1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

500 732 Internal Server Error, Kenapa?

Discussion in 'Hosting & Domain' started by antoterong, Jul 26, 2017.

  1. antoterong

    antoterong Super Hero

    Joined:
    May 23, 2012
    Messages:
    893
    Likes Received:
    93
    Mau tanya gan, sesekali situs saya kena internal server error, saya cek di f12 kodenya 500, tapi di tab dan di halaman page nya tulisannya 732. Erornya acak, muncul sesekali, mungkin presentasenya antara 10%-20% muncul. Ini kira-kira kenapa ya?

    Anehnya ini errornya gak bisa di replikasi sama webhosternya, jadi di saya saja, pake Speedy/Indihome, saya coba di beda PC tetap aja kena error. Terus kalau saya pakai proxy, errornya munculnya cuman di backend saja, klo gak login di websitenya gak kena eror. Klo pakai smartphone, pakai proxy ataupun tidak, frontendnya gak kena error sama sekali.

    Saya sudah komplen ke hosting sana juga gak bisa apa-apa, lha gak bisa direplikasi, sana juga gak mau naikin php limitnya dll... Website saya di server yg berbeda (website buat testing) yang buildnya sama persis gak kena error tuh, jadi ini internet saya atau servernya nih?
     
  2. Dwipangga

    Dwipangga Super Hero

    Joined:
    Mar 25, 2010
    Messages:
    3,142
    Likes Received:
    297
    Location:
    Home
    Ikut nyimak... kadang ngalami juga.
    Provider: indiehome
     
  3. antoterong

    antoterong Super Hero

    Joined:
    May 23, 2012
    Messages:
    893
    Likes Received:
    93
    Agan klo pakai ISP lain gmn gan? Saya lagi gak langganan lainnya soalnya mau ngetes
     
  4. Dwipangga

    Dwipangga Super Hero

    Joined:
    Mar 25, 2010
    Messages:
    3,142
    Likes Received:
    297
    Location:
    Home
    Belum pernah nyoba pake provider lain, Om
    dulu2 kayaknya ga pernah waktu pakai 3, kurang tau juga nih masalahnya dimana
     
  5. antoterong

    antoterong Super Hero

    Joined:
    May 23, 2012
    Messages:
    893
    Likes Received:
    93
    Apa indihomenya ya? Saya coba pake proxy, front end dan logged out gak keluar sama sekali errornya, klo logged in, front end maupun back end muncul errornya.
    Di cek berkali-kali sama teknisi hostingnya, mereka sama sekali gak keluar error, gak bisa mereplikasi. Tapi kok ya cuman 1 web ini malahan.
     
  6. hardinalz

    hardinalz Super Hero

    Joined:
    Mar 8, 2010
    Messages:
    2,395
    Likes Received:
    1,420
    Location:
    /var/www/html
    Apakah web mas wordpress?

    Kalo iya, ikuti langkah2 di bawah

    a. coba mas matikan semua plugin, lalu mas pake theme standar. Apakah masih error? Kalo iya baca poin d di bawah. Kalo tdk, lanjut.

    b. setelah langkah a, mas aktifkan theme web mas. Apakah masih error? Kalo iya baca poin d di bawah. Kalo tdk, lanjut.

    c. setelah langkah b, mas aktifkan plugin web mas 1-1, setiap selesai ngaktifin plugin, cek web mas, plugin mana yang bikin error, mungkin plugin cache?

    d. Coba pake ISP (internet) lain, ganti providernya, misal jadikan HP mas Wi-Fi buat laptop mas kemudian terapkan langkah a atau b di atas. Apakah masih error? Kalo iya maka kemungkinan besar ada di pihak hosting. Kalo tdk, ada di ISP yang mas pake.
     
    Last edited: Jul 27, 2017
    armanke13 likes this.
  7. antoterong

    antoterong Super Hero

    Joined:
    May 23, 2012
    Messages:
    893
    Likes Received:
    93
    Saya sudah coba WP default, theme default dan plugin disable semua (tapi waktu itu lupa htaccessnya masih blum default), hasilnya tetep error. Terus saya balikin semua saya coba htaccess saya kosongin kecuali yg buat W3TC dan WP, hasilnya tetep error juga.

    Pakai smartphone tapi pakai wifi (jadi koneksi sama dgn PC) hasilnya tetep error. Saya coba pakai IM3 untuk buka front end, puluhan kali saya refresh gak ada eror sama sekali. Barusan saya coba lagi pakai proxy (dgn koneksi utama Indihome), saya pakai login ke back end juga, puluhan kali saya refresh dan pakai search query, sama sekali gak ada eror (padahal biasanya minimal 10% nya kena eror). Semuanya kok menjurus ke koneksi Indihome ya? Tapi kenapa saya kenanya eror ini cmn di 1 website dan itu website saya? Arghhhh......

    Solusinya gimana nih klo beneran gara-gara Indihome? Gak mungkin kontak ke Indihome benerin ini, gak bakal dibenerin, dijanjiin upgrade paket aja baru beneran di upgrade setelah 7 bulan.
     
  8. yosbeda

    yosbeda Ads.id Fan

    Joined:
    Apr 18, 2010
    Messages:
    150
    Likes Received:
    43
    Location:
    Wonogiri
    Ini menarik sekali ya, error yang diduga terjadi dari sisi client-side dan diduga kuat karena ISP-nya. Selama ini, ane pernah ngalamin error waktu buka beberapa web dari koneksi Tri, namun errornya sekadar "Err Connection Timed Out" tidak sampai muncul 5xx, jadi tidak sampai ke internal server webnya.

    CMIIW
     
  9. antoterong

    antoterong Super Hero

    Joined:
    May 23, 2012
    Messages:
    893
    Likes Received:
    93
    Kyknya ini koneksi Indihome ke server tertentu, pakai proxy sama sekali gak ada eror gan! Teknisi hosting aja mungkin berpikir saya trolling soalnya errornya gak bisa muncul disana, saja jadi gak enak.. hahaha, akhirnya saya kasih video recording errornya. Klo yg punya agan sudah jelas dari tulisannya juga masalah koneksi meskipun entah itu koneksi tri disini atau koneksi servernya disana (harus pake ISP lain buat ngeceknya), klo saya masih harus menarik kesimpulan sendiri, jadi juga gak 100% yakin ini gara-gara konfigurasi server atau koneksi server ke client, soalnya juga yg error-error gini cmn ke 1 website saya, ke web saya lain lancar dan ke web2 lain juga lancar.
     
  10. dadada

    dadada Super Hero

    Joined:
    Dec 10, 2013
    Messages:
    2,514
    Likes Received:
    999
    kayake 500 error itu nggak harus 100% atau 90%, karena suatu saat server gagal memroses ya bisa error, dan suatu saat server berhasil memprosess ya halaman termuat...

    Mengenai kenapa hanya trjadi pada web agan saja?... ya bisa jadi karena konfigurasi webnya..

    Karena 500 error itu sisi server, ya biasanya kan tercatat di error log dan bisa dicek... :D

    asumsi ane gan pribadi,,, cmiww :D
     
  11. antoterong

    antoterong Super Hero

    Joined:
    May 23, 2012
    Messages:
    893
    Likes Received:
    93
    Klo di halaman yg sama error cmn 10% berarti errornya bukan di coding kan, gagal memproses begini biasanya karena CPU nya prosesnya full atau memory full atau IO nya jadi ada proses yg tidak tertangani, nah ini CPU gak pernah lebih dari 10% soalnya ada W3TC, memory dan IO juga rendah.

    Kemudian ini saya coba back end front end pake proxy, puluhan kali refresh, 0 error, klo pake koneksi yg biasanya (Indiehome) pasti udah kena. Pakai IM3 buat ngecek front end aja (berarti served from cache) juga sama sekali gak error saya refresh puluhan kali, ini klo Indiehome juga kena sudah pasti kena error. Anehnya ini 500 Internal Server Error tapi kok kayak errornya dari koneksi, makanya saya jadi bingung :D

    Dari error log cPanel atau PHP error log juga kosong gan, entah klo dari Apache error log, tapi dulu pas saya tanya ke support dia juga gak bilang apa-apa soal log di Apache, mungkin kosong juga atau dia tidak ngeliat lognya.

    Setau saya gitu gan klo baca-baca di internet :D
     
  12. yosbeda

    yosbeda Ads.id Fan

    Joined:
    Apr 18, 2010
    Messages:
    150
    Likes Received:
    43
    Location:
    Wonogiri
    Dan yang "menakutkan" hehehehe.. sesuatu yang "kadang-kadang" itu benerinnya paling susah gan. Ane balum lama ini ngalamin hal seperti itu juga. Ceritanya ane mau nutup root CDN ane (cdn.webane.com) biar lari ke 405, eh kadang bisa kadang nggak. Akhirnya ane nyerah, bodo amat dah.. :D
    [​IMG]
     
  13. aldhy

    aldhy Hosting Group _ ▂ ▃ ▅ ▆ █

    Joined:
    Mar 17, 2013
    Messages:
    1,731
    Likes Received:
    104
    Location:
    Cirebon
    error 500 itu biasanya kalau ada proses yg gagal
    coba cek .htaccess nya, kalau emg masalah di limit memory kayaknya emg harus dinaikkan
     
  14. hardinalz

    hardinalz Super Hero

    Joined:
    Mar 8, 2010
    Messages:
    2,395
    Likes Received:
    1,420
    Location:
    /var/www/html
    Aneh juga nih kasusnya.

    Itu kata mas di atas (atau saya yang salah nangkep), pernah Theme default, plugin disable, tapi .htaccess ga default, mungkin bisa dicoba di standarin juga .htaccess nya, kalo perlu reinstall Wordpress nya.

    Code:
    # BEGIN WordPress
    <IfModule mod_rewrite.c>
    RewriteEngine On
    RewriteBase /
    RewriteRule ^index\.php$ - [L]
    RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
    RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
    RewriteRule . /index.php [L]
    </IfModule>
    # END WordPress
    
    Karena harusnya, jika semua standar, theme TwentySeventeen, tanpa modif an, plugin ga ada yang aktif (termasuk W3 Total Cache yang sebelum nya mas hapus cache nya), kode iklan, kode statistik ga ada, harus nya ga error.

    Solusi lain:...
    a. coba di HTTPS in mas web nya, siapa tau bisa nge ByPass IndiHome dan ga muncul error. Untuk testing bisa pake Self-Signed atau kalo hosting nya support free SSL semacam Let's Encrypt, pake itu aja

    b. Ganti dulu semuanya pake standar Wordpress di domain itu. Mas hapus wordpress yang ada, lalu install pake standar wordpress, seperti ini

    [​IMG]

    Kalo sdh pake standar wordpress masih saja error, aneh bin ajaib itu IndiHome nya, mungkin domain mas di blacklist. Wkwkwk.
     
  15. antoterong

    antoterong Super Hero

    Joined:
    May 23, 2012
    Messages:
    893
    Likes Received:
    93
    Iya jenis error yg susah, cuman kadang-kadang, apalagi di log bersih semua, tambah lagi klo gak semua oarang bisa dapat error ini, kyk tempat saya ini, supportnya gak bisa mereplikasi errornya :D

    CPU, memory, dan IO semuanya rendah gan, gak ada spike juga.

    Iya gan bener nangkepnya, semua sudah default, theme dan plugins disable semua, tapi lupa waktu itu htaccess masih custom penuh => dapet error. Terus saya coba lagi theme dan plugin normal tapi htaccess cuma saya sisain W3TC dan default WP => error juga. Kalau ada waktu mau saya coba lagi default semua, htaccess dan theme pluginnya.

    Klo pakai SSL temporary buat ngetes gitu, apa gak rusak tar SEOnya, malah turun gak naik-naik lagi tar... haha, ini soalnya juga baru stabil setelah berbulan-bulan kena gusur di SERP.
    Bisa gak ya SSL cuman untuk URL tertentu?

    Klo instal pake fresh WP tanpa konten gak mungkin gan, in web ada trafiknya. Tapi ini sudah beberapa kali re-instal WP nya buat mastiin klo WPnya gak korup.
    Mau pindah server tapi masih ragu itu nanti bener-bener mengatasi masalah gak.
     
  16. aldhy

    aldhy Hosting Group _ ▂ ▃ ▅ ▆ █

    Joined:
    Mar 17, 2013
    Messages:
    1,731
    Likes Received:
    104
    Location:
    Cirebon
    kalau memang rendah coba aja cari yg lebih tinggi, kalau memang itu kebutuhan dari scriptnya
     
  17. antoterong

    antoterong Super Hero

    Joined:
    May 23, 2012
    Messages:
    893
    Likes Received:
    93
    Maksudnya yg rendah itu pemakaiannya gan, dibandingkan dgn specnya. Jadi CPU, memory, dan IO dll yg terpakai kurang 10% dari kemampuan hosting yg saya pakai. Spike juga gak ada.
     
  18. dadada

    dadada Super Hero

    Joined:
    Dec 10, 2013
    Messages:
    2,514
    Likes Received:
    999
    Owh ada w3c, dan penggunaan CPU cuma 10%,,,,,, ?

    Wahaha, bingung juga ya kalau gitu gan... :D.
    Mungkinkah server hostingnya sudah suka nge-lag karena sudah sepuh atau butuh di reboot?.... :lol: :entahlah: secara error 500 itu biasanya masalah server dan proses memrosesnya... :D
     
  19. aldhy

    aldhy Hosting Group _ ▂ ▃ ▅ ▆ █

    Joined:
    Mar 17, 2013
    Messages:
    1,731
    Likes Received:
    104
    Location:
    Cirebon
    oh iya lokasi servernya dimana?
    biasanya jaringan telkom agak buruk kalau akses server luar negeri
     
  20. rinoitink

    rinoitink Ads.id Starter

    Joined:
    May 1, 2017
    Messages:
    72
    Likes Received:
    2
    Wah sama nih penyakitnya sama ane [emoji30][emoji26] [emoji26]

    Sent from my ZTE N939Sc using Tapatalk
     

Share This Page