1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

[SHARE] Cara Ane Research Keyword - Old Method But Still Powerfull ( Part 1 )

Discussion in 'SEO' started by daffyshaci, Apr 17, 2015.

  1. daffyshaci

    daffyshaci S.E.O Freak

    Joined:
    Aug 26, 2011
    Messages:
    905
    Likes Received:
    1,433
    ijin share buat warga ads.id sekalian... :D
    berhubung banyak yang tanya baik via PM ataupun Email, bagaimana cara ane research kw. dari pada ane jawab satu2 mending ane buat thread aja biar nanti bisa baca disini.

    Tidak ada yg spesial dari cara ane research keyword (khususnya di service yg ane buka di thread service). semuanya menggunakan tools. lalu kenapa masih banyak yg menggunakan jasa research keyword seperti ini ? alasan paling mendasar adalah untuk menghemat waktu, jadi tugas agan tinggal onpage dan offpage aja...

    Ada 2 Proses dalam melakukan research Keyword :

    1. Scraping Keyword

    Proses ini ane akan mencari keyword yg related dengan niche yg diinginkan (misal : niche "living room"). untuk melakukan scrape ada banyak tools yang digunakan, mulai dari cara manual menggunakan Google Keyword Planner, Ubersuggest, dan tools2 seperti MNF, Long Tail Pro, Market samurai, dan yang paling ane suka dan ane pake ada SEMRush...

    dalam proses ini akan didapat kw yang relevan dengan niche yg diinginkan (misal : living room), Hasilnya seperti :

    - elegant living room sets
    - living room furniture sets under 500
    - purple living room ideas
    - table lamps for living room
    - wallpaper for living room
    - paint ideas for living room

    semua hasil Scrape KW dikumpulkan untuk kemudian akan dilanjutkan ke proses selanjutnya yaitu Analisa Keyword.

    2. Analisa Keyword

    Tahap selanjutnya, semua Kw yang didapat dalam proses/tahap scraping akan dianalisa lebih lanjut untuk melihat apakah keyword tersebut profitable atau tidak. ada 2 parameter yang akan didapatkan dalam Analisa Keyword :

    Keyword Competitor : semua faktor berdasarkan index user yang menggunakan. beberapa parameter yang sering dilihat dalam keyword competitor adalah : Allintitle, Allinurl, Allinanchor, relevant page. ane pribadi menggunakan SOC (MNF) untuk melihat secara keseluruhan semua faktor Keyword Competitor. SOC di hitung berdasarkan kalkulasi antara Allintitle, allinurl, dan Allinanchor.

    Web Page Competitor : Bagian kedua adalah menganalisa TOP 10 website yang menempati halaman pertama. karena inilah kompetisi agan yang sebenarnya, Parameter yang sering dilihat dari web page kompetitor adalah PR, DA, PA, Backlink, Link Juice, Domain Aged, TF, Social Factor. Untuk mempermudah melihat web kompetitor ini, ane lebih suka menggunakan matric KC dalam Long Tail Pro. matric KC di dapat bedasarkan kalkulasi nilai PA, Link Juice, Domain Aged dan Keterkaitannya dengan Title website yang berada di halaman pertama google.


    Thats It.. Hanya seperti itu cara simple ane research keyword.

    Apakah semua parameter/matrik dari setiap software bisa dipercaya gan ?? jawabnya Tentu saja TIDAK.
    But,, Agan ga perlu mikir apakah matrik tersebut valid atau tidak, bagaimana cara software2 tersebut menentukan LOW atau HIGH sebuah Keyword. matrik2 tersebut hanyalah indikator untuk ane menentukan sebuah keyword Low atau High kompetisi berdasarkan POLAnya masing2. contohnya :

    keyword dengan Allintitle < 1000 , atau SOC < 30 atau KC < 30 biasanya selalu tergolong Low kompetisi. tidak selamanya Low kompetisi, tetapi selama ane menganalisa keyword sejak 2010 sampai saat ini, sudah ada ribuan KW yg ane lihat dan analisa, akan selalu menunjukan 80%-90% keyword tersebut low kompetisi.


    Cara diatas adalah dasar dari cara ane melakukan research keyword sederhana berdasarkan tools. tapi kali ini ane mau bahas tentang OLD Method Dalam melakukan Research Keyword khususnya untuk Build Web Baru. Pertanyaan yang sering sekali ditanyakan ke saya adalah "gan Niche apa yang paling profitable", "gan ane mau build blog baru, enaknya maen di niche apa ?"

    untuk itu ane bahas lagi metode lama tersebut untuk temen2 yg kesulitan mencari keyword atau memilih niche yg mau diambil. ane bahas di post selanjutnya......... :D
     
  2. daffyshaci

    daffyshaci S.E.O Freak

    Joined:
    Aug 26, 2011
    Messages:
    905
    Likes Received:
    1,433
    Lanjut lagi pembahasannya....



    1. Spying Method.


    disini ane melakukan spying Web Site yang memang sudah terbukti profit. cara paling gampang adalah menggunakan Flippa[dot]com untuk melihat website yang memiliki profit baik dan terjual lumayan mahal. :D
    Silakan masuk ke flippa > Established sites > Just Sold
    [​IMG]

    ane ambil contoh web ini :
    [​IMG]

    2. Analisa Domain

    Selanjutnya ane analisa dulu domain tersebut. mengapa langsung dianalisa ? biar lebih efisien waktu gan sebelum masuk ke proses selanjutnya. domain yg terjual tersebut tentunya sudah memiliki traffic dengan keyword2 yang di ranking di halaman pertama. dengan kata lain web tersebut sudah pasti jadi Kompetitor ane nantinya. untuk itu ane analisa dulu seberapa kuat domain tersebut. Tool yang ane pake Majastic SEO (agan bisa gunakan tools lain seperti ahrefs, dll) tapi ane udah lebih suka pake majestic karena ada matric favorit ane "Topical Trustflow"... :D

    berikut summary domain tersebut :
    [​IMG]

    Domain memiliki TrustFlow 13 dengan Topical TrustFlow "Computer". TR = 0,37 menunjukan bahwa kebanyakan backlink yg masuk ke website tersebut berasal dari Non Authority berdasarkan TF nya.
    [​IMG]

    Namun web tersebut memiliki beberapa BL dengan reffering domain yg 1 topical TF (Computer), seperti ini :
    [​IMG]

    Memiliki backlink dari domain yang sama atau 1 topical TF merupakan point yang ane perhatikan. silakan baca thread ane disini. Selanjutnya ane lihat backlink profile dari web tersebut. untuk mempermudah ane download BL nya dan menganalisanya di Excel untuk mempermudah (ane hanya analisa domain yang memiliki topic yang sama) :
    [​IMG]

    Terakhir ane cek Social Page Popularity seperti ini :
    [​IMG]

    Dilihat dari beberapa parameter diatas, ane asumsikan, ane mampu bersaing dengan web tersebut, cara paling gampang nantinya adalah mencari aged domain dengan BL profile minimal sama atau lebih baik (TF < 20 , TR < 0,5 dengan topical TF yg relevant lebih mudah menemukannya).

    3. Scraping keyword kompetitor

    selanjutnya ane scraping keyword web tersebut. Ane menggunakan SEMRush karena semua data yg ane butuhkan bisa dilihat menggunakan SEMRush. beberapa parameter yang ane lihat : Keyword, Position SE, Search Volume, CPC , URL, dan %Traffic. setelah ane download kemudian ane analisa lagi menggunakan parameter SOC dan KC seperti teknik diatas. hasilnya +/- seperti ini :
    [​IMG]
    Data tersebut ane grouping berdasarkan keyword yg masuk disetiap URL-nya. untuk mempermudah ane kasih warna setiap group URLnya.

    dilihat dari data diatas masih banyak KW yang tergolong Low Kompetisi. bahkan beberapa kw yg dirank di halaman pertama tidak memiliki Backlink Sama sekali berdasarkan data majestic.
    [​IMG]

    tapi perlu di perhatikan bahwa kalau dilihat lagi, setiap url/post telah memiliki TF dari Topical trust flow yg relevant dari RootDomain. dan ini artinya bukan berarti ane bisa mengalahkannya dengan mudah walaupun url/halaman tersebut tidak memiliki backlink sama sekali. :D

    Biar lebih gampang di mengerti ane kasih videonya :

    [video=youtube;NTY0OrN7yAM]https://www.youtube.com/watch?v=NTY0OrN7yAM[/video]

    Source : _https://www.youtube.com/watch?v=NTY0OrN7yAM


    Thats It... selanjutnya seperti yang ane bilang tadi.. tahap pertama ane tinggal cari aged domain dengan TF dan Topical Trust yang sama dengan web tersebut. dengan data diatas ane bisa dengan gampang nantinya melihat domain2 yang berpotensi mengalahkan web tersebut.

    wait...wait..wait... bagaimana soal PR gan..?? aged domainnya ga harus ber PR ???
    WHO CARE ABOUT PAGERANK !!!! parameter ini udah lama ane tinggalkan semenjak google tidak mempublikasi lagi PR nya... cukup analisa BL profilenya udah keliatan power dari domainnya kok... :D

    part selanjutnya ane bahas teknik analisa web page kompetisi secara REAL. buakan berdasarkan matrik dari software...
     
    ghprod, Danuar, belajarterus and 33 others like this.
  3. Aprilia88

    Aprilia88 Super Hero

    Joined:
    Dec 26, 2013
    Messages:
    2,127
    Likes Received:
    87
    Makasih udah mau share teknik rahasia nya gan

    Btw, utk menentukan SOC/MNF/KC pakai tool/rumus apa ya?
     
  4. malik008

    malik008 Ads.id Starter

    Joined:
    Feb 5, 2014
    Messages:
    83
    Likes Received:
    2
    Wah ilmu SEO tingkat advance nih. Penjelasannya sangat detil dan mudah dimengerti. Newbie ijin ikut nyimak dulu master... hehe :)
     
  5. jamet

    jamet Banned

    Joined:
    Aug 22, 2012
    Messages:
    535
    Likes Received:
    99
    Location:
    Bandar Lampung
    di bahas abis di sini.. mantap om... di tunggu part 2nya...
     
  6. Agus Pian

    Agus Pian Blogger Super Ngeraos

    Joined:
    Apr 19, 2013
    Messages:
    3,355
    Likes Received:
    130
    Location:
    NTB
    dapat Ilmu baru :)

    Bermanfaat banget buat ane :D
     
  7. lapaksegar

    lapaksegar Hero

    Joined:
    Mar 8, 2015
    Messages:
    714
    Likes Received:
    72
    Ijin pejwan dulu :D
     
  8. irsyahtra

    irsyahtra Super Hero

    Joined:
    Mar 6, 2014
    Messages:
    1,887
    Likes Received:
    112
    Location:
    Medan, Sumatera Utara
    Mantap :D

    Makasih gan sharingnya, daging banget nih.
     
  9. reedsmith

    reedsmith Hero

    Joined:
    Sep 6, 2014
    Messages:
    719
    Likes Received:
    26
    Location:
    Indonesia
    thanks sharenya gan...... kalo untuk niche yang indo gimana gan ?
     
  10. priskal wijaya

    priskal wijaya Ads.id Starter

    Joined:
    Oct 6, 2013
    Messages:
    90
    Likes Received:
    2
    Location:
    sukabumi
    Guriiih niiih Sharingnya :D

    tengkyu gan :)
     
  11. immaulana

    immaulana Ads.id Pro

    Joined:
    Feb 6, 2012
    Messages:
    320
    Likes Received:
    2
    Location:
    Jakarta Utara
    Ikut nyimak, thanks sharenya


    Sent from my iPhone using Tapatalk
     
  12. nubi_GA

    nubi_GA Super Hero

    Joined:
    Oct 29, 2012
    Messages:
    1,791
    Likes Received:
    64
    Location:
    semarang
    mantap nih jarang jarang ada yang share cara riset keyword sampai daleman :D thanks suhu
     
  13. ingkong

    ingkong Super Hero

    Joined:
    Jan 17, 2014
    Messages:
    2,369
    Likes Received:
    249
    jadi pengen langganan semurs dkk neh kalau gini,,
    mantep suhu,,,
     
  14. budispdst

    budispdst Hero

    Joined:
    Jan 8, 2015
    Messages:
    610
    Likes Received:
    10
    soc/mnf itu bagaimana?, kalo kc semrush idealnya berapa?
     
  15. dadada

    dadada Super Hero

    Joined:
    Dec 10, 2013
    Messages:
    2,514
    Likes Received:
    999
    Jadi walau artikel tak dikasih makan, tapi root domain memiliki TTF relevan yg banyak dan KW root juga related dg artikel , maka artikel juga akan dapat TF. ?

    Tapi kalau domainnya masih 0 (fresh domain), tapi jika hanya artikelnya saja yang dihajar Backlink dan dapat TF relevan Bagaimana?, apakah sudah bisa menyaingi postingan dari sebuah domain kompetitor yg TF relevannya sudah banyak? dg catatan artikel dari domain kompetitor tsb Tak mempunyai BL??..

    THX :)
     
  16. iidbae

    iidbae Super Hero

    Joined:
    Nov 12, 2012
    Messages:
    2,314
    Likes Received:
    168
    Location:
    Pusdai-Bandung
    Minta izin temanan yah :D
     
  17. chiman

    chiman Hero

    Joined:
    Jul 16, 2007
    Messages:
    732
    Likes Received:
    33
    Location:
    Bali
    wajib bookmark nih.. :D
     
  18. KangMasSeo

    KangMasSeo Ads.id Pro

    Joined:
    Jun 8, 2014
    Messages:
    274
    Likes Received:
    142
    Keren :D like meluncur :komunis:
     
  19. sayabisa

    sayabisa Super Hero

    Joined:
    Feb 6, 2014
    Messages:
    850
    Likes Received:
    266
    Location:
    Bandung
    mantap bener gan sharingnya. Setia menunggu updatenya..
     
  20. dudev

    dudev Super Hero

    Joined:
    Feb 13, 2013
    Messages:
    750
    Likes Received:
    20
    ijin nyimak gan, share nya mantep :)
     

Share This Page