

    Ada yang mengatakan nofollow tetap dihitung sebagai sebuah backlink, ada yag mengatakan tidak. Menurut saya pribadi, link ini tetap dihitung, namun prosentasenya sangat kecil bila dibandingkan dengan link dofollow.

    Agar tetap terlihat natural, saya sarankan dalam membangun backlink prosentase dofollow nofollow Anda ada di angka sekitar 80 % banding 20 % sampai 95 % banding 5 %. Jangan semua backlink Anda cari yang hanya dofollow saja karena akan terlihat tidak natural bagi search engine, pun juga jangan kebanyakan link nofollow daripada dofollow karena backlink yang Anda bangun akan menjadi kurang powerful.

    (bersambung ke bawah... )
     

    Attached Files:

    Last edited: Nov 12, 2014
    Yangyangan, heristbd, dymash and 45 others like this.
  2. rohaditerate

    rohaditerate Super Hero

    Joined:
    Apr 13, 2009
    Messages:
    2,034
    Likes Received:
    1,516
    Location:
    rohadiright.com
    Parameter Kesembilan : One way links (Link Satu Arah)

    Beberapa tahun lalu link exchange (tukar link) antar sesama blogger adalah suatu aktivitas yang lumrah dan sangat sering dilakukan. Aktivitas ini cukup efektif untuk menaikkan Pagerank dan memperkuat backlink dari situs-situs yang melakukan link exchange.

    Sayangnya, di algoritma Google yang sekarang reciprocal link semacam ini sudah banyak berkurang value nya (mungkin karena sudah terlalu banyak disalahgunakan).

    One way links (link satu arah) ke website kita jauh lebih baik dari pada two way links (link dua arah) seperti model tukar link / link exchange. Alasannya cukup simple, karena kita mendapatkan backlink (+) tanpa harus balik mengeluarkan backlink (-).



    Conclusion

    Dengan memperhatikan 9 parameter diatas dalam mencari backlink, maka website Anda akan jauh lebih mudah bersaing di SERP daripada jika Anda asal comot backlink tanpa memperhatikan kualitasnya. Dan juga, website anda lebih berpeluang untuk lolos dari berbagai update algoritma Google di masa-masa mendatang.

    Backlink berkualitas sangat berguna untuk long term business, sedangkan backlink massal dengan kualitas rendah biasanya hanya mampu menaikkan ranking dalam jangka waktu pendek, seketika dan sementara (short term), untuk kemudian berbalik arah menjadi bumerang bagi website anda.

    [​IMG]

    Anda bisa menambah atau mengurangi 9 parameter diatas sesuai kebutuhan off-page Anda, dan kalau perlu Anda improvisasi sehingga menghasilkan efek yang lebih maksimal. Tidak harus semua syarat diatas terpenuhi karena memang untuk mendapatkan backlink berkualitas yang memenuhi semua parameter tersebut sangatlah susah.

    Jangan lupa juga faktor lain untuk memaksimalkan optimasi off-page Anda seperti social signal (link dari social media). Meskipun link yang dihasilkan dari social media kebanyakan adalah nofollow, tapi backlinks jenis ini juga cukup bermanfaat karena mendatangkan trafik dan bisa menimbulkan efek viral.

    Saya tidak berniat menggurui, karena dalam penerapannya, ilmu SEO bukanlah ilmu pasti. SEO itu dinamis, yang mengharuskan kita untuk terus belajar dan belajar supaya bisa tetap bertahan dan berkembang dalam bidang ini. Hari ini Anda no. 1 di SERP, belum tentu besok Anda berada di 10 besar halaman pencarian (terkecuali Anda membayar Google untuk nampang di Adwords).

    Sebagaimana kita ingin agar website kita selalu tampil di halaman pertama Google, Google pun ingin agar hasil pencariannya selalu menampilkan hasil yang terbaik bagi usernya.

    Baca juga thread Analisa Saya Tentang SEO: It’s All About Google Propaganda! agar anda lebih mengerti 'rahasia' mesin pencari terbesar dunia ini.

    Jika menurut Anda ada yang kurang pas dengan uraian saya diatas jangan sungkan-sungkan untuk berkomentar untuk memberikan opini, sanggahan, kritikan ataupun masukan, karena dari komentar-komentar Anda tersebut saya bisa banyak belajar kekurangan-kekurangan yang ada didalam tulisan saya.

    Wassalam


    dikutip dari website saya sendiri dengan perubahan dan penambahan seperlunya http://www.rohadiright.com/backlink-berkualitas.html
     
    Last edited: Nov 21, 2014
  3. premiumlife

    premiumlife Ads.id Starter

    Joined:
    Sep 10, 2014
    Messages:
    91
    Likes Received:
    2
    Keren ni sangat bermanfaat mastah
     
  4. pacefootball

    pacefootball Banned

    Joined:
    Oct 26, 2011
    Messages:
    1,516
    Likes Received:
    271
    Location:
    selalu ada di hati- MU
    makasih gan sharingnya..ane setuju banget yang ini " Jangan lupa juga faktor lain untuk memaksimalkan optimasi off-page Anda seperti social signal (link dari social media). Meskipun link yang dihasilkan dari social media kebanyakan adalah nofollow, tapi backlinks jenis ini juga cukup bermanfaat karena mendatangkan trafik dan bisa menimbulkan efek viral. "
     
  5. trojan viruc

    trojan viruc Banned

    Joined:
    Oct 14, 2014
    Messages:
    227
    Likes Received:
    3
    Location:
    Kamar Rahasia
  6. m.a.y.a

    m.a.y.a Super Hero

    Joined:
    Jan 8, 2011
    Messages:
    3,011
    Likes Received:
    75
    makasih untuk share nya mastah..
    sangat bermanfaat buat newbie kayak saya.. :senyum:
     
  7. rohaditerate

    rohaditerate Super Hero

    Joined:
    Apr 13, 2009
    Messages:
    2,034
    Likes Received:
    1,516
    Location:
    rohadiright.com



    Siapp...moga benar-benar bisa bermanfaat :)
     
  8. iidbae

    iidbae Super Hero

    Joined:
    Nov 12, 2012
    Messages:
    2,314
    Likes Received:
    168
    Location:
    Pusdai-Bandung
    Tanya, ini sumbernya dari mana yah? Pengalaman pribadi?

    Saya hampir sepakat tuh dengan semuanya (poin-poinnya).
    Saya baca dulu ah.. :D
     
  9. M_Top

    M_Top Hero

    Joined:
    Feb 27, 2014
    Messages:
    570
    Likes Received:
    13
    Location:
    Demak Kota Wali
    wuih manteb wejangan nya... dapet ilmu baru... :D

    sekalian tanya ah, misal tiap link postingan di submit sosbook msih aman gak ya?
     
  10. Alfiant

    Alfiant Super Hero

    Joined:
    Jul 3, 2014
    Messages:
    1,515
    Likes Received:
    147
    Location:
    Indonesia
    Social signal, terutama google plus juga sangat berpengaruh gan.
     
  11. rohaditerate

    rohaditerate Super Hero

    Joined:
    Apr 13, 2009
    Messages:
    2,034
    Likes Received:
    1,516
    Location:
    rohadiright.com
    50% pengalaman pribadi 50% dari hasil riset tiap hari di web2 luar yg khusus membahas masalah SEO dengan berbagai studi kasusnya

    Kalo agan ada yg ga sepakat silahkan disanggah :)

    Sedikit saran untuk social bookmark :
    - Cari yg sudah aged n indexnya cepat + Authority gede
    - Variasikan Judul dan deskripsi di tiap SB agar tdk duplikat
    - Jangan ambil mentah2 judul n deskripsi dari website sendiri

    Kalo masalah G+ ada penjelasan tersendiri gan, nantikan tanggal mainnya ;)
     
  12. tamamfuadi

    tamamfuadi cuma freelancer

    Joined:
    Jun 11, 2014
    Messages:
    756
    Likes Received:
    22
    Location:
    everywhere
    Mantabs abis point2nya...,,

    namun yang paling susah dapet web yang low obl suhu...,, kalo yang high pr banyak,,,, adakah tips footprint buat dapetin web2 yang high pr + low obl suhu??? hehehe
     
  13. blogiyan

    blogiyan Ads.id Fan

    Joined:
    Sep 23, 2014
    Messages:
    220
    Likes Received:
    13
    Location:
    google
    bookmark gan. artikel bagus buat nubi kaya ane buat main offpge. like meluncurrrrr
     
  14. Aprilia88

    Aprilia88 Super Hero

    Joined:
    Dec 26, 2013
    Messages:
    2,127
    Likes Received:
    87
    keren nih, dijelaskan sampai jelas, makasih bro
     
  15. rohaditerate

    rohaditerate Super Hero

    Joined:
    Apr 13, 2009
    Messages:
    2,034
    Likes Received:
    1,516
    Location:
    rohadiright.com
    Tipsnya, mesti rajin utak atik footprint n rajin searching2 di google + bawa sofwer bwt scrape url hasil pencarian. Nanti dari situ dipilah2 lg n dimasukkan excel bwt koleksi pribadi ;)

    Dan jangan terlalu mengandalkan sumber backlink yang sudah di share ke umum karena powernya pasti cepat berkurang n segera saturated jika banyak yang menggunakan + jika blog comment maka akan segera di spam sampai ratusan bahkan mungkin ribuan backlinks :cmiiw:

    Sipp....
     
  16. dotfrieds

    dotfrieds Ads.id Pro

    Joined:
    Oct 15, 2011
    Messages:
    358
    Likes Received:
    3
    Location:
    garut, Indonesia
    mantab..ninggalin jejak buat nyimak mastah..:)
     
  17. sathreea

    sathreea Super Hero

    Joined:
    Jun 13, 2011
    Messages:
    7,720
    Likes Received:
    1,001
    Location:
    Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia
    keren banget! jgn sembarangan biki bekling
     
  18. masterbisnis

    masterbisnis Banned

    Joined:
    Apr 17, 2011
    Messages:
    132
    Likes Received:
    2
    keren ulasannya
     
  19. rohaditerate

    rohaditerate Super Hero

    Joined:
    Apr 13, 2009
    Messages:
    2,034
    Likes Received:
    1,516
    Location:
    rohadiright.com
    Woke..

    Kamsiah :)
     
  20. ananza

    ananza Super Hero

    Joined:
    Feb 9, 2010
    Messages:
    1,976
    Likes Received:
    89
    Location:
    http://ZainDeviana.Com

    s7 nih sm maniak Gplus sebagai anak emas mbah google :) Lanjutkan sharenya mantap
     

Share This Page