1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

[Share] Strategi Jualan Saya (Dropshipp) di Ebay & Screenshoot Penghasilan

Discussion in 'Berbagi Pengalaman' started by geloraku, May 5, 2013.

  1. geloraku

    geloraku Ads.id Pro

    Joined:
    Jul 2, 2009
    Messages:
    295
    Likes Received:
    207
    Tulisan berikutnya: [SHARE] Jualan Produk Lokal di Ebay

    Saya memulai berjualan di ebay sekitar akhir tahun 2010, dan baru merasakan hasil yang signifikan sekitar bulan Maret 2011. Agak telat memang, tetapi itu karena saya menjalankan bisnis tanpa ada tutor secara langsung, bahkan teman sharing pun tidak ada. Saya mempelajarinya dari sebuah ebook yang dibagikan gratis, kemudian mencoba melakukan berbagai percobaan sendiri. Terus terang, saya terbilang malas dan kurang fokus menjalankan bisnis ini.

    Langsung saja, berikut ini deretan screenshoot histori transaksi di paypal saya mulai bulan februari-mei (maaf hanya periode tersebut yang kebetulan saya ambil screenshootnya. Saya pikir cukup lah. ok).

    Screenshoot Penghasilan Ebay – 19 Januari 2011 sd. 9 Februari 2011

    Selama periode ini, uang yang masuk ke paypal saya hanya $24.63. Untuk mengawali berjualan, menurut petunjuk ebook tutorial tersebut harus mengumpulkan feedback terlebih dahulu. apa yang saya jual? nanti saya bagi dalam tulisan lainnya ok silau man! (saya hapus beberapa SS nya untuk memperluas lahan update :D maaf. mungkin di postingan bawah bisa dilihat record nya)

    Screenshoot Penghasilan Ebay – 10 Februari 2011 sd. 19 Februari 2011

    Periode ini sedikit ada peningkatan pemasukan, yaitu $97.48. Itu berarti dalam waktu 19 hari, tanggal 10 Februari 2011 sampai dengan 19 Februari 2011. Kalau dikonversikan ke dalam rupiah, jika rate $1 = Rp 9500, maka $97.48 x 9500 = Rp 926.060,-….

    Screenshoot Penghasilan Ebay – 27 Februari 2011 sd. 28 Maret 2011

    Periode ini berhasil mengumpulkan $611.98 dalam waktu kurang lebih satu bulan.

    Screenshoot Penghasilan Ebay – 29 Maret 2011 sd. 8 April 2011

    Alhamdulillah, $1088.17 atau Rp 10.337.615,- (jika rate $ = Rp 9500) . Hm,,,,, 10 jutaan lebih dalam waktu 11 hari saja! Tapi belum selesai nih screenshootnya….lanjut .. megaphone

    Screenshoot Penghasilan Ebay – 9 April 2011 sd. 23 April 2011

    Namanya juga jualan :( kali ini pemasukan menurun menjadi $999.53 atau hanya sekitar 9.4 jutaan dalam waktu kurang lebih 14 hari alias dua minggu.


    Screenshoot Penghasilan Ebay – 24 April 2011 sd. 6 Mei 2011

    Pemasukan saya dalam periode tersebut adalah $1042.34 atau sekitar 9.9 jutaan dalam waktu kurang lebih 13 hari…


    Screenshoot Penghasilan Ebay – 10 Mei 2011 sd. 27 Mei 2011

    Yeah, 17 hari $3571 atau sekitar 33.9 jutaan! gembira gembira gembira …


    Screenshoot Penghasilan Ebay – 28 Mei 2011 sd. 31 Mei 2011

    Nah, sampe Mei aja yah silau man! ……. dan selama 3 hari, saya berhasil mengumpulkan $1570 atau sekitar 14.9 Juta!!! ngiler2 ngiler2 hehe biasa aja lah….


    Alhamdulillah….

    Oh, ya masih ada beberapa SS yang kebetulan saya simpan…. saya ambil serpihannya aja deh ya…biar seru!

    Nah, screenshot penghasilan ebay yang terakhir di atas kan 3 hari di tahun 2011, dan Ini DUA HARI di tahun 2012, $1389.49 atau sekitar 13.2 jutaan.


    Sekali lagi dah ya:

    Ini yang sehari…dan sifatnya terkadang. wkk….eh, semoga sering deh ya……$1407,00 atau sekitar 13.3 juta!

    [​IMG]

    Screenshoot-screenshoot penghasilan ebay tersebut saya share tanpa ada keinginan untuk pamer-pameran, karena saya tahu banyak yang berpenghasilan lebih besar, bahkan jauuuuuuuuuh lebih besar. Di atas langit masih ada langit. Saya cuma kerikil yang sombong, bro….. Dan atas nama kerikil, saya hanya ingin ini menjadi semangat untuk teman-teman , dan siapapun yang membaca tulisan ini.

    Saya harap, ini juga akan membuka paradigma saudarah-saudarah bahwa “penghasilan tak terbatas” itu sangat MUNGKIN! Tetapi tentunya tidak terlepas dari berbagai resiko. Kurang baik juga jika menganggap hasil tersebut bisa didapatkan sangat mudah atau instan! Semuanya hanya bisa didapat dengan kerja keras dan DO’A. Yang namanya bisnis, semuanya sama….butuh kerja keras, dan memiliki potensi penghasilan tak terbatas…………….

    Oya, Screenshoot penghasilan tersebut REAL! Dan benar-benar milik saya. Saya bisa mempertanggungjawabkannya.

    NOTE: Pemasukan tersebut KOTOR. namanya juga jualan. ada biaya-biaya yang harus dikeluarkan dong... fee ebay, paypal, order ke supplier, refund, dll.... tapi setidaknya, cukup senang lah dah sempat mampir dalam kehidupanku, walaupun sesaat. wkkkkkkkkk... namun, sebagai patokan, dalam kebanyakan listingan, saya selalu menargetkan profit lebih dari 50% bahkan tidak sedikit yang sampai 100-250% :mawar:


    Bagaimana strateginya?
    Persoalan teknis, saya pikir bisa dipelajari di banyak blog bahkan langsung di website official ebay nya sendiri. Ada beberapa point saja yang kerap saya lakukan dalam menjalankan bisnis ini. berikut ini kurang lebih alurnya.

    * Cari Barang & Supplier ====> Research manual =====> Listing

    Cari Barang & Supplier
    Karena saya lebih ke dropshipp, untuk mencari barang apa yang akan dijual, saya cenderung beranjak dari item-item yang ditawarkan di website supplier. Saya sering browsing di aliexpress :senyum: . Kenapa Aliexpress? Secara sederhana, aliexpress itu ecommerce retailnya alibaba.

    "AliExpress brings you quality products at wholesale prices on even the smallest orders. AliExpress is a part of Alibaba.com and offers minimum orders as low as 1 item, buyer protection and express delivery with full tracking.AliExpress currently hosts more than 5,900 different types of products from over 44 different industries,including the following: Apparel & Accessories, Automobiles & Motorcycles, Cell Phones, Computer Hardware & Software, Electronics, Health & Beauty, Lights & Lighting, Luggage,Bags & Cases,Security & Protection, Shoes & Accessories, Toys & Hobbies,Watches & Jewelry and Wedding Supplies. "

    Di sana tempat berkumpulnya supplier yang rata-rata accept dropshipp. Lalu apa yang saya lakukan di sana? saya biasanya beranjak untuk memperhatikan "Best Selling" nya. Di sana ada tab khusus "best selling". Di situlah saya mulai memainkan insting:sempoa:. Kira-kira item apa yang memiliki potensi bagus untuk dijual di ebay.

    Salah satu rahasia saya (sebetulunya bukan rahasia, biar keren aja), misi saya bukan hanya mencari item yang menarik utuk dijual kembali, tetapi juga mencari supplier yang terpercaya & friendly. Seringnya saya transaksi di luar aliexpress,,wkk,,,, tentunya itu salah satu strategi untuk mendapatkan harga lebih murah dari harga yang ditampilkan di tokonya.



    Research Manual

    Saya sebut research manual karena ada juga yg menggunakan tool tertentu, sebut saja terapeak...:D ..kenapa manual? karena saya sendiri hanya bolak-balik, aliexpress ---> ebay ----> aliexperess -----> ebay....dengan menggunakan fasilitas mesin pencari mereka.

    cari barang yang masih memiliki margin, dan pesaingnya tidak uedan dengan cara menggunakan fasilitas mesin pencari. bahkan sekarang lebih enak, result dari mesin pencari biasanya secara default akan menampilkan active listing, namun kita juga bisa custom menjadi "sold item" atau "complete listing"... lihat "sold item" untuk melihat history penjualan item tersebut...kalu banyak ijo ijonya, beranjak ke harga! masih ada margin kah? kalau belum, balik lagi.......kkk

    Ini lah kenapa saya cenderung mencari rekanan dengan suplier.. kita bisa bisik-bisik, dan tidak jarang saya meminta rekomendasi item apa yang sedang hot saat ini.....

    Oya, rata-rata item yang saya jual bukan item yang saya ketahui dengan baik apa amanfaatnya, penggunaan, dll nya...... wkkk...kok bisa? bisa lah, kan ada rekan suplier yg siap membantu ketika ada pertanyaan dari buyer dll........


    Listing

    Ga usah diceritain deh...yg jelas sy cenderung menggunakan free shipping.... atau dalam keadaan tertentu saya buka dengna sistem bidding... itu kadang-kadang bisa menggenjot traffic.....tambahan: silahkan gunakan tool diwebsite ini untuk mengetahui nett profit kita setelah dipotong fee ebay dan pp, ini akan membantu kita untuk menentukan harga: newlifeauctions(dot)com/calc(dot)html

    Sekian dulu yah.....saya pikir cukup ya..kapan-kapan diupdate lagi deh. mohon maaf jika kurang berkenan.... dan makasi om momod atas tempatnya.....:)

    semoga bermanfaat....

    *ga nolak dikasi "like" :kiss:


    UPDATE:
    - Bagaimana saya menangani bebearpa persoalan "klasik" seperti: barang tidak sampai, barang terlambat, dispute, limit paypal, dan ebay dispute

    - Jawaban Pertanyaan Mengenai STRATEGI BERTAHAN di ebay...

    - Saya baru lolos dari DISPUTE $689 bagaimana ceritanya??


    - Aplikasi-aplikasi dair my ebay yg perlu dipertimbangkan untuk mendukung penjualan


    Tulisan berikutnya: [SHARE] Jualan Produk Lokal di Ebay
     
    Last edited: Apr 28, 2015
  2. dotyahoo

    dotyahoo Super Hero

    Joined:
    Sep 25, 2012
    Messages:
    2,014
    Likes Received:
    104

    ane amankan post nya gan btw nice share.:D like add ed
     
    geloraku likes this.
  3. geloraku

    geloraku Ads.id Pro

    Joined:
    Jul 2, 2009
    Messages:
    295
    Likes Received:
    207
    monggo, bro...silahken, makasi dah mampir...:D
     
  4. xavierix

    xavierix Super Hero

    Joined:
    May 22, 2011
    Messages:
    1,705
    Likes Received:
    166
    Location:
    makassar
    terima kasih sharenya.
    screenshootnya dikurangin aja gan, penjelasan tipsnya yang perlu ditambah
     
    im-januardi likes this.
  5. Faddas

    Faddas Super Hero

    Joined:
    Jun 1, 2011
    Messages:
    1,204
    Likes Received:
    74
    Location:
    Surabaya
    WOW, mantap mastah.... ane juga pengen belajar dropshipping...
     
  6. van_arista

    van_arista Konsultan Toko Online

    Joined:
    Aug 22, 2009
    Messages:
    3,336
    Likes Received:
    1,235
    Location:
    Surabaya
    ane yakin penghasilan di tahun 2013 sudah diatas 3 digit sehari.. :D

    Cek PM..

    Gud luck ya bro..
     
    belajarlagi likes this.
  7. ulilalbab

    ulilalbab Ads.id Pro

    Joined:
    Aug 23, 2012
    Messages:
    374
    Likes Received:
    39
    Location:
    Gunung Semeru
    Re: [Share] Strategi Jualan Saya (Dropshipp) di Ebay & Screenshoot Penghasilan

    Gila.. agan bener2 rock dropshipper..hehehe.. doain semoga ane nyusul gan.. :thumbup:

    Sent from my LG-P500 using Tapatalk 2
     
  8. geloraku

    geloraku Ads.id Pro

    Joined:
    Jul 2, 2009
    Messages:
    295
    Likes Received:
    207
    Re: [Share] Strategi Jualan Saya (Dropshipp) di Ebay & Screenshoot Penghasilan

    makasi sarannya, om... ada jg yg minta ditambahin ss malahan om... :D

    sebetulnya bukan dari dropship aja bro... jual sendiri juga, cm lbih dominan dari dropshpipp

    makasi bro, nanti dlanjut detailnya

    yoi bro, ane bilang juga; kerikil,,,, :D.....amiiiin semoga gan
     
  9. CahyaDalom

    CahyaDalom Ads.id Pro

    Joined:
    Mar 10, 2013
    Messages:
    302
    Likes Received:
    5
    Pasti harus bisa dan mengerti komunikasi bahasa inggris ya ?
     
  10. supermance

    supermance Super Hero

    Joined:
    Jan 26, 2009
    Messages:
    2,099
    Likes Received:
    116
    Location:
    Mirrorcle World
    nice share, thanks added. ditunggu lanjutan post nya kang
     
  11. ketoles

    ketoles Ads.id Pro

    Joined:
    Jul 19, 2011
    Messages:
    415
    Likes Received:
    21
    Location:
    Madura
    WOW, pasti fokus banget
     
  12. bernandin

    bernandin Super Hero

    Joined:
    Jan 20, 2010
    Messages:
    4,337
    Likes Received:
    872
    Location:
    Bondowoso
    intinya harus FOKUS....FOKUS..... jika ingin sukses sprti agan TS.
     
  13. geloraku

    geloraku Ads.id Pro

    Joined:
    Jul 2, 2009
    Messages:
    295
    Likes Received:
    207
    wajib bro, ane pikir english saat ini sangat dibutuhkan, untuk pasar international ..apapun; CPC, CPA, CPS, dll... setidaknya ngeh pake translate. orang sono jg ngerti kita bukan pengguna aktif english. jadi salah salah dikit yg penting mereka bisa nangkep apa yg kita omongin. setiap hari sy chat dengna suplier china, komunikasi dg calon buyer, dan pelanggan, juga dijembatani google translate :D....

    sama sama bro,,,makasi dah mampir... tergantung animo bro...:)

    betul bro, apapun itu! fokus . . . di satu bidang yg kita geluti, pastinya banyak peluang lainnya yg sayang kl dilewatkan..........ane gagal di adense, cB, CPA, flippa, PTR, dll...bukan karena mereka ga prosfektif, tetapi karena sy ga FOKUS :(
     
  14. ibnuroem

    ibnuroem Super Hero

    Joined:
    Dec 13, 2009
    Messages:
    4,116
    Likes Received:
    361
    mantap, jadi ingat pas maen ebay 2009-2010 he.he.

    share juga dong gan tips2 hadapi kendala2nya. misal : barang tak sampai, buyer curang, dispute, pengiriman telat, pp dilimit atau bahkan mungkin pernah akun ebay nya di suspend :D
     
    budi30 likes this.
  15. hciq22

    hciq22 Super Hero

    Joined:
    Jul 11, 2010
    Messages:
    1,328
    Likes Received:
    104
    Re: [Share] Strategi Jualan Saya (Dropshipp) di Ebay & Screenshoot Penghasilan

    Menginspirasi mastah
    Nambah ilmu nih ttg dropship
    thanks

    Sent from my LT26i using Tapatalk 2
     
  16. tokkiramen

    tokkiramen Super Hero

    Joined:
    Oct 2, 2012
    Messages:
    2,633
    Likes Received:
    68
    wow mantap banget gan pnghsilan ny :D
     
  17. haris182

    haris182 Ads.id Pro

    Joined:
    Apr 9, 2010
    Messages:
    310
    Likes Received:
    12
    mmm... berarti gak pake adsense gan?
    terus kenapa di sub Google Adsense ya? #masihbingung

    tapi tritny bagus, inspiratif!
     
  18. geloraku

    geloraku Ads.id Pro

    Joined:
    Jul 2, 2009
    Messages:
    295
    Likes Received:
    207
    Re: [Share] Strategi Jualan Saya (Dropshipp) di Ebay & Screenshoot Penghasilan

    ok gan bro... itu pengalaman yg sangat berharga :) share juga di sini dong pengalamannya.....

    Saran yang bagus..Mengenai persoalan-persoalan "klasik" tersebut (hehe maaf saya bilang "klasik" karena memang itu masalah sepanjang jaman dan itulah beberapa RESIKO yg harus masuk ke dalam kamus jual beli di ebay) .Semua masalah yang disebutkan mas bro juga sudah pernah saya alami semuah.

    * Barang Tidak Sampai, Pengiriman Telat, Buyer nakal, dan Dispute
    Sebetulnya ini sudah masuk ke dalam wilayah "proses pengiriman". Dan ini bukan persoalan dropshipp atau bukan. Walaupun menjual barang sendiri, tidak menutup kemungkinan hal itu bisa terjadi. Dalam hal ini, saya sarankan untuk "hanya" menggunakan kurir yg terpercaya dan memiliki Tracking Number. ini akan sangat membantu ke depannya.

    Laporan item tidak sampai atau pengiriman telat tentunya baru kita ketahui setelah mendapat laporan dari buyer. ini langkah yg biasa saya lakukan:

    1. Hal pertama yg saya lakukan adalah menghubungi supplier rekanan kita dan mendiskusikan hal tersebut. Nanti dia akan menghubungi forwarder untuk mengetahui keberadan barang tersebut.

    2. kemudian secepatnya memberi penjelasan kepada buyer tentang apa yang terjadi. Terangkan saja apa adanya. dan komunikasikan dengan hati-hati kenyataan tersebut. Pengiriman yg terlambat biasanya didasari berbagai faktor, misalkan remote area, holiday, atau barangkali gejolak politik, dll..

    3. jika buyer ngotot, saya biasanya menawarkan cashback untuk mencegah negatif feedback, request refund, atau dispute. biasanya buyer mengeti kok.

    4. Kalu buyerya masi ngeyel juga, dan keukeuh minta refund, refund sajja! hanya ketika barang sudah kembali ke supplier. Toh itu rulesnya ebay ataupun paypal. Dan ask for refund juga kepada supplier.

    5. Jika buyernya ga mau nunggu, yakinkan supplier mengetahui permasalahan ini, dan minta buyer ngasi positif feedback terlebih dahalu, baru kita refund.

    6. jika buyer kadung dispute, fight aja lah bro...menurut saya malah lebih aman kalu dia dispute. paypal yg akan menanganinya. asalkan kita memiliki bukti-bukti. terutama tracking number yang up to date. Lain halnya jika saya sedang tidak mau mengurusi permasalahan semacam itu, kalau harganya terjangkau, dan tidak akan sesuai dengan harga waktu dan pikiran yg harus saya keluarkan untuk menangani persoalan tersebut, saya kerap pilih refund secepatnya,, dan segera blacklist member tersebut.

    7. Oya, saya juga selalu menuliskan estimasi waktu pengiriman yg sengaja di lebih lama kan. kalau estimasi menurut supplier 10 hari sampai, saya akan tulis 15 hari atau 20 hari..dilengkapi juga dengan term lainnya....

    Jika itu bukan barang dropshipp, tentu kita bisa mengonfirmasikannya kepada kurir yg kita pakai. Kalau betul tidak sampai, seharusnya barang bisa kembali. itulah kenapa saya menyarankan untuk menemukan rekanan supplier yg terpercaya, bertanggungjawab, dan friendly. Jalin hubungan yg baik dengan supplier tersebut. oya, Jangan sungkan pula untuk memberi pemahaman kepada buyer, dan memintanya untuk bersabar. tunjukkan bahwa kita sedang berusaha semaksimal mungkin dalam resolve masalah tersebut.


    Menangani Limit Paypal & Ebay Suspend
    Semua ada sebabnya bro... membahas ini akan sangat kompleks juga. paypal limit disebabkan berbagai faktor....login dari komputer laen misalnya, transaksi yg ga jelas, razia rutin paypal, dll. Sikapi hal tersebut secara positif. Toh, itu sebagai salah satu upaya paypal untuk menjaga akun kita. Saya pernah limit sampai tiga kali karena ada upaya login paksa dari pihak yg tidak bertanggung jawab. untung paypal segera me-limit akun saya, dan saldo tetap aman di sana.

    Paypal ada di bawah payung ebay, walaupun beda manajemen, jadi selama transaksi berasal dari ebay, resikonya kecil. Hadapi setiap persoalan dengan tenang untuk menjaga pikiran sehat.

    ketika terkena limit paypal, saya akan langsung memenuhi dokumen yg diminta kemudian secepatnya mengomunikasikannya melalui email atau telepon. toh sekarang ada CS yg support bahasa melayu... sampaikan bahwa kita menghargai itikad baik paypal, jangan sungkan untk mengucapkan terima kasih dan mohon-mohon aja supaya segera restore akun karena akun tersebut digunakan untuk transaksi di ebay.... biasanya segera mendapat respon yg baik.

    Mengenai Ebay Suspend, tempuh saja bro.... dan juga pelru disikapi secara positif. jadi intinya komunikasi lah bro.... mereka juga manusia.

    kalau tidak bisa appeal lagi, bikin lagi dah... banyak yg memicarakan trik triknya di forum tetangga bro....


    Simpulannya, segala resiko tentu dimiliki oleh bisnis apapun. mengenalnya sangat perlu. tetapi tidak untuk melemahkan semangat untuk maju. semua ada solusinya...... semoga membantu........
     
  19. geloraku

    geloraku Ads.id Pro

    Joined:
    Jul 2, 2009
    Messages:
    295
    Likes Received:
    207
    Wah, iya bro makasih,,,, saya salah kamar kayaknya nih. tadi dikirain saya di "berbagi pengalaman" sub nya "diskusi online shop".... kok di google adsense ya.... :kacapembesar:

    gimana cara mindahinnya bro?

    mudah-mudahan ada Om momod yg mampir dan bisa tolong pindahin thread ini ke jalan yang benar.....
     
  20. pencari

    pencari Bypass Marketer

    Joined:
    Jul 31, 2009
    Messages:
    2,875
    Likes Received:
    135
    ketelatenan pasti membawa kesuksesan. dan ujian terbesar bagi IMer adalah FOKUS. :D

    nice share bro, sukses! :)
     

Share This Page