1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Featured [SHARE] Onpage SEO Era SEO Modern - Study Case

Discussion in 'SEO' started by daffyshaci, Feb 11, 2018.

Tags:
  1. daffyshaci

    daffyshaci S.E.O Freak

    Joined:
    Aug 26, 2011
    Messages:
    905
    Likes Received:
    1,433
    Mumpung lagi ada waktu luang,, kali ini saya mau share masalah onpage seo khususnya di optimasi konten, semoga bisa jadi referensi dan panduan Anda untuk yang lagi membuat blog.


    1 . Riset Kata Kunci

    Disini saya tidak bahas secara detail bagaimana Anda menemukan kata kunci, karena sudah banyak panduan di forum ini yg membahas bagaimana riset keyword. Salah satu yang pernah saya bahas bagaimana menemukan kata kunci dari blog yang sudah profit disini : https://ads.id/forums/index.php?thr...old-method-but-still-powerfull-part-1.209381/

    Saya hanya akan bahas bagian yang jarang di perhatikan saat melakukan riset keyword.


    Selalu gunakan Long Tail Keyword

    Berdasarkan search demand-nya Hanya ada 2 jenis keyword :

    - Head Keyword

    - Tail Keyword

    Saat Anda memilih keyword, selalu pilih keyword yang tergolong dalam long tail keyword. Karena biasanya keyword dalam kategori ini memiliki nilai/value untuk bisnis ataupun aktifitas bloging Anda.

    Sayangnya banyak yang salah persepsi tentang Long Tail Keyword. Hampir semua panduan mengartikan Long Tail Keyword adalah keyword dengan jumlah kata 3 kata atau di atas 3 kata.

    Ini tidak sepenuhnya benar, karena ada keyword 2 kata bahkan 1 kata yang tergolong dalam Long Tail Keyword. Misalnya : Jual Sepeda, keyword ini tergolong Long Tail Keyword walaupun hanya 2 kata.

    Long Tail Keyword tidak ada korelasi dengan jumlah kata. Untuk memahami apa itu Long Tail Keyword Anda harus mengerti klasifikasi keyword berdasarkan jumlah pencarian perbulannya. Bagaimana keyword bisa dikatakan Long Tail Keyword (Keyword ekor/buntut panjang).

    [​IMG]

    Dikatakan Long Tail Keyword karena bentuk nya memang seperti ekor yang panjang. Dan ini menggambarkan banyak nya keyword di cluster tersebut.

    Keyword yang tergolong Long Tail Keyword memang biasanya mengandung 3 atau > 3 kata. Namun bukan berarti keyword dengan 1 kata tidak bisa tergolong Long Tail Keyword seperti yang saya contohkan diatas.

    Keyword jual sepeda memiliki jumlah pencarian 2400 perbulan, dan dari table diatas keyword “jual sepeda” masuk dalam cluster long tail keyword.


    Kumpulkan List keyword yang berhubungan (BUKAN LSI/LSA)

    Bagian ke 2 yang sering terlupakan adalah mengumpulkan topik yang relevan dengan target keywordnya.

    LSI bisa saja di skip oleh Rank Brain untuk kalimat tertentu karena di machine Learning ada yang namanya Stemming & Lemmatization. Jadi walaupun Anda menggunakan synonym tetap akan di golongkan keyword yg sama dan tidak unik.

    Ini juga alasan mengapa google bisa dengan mudah menggolongkan sebuah konten tidak original atau sering di sebut Spun Content.

    Related topik disini maksud nya adalah menemukan topik yg berhubungan dengan keyword yang Anda bahas. Missal untuk keyword “SEO”

    List Topik yang berhubungan :

    - Search Engine

    - Google

    - Matt Cut

    - PageRank

    - Content

    - Link

    - Search Result


    Jika saya menggunakan word2vec dari content Wikipedia untuk keyword SEO maka hasilnya seperti ini :

    [​IMG]

    Intinya Anda harus pahami dulu target keyword Anda sehingga bisa Anda bisa menggolongkan topik apa saja yang harus dibahas untuk memperkuat relevansi dari target keyword tersebut.


    Kalau dulu ubbersugest ada fitur yg namanya wordcloud, dimana wordcloud menggunakan machine learning untuk mengumpulkan kata yang penting untuk keyword yang di targetkan. Sayangnya fitur ini sudah tidak ada setelah di update ke nailbotakdotcom.


    Untuk suhu yang udah biasa otak atik seputar machine learning bisa pakai word2vec dari Wikipedia untuk menemukan ide topik yang relevant/berhubungan dengan keyword/kata tertentu.


    Contohnya disini saya ingin mencari relevant keyword untuk kata : Rank dan Link

    [​IMG]

    Untuk kata Rank dan link, 3 kata yang paling dominan/ relevant adalah :


    - Search ( 60%)

    - Web (57%)

    - Result (54%)

    Jadi misalnya saya ingin membuat kalimat saya bisa memasukan ke 3 kata tersebut untuk memperkuat kata Rank dan Link.

    Missal :

    “your web needs more links to rank higher in search results.”

    Semua kata atau topik yang berhubungan dengan topik seo sebaiknya di list dan di kumpulkan untuk ide membuat konten nantinya.


    2. Optimasi Konten (Onpage SEO)

    Onpage seo juga sudah banyak sekali yang bahas, jadi saya tidak akan mengulang apa yang sudah di bahas dan hanya membahas apa yang saya pahami masih work dan relevan dengan algoritma saat ini.


    Gunakan “Main Topic Content”

    Bicara soal optimasi konten, system atau algotima yang paling mendekati ada algoritma “Hummingbird” yang saat ini juga sudah di proses oleh Rank Brain.

    Dengan Algoritma tersebut Google dapat memprediksi dengan tepat isi dari konten yang Anda tulis. Informasi apa yang Anda bahas serta relevan atau tidak dengan Search Query.

    Sebelum era Hummingbird, Long Tail Keyword yang Anda dapatkan dari hasil riset keyword biasanya akan menjadikan semua keyword menjadi 1 konten. Namun di Era Hummingbird Hal tersebut akan sia-sia dan tidak efektif.

    [​IMG]

    Perhatikan gambar diatas, Anda tidak perlu lagi membuat semua hasil riset keyword Anda menjadi Konten yang terpisah, cukup buat 1 konten dengan pembahasan masing-masing Long Tail Keyword yang di dapatkan sebelumnya.

    Misal untuk target keyword : “Kerajinan Dari Botol Bekas

    Anda tidak perlu membuat konten “Kerajinan dari botol bekas” atau membuat semua konten dari hasil riset keyword menjadi konten yang terpisah, seperti :

    - Cara membuat Kerajinan dari botol bekas (konten 1)

    - Cara membuat Kerajinan dari kardus (Konten 2)

    - Cara membuat Kerajinan dari kertas kado (Konten 3)

    - Cara membuat Kerajinan dari stik eskrim (Konten 4)


    Cukup buat 1 konten yang membahas semua hasil riset keyword tersebut. Misal : “101 ide membuat Kerajinan tangan dari barang bekas”.

    Kerajinan dari barang bekas adalah main topic yang juga dapat mencakup keyword yang lebih kecil lingkupnya seperti list diatas, sehingga dengan 1 konten Anda bisa meranking banyak keyword.

    Real Example:

    Keyword : Kerajinan dari botol bekas

    [​IMG]

    Dengan contoh diatas sudah bisa MEMATAHKAN konspirasi :

    - Exact keyword harus berada di title

    - Exact keyword harus berada di url

    - Exact keyword harus berada di deskripsi


    Bersambung ke post selanjutnya ........:bye:
     
  2. daffyshaci

    daffyshaci S.E.O Freak

    Joined:
    Aug 26, 2011
    Messages:
    905
    Likes Received:
    1,433
    Masukan Sebanyak mungkin related topic

    Dari hasil riset sebelumnya Anda telah mengumpulkan topik topik yang relevan/berhubungan dengan target keyword. Gunakan list tersebut didalam konten untuk memperkuat relevansi dengan “search query”.

    Strukturnya bisa seperti ini :

    - Main topic
    - Sub-main topic
    - Mini-main topic

    Misal :

    - Kerajinan Dari barang bekas
    - Kerajinan dari botol bekas
    - Botol Aqua, Coca-cola, Botol kaca, dll.


    Jangan fokus pada synonym

    Kebanyakan pemula saat melakukan riset keyword salah dalam mengambil keyword yang di targetkan. Alih-alih mendapatkan keyword yang low kompetisi malah dapat kompetisi yang sama.

    Misal Anda melakukan riset keyword menggunakan parameter allintitle, dan mendapatkan 2 keyword ini :

    - Kerajinan Dari Barang Bekas (allintitle: 14.000)

    - Kreasi Dari Barang Bekas (allintitle: 7.000)

    Dari riset Anda mendapatkan hasil yang berbeda sehingga saat membuat konten Anda menggunakan keyword “Kreasi dari barang bekas” karena intitlenya lebih kecil jadi kompetisinya lebih mudah. SALAH..

    Kreasi dan Kerajinan tetap akan dibaca 1 arti. Yang artinya Anda tetap berada di kompetisi yang sama..
    [​IMG]

    Jangan fokus pada synonym keyword, karena google mampu mengartikan makna dari keyword Anda, fokuslah pada topik lain yang berhubungan dengan main keyword.

    Contoh ini juga bisa mematahkan KONSPIRASI kompetisi berdasarkan allintitle.


    Buat 1 “Content Hero” untuk main topik tertentu.

    Content Hero disini adalah content dengan main topic yang nantinya akan menolong sub topik/related topik lainnya. Content Hero disini juga bisa di jadikan landing page saat Anda mebuat Backlink sehingga Anda tidak perlu membuat backlink ke-semua halaman/post yang Anda miliki.

    Misal seperti contoh diatas :

    Main Topic : Kerajinan Tangan dari barang bekas.

    Content Hero : 101 Ide kerajinan tangan dari barang bekas

    Sub topic : Kerajinan Tangan dari Botol Bekas

    Sub Content : 50 Ide Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas

    Pada post “Kerajinan Tangan dari barang bekas” Anda membahas tentang “Kerajinan Tangan dari Botol Bekas” namun hanya 1-2 sample Kerajinan saja, dan Anda memiliki 50 ide lagi untuk Kerajinan tangan dari botol bekas sehingga dijadikan post yang terpisah.

    Struktur nya :

    - 101 Ide Kerajinan tangan dari barang bekas
    - 50 ide Kerajinan Tangan dari botol Bekas
    - 20 Ide Handmade menggunakan Kardus
    - 30 ide memanfaatkan stik ice cream untuk Kerajinan tangan

    Yang jadi conten hero adalah “101 Ide Kerajinan dari barang bekas” jadi saat Anda membangun backlink focus saja pada url conten hero Anda, karena layaknya seorang Hero dia akan menolong content lainnya untuk mendapatkan posisi yang bagus juga.

    Ini adalah konsep dasar dari SILO. Dimana kalian akan mengatur/mengorganisir kemana link tersebut dialirkan.

    Jadi kalau Anda melihat mastah seo yang bilang bisa meranking sebuah halaman TANPA BACKLINK, jangan percaya dulu. Kemungkinannya hanya ada 2, kalau ngga itu keyword memang low kompetisi atau sang mastah punya content hero yang menolong content lainnya.

    Cara paling mudah untuk melihatnya adalah menggunakan ahrefs, cek aja kalau halamannya memang tidak mendapatkan backlink tapi nilai DR (Domain Rank) tinggi, maka itu hanya bumbu dari mastah, karena logikanya DR diperoleh dari link.

    Kalau DR 0, Backlink juga 0 dan web tidak memblock robot ahrefs baru Anda bisa percaya bahwa halaman tersebut di rank tanpa backlink.


    Gunakan Struktur Heading yang ber-urut.

    Hal ini sepele tapi berefek pada struktur heading halaman web Anda. Selalu gunakan tag heading secara berurutan. Misal :

    Title conten : 101 Ide Kerajinan Tangan dari barang bekas (H1)

    Sub title : Kerajinan dari botol bekas (h2)

    Sub title : Kerajinan menggunakan botol kaca (h3)

    Masih banyak juga yang keliru dan tidak menggunakan H2 untuk sub title pertamanya sehingga langsung menggunakan tag H3, jadinya seperti ini :


    Title conten : 101 Ide Kerajinan Tangan dari barang bekas (H1)

    Sub title : Kerajinan dari botol bekas (h3)

    Sub title : Kerajinan menggunakan botol kaca (h3)


    Yang seperti ini kurang baik, karena struktur HTML Anda jadinya akan “MISSING H2”, yang seharusnya Anda baru bisa menggunakan Tag H3 setelah ada Tag H2. intinya Tag H3 tidak boleh keluar selama belum ada tag H2. Simple!!!

    Kalua Anda bermasalah dengan tag H2 karena ukuran font nya yang terlalu besar, Anda bisa edit CSS themes/template Anda agar ukurannya lebih optimal untuk halaman web Anda.

    Gunakan jump link untuk navigasi dihalaman content agar memudahkan user membaca langsung ke sub topic tertentu.


    Kaya nya segini dulu yang terlintas di otak saya seputar onpage seo, kalau nanti ada yang perlu saya tambahkan bisa saya update. Hehehe

    Kalua ada ide lain atau pendapat lain bisa diskusi aja di bawah.. :D
     
    Last edited: Feb 11, 2018
    Herma, meongnium, nur shohib and 66 others like this.
  3. Fitris

    Fitris Super Hero

    Joined:
    May 6, 2015
    Messages:
    906
    Likes Received:
    182
    Niggal jejak dulu mastah.. . Perlu lgsung praktekin nih biar nyantol ilmunya
     
    wong sakti and Sumwar like this.
  4. sayabisa

    sayabisa Super Hero

    Joined:
    Feb 6, 2014
    Messages:
    850
    Likes Received:
    266
    Location:
    Bandung
    Mantap detail sekali penjelasannya, coba ah di blog baru. Thanks
     
  5. maseman

    maseman Ads.id Pro

    Joined:
    Mar 23, 2017
    Messages:
    382
    Likes Received:
    45
    Location:
    Jawa barat
    Mantap,

    Sent from my GL-Smooth using Tapatalk
     
  6. zed92

    zed92 Super Hero

    Joined:
    Oct 29, 2014
    Messages:
    1,102
    Likes Received:
    60
    Wah berharap mastah mastah balik lagi nih ke forum dan share ilmu ilmu hasil riset mereka macam agan daffy
     
  7. ardisan

    ardisan Ads.id Pro

    Joined:
    May 27, 2016
    Messages:
    302
    Likes Received:
    30
    Location:
    Yogyakarta
    Ah, ane selalu suka dengan sharenya mastah ini
     
  8. Boot_Ninja01

    Boot_Ninja01 Super Hero

    Joined:
    Nov 15, 2016
    Messages:
    868
    Likes Received:
    431
    Location:
    Kota MALANG
    PRO...
     
    cah bagus likes this.
  9. hendriprastio

    hendriprastio Super Hero

    Joined:
    Mar 22, 2012
    Messages:
    1,668
    Likes Received:
    239
    Location:
    Ads.id
  10. Bugeast

    Bugeast Super Hero

    Joined:
    Jul 14, 2015
    Messages:
    1,765
    Likes Received:
    133
    Location:
    Makassar, Sulawesi Selatan
    selalu mantap share mastah yg satu ini
     
  11. jokamers

    jokamers Ads.id Fan

    Joined:
    Aug 18, 2016
    Messages:
    193
    Likes Received:
    26
    daging nih... calon HT. thanks agan Mastah.
     
  12. juung

    juung Super Hero

    Joined:
    May 19, 2012
    Messages:
    1,369
    Likes Received:
    77
    Mastah yang nggak pelit ilmu
     
  13. Sydney-Id

    Sydney-Id Ads.id Fan

    Joined:
    Feb 22, 2012
    Messages:
    154
    Likes Received:
    62
    Location:
    Sydney Australia
    Keren bgt share nya om, terima kasih banyak
     
  14. ibalmarwan

    ibalmarwan Ads.id Fan

    Joined:
    Aug 2, 2014
    Messages:
    220
    Likes Received:
    23
  15. DeLuthcis

    DeLuthcis Newbie

    Joined:
    Apr 10, 2012
    Messages:
    44
    Likes Received:
    3
    mantep mas penjelasannya, mencerahkan [emoji106]


    Sent from my iPhone using Tapatalk
     
  16. rieffs

    rieffs Ads.id Starter

    Joined:
    May 11, 2015
    Messages:
    66
    Likes Received:
    7
    ilmu yg bermanfaat.
    thanks om...
     
  17. temongituloch

    temongituloch Ads.id Fan

    Joined:
    Aug 4, 2014
    Messages:
    224
    Likes Received:
    20
    dapet ilmu lagi, thx masgan..
     
  18. tanpamoney

    tanpamoney Ads.id Pro

    Joined:
    Mar 20, 2013
    Messages:
    350
    Likes Received:
    74
    Mantap. Thanks.
    Ane udah nerapin teknik kontent hero dr beberapa waktu yg lalu. Tapi disini pembahasan lebih detail.

    Btw, niche tertentu tetap kepake gak gan untuk yg skarang? Atau gado2 jg oke?
     
    garage likes this.
  19. Askiam

    Askiam ★| S.E.O Indonesia |★

    Joined:
    Mar 7, 2013
    Messages:
    805
    Likes Received:
    52
    Location:
    Indonesia
    Terima kasih infonya Gan...
    Ada tutorial bikin Jump linknya gak gan? :)
     
  20. wanto mujahiroh

    wanto mujahiroh Hero

    Joined:
    Oct 27, 2016
    Messages:
    590
    Likes Received:
    39
    Location:
    Indonesia
    Keren banget ilmunya....kalau bisamah saya kasih jempol 5.
     
    Husaeni Fikri likes this.

Share This Page