1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

[Share]Gara-gara ini saya kehilangan $600 per bulan

Discussion in 'Berbagi Pengalaman' started by TuanBeruang, Mar 8, 2014.

  1. TuanBeruang

    TuanBeruang Cuma Beruang Biasa

    Joined:
    Apr 20, 2012
    Messages:
    556
    Likes Received:
    383
    Location:
    South East Asia
    halo lagi ..

    kali ini mau sharing tentang pengalaman buruk yang sedang saya lalui, dan alhamdulillah bisa disadari dengan cepat.

    jadi 1 tahun kebelakang ini, saya fokus bisnis di niche whiteboard video. berawal dari proyek 'dadakan' saya yang lumayan berhasil. kenapa dadakan, karena saya dapet tu proyek pada saat butuh duit buat nikah. (disuruh ngelamar anak orang padahal duit kagak ada, dan gilanya lagi, saya setuju buat ngelamar). intinya pada saat itu kurang lebih dapet 60jt-an dari satu proyek

    setelah itu akhirnya saya mendalami niche ini, lumayan banyak orderan, tapi karena saya emang orangnya 'malas', akhirnya banyak orderan yang delay deadlinenya, saya tolak karena terlalu malas ngerjainnya, atau karena saya merasa saya belom butuh uang lagi.

    kemaren ceritanya ketemu salah satu klien bule saya, dia mesen whiteboard video 6 biji, dan molor ampe 2 bulan. tapi dia tetap follow up saya nanyain updatenya (aneh kan, malah klien yang follow up penyedia jasanya). sehingga kemaren dia nelp saya langsung ke hape, dan anehnya dia tetap baik dan malah dia yang bilang "I'm sorry for bothering you" di telp. terus dia email dan tetap minta maaf karena udah nelp langsung, dan bilang bahwa dia berterima kasih karena telponnya diangkat.

    lalu akhirnya kita chat, dan di salah satu chat dia bilang "you have excellent service, your work is amazing, but you delay the order too long, sometimes your client only want your update. if you have better customer service, people will gladly put their money to your pocket!"

    saya lalu terhenyak (cailah, bahasanya) karena omongan ini. emang bener. setiap bulan yang orderan yang masuk bisa $5k-$11k tergantung proyek, dan setiap klien selalu saya tunda-tunda deadlinenya, dan setiap klien TETAP mengejar-ngejar saya. bahkan kebanyakan dari mereka masih melakukan repeat order.., saya pikir, klo malas2an dan kerja amburadul gini aja hasilnya udah segini, gimana klo saya benar-benar serius ?

    lalu ada kasus lain..

    selain service whiteboard video, saya juga punya website membership lainnya, penghasilannya sekitar $3k perbulan, tanpa ngapa2in sama sekali, semua udah dikerjain karyawan. tapi kemudian saya cek, dari bulan lalu penghasilan saya turun $600. saya lalu melakukan sedikit survey kepada mereka yang unsubscribe, dan rata-rata bilang hal yang sama "you have excellent product, but crappy service. I'm happy to buy your product, but not in the level where I want to give my money to you every month"

    it's $600 per month. saya kehilangan kurang lebih 20+ orang.

    terakhir, saya baru baca buku yang kurang lebih isinya "kebanyakan orang punya produk yang hebat, tapi pelayanan konsumen yang rendah. manusia pada dasarnya hanya ingin dihargai, dan pelayanan konsumen adalah bukti bahwa anda menghargai pelanggan anda"

    don't focus on the money, focus on your buyer and money will follow..

    sorry klo cuma jadi kayak cerita motivasi, mudah2an bro/sis disini tidak terjebak pada jebakan yang sama. semoga sharing ini berguna. terima kasih !

    TuanBeruang
     
  2. dadarrr

    dadarrr Newbie

    Joined:
    Jun 21, 2013
    Messages:
    49
    Likes Received:
    0
    Ngenes bgt gan 60 jt, boleh ga ane jitak kepala ente? :D

    Sent from my iPhone 5s
     
  3. dheck

    dheck Hero

    Joined:
    May 26, 2013
    Messages:
    527
    Likes Received:
    13
    Location:
    Bumi Kartini Jepara
    60 Juta Dibiarin Lolos Begitu Aja..
    Kasih ke ane aja gan orderanya :senyum:
     
  4. murwalistyo

    murwalistyo Hero

    Joined:
    Dec 4, 2013
    Messages:
    641
    Likes Received:
    28
    Location:
    Semarang - Depok
    Isn't IDR 6jt?

    Hmm, iya sip.

    Nice share mas bro~

    :senyum:
     
  5. imteas

    imteas Super Hero

    Joined:
    Apr 14, 2011
    Messages:
    1,089
    Likes Received:
    226
    mantab sharingnya..
    Kalau kelebihan order , bisa dilempar ke ane gan... :)
     
  6. wildan_asrori

    wildan_asrori Ads.id Pro

    Joined:
    Nov 30, 2013
    Messages:
    292
    Likes Received:
    10
    Pengalaman, bsa jdi gurukan. Thank Masta, sharenya. Buat kehilangan 60jt, sabar aja, mga dpt gantinya. Hehehe
     
  7. elmarzuqi

    elmarzuqi Nubie_Abadi

    Joined:
    Oct 12, 2010
    Messages:
    1,632
    Likes Received:
    485
    Location:
    Sidoarjo - Suroboyo
    Kalo $600 pake rate 11.500 berarti sekitar 6.6jt :sempoa: Tapi dah keren banget sich pesen2nya, jangan pernah mengecewakan pelanggan meski kita punya produk hebat :kembang:
     
  8. asmaasriyani

    asmaasriyani NEWBIE KELAS BERAT

    Joined:
    Mar 4, 2014
    Messages:
    103
    Likes Received:
    4
    Location:
    Kudus
    kaya buku karya larry S- Geoffrey C. KAYA KARENA CUSTOMER
     
  9. dhapenk

    dhapenk Ads.id Fan

    Joined:
    Mar 8, 2014
    Messages:
    186
    Likes Received:
    3
    ajarin ane cara dapetin penghasilan segitu gan....... pleaseee...
     
  10. tajirman

    tajirman Hero

    Joined:
    Nov 16, 2010
    Messages:
    552
    Likes Received:
    22
    Komunikasi nomor 1 gan

    Ane jual blog ke bule, ada beberapa blog untuk 1 client bule aja
    Terus dia mita update tu blog sama ane juga
    Blognya dipasang adsense oleh si bule karena ketika blog itu masih milik ane, ane pasang adsense juga, jadi ane tau berapa penghasilan blog itu per bulannya dari adsense dengan traffic yg ada sekarang ini (estimasi aja)

    Tapi ketika sudah berpindah tangan ke si bule, sebagian blog itu ada yg turun dan ada yg stabil trafficnya, walaupun tetap ane update dan ane yakin, sebagian blog yg ane update itu (trafficnya rendah), biaya update-nya nggak ter-cover dengan penghasilan adsense dari blog tersebut, tapi herannya si bule masih tetap nyuruh ane update tiap bulan, dengan kata lain si bule itu malah nombok untuk biaya updatenya.

    Mungkin karena ane selalu balas email dia dan selalu ontime update blog dia, jadi dia nyaman aja walaupun nombok dan malah suruh ane untuk build-build blog baru lainnya. Tapi entahlah, ane juga kurang ngerti pikiran tu orang, padahal jelas2 rugi....mungkin ini rezeki ane, disyukuri aja hehehe...

    Jadi kalo menuurt ane komunikasi dengan client itu nomer 1 gan hehehe....

    Maaf kalo ada salah-salah kata :D
     
  11. misternuel

    misternuel Newbie

    Joined:
    Mar 1, 2014
    Messages:
    18
    Likes Received:
    4
    Busyet, jualan blogspot or wp gan?
    ada juga ya, ane baru ngerti nih, kemana aja selama ini ya? :D
     
  12. ingkong

    ingkong Super Hero

    Joined:
    Jan 17, 2014
    Messages:
    2,369
    Likes Received:
    249
    ngeri,,,
    emangnya kerjanya ngapain mas..

    ada ebooknya ga
    pesen satu dong,,he
     
  13. nunuaza

    nunuaza Super Hero

    Joined:
    Nov 2, 2008
    Messages:
    1,322
    Likes Received:
    222
    suka banget sama pengalamannya, ini juga menjadi pelajaran buat saya agar kedepannya tidak lagi meremehkan sms/telp yang masuk ke toko online saya... terimakasih terimakasih
     
  14. aaheroe

    aaheroe Super Hero

    Joined:
    Sep 2, 2005
    Messages:
    940
    Likes Received:
    175
    Location:
    BENCOLEN
    kalo ane milih hosting ya gitu, kalo cs nya lama bales email support.. jgn harap perpanjang hosting deh :v :v
     
  15. whitetrader

    whitetrader Super Hero

    Joined:
    Mar 10, 2013
    Messages:
    1,492
    Likes Received:
    67
    whiteboard video itu apa ya? :hmm2:
     
  16. abizard

    abizard Graphic Designer

    Joined:
    Jun 20, 2013
    Messages:
    163
    Likes Received:
    12
    Location:
    Yogyakarta
    Behh keren hasil $ nya bikin mata ijo.. tp ane paling setuju ama quote ente gan...

    don't focus on the money, focus on your buyer and money will follow..

    Uang itu bukan tujuan, tp hasil dari keberhasilan kita membuat konsumen puas.. kadang kita harus merugi dlu demi kepuasan konsumen, tp dibalik itu professionalisme kita sedang dibangun dimata konsumen.

    Sent from my GT-P3110 using Tapatalk
     
    Asepabusyifa likes this.
  17. sibhe7

    sibhe7 Ads.id Pro

    Joined:
    Dec 22, 2012
    Messages:
    427
    Likes Received:
    4
    Gan 1 whiteboard Pasang tarif brp gan buat si bule?

    Sent from my GT-S5570 using Tapatalk
     
  18. maintangankiri

    maintangankiri Hero

    Joined:
    Aug 2, 2011
    Messages:
    564
    Likes Received:
    18
    Udah lama ane menantikan share yg kayak gini.. lanjutkan broooo

    Sent from my GT-N7000 using Tapatalk
     
  19. jazzrs

    jazzrs Hero

    Joined:
    Sep 14, 2013
    Messages:
    688
    Likes Received:
    12
    this is a your rezeki...ane juga punya pengalaman begini gan,...costumer malah ngejar2 ane..bukannya ane yang ngejar dia...you right..memang costumeris king..
     
  20. imoral

    imoral Ads.id Pro

    Joined:
    May 29, 2011
    Messages:
    291
    Likes Received:
    7
    Location:
    jogja barat
    Memang gan kalo customer itu suka pasti akan kembali lagi ...yap benar sekali pelayanan yang baik itu wajib
     

Share This Page