1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

[Tips] Keyword Research Untuk Membidik Hot Niche

Discussion in 'SEO' started by justablogger, Nov 30, 2009.

  1. justablogger

    justablogger Ads.id Pro

    Joined:
    Oct 19, 2009
    Messages:
    389
    Likes Received:
    869
    Location:
    World Wide Web
    Menentukan keyword bidikan memang bukan pekerjaan yang mudah, tapi bukan pula sesuatu yang sulit asal kita tau triknya. Berdasarkan pengalaman bolak-balik berbagai forum, udah bukan rahasia umum lagi kalo blog/website niche tuh lebih menguntungkan daripada yang bertema general – setidaknya untuk pemula. Untuk para webmaster senior, tentu udah bukan masalah mau bidik niche atau general. Tapi untuk pemula, bikin web/blog niche jauh lebih menguntungkan. Keuntungan yang paling besar adalah persaingan yang nggak terlalu berat. Terlebih kalo kita pinter ngebidik niche, bukan hal yang gak mungkin kalo kita dapet niche yang minim persaingan, tapi banyak yang nyari. Secara garis besarnya, keyword research ini bertujuan untuk mencari keyword yang:
    1. Persaingannya gak (ato belum) terlalu ketat.
    2. Banyak dicari orang.
    3. Harganya (Cost per Click) tinggi.

    Untuk nyari keyword ideal dengan ketentuan di atas emang gak gampang. Dibutuhkan kejelian dalam menangkap peluang. Tujuan keyword research ini apalagi kalo bukan meraup keuntungan segede-gedenya dari Google Adsense. Kenapa Adsense? Metode keyword research ini dibuat agar blog/web niche yang kita bikin bisa nangkring dengan mudahnya di halaman pertama hasil pencarian Google, bagus lagi kalo di urutan paling atas berdasarkan kata kunci tertentu. Dan bukan rahasia umum lagi, kalo kita bisa mendapatkan income gede kalo blog/web kita dapet banyak traffic dari search engine, terutama Google – yang notabene merupakan mesin pencari terbesar saat ini. Lagian saya bikin thread ini khusus buat forum Adsense-id. Jadi ya relevan banget lah, kalo pada tutorial ini kita bakal mengandalkan proses monetization sepenuhnya pada Google Adsense.

    Untuk keperluan keyword research ini kita bakalan cuma pake 1 tool aja: Google Adwords Keyword Tool. Alamatnya di sini:

    Melalui tool ini aja kita udah bisa dapetin informasi sebanyak-banyaknya tentang niche yang bakal kita bidik.

    Sebelum mulai keyword research, kita harus menentukan dulu apa kategori yang bakal kita bidik. Kategori ini sifatnya lebih general. Contohnya: car, computer, mobile phone, guitar, belt, etc. Kalo bingung, silakan coba beberapa pilihan berikut:
    1. Browse kategori product yang dijual di Amazon. Cari yang kira-kira paling laku.
    2. Lihat Site Marketplace di forum DigitalPoint. Lihat web/blog dengan niche yang banyak dicari orang, dan paling laris.
    3. Untuk yang offline, liat aja iklan-iklan yang bertebaran di TV. Produk-produk yang diiklanin itu udah terbukti laku, nyatanya sang produsen mau ngiklan di TV yang notabene harganya mahal abis.

    Okey, sekarang kita tentuin aja 1 keyword yang bakal kita kupas abis. Dan keywordnya adalah: “bicycle” atawa sepeda. Jadi sekarang yang harus kita lakuin adalah mengetik kata “bicycle” pada homepage Google Adwords Keyword Tool.

    [​IMG]

    Dan… walla! Akan muncul berbagai niche yang siap kita bidik. Untuk tahu mana keyword yang bener-bener potensial, kita harus ngelakuin sedikit konfigurasi di halaman ini. Nggak semua informasi yang ada di halaman itu penting buat kita. Konfigurasi yang perlu dilakuin adalah:
    1. Pada Choose columns to display pilih Hide Advertiser Competition dan Hide Local Search Volume. Kenapa harus di-hide? Karena kita gak perlu informasi ini. Sebenernya gak usah di-hide pun gak jadi masalah, ini dilakuin semata cuma buat halamannya jadi rada bersih aja. :senyum:
    2. Masih pada kolom Choose columns to display pilih Show Estimated Avg. CPC. Pada Calculate estimates using a different maximum CPC bid: pilih US Dollars (USD $), kemudian klik Recalculate. Ini bertujuan untuk mengetahui berapa nilai per klik untuk sebuah keyword. Sebenernya ini gak bisa dijadikan patokan 100% bener, namun menurut beberapa webmaster keakuratannya bisa dipercaya hingga 90%.
    3. Langkah berikutnya, yang gak kalah penting, lihat kotak Match Type di sebelah kanan. Kemudian pilih Exact.

    Jadi, sekarang halaman Google Adwords Keyword Tool akan berubah menjadi seperti ini:

    [​IMG]

    Urutan bisa berbeda. Urutan keyword di atas saya urutkan berdasarkan Avg. CPC (matre mode: on) :mataduitan: . Kalo mau dibuat seperti itu, klik Show Estimated Avg. CPC dua kali. Nanti urutannya bakalan tersusun dari keyword yang paling mahal.

    Sekarang adalah saatnya kita menyortir mana keyword yang bener-bener potensial. Pertama-tama export dulu hasil keyword research tahap awal tadi ke format .csv, agar nantinya bisa kita utak-atik di Excel. Kalo masih bingung, pokoknya ikutin dulu aja ntar juga paham sendiri. Sekarang scroll down halaman Google Adwords Keyword Tool sampe nemu kata-kata Download all keywords: text, .csv (for excel), .csv di urutan terbawah list keyword, sebelum kolom Additional keywords to consider. Pilih yang .csv (for excel). Nah, kalo udah berhasil di-download, kita baru bisa beranjak ke langkah berikutnya.

    Di tahap ini kita butuh 1 tool pendukung lagi. Tool ini bakal memudahkan kita buat ngeliat web saingan. Nama tool ini adalah add-ons SEO for Firefox yang bakal kita pasang di browser Firefox tentunya. Buat yang pake browser lain, saya belum pernah nemu add-ons ato plugin serupa, jadi satu-satunya solusi ya kepaksa semua harus pake Firefox. Hehe. Nah, download dulu add-ons-nya di:

    Ikutin aja perintah instalasinya. Harusnya gak sampe 5 menit add-ons ini udah selesai terinstall. Setelah terinstall, restart firefox. Nanti di sudut kanan bawah bakalan ada logo baru kayak gini:

    [​IMG]
     
  2. justablogger

    justablogger Ads.id Pro

    Joined:
    Oct 19, 2009
    Messages:
    389
    Likes Received:
    869
    Location:
    World Wide Web
    Sekarang buka file Excel berisi daftar keyword yang barusan didownload. Jangan tutup dulu firefox-nya, kalo udah kadung ketutup silakan buka lagi. Kemudian buka halaman Google. Dan kita siap buat mulai research…

    Lihat file Excel. Kita hanya bakal melakukan riset terhadap keyword yang memiliki kriteria harga CPC di atas $1 ($1.01 ke atas), dan Global Monthly Search Volume 3000 ke atas. Jadi yang gak memiliki kriteria itu silakan dihapus. Kenapa harus yang di atas $1? Ini pengalaman pribadi saya aja. Biasanya kalo CPC-nya disebut $1, aslinya gak bakalan bener $1. Bisa $0.7, $0.5, dan sebagainya (bener-bener gak menentu). Tapi biasanya sih, biasanya lohhh… gak pernah kurang dari 50%. Jadi dengan membidik keyword dengan CPC $1 minimal kita bakal dapet $0.5 per kliknya. Tapi inget, ini bener-bener gak bisa dijadiin patokan. Jadi jangan protes kalo entar nilai kliknya lebih rendah dari ini. Dan kenapa search volume-nya harus 3000 ke atas? Ini sih standar pribadi saya aja. Ibaratnya, jika sebulan ada 3000 orang nyari dengan keyword ini, maka sehari ada sekitar 100 visitors. 100 visitors per hari udah lumayan banget buat pemula. Usahain jangan lebih rendah dari ini. Dengan begitu, jumlah keyword yang bakal kita riset hanya ada 9, yaitu:
    1. bicycle tours – CPC: $2.50 – Search volume: 3600
    2. bicycle racks – CPC: $1.94 – Search volume: 12100
    3. bicycle tires – CPC: $1.52 – Search volume: 27100
    4. bicycle rack – CPC: $1.25 – Search volume: 18100
    5. bicycle clothing – CPC: $1.23 – Search volume: 5400
    6. bicycle locks – CPC: $1.11 – Search volume: 6.600
    7. bicycle baskets – CPC: $1.10 – Search volume: 14800
    8. bicycle trailer – CPC: $1.05 – Search volume: 33100
    9. beach cruiser bicycles – CPC: $1.01 – Search volume: 3600


    Itu semua adalah keyword yang potensial. Tapi tunggu dulu, masih ada beberapa langkah lagi sebelum kita tentukan mana keyword yang bener-bener potensial buat digarap. Langkah berikutnya adalah mengintai saingan. Namanya bisnis, kita jelas harus ngelihat posisi persaingan yang bakal kita hadapin. Kalo di kuliah Komunikasi Pemasaran yang saya dapet di kampus, ini istilahnya menentukan positioning. Apakah kita hanya akan menjadi nicher, follower, ato malah bisa jadi market leader. Kalo pusing dengan istilah ini, silakan di-search sendiri aja di Google. Wakakaka…

    Nah, masukkan keyword pertama ke kotak pencarian Google. Dalam hal ini usahakan pakai Google.com, bukan Google.co.id. Kalo mau gampang download aja Google Toolbar, set pencarian menggunakan Google.com (en), terus search dari kotak pencarian di Toolbar itu. Kata kuncinya adalah “bicycle tours”. Perhatikan baik-baik hasil pencarian yang muncul.

    [​IMG]

    Untuk awal, perhatikan urutan 5 teratas. Yang lain bisa diabaikan dulu. Lihat PageRank web yang bersangkutan. Ini bakal menentukan sekeras apa usaha kita mengoptimisasi blog/web niche yang bakal kita bangun nantinya. Caranya klik “PR: ?” yang ada di bawah setiap nama website. Lihat gambar di bawah:

    [​IMG]

    Tunggu sebentar, dan PR web itu pun bakal muncul.

    [​IMG]

    Duh! Ternyata PR4!! Bakalan susah dilawan nih... :swt:

    Lihat PR dari 5 web teratas. Kalo ada salah satu web yang memiliki PR 3 ke atas, kayak web pada gambar di atas, tinggalin aja keyword itu. Kita bakal gila sendiri kalo harus ngalahin web dengan PR setinggi itu. Buat saya, keyword yang potensial kalo web saingan cuma memiliki PR 3 ke bawah. Di atas 3, lupain aja. Sekali lagi, tutorial ini saya bikin khusus untuk pemula seperti saya. Kalo yang udah master sih, mau saingan sama web PR 7 gampang aja ngalahinnya. Tapi kalo saya masih belom cukup ilmu dan mental. PR 3 aja udah mati-matian ngalahinnya. Hehehe…

    Lanjutin cara ini sampe keyword ke-9. Di antara kesembilan keyword itu pasti ada keyword yang sangat berpotensial untuk digarap. Untuk awal tentuin 1 aja, jangan maruk! Nah, setelah ketemu keyword-nya, silakan deh mau direalisasikan dalam bentuk apa. Blog, web, forum, apapunlah. Mau di-monetize pake Google Adsense, Affiliate Networks, itu juga terserah Anda. Sebenernya untuk pilihan monetizing tergantung sama keyword-nya juga sih. Kayaknya rada sulit nemuin produk sepeda untuk dipromosiin pake affiliate networks. Haha. Jadi mungkin pilihan satu-satunya hanya Google Adsense.

    Sebenernya masih banyak tahapan untuk ngebangun situs ato blog niche yang sukses. Ini baru tahapan awal keyword research-nya aja. Step-step berikutnya menyusul yak!

    P.S.: mohon maaf kalo tutorialnya kepanjangan, ato sulit dimengerti. Kalo ada pertanyaan, insya Allah saya bakal bantu jawab sebisa saya.
     
    Last edited: Dec 1, 2009
  3. ddl4fun

    ddl4fun Super Hero

    Joined:
    Feb 25, 2009
    Messages:
    1,908
    Likes Received:
    105
    Location:
    /
    keren gan :gembira:
     
  4. justablogger

    justablogger Ads.id Pro

    Joined:
    Oct 19, 2009
    Messages:
    389
    Likes Received:
    869
    Location:
    World Wide Web
    Makasih... ini sepagian saya nulisnya. Tapi kayaknya masih ada yg kurang deh? apa ya? hmm... bentar deh saya baca2 dulu...
     
    nicho, tubir and newbieinadsense like this.
  5. gembel-intelek

    gembel-intelek Lurker

    Joined:
    Mar 29, 2009
    Messages:
    4,341
    Likes Received:
    907
    Location:
    New Coral
    Thanks 'n Rep added..

    Mau Quote postingannya takut kepanjangan, ane quote sigi-nya aja lah :swt2:
    I'm a newbie
     
  6. riezea

    riezea Super Hero

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    940
    Likes Received:
    38
    Location:
    /Didalam Hati Setiap Wanita/
    agar lebih effective lebih baik gunakan tools keywords seperti market samurai, keyword elite or micro niche finder,,,
    kalo pake market samurai ga usah cape nyari-nyari competitor, tinggal klik aja keliatan dah yang 10 besar siapa aja, PR nya berapa, backlinknya berapa, on-page seonya gmana,,,,,tapi kalo ga punya ya ikuti lah tutorial TS di atas,,,

    buat TS : nice share :senyum:
     
  7. justablogger

    justablogger Ads.id Pro

    Joined:
    Oct 19, 2009
    Messages:
    389
    Likes Received:
    869
    Location:
    World Wide Web
    Ada2 aja... :lol: I'm a newbie too kok... newbi professional blogger. halah! :lol:
     
  8. justablogger

    justablogger Ads.id Pro

    Joined:
    Oct 19, 2009
    Messages:
    389
    Likes Received:
    869
    Location:
    World Wide Web
    Tips ini emang khusus buat nubie sih... maksud saya biar ngerti dulu prosesnya. kalo udah paham, mau pake market samurai apa keyword elite gak masalah, yang penting basic-nya ngerti. Itu aja sih tujuan sy share di sini.
     
  9. red_satan

    red_satan Banned

    Joined:
    Nov 13, 2008
    Messages:
    1,956
    Likes Received:
    122
    Location:
    dunyo wis tuo, podo elingo
    search volume maksudnya apa Bro, dari dulu ga pernah riset gini2an, cuma kalo ngeh punya niche langsung sodok aja :swt:
     
  10. solik

    solik Super Hero

    Joined:
    Nov 12, 2007
    Messages:
    899
    Likes Received:
    28
    muantep gan.... salut masih ada master yg mau share:senyum:
     
  11. riezea

    riezea Super Hero

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    940
    Likes Received:
    38
    Location:
    /Didalam Hati Setiap Wanita/
    lanjut gan :gembira::gembira:
     
  12. yasirli

    yasirli Super Hero

    Joined:
    Aug 11, 2008
    Messages:
    2,622
    Likes Received:
    741
    Location:
    Indonesia
    Gembel-gembel ckckckkck :lol: ...Anyway nice post...
     
  13. justablogger

    justablogger Ads.id Pro

    Joined:
    Oct 19, 2009
    Messages:
    389
    Likes Received:
    869
    Location:
    World Wide Web
    Search volume maksudnya banyaknya pencarian berdasarkan satu periode tertentu. Biasanya per bulan. Jadi kalo ditulis search volume-nya 1000, itu artinya untuk keyword itu ada 1000 orang yang nyari per bulannya. Begitu...

    Saya sendiri sebelum memulai satu project selalu riset begini dulu. Gak pernah langsung sodok. Resikonya kalo langsung sodok kita kayak maju perang dengan mata tertutup. Gak ngerti medan yang dihadapi. Jadi, menurut saya sih keyword research kayak gini tuh krusial banget entah itu bagi nubie ato para master sekalipun.

    Moga membantu!
     
    red_satan likes this.
  14. justablogger

    justablogger Ads.id Pro

    Joined:
    Oct 19, 2009
    Messages:
    389
    Likes Received:
    869
    Location:
    World Wide Web
    Saya bukan master kok, cuma nubie yang kelewat pede aja. :lol:

    Semoga tips dari sy bisa membantu, dan jadi tambahan pahala buat sy di akherat kelak. Amin. Ngarep mode: on.
     
    edopiyangtan likes this.
  15. abeng

    abeng Super Junior

    Joined:
    May 27, 2009
    Messages:
    3,489
    Likes Received:
    533
    Location:
    id.linkedin.com/in/abeng
    Mantep kok bos.. step by step.. Tipe-tipe tutorial yang mudah di mengerti oleh seorang nubie sekalipun seperti saya..
     
  16. justablogger

    justablogger Ads.id Pro

    Joined:
    Oct 19, 2009
    Messages:
    389
    Likes Received:
    869
    Location:
    World Wide Web
    Makasih! Semoga sy punya waktu lagi buat share ilmu yg saya punya di sini. Ditunggu kritikannya! :senyum:
     
  17. syahur

    syahur Super Hero

    Joined:
    May 8, 2008
    Messages:
    1,146
    Likes Received:
    71
    Location:
    Aceh
    Ane udah banyak baca tentang keyword research, tapi cuma tips yg di thread ini yang membuat saya puas!

    TS keren bangedh..!
     
  18. arramuse

    arramuse Super Hero

    Joined:
    Oct 24, 2008
    Messages:
    3,817
    Likes Received:
    446
    Location:
    Dead Inside
    :lol: nagh... mumpung lagi ngemengin keyword research...

    gimana dengna freekeyword.wordtracker ??? itu akurat kagak datanya ?? :megaphone:

    soalnya seringnya ane pakek itu tool...
     
  19. arramuse

    arramuse Super Hero

    Joined:
    Oct 24, 2008
    Messages:
    3,817
    Likes Received:
    446
    Location:
    Dead Inside
    :nangis: kok pas ane tongkrongin kagak ada yang jawab seh :nangis:
     
  20. fistofis

    fistofis Super Hero

    Joined:
    Oct 19, 2008
    Messages:
    1,522
    Likes Received:
    59
    Location:
    depan komputer
    detil banget penjelasannya, layak dapet tombol THANKS ! :gembira:
     
    zalee79 likes this.

Share This Page