1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

[CURHAT] Alibaba: Sudah Bertamu, Tak Punya Sopan dan Etika (Jiplak, Pasang dan Blokir Iklan)

Discussion in 'Chit Chat' started by Phonecompi, Jan 18, 2017.

  1. Phonecompi

    Phonecompi Super Hero

    Joined:
    Apr 18, 2010
    Messages:
    856
    Likes Received:
    290
    Location:
    Medan
    Jadi, di malam yang sunyi... Aku sendiri... Tiada yang menemani... Akhirnya kini ku sadari... Dia telah menjiplak blogku... [Noah]
    [​IMG]
    Jadi sebenarnya aku gak masalah sih sama jiplak menjiplak di dunia internet, udah biasa menurutku. Kalo ada orang yang njiplak blogku sih aku gak bakal panas kepala gini sebenernya, udah biasa. Cuma yang bikin kepala panas ini yang njiplak itu Alibaba.

    Kok bisa diskriminasi gitu sih aturannya? Hahaa... ya iyalah. Kalo blogger biasa njiplak ya gak masalah, mungkin dia khilaf. Tapi kalo seukuran ALibaba? Gak mungkin dia tak tau masalah copyright. Tapi bukan copyright juga yang bikin aku nuntut Alibaba buat take down artikelku. Tapi karena strategi perusahaan dan produk2nya itu uda merugikan rakyat Indonesia, khususnya blogger dan IMers yang make money blogging di negeri ibu pertiwi.

    Seperti kita tau sama-sama, UCWeb ini kan anak perusahannya Alibaba (hasil akuisisi). Nah, nih UCWeb punya dua produk yang sangat terkenal banget saat ini. Dua produk itu UC Browser dan UCNews.

    Jadi ceritanya gini, akhir2 ini aku sering nemuin artikelku di jiplak habis di situs UCNews tanpa izin dariku (mungkin blog temen2 juga ada yang di jiplak tanpa izin). Memang sih dikasih link sumber, tapi khusus buat Alibaba, aku gak rela lahir batin artikelku di jiplak sama perusahaan China ini. Kenapa?

    Ya iyalah, dia buka usaha di Indonesia merugikan tuan rumah. Ibarat bertamu, gak punya sopan santun dan etika, angkat kaki di atas meja, eh yang punya rumahh di jitak di kepala..

    Alibaba ya gitu. Dia punya UCNews jiplak artikelku tanpa izin. Dia dapet keuntungan dari artikel yang di jiplak itu. Gak ngasih kompensasi apa-apa ke aku dari keuntungan itu. Songongnya, iklanku yang di pasang di blogku sendiri dia blokir di Browser UCBrowser. Makin songong pas ngeliat Alibaba masang iklan dari jaringan iklannya sendiri (UC Union) di blogku saat dibuka pake UCBrowser (dan di artikelku yang dia jiplak di UC News). Terlalu gak tuh?

    Ini beberapa SS kalau artikel kita yang dia jiplak di pasangin iklan di UC News. Cek Spoiler:
    [​IMG]
    Layanan sejenis aja, Babe, dia njiplak blog pake etika. Dia gak comot seluruh artikel, tapi separuh aja (di situsnya, gak tau di aplikasinya). Baru deh dikasih link sumber. Dengan begini kan kita dapet trafik, saling menguntungkan. Kalo UCNews dia comot semuanya. Ya mana ada orang mau klik link sumbernya, ngabis2in kuota aja. Pake blokir iklan kita lagi.

    BTW, ada yang bilang kemarin. "Loh, UCNews itu kan yang ngirim berita user-nya?" Saya sih kurang begitu tau. Tapi okelah, kita anggap yang ngirim berita user UCNews. Tapi apa semua berita yang masuk itu di terbitkan begitu aja? Enggak kan? Berita dan tulisan yang masuk harus di kurasi dulu oleh kurator. Nah, kurator ini tugasnya ngapain? Masa artikel njiplak asal njeplak di posting di situs/aplikasi UCNews?

    Pengen nuntut aja rasanya... LU NJIPLAK ARTIKEL GAK PAKE IZIN, LU TUTUP JUGA PENGHASILAN KITA DARI IKLAN.


    Cara CEK artikel yang di jiplak UCNews:

    Copy sebagian artikel (misal: seluruh paragraph pertama) dari postinganmu, kemudian paste di bar pencarian Google. di ujung paragraph tambah ketik ini: "site:ucnews.id". Bakalan keliatan nanti tuh artikel yang di jiplak UCNews.

    Lebih gampang ngeceknya kalo kalian selalu menambahkan kata khusus di setiap artikel kalian. Misal, kalo saya nulis artikel tuh di awal tiap paragraph pertama selalu saya tuliskan nama blog saya. Misal:

    "Kompas.com - bla bla bla bla bla bla bla blabla bla bla blabla bla bla blabla bla bla blabla bla bla blabla bla bla blabla bla bla blabla bla bla bla."

    Maka di Google tinggal ketik aja: "Kompas.com site:ucnews.id" atau "Kompas.com inurl:ucnews.id".




    TAMBAHAN: DUGAAN PRAKTEK KECURANGAN ALIBABA YANG ANTI-PERSAINGAN

    Praktek kecurangan Alibaba yang selama ini sudah "nyangkut banget" di otakku.

    Sudah jadi rahasia umum kan, kalo pengguna UC Browser yang ngakses situs kita cukup besar. Kalo di lihat di Google Analytics, pengguna UC Browser itu terbanyak kedua setelah Chrome. Beberapa Blogger ada yang bilang visitornya 40% adalah user UCBrowser. kalo aku sendiri ada di kisaran 27%.

    Bayangin aja, kalo 27% visitor blog kita make UCBrowser, sudah tentu 27% potensi pendapatan kita dari user UCBrwoser hilang dong, karena iklan Adsense dkk di blokir sama UC Browser. Itu baru 27%, blogger lain yang visitornyya pemake UCBrowser sampe 40% gimana lagi?

    Mau gak mau blogger harus pake UC Union (jaringan iklan milik Alibaba) biar earning jalan terus. Soalnya jaringan iklan lain udah di blokir. Ini praktek curang Alibaba, anti persaingan banget.
    Coba kalo gak ada UC Browser (atau UC Browser gak ngeblokir iklan kita), siapa juga yang mau make UC Union?"

    Ini data analytics pengguna UC Browser di blogku. Di Google Analytics, ceknya di Masuk dasbor > Klik situsnya > Audience > Technology > Browser & OS. Cek Spoiler:
    [​IMG]

    =====================================================
    UPDATE:

    Saya coba report ke situs pemerintah hxxp://Lapor.go.id. Pesimis juga apakah laporan kecurangan ini bakal di usut ama Kemenkominfo atau enggak. Tau sendiri kan Jack Ma, bos-nya Alibaba itu penasihat ecommerce Indonesia. Tapi kita yang di bawah ini, yang gak punya kuasa apa-apa, cuma berstatus 'rakyat biasa', seenggaknya harus tetap berusaha.

    UPDATE 21 JANUARI 2017

    Berita Positif, Hari ini, Sabtu (21/1/2017) laporan saya telah diteruskan ke Kementerian Komunikasi dan Informatika. Meskipun masih belum jelas apakah akan dapat tanggapan dari Menkominfo atau enggak. Mohon dukungannya dan kawal laporan ini agar Alibaba yang berbisnis dengan curang itu mendapatkan ganjaran atau pinalti yang setimpal. Selengkapnya: https://ads.id/forums/index.php?thr...g-dan-blokir-iklan.263158/page-2#post-3244639

    =====================================================
    Yang merasa juga jadi korban ketidakadilan dan anti persaingan Alibaba bisa melapor di situs hxxp://lapor.go.id. Daftar pakai email atau akun Facebook/Twitter, buat laporan, jelaskan kronologis yang dialami selengkap2nya dan sertakan bukti pendukung.

    Bagusnya lapor ke situs Lapor.go.id itu.. Tapi kalo gak punya akun, plus gak punya hape buat daftar di situs itu, bisa laporin ke fanpage-nya di: hxxps://weww.facebook.com/Kemkominfo/. Jangan lupa cantumkan link thread ini. Cek Spoiler:

    [​IMG]


    Update 22 Januari 2017
    Saya sudah coba rangkul para wartawan, saya coba kontak beberapa situs berita ternama seperti Detik, Tirto.id dan kumparan.com untuk bantu meliput & kawal, atau andai saja mereka berkenan untuk ikut menginvestigasi ya saya berterimakasih sekali, karena ini bukan masalah saya sendiri, tapi masalah kita bersama, sesama blogger dan IMers Indonesia. Namun belum ada tanggapan dari mereka.

    Saya juga bagikan ini di fanpage/grup "Google Adsense Indonesia" (hxxps://weww.facebook.com/groups/SekreKarungan/permalink/1899486370271545/), dan sangat ramai disana. Kali ada forum / fanpage sejenis bisa di infokan, biar makin rame yang ngawal. Cek Spoiler:
    [​IMG]



    Kok gak di share di Kaskus yang lebih rame?
    Kaskus forum umum, banyak orang yang gak ngerti-ngerti ama masalah ini akan ikut komentar entar. Banyak dari mereka adalah pemake aplikasi UC, manusia itu pasti punya ego, mereka akan dukung habis kenyamanan mereka gak pake peduli ama kita, artinya sudah pasti dukung UC, yang ada saya mati kutu.

    Update 22 Januari 2017
    Jadi sebelum saya posting thread ini, saya coba melakukan beberapa hal yang perlu saya lakukan sebagai blogger, salah satunya menghubungi pihak UCNews untuk menurunkan dan menghapus seluruh artikel saya yang di jiplak. Ada sedikitnya 107 artikel.

    Jadi, ada banyak artikel yang sudah di hapus dan saat ini tidak bisa di akses, namun ada juga beberapa postingan yang masih muncul di situs UC News. Saya coba screenshot beberapa sebelum di hapus seluruhnya oleh UC News, dan saya simpan di situs penyimpanan awan.

    Saya juga report DMCA ke Google, tapi lambat amat, tidak menghilang dari SERP Google.

    Ini udah kejadian di Grup Google Adsense Indonesia. Ada satu orang yang fanatik banget sampe 'mendewakan' UC Browser pake bilang "UC Browser browser terbaik!!!". Semua anggota Grup udah komen pada kecewa sama ALibaba, eh dia sendiri menentang kekecewaan semua anggota grup tsb.

    Update 22 Januari 2017
    Barusan, pagi ini salah seorang dari UC Web nelpon, namanya Mas Gali dari UC Web (kalo gak salah sebagai manajer UC Web) untuk mengklarifikasi masalah ini.

    Silahkan baca disini kelanjutannya: https://ads.id/forums/index.php?thr...n-soal-plagiarism-content-dan-adblock.263456/
     
    Last edited: Jan 23, 2017
  2. indulgencion

    indulgencion Super Hero

    Joined:
    Jul 29, 2013
    Messages:
    1,456
    Likes Received:
    46
    Location:
    potrobangsan
    Hajar gan kalo gt, ane emang sebel nih pake uc sebenernya. Orang dia jg main ads ucunion masa browsernya dikasi adblok otomatis :tampar:
     
    Tri Sunenti likes this.
  3. tanpa nama

    tanpa nama Noob or Newb?

    Joined:
    Oct 18, 2012
    Messages:
    1,055
    Likes Received:
    1,243
    Malah bagus tuh buat branding blog agan, paling tidak setiap awal artikel mas kasih nama domain agan.
    atau paling tidak setiap artikel sisipkan 3-7 nama domain agan, sadar tidak sadar si user bakal mengingat blog agan setiap kali mau mencari sebuah referensi yang berkaitan dengan blog agan.
    dan si user bakal langsung ngunjungin situs agan.
    yah namanya branding itu hasilnya tidak isntant, sabar
     
    Aldi Dwi Ferdian likes this.
  4. Phonecompi

    Phonecompi Super Hero

    Joined:
    Apr 18, 2010
    Messages:
    856
    Likes Received:
    290
    Location:
    Medan
    Khusus UC News, aku gak rela lahir batin artikelku di comot sama dia. Dia udah blokir earningku di UC Browser. Urusan branding, blogku udah punya branding yang kuat. gak perlu dia.
     
  5. DikBagus

    DikBagus Ads.id Fan

    Joined:
    Dec 14, 2011
    Messages:
    177
    Likes Received:
    28
    Location:
    Subang - Jawa Barat
    Wah.. Gak sopan tu gan, makin aneh-aneh aja nih si UC ma komplotan nya.. Apalagi sekarang ada iklan nya di TV.. Hhhmmmm.. Makin menjadi aja..
     
  6. anharzone

    anharzone Hero

    Joined:
    Dec 15, 2014
    Messages:
    657
    Likes Received:
    36
    Location:
    Yogyakarta
    dan juga berita2nya judulnya gk sesuai isi dan banyak yg porn*
    layanan uc union nya juga payment telat, managernya udah gk aktif gk mau jawab pertanyaan2 membernya
     
  7. Fitris

    Fitris Super Hero

    Joined:
    May 6, 2015
    Messages:
    906
    Likes Received:
    182
    smoga cepet ada solusi ya gan, tp kok situs2 besar bisa tampil ya iklannya di Ucbrowser?
     
  8. X-COOP

    X-COOP Ads.id Pro

    Joined:
    Dec 21, 2016
    Messages:
    376
    Likes Received:
    329
    Location:
    Google Zone
    itu bukannya model iframe ya gan?
     
  9. Phonecompi

    Phonecompi Super Hero

    Joined:
    Apr 18, 2010
    Messages:
    856
    Likes Received:
    290
    Location:
    Medan
    Bayar mungkin, ada juga triknya tapi kita gak tau caranya.

    hxxps://xxx.ucnews.id/news/203-2497702799859603/koeman-tanggapi-performa-guardiola.html
     
  10. sathreea

    sathreea Super Hero

    Joined:
    Jun 13, 2011
    Messages:
    7,720
    Likes Received:
    1,001
    Location:
    Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia
    uc makin gencar promonya, publisher adsense nangis cpc kecil 50% visitor dari ucbrowser
     
    adiannsaputra likes this.
  11. alfi212

    alfi212 Hero

    Joined:
    Nov 15, 2010
    Messages:
    682
    Likes Received:
    97
    stuju gan. memang paling gregetan itu si uc browser. situs ane sendiri user dr uc browser udah hampir 50% , edan
     
  12. newbiepermanen

    newbiepermanen Super Hero

    Joined:
    Jan 4, 2013
    Messages:
    1,407
    Likes Received:
    63
    Location:
    Belakang Rumah
    Tapi kenapa masih banyak pemain CPI uc browsers.. Gak mikirin dampaknya. :entahlah:
     
  13. pebriscreamo

    pebriscreamo Super Hero

    Joined:
    Feb 9, 2015
    Messages:
    954
    Likes Received:
    59
    Location:
    Mojokerto
    Ane juga heran masalah ini gan [emoji23]
     
  14. juung

    juung Super Hero

    Joined:
    May 19, 2012
    Messages:
    1,369
    Likes Received:
    77
    Iya ane juga heran, masalah hak ciptanya bagaimana itu?... Seenaknya saja, xoba ada yang berani lapor, biar diblokir aplikasinya... Main comot seenaknya saja....

    Sent from my HM 1S using Tapatalk
     
  15. bud1_w

    bud1_w Ads.id Addict

    Joined:
    May 3, 2012
    Messages:
    342
    Likes Received:
    36
    Location:
    kendal
    saya pengguna uc browser, memang kurang ajar sih nih browser terdapat adblock tapi dianya sendiri di browser tersebut ngiklan terus
    navigasi homepage juga tidak sepenuhnya dipegang user, pernah pas review di playstore saya kasih bintang 1
     
  16. latcha

    latcha Ads.id Fan

    Joined:
    Jan 29, 2016
    Messages:
    212
    Likes Received:
    26
    yg bikin heran lg, adsense mw aja nayangin iklan uc browser, pdhl udh tau klo itu musuh licik yg blokir iklan tp punya iklan sendiri
    semoga ada isu penistaan blogger biar ada demo tandingan wkwk
     
  17. Akbarz

    Akbarz Super Hero

    Joined:
    Jul 4, 2010
    Messages:
    939
    Likes Received:
    180
    Location:
    sidoarjo
    Aksi bela blogger 0202 17 :megaphone:
     
  18. Dreams

    Dreams Ads.id Pro

    Joined:
    May 3, 2016
    Messages:
    428
    Likes Received:
    47
    Ayo bikin gerakan lapor massal uc browser di google playstore
     
  19. Bugeast

    Bugeast Super Hero

    Joined:
    Jul 14, 2015
    Messages:
    1,765
    Likes Received:
    133
    Location:
    Makassar, Sulawesi Selatan
    betul skali om.
    bertamu, malah nggak sopan
    udah ngeblok iklan orang, skrang main comot artikel aja, padahal perusahaan raksasa
    ane jg tdk setuju kalo news agregator mencomot smua artikel, krn nggak bakal ada trafik yg masuk.
     
  20. basibanget

    basibanget Newbie

    Joined:
    Sep 27, 2010
    Messages:
    2
    Likes Received:
    1
    Kenapa gak coba gabung aja gan? Konon katanya ratenya lebih tinggi dari adsense
    [​IMG]

    Terus lagi ada lomba blog juga hadiah utamanya 100juta. kalau mau ikutan, gabung tim ane ya gan! ybs.me/2jNKG8X
     
    Last edited by a moderator: Jan 19, 2017
    Yukemari likes this.

Share This Page