1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Curhat. Marah & putus asa sama youtube yang skrg :(

Discussion in 'Berbagi Pengalaman' started by fenfive, Aug 10, 2020.

  1. burukutuk

    burukutuk Official writer

    Joined:
    Apr 4, 2011
    Messages:
    2,378
    Likes Received:
    307
    Semangat kak!
     
  2. godhuntapp

    godhuntapp Newbie

    Joined:
    Jul 1, 2019
    Messages:
    23
    Likes Received:
    3
    menurut gw, algoritma YT 2020 tergantung seberapa lama viewer nonton video kita, semakin banyak jumlah view+semakin lama mereka nonton, video kita akan semakin di rekomendasikan di home page. setidaknya viewer betah nonton video anda 10-20menit saja, gw jamin pasti direkomendasikan YT.

    direkomendasikan YT = auto viral.

    itulah sebabnya jumlah subscriber organik(bukan beli/bot) akan berdampak ke jumlah view kita, karena subsriber follow anda berdasar sukarela dan tertarik konten anda selanjutnya.

    contoh paling simple saja, jika anda sudah punya loyal subscriber 5000 saja, setidak2nya 10-20% dari mereka pasti menonton video anda, yaitu 1000viewer. (itulah alasan susah untuk berkembang buat youtuber pemula/subscriber kecil karena pasti tidak ada yg menonton kecuali dapat mukjizat direkomendasikan).

    tips trik dapet subscriber cepat dalam waktu SINGKAT buat channel kecil/subsriber dibawah 1000:
    1. Jangan ber-expetasi mencari duit di YT. (karena setiap waktu anda editing dll, mindset anda akan dikelilingi duit, ujung2nya capek karena tak kunjung dapat duit).
    2. Harus rela buang waktu tanpa dapat uang.
    3. Jangan idealis. (gw bakal bikin channel bermanfaat dll). 2020 butuh minset yg bisa adaptasi keadaan. :))
    4. Pilih niche popular/kekinian. (menurut gw, yg kekinian 2020 itu GAMING & Sesuatu yg berhubungan dengan BAKU HANTAM).
    5. Jika subs sudah berkembang dan channel anda tidak kunjung disetujui monetisasi, konsisten saja upload seperti biasanya.
    6. Fokus saja mencari subscriber, sejelek jeleknya jika subscriber anda banyak, tanpa direkomendasikan YT pun, video anda ada penonton setianya.

    itu dulu dr pengalaman gw, btw gw ada yt subs 450k.

    semoga channelmu sukses bang. =D>
     
    AjiPgg, Bintang1309 and ESang Pejuang like this.
  3. puttter

    puttter Super Hero

    Joined:
    Sep 18, 2011
    Messages:
    1,438
    Likes Received:
    252
    Location:
    Di Hatimu :)
    Benar gan banyak banget konten "sampah". Tapi ya bukan berarti ente ikutan buat begituan gan. Kalau emang niat terjuan ke youtube jangan lihat kompititor semata gan. Masih banyak penonton bijak yang butuh konten berkwalits, hehe kok ane ane jadi sok ngajarin ya. Maff maff.
    Untuk harga channel gak paham ane gan..
     
  4. ACHMADNGALIHAIDAR

    ACHMADNGALIHAIDAR Newbie

    Joined:
    Nov 10, 2019
    Messages:
    39
    Likes Received:
    11
    Location:
    trenggalek
    youtube lebih ke fashion gan

    Sent from my CPH1901 using Tapatalk
     
  5. ESang Pejuang

    ESang Pejuang Hero

    Joined:
    Jul 19, 2013
    Messages:
    746
    Likes Received:
    19
    Location:
    Tumang - Boyolali
    Kenapa gak jual jasa video aja bos?
    Video.nya bagus2 di channel ruang moral

    Sent from my SM-A505F using Tapatalk
     
  6. elpatron

    elpatron Banned

    Joined:
    Aug 10, 2020
    Messages:
    65
    Likes Received:
    8
    Location:
    Zona Merah
    Begitulah realita youtube di indonesia, saya main youtube di luar indo, walau ada prank, gold digger tapi tetep quality dan minat content disana masih jadi dominasi, kalo di indo ya yt gak bisa disalahkan juga, karena trending di kita itu, tapi percaya aja mas, kualitas pasti tetap menjadi emas nantinya
     
  7. alnetcoco

    alnetcoco Newbie

    Joined:
    Dec 11, 2017
    Messages:
    21
    Likes Received:
    0
    yg penting trending gan, topiknya no sekian. wkwkwk
     
  8. zeadnevercool

    zeadnevercool Hero

    Joined:
    Feb 10, 2012
    Messages:
    618
    Likes Received:
    56
    bagus suara ceweknya. Coba aja buat channel trending gan, lalu promosiin channel ruang moral di channel trendingnya... Memang susah awal2, karena youtubenya juga nyari duit. Kalau udah monetize, biasanya viewer dan subs akan naik cepat. Saran ane, kalau ada dana, beli aja channel yang udah monetize.
     
  9. sunyabae

    sunyabae Newbie

    Joined:
    Nov 7, 2014
    Messages:
    40
    Likes Received:
    4
    Location:
    di kamar
    Sedikit masukan dari ane utk ruangmoral (tanpa bermaksud menggurui, hanya sekedar sharing)
    channel ini menurut saya sudah bagus formatnya, narasinya bagus, sangat bisa bersaing.
    hanya masukan utk agan nih dari ane:
    1. Untuk subsriber jangan dipikirin, ini akan datang dengan sendirinya dengan rajin upload (upayakan seminggu bisa upload 5x, minimal 3x, cuma masalahnya akan lebih lama hasil perolehannya).(:|

    2. Coba capai target 200 video, lihat hasilnya (dengan metode upload sering di no 1), coba lihat hasilnya :)>-

    3. Kesalahan fatal utk adsense mania adalah tidak membuat video dengan durasi minimal 10 menit (menurut ane wajib minimal 10 menit kalau mau adsensenya nanti punya hasil lebih bagus).

    4. Nanti setelah udah dimonetize, jangan lupa seting dibagian adsense biar earningnya lebih maknyus ( masuk g adsense>>pilih Ads >> Global setting >> pada bagian "Ad size" dihidupkan (defaultnya abu2))

    5. Masih dibagian google adsense kalau channel sudah di monetize, wajib block iklan gembel :)) (tutorialnya banyak, cari aja :)>-).

    6. Hati2 penggunaan footage, musik yang free copyright, karena pemahaman free copyright terkadang free dalam arti bukan utk komersil (kalau video utk di monetize itu masuknya komersil), walau tidak semua seperti itu, tapi amannya kalau bisa hindari utk lebih amannya (kecuali pake teknik2 khusus, bisa panjang lebar bahasnya :argh:)/

    7. Jangan cepat menyerah kalau channel tidak rajin upload dan isinya masih kurang dari 200 video, jangan terpaku perolehan subscriber, karena subscriber akan bertambah sendiri dengan drastis jika pake konsep bahasan no 1.

    8. Ane coba cek deskripsi utk channel agan Ruang Moral masih kurang powerfull SEOnya (namun tag nya udah OK), coba perbaiki lagi tapi tanpa nyampah keyword, harus natural namun jleb. :biggrin:

    9. Perhatikan SEO judul (menurut ane masih kurang power full, CMIIW 8-|)

    10. Overall utk Ruang Moral sudah sangat bagus utk video editing, narasi, thumbnail, nama channel, cover channel, untuk logo coba bikin lebih lagi kalau bisa biar tulisannya bisa terlihat. :p

    11. Menurut ane pribadi, setiap konten pasti ada audiencenya, jangan lihat hasil saat ini, karena trends itu berubah-ubah, keep spirit dan pastikan bikin tema yang long lasting.
    Contoh, konten masak. Ada berapa konten kreator yang temanya masak bikin resep ayam goreng atau nasi goreng? tapi coba perhatikan mereka semua masih punya change utk dapet audience, tinggal pinter2 bikin format dan kelayakan video dan isi kontennya saja,

    Channel agan sangat bagus, jangan menyerah, jangan biarkan konten sampah merajalela, justru content creator seperti agan perlu diperbanyak.


    Sekian pengamatan dari ane, jika salah mohon jangan di bully :bye:
     
    AjiPgg, agatarigan and ngeduduh like this.
  10. Bintang1309

    Bintang1309 Super Hero

    Joined:
    Nov 9, 2009
    Messages:
    1,131
    Likes Received:
    330
    Menurut saya itu pemikiran yang salah klu channel2 artis dan sampah jadi bahan perbandingan, apalagi analisa itu baru sebulan berjalan memulai lagi di yutub.

    250 juta penduduk indonesia, masih tergolong sedikit klu dilihat dari jumpah view rata2 channel2 artis. Selebihnya para viewer tetap dengan niche2 tertentu, bahkan banyak niche2 bagus yang view nya setara view channel artis dan konten2 sampah.

    Klu di beranda yutub agan banyak konten2 sampah dan artis, umumnya yutub merekomendasikan konten berdasarkan histori agan yang sebelumnya buka2 dan nyari2 konten yang kebetulan sampah atau krn ada artis viral agan ikut cari tau ttg artis itu, otomatis setelah itu beranda agan akan disuguhkan konten2 artis. Dan banyak faktor lagi tentunya gimana yutub menyarankan konten2 ke yutubernya.
     
  11. agatarigan

    agatarigan Ads.id Starter

    Joined:
    Mar 31, 2020
    Messages:
    79
    Likes Received:
    12
    Location:
    malang
    setuju om
     
  12. agatarigan

    agatarigan Ads.id Starter

    Joined:
    Mar 31, 2020
    Messages:
    79
    Likes Received:
    12
    Location:
    malang
    POST INI AKAN SAYA HAPUS JIKA TIDAK DIBACA DAN DI LIKE

    Btw. Channel YouTube ente keren bro.
    Saran dari ane, selesaikan misi 200 video dulu. Baru ente boleh menilai, apakah YouTube menghasilkan buat ente atau malah merugikan aja. Karna menurut ane, kalau mau bikin channel yang idealis itu, pertama, butuh waktu yang nggak sedikit. Kedua, butuh BANYAK VIDEO. Sebagai informasi aja ya, klo emang mau dapet hasil ya... Bikin minim 200 video. Tapi tenang aja bro. Ane percaya kok channel" kayak ente ini nggak butuh 200 video untuk mencapai minim 10K SUB. . Paling 100 vid udah bagus. Apalagi kualitas videonya udah profesional, ane yakin, klo semuanya sesuai aturan YouTube dan 'menarik', PASTI bisa dapet tuh first achievement. 10K SUBS. Dari situ ke 100ribu bisa 'agak' mudah... Artinya harus diperbaiki kekurangan dari 100 video pertama. Setelah itu lanjut ke step berikutnya, dst dst

    Saran tambahan dari ane, bro. Tambahin bumbu penyedapnya. Bumbu penyedapnya apa ? Ya simple. Hubungan antara materi yang ente bahas dengan suatu kejadian yang dialami seseorang. Bisa artis, tokoh, siapapun deh yang penting terkenal. Klo mentok gabisa, kasih judul yang agak nyeleneh, intinya bikin calon viewer tertarik sama video ente. contohnya kayak judul yang ane buat itu lah hehehe. Mungkin ente perlu perdalam beberapa ilmu yang diberikan mastah/suhu disini bro. Ane juga terus belajar ini ngembangin tambang uang ane hehehe
     
    sunyabae likes this.
  13. Byakou

    Byakou Newbie

    Joined:
    Oct 19, 2020
    Messages:
    3
    Likes Received:
    1
    Ujung - ujungnya ini masuk ke Branding Content Sob.

    Percayalah mau membuat branding sendiri itu sangat susah banget, tapi . . . . ada tapinya ini, kalau lu udah punya Channel yang benar - benar sesuai sama minat lu, lu bakal kerja tuh enteng karena lu ngelakuinnya ya karena hobby lu sendiri, lu menikmati prosesnya, biarin aja banyak content yang begitu, rata - rata redupnya juga cepet kok, contoh aja macem Kekeyi gitu.

    Ga bertahan lama, sesaat doang, kalau mereka pengen terkenal lagi, mereka kudu bikin konten yang kontroversial lagi, kalau lu punya penggemar yang satu jalan ama lu, pastinya lu bakal tenang bikin konten.

    Bisa ngobrol ama Follower lu lebih dalam, enjoy aja prosesnya.
     
    AjiPgg likes this.
  14. belajarmenulis

    belajarmenulis Hero

    Joined:
    Jan 5, 2020
    Messages:
    669
    Likes Received:
    157
    Location:
    Google
    yutubes susah ..
     
  15. agatarigan

    agatarigan Ads.id Starter

    Joined:
    Mar 31, 2020
    Messages:
    79
    Likes Received:
    12
    Location:
    malang
    ahh... nggak juga kok gan... tergantung kebiasaan aja sih menurut saya
     
  16. belajarmenulis

    belajarmenulis Hero

    Joined:
    Jan 5, 2020
    Messages:
    669
    Likes Received:
    157
    Location:
    Google
    Oh gitu yaa >.. oke lah
     
    agatarigan likes this.
  17. dulbadi

    dulbadi Banned

    Joined:
    Sep 26, 2020
    Messages:
    48
    Likes Received:
    1
    menurut ane sih youtube gak bisa disalahkan dalam hal ini, itu kan tergantung audience nya, artinya di indonesia konten2 sampah yang seperti itu yang banyak ditonton, lain halnya kalau agan bikin konten bahasa inggris yang target audience nya di US atau UK misalnya
     
  18. imunafsi

    imunafsi Ads.id Pro

    Joined:
    Sep 26, 2015
    Messages:
    474
    Likes Received:
    87
    Location:
    IG Path
    Semangat gan. Saya juga main Youtube lokal dan ngerasain juga kok. Ini makanya mau pindah aja ke market luar hehe
     
  19. gmkerbo

    gmkerbo Ads.id Fan

    Joined:
    Sep 22, 2012
    Messages:
    155
    Likes Received:
    20
    Location:
    Medan
    Keren sih videonya

    Btw VO ceweknya boleh dbisikib gk ?
     
  20. neyh101

    neyh101 Ads.id Pro

    Joined:
    May 8, 2012
    Messages:
    360
    Likes Received:
    11
    Location:
    127.0.0.1
    Sekarang agan paham kan kenapa TVRI sepi peminatnya :D
     

Share This Page