1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

[ASK] Rencanakan Blog Sebagai Investasi, Untung atau Buntung ?

Discussion in 'Diskusi Umum Internet Marketing' started by Masadic, May 19, 2017.

  1. Masadic

    Masadic Ads.id Starter

    Joined:
    Jan 26, 2012
    Messages:
    95
    Likes Received:
    2
    Location:
    Bekasi
    Sebelumnya maaf kalau ada yg merasa topik thread ane salah tempat. Ane posting disini (bahasan diskusi umum internet marketing) karena ane berpikir ane mencoba berinvestasi mengkalkulasikan semuanya dari masalah umum bisnis blogging. Dimulai dari biaya hosting, domain, seo, tools, artikel, cara dan pilihan monetasi serta waktu balik modal (ROI) . kira kira bisnis blog tanpa kita yg mengerjakan ( full passive / semi-passive ) untung atau buntung ?

    Tujuan ane ? Sudah pasti ingin mendapatkan earning tanpa terlalu menguras banyak waktu karena sy bukan blogger full-time , masih bekerja di dunia nyata dan berusaha beralih ke bisnis blog. :komunis:

    Pengelolaan rencana ada dibawah dan berbagai pilihan / alternatif yg ane pikirkan
    ane punya budget : 50 jt
    alokasi dana :
    1. bangun blog dari awal, domain dan hosting atau custom domain ? kurang lebih ane mau alokasikan 5 jt per tahun

    atau lebih baik beli blog punya orang yg tentu sudah ada bukti / potensi menghasilkan untuk mengurangi biaya optimasi ?

    2. untuk SEO atau SMM , optimasi apakah lebih baik serahkan ke jasa SEO atau membeli tools atau semi optimasi yg sisanya sy optimasi sendiri ? untuk yg ini mungkin ane alokasikan dana kurang lebih 18 jt / pertahun.

    3. untuk artikel , lebih enak nulis sendiri, belajar kursus bhs inggris yg advanced atau serahkan ke jasa content writer / membeli artikel inggris atau dikombinasikan ? untuk yg satu ini ane rela alokasikan dana sekitar 20 jt untuk per tahun

    4. untuk monetasi, pilihan utama ane sih tertuju kepada cpc adsense ,
    kalau ads network lain ane blm tau mana cpc, cpm yg bisa disejajarkan dgn adsense , atau bikin ruang iklan sendiri ?
    ane jg ga menolak kemungkinan untuk cpa dan affiliate .

    5. masih ada sisa dana yg blm ane uraikan atau dialokasikan dan mungkin sisa dari biaya diatas kalau ternyata biayanya bisa kurang dari yg ane prediksi.
    Untuk itu, ane gunakan untuk swapping (seperti memori tambahan komputer ). untuk menambal kekurangan jika ada sesuatu yg tidak terduga.

    Nah, yg jadi pertanyaan ini ya waktu balik modal (ROI) tentunya ane paham prediksi gak semudah dengan kenyataan dan pendapatan bisa fluktuatif dari kalkulasi diatas, bisa gak bisnis blog secara pasif ini bisa untung ? seenggaknya ane mau targetkan sekitar 5-6 bulan bisa profit setelah semuanya dioptimasikan.

    mohon untuk mastah2 disini kasih pencerahannya, masukannya untuk saya, kira kira worth it gak ? :)

    newbie jg boleh komen, asal jgn cuma numpang lewat :komunis:.
     
    Last edited: May 19, 2017
    syndrome89 likes this.
  2. Diradja

    Diradja Ads.id Pro

    Joined:
    Oct 3, 2010
    Messages:
    259
    Likes Received:
    18
    menurut mastah dimari.. hal utama di dunia blog adalah MENCOBA dan PRAKTEK
    setelah praktek baru diketahui mana teknik yg COCOK untuk kita

    ini menurut ane ya gan.. bagi saja dananya dalam beberapa jenis blog sesuai kriteria agan
    nanti pasti tau mana yg pas buat agan..

    dan jgn lupa, begitu ada yg menggiurkan.. tetap kalem.. jangan kalap :)
     
  3. tanpamoney

    tanpamoney Ads.id Pro

    Joined:
    Mar 20, 2013
    Messages:
    350
    Likes Received:
    74
    1. Mending beli gan, soalnya dah jelas visitornya jadi agan tinggal melanjutkan tp pastiin patokan dr yg organic aja + sesuai kriteria agan.
    2. Mending invest d socmed yg datangin trafik, jangka panjang. SEO juga boleh sih tp seo y tetap aja ada bahaya kena ban google. Liat aja akibat fred, gak pernah main backlink bisa juga kena
    3. Kombinasi dah pasti tp kalau ente blajar b.ing advance kayaknya udah bkalan males gan. Alasan ente untuk kursus advance terlalu sederhana. Jadi beli dah pasti
    4. Blum bisa jawab karna tergantung ente, kalau keterima google ads aja agan blum pernah gmana mau berharap k yg lain :melet:

    Untuk ROI, kalau ente pemain baru, belajarlah untuk bersabar karna saingan digital berat bgt apalagi keyword bule :lol:

    Kalau web visitor dr indo, kalau dipake konversi, 1 visitor mungkin bisa dihargai 10perak, jadi kalau mau 200rb rupiah perhari maka agan harus dapetin 20rb visitor/hari. (hitungan pesimis, sangat mungkin agan dapat lebih dr 200rb/hari).

    Nah, yg jadi pertanyaan, gmana cara agan dapetin 20rb visitor per hari :lol:

    Sekedar gambaran, ane pernah nyewa fanspage yg like fans page nya hampir 1jt orang indonesia. Dan yg ngevisit ke web dapat 15rb-20rb orang/hari dgn penjadwalan post 1post/jam (live link). Dan ini se niche
    *bukan web punya ane tp punya klient.

    Nah, sekedar gambar dr newbie dan dah pasti bnyak salahnya karna emang newbie :peace:
     
  4. SosMarket

    SosMarket Newbie

    Joined:
    May 17, 2017
    Messages:
    49
    Likes Received:
    12
    Location:
    Pekanbaru
    Wah,klo budgetingnya seperti itu lebih baik develope app atau buat media lokal sekalian gan, tingkat kesulitannya cuma konsep yang matang dan hire team yang oke.

    Kelebihan klo app, ROI bisa cepat dan jelas income bisa masuk mulai dari launching

    Kelebihan media lokal atau portal yang jelas sumber pemasukan bukan sekedar dari adsense atau sejenisnya,bisa langsung dari advertorial.

    Setelah stabil mungkin baru bisa coba-coba maen kejar keyword gan,

    In newbie opinion ya gan. Maapken klo salah


    Sent from my iPhone using Tapatalk
     
  5. Bungkusnya

    Bungkusnya Ads.id Fan

    Joined:
    Apr 6, 2017
    Messages:
    117
    Likes Received:
    14
    Klo ane lihat dari kebutuhan ente dan gaya menulis ente, menurut ane kurang cocok klo bangun + ngurus, beli blog jadi juga sama berbahayanya karena belum tau seluk beluknya.. mending buy traffict atau mailist terus belajar di cpa. dunia bisnis blogging ga indah2 amat, tapi memang cocok buat yg nyari fasif income. klo buru buru hasil yg cepat mending juga jadi delop kebutuhan real yg dionlenkan. macem gojek .. saran aja
     
  6. masihnewbie

    masihnewbie Ads.id Fan

    Joined:
    Nov 3, 2009
    Messages:
    146
    Likes Received:
    105
    semi passive bisa banget gan, apalagi kalau anggaran lumayan gede. Kalau full passive kurang tahu, blm pernah nyobain
    Kalau pendapat ane sih ..

    1. Lebih prefer ke domain+hosting dan dibangun dari awal, tapi ini kyknya masalah selera aja. Bisa ambil web yg udah jalan dan dilanjutin/dibesarin konsepnya

    2. SEO kalau sy lebih ke semi optimasi. Asumsi membangun web lokal, lebih dari cukup buat bikin satu set PBN milik sendiri. Kalau sy di awal sambil bangun pbn/seo, juga di genjot campaign di sosmed juga.

    3. Sy lebih cenderung pakai content writer. Lebih enak lagi hire penulis sendiri, di training dulu biar bisa bikin artikel sesuai kriteria kita. menulis artikel kyknya salah satu yg paling menyita waktu. Paling riset keywordnya yg tetap dikerjakan sendiri.

    4. Monetize adsense bisa gabung dengan affiliate, sewa spot ads, sampe sewa email newsletter. Tergantung niche dan deal masing2, harga sewa satu ads spot/sewa email list bisa lumayan. Tertinggi yg pernah sy terima di lokal sekitar $2,4K buat sekali blast email ke subscriber

    btw ini pengalaman sy di web lokal aja sih, kebetulan monetize adsense+affiliate+ sewa ads. Web luar/bhs inggris masih sebatas di micro niche doangan (artikel website, bukan image based) dan anggarannya juga masih mungil buat 1 webnya..
     
  7. dadada

    dadada Super Hero

    Joined:
    Dec 10, 2013
    Messages:
    2,514
    Likes Received:
    999
    Untung buntungnya tergantung dari cara mengelolanya........
    Sebenarnya blog itu nggak perlu macam-macam ilmunya, tapi bisa cukup dengan cara menjaga kualitas konten.... jika isinya menarik dan bisa bikin banyak orang betah, saya yakin sukses..... Buktinya, lihat saja ke subforum PIP Adsense, hari ini tanggal 20 sudah ramai sekali yg sedang ngantri.... :D
     
  8. ayu99899

    ayu99899 Ads.id Pro

    Joined:
    Dec 7, 2016
    Messages:
    468
    Likes Received:
    62
    Location:
    ina
    ada yang untung banyak yang buntung hehehe
     
  9. Masadic

    Masadic Ads.id Starter

    Joined:
    Jan 26, 2012
    Messages:
    95
    Likes Received:
    2
    Location:
    Bekasi
    oke makasih untuk semua yg udah meluangkan waktu untuk memberi masukan , aku coba jawab satu-satu :)

    ok gan, besaran budget yg ane punya memang dikhususkan hanya untuk bisnis IM aja,diluar itu ada pekerjaan utama yg masih ane lakuin part
    time / full time kerja offline dan ada invest lainnya , tapi jenis investmentnya berbeda, bidangnya berbeda . makanya ane mencoba untuk mendisertifikasi modal dibanyak program sesuai kemampuan ane .

    terima kasih udah kasih masukan , ya walaupun udah beli blog, jasa maintenance seo ataupun beli artikel bisa dilakukan , kalau earning ga bisa melampaui standar modal yg dikasih , tetep ane yg akan rugi . target prediksi sih 6-7 bulan setelah optimasi, semoga udah bisa balik profit . sengaja memilih asumsi waktu yg lama biar ga kaget dengan kenyataan yg ternyata bisa aja meleset jauh . :lol:

    btw, sy menyalahkan newbie yg cuma numpang lewat aja gan :komunis: justru kalo agan mengeluarkan masukan, mungkin itu bisa sedikit mempengaruhi sy menjadi rencana yg lebih terukur , lebih matang. thanks


    .

    kalo untuk develope app , sy termasuk org yg buta kalo masalah programming atau bermain di mobile app, takut ga cocok . kalaupun sy mau bermain di sektor mobile app, sy hanya mau bertindak sbg investor aja dengan skema yg udah tergambar jelas tentang dimana posisi sy dan bagaimana sy bisa dapat profit dari bidang ini.
    ( note : kalau sudut pandang sy ini salah mengenai develope app, mohon dikoreksi karena inilah gambaran pikiran sy mengenai hal diatas. takutnya beda dengan apa yg ada dipikiran agan #-o)

    kalo media lokal ya rata2 competitor udah punya nama dibawah bendera perusahaan, punya bagian tersendiri dalam manajemen konten , jadi ga heran bisa membuat banyak topik tanpa takut sama aturan google di search engine.
    sedangkan ane main sendiri , memulai nama blog dari bawah, dan cuma bisa fokus ke niche yg lebih sempit .
    advertorial ? sy masih blm paham perhitungan earningnya, apalagi sy pemain kecil :))
     
  10. Masadic

    Masadic Ads.id Starter

    Joined:
    Jan 26, 2012
    Messages:
    95
    Likes Received:
    2
    Location:
    Bekasi
    Dulunya sy juga main ppc, cpm sama seperti blogger umumnya , tapi kerjanya gak serius ya otomatis hasilnya pun juga gak serius, dapet receh :((
    Skrg sy ada ide untuk jadikan blog untuk sarana investing . Yg bikin bingung ini ya di monetize pake apa ? karena berhubungan jg dengan balik modal / ROI . kalau dapetnya lebih kecil daripada standar modal yg ane usahakan , ya hitungannya berarti kn dapet rugi .
    Waduh , kalo teringat kata2 "hasil cepat" lebih ngena ke HYIP, MLM dsb. :komunis:
    Bagi sy, sy ga terlalu menuntut hasil yg cepat karena perilaku kita terhadap SEO jg berubah dari waktu ke waktu , jadi main halus aja asalkan modal bisa balik seenggaknya 6-8 bln setelah dioptimasi hehe

    Ya sepertinya jawaban ini kembali pada strategy ane sendiri , untuk blog luar yg saya targetkan mungkin 2x lebih mahal biayanya daripada optimasi yg blog lokal. dan jg ga terbatas pada adsense yg selalu membutuhkan update konten, bisa juga di set and forget seperti digunakan untuk affiliate pada umumnya.

    wah , disana emang rame gan, ane masih jauh dari hingar bingar adsense , jadi merasa kesepian disini :lol:

    hehe iya gan
     
  11. newbie to master

    newbie to master Super Hero

    Joined:
    Feb 7, 2014
    Messages:
    1,135
    Likes Received:
    79
    Location:
    Yogyakarta
    Budget segitu bisa sih buat beli yang udah jalan, tapi masalahnya kalo nanti belum tau seluk beluknya juga akan repot, masa iya harus bayar orang lagi untuk ngurusnya hihi...
    beli juga sip sih, tapi harus juga diimbangi dengan belajar build sendiri gan, coba build 1 sampai 2 dlu, pelajari untuk seluk beluknya. Itu kalo menurut persepsi ane ya :D
     
  12. Bungkusnya

    Bungkusnya Ads.id Fan

    Joined:
    Apr 6, 2017
    Messages:
    117
    Likes Received:
    14
    Mungkin TS nya sedang bingung aja gan :D merujuk pada pernyataan ts "Ya sepertinya jawaban ini kembali pada strategy ane sendiri".
     
  13. Masadic

    Masadic Ads.id Starter

    Joined:
    Jan 26, 2012
    Messages:
    95
    Likes Received:
    2
    Location:
    Bekasi
    Oke gan, jadi intinya harus ada salah satu bidang atau bagian yang harus ane tangani sendiri ya , supaya beban budget ga terlalu berat ? hhe

    kalo modelnya masih semi-passive blogging, ane masih bisa jalanin, soalnya seperti yg saya bilang diatas bahwa saya masih ada kerjaan offline dan invest di bidang lain. Nah, sedikit demi sedikit, ane pengen merubah diri beralih ke sektor IM, yg menurut ane potensial dijadikan invest kalau benar2 difokuskan :D


    Ya maksudnya kan ane minta saran, masukan dari semua yang ada disini, untuk nanti saya filter lagi, kelebihan dan kekurangannya apa aja kalau saya lakukan hal ini. gitu loh gan :D

    Ya oleh karena itu jg, mumpung ini masih dalam tahap rencana, saya benar2 memikirkan berbagai pertimbangan dan kalkulasi secara matang dari berbagai segi, setidaknya mendekati real, ga cuma sekedar hitung . Saya pun juga ga mau memaksakan jor-joran keluarkan invest disini kalau ternyata "lebih besar pasak daripada tiang"
     
  14. hendriprastio

    hendriprastio Super Hero

    Joined:
    Mar 22, 2012
    Messages:
    1,668
    Likes Received:
    239
    Location:
    Ads.id
    mending cari ilmu dan praktek / penerapannya dulu gan... . kalo dirasa udah menguasai, baru dana itu digunakan sesuai kebutuhan.. pasti investasinya untung
     
  15. odoy609

    odoy609 Ads.id Fan

    Joined:
    May 29, 2010
    Messages:
    182
    Likes Received:
    7
    tergantung om bnyak faktor sih sbnere. klo pengen semi passive kemampuan si penggarap kuncinya jadi kudu jeli nyari jasa2nya dari awal. kalo udah paham ato minimal pernah ngasilin dari bloging dan tau kmana alur yang bener saya rasa tetep menguntungkan. yg pasti klo ga dicoba ga ngerti om. dicoba aj gpp kalo dah yakin kalo ragu duit kandangin lagi ato buat lainya. :D
     
  16. Torres

    Torres Hero

    Joined:
    Oct 16, 2010
    Messages:
    685
    Likes Received:
    19
    kalo punya ide yg orisinal. praktek. kalo sukses lanjutkan. gagal cari yg lain.
     
  17. keyplay

    keyplay Ads.id Fan

    Joined:
    Oct 12, 2010
    Messages:
    179
    Likes Received:
    6
    budgetnya keren,,
    jd pgen bs spt agan,,

    smoga para mastah bs turun gunung,,ngasih masukan
     
  18. Rootnesia

    Rootnesia Super Hero

    Joined:
    Sep 30, 2016
    Messages:
    3,433
    Likes Received:
    1,117
    Location:
    Wonogiri
    Yg sya tangkep sih agan ts sebenernya gak buta2 amat sm dunia blogging... Cm karna keterbatasan waktu dan punya kerjaan tetap jg jd pengen coba invest dgn cara gaji org lain utk ngurus + optimasi... Kalo asumsi sya salah tolong dikoreksi

    Klo saran sya sih, ngukurnya jgn kelamaan gan, 6-7 bln klo kata sya mah udh kelamaan gan utk ngukur untung atau rugi. Klo sya biasanya patokannya max 4 bln... Klo 4 bln gak balik modal sya anggap ada yg salah atau emg sya kudu ganti bisnis lain, klo blog biasanya domainnya mending sya telantarin aja/parkir sampe expired. Lebih2 klo agan mau beli blog jadi... Kayanya 1 bln aja udh cukup jd patokan :D

    Dan kalo targetnya bule... Kalo mau lebih hemat budget mending beli tools expired article aja, sewa RDP buat auto scrap, dapet artikel bagus lempar ke grammarly... Intinya klo belajar dlu kelamaan gan... Dan lagi nyari writter yg bertanggung jawab ama DL agak susah.
     
  19. JuraganCendol

    JuraganCendol Hero

    Joined:
    Oct 5, 2014
    Messages:
    600
    Likes Received:
    32
    Location:
    Surabaya, Jawa Timur
    Kalau untuk invest mending beli blog yang sudah menghasilkan aja gan udah pasti butuh berapa lama untuk bakal balik modal... kalau bangun dari awal bakal butuh waktu dan budget lebih banyak.

    Dengan modal 50juta ente mungkin udah dapat blog dengan penghasilan 4-7 juta /bulan, dan kalau ga ada halangan dalam waktu setahun ente udah balik modal... sedangkan kalau ente bangun dari awal bakal butuh waktu lebih lama untuk balik modal.

    Tapi agan harus hati hati dalam membeli blog, harus di cek dulu artikel, dan backlinknya jangan asal beli.. kalau perlu minta temen agan yang udah ngerti untuk menganalisa dahulu.
     
  20. Masadic

    Masadic Ads.id Starter

    Joined:
    Jan 26, 2012
    Messages:
    95
    Likes Received:
    2
    Location:
    Bekasi
    ok gan, ane masih coba pelajari dengan teliti . makasih sarannya :)

    Sip gan. memang susah kalkulasinya kalau cuma sekedar simulasi . ya sy gak berpatok sama IM aja, alternatif masih ada.

    thanks masukannya
     

Share This Page