1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Tips Trik Membuat RSS Feed Full Text dengan Yahoo Pipes Versi 1.0 by Jokosan

Discussion in 'Blog/CMS Stuff' started by jokosan, May 27, 2010.

  1. jokosan

    jokosan Hero

    Joined:
    Feb 27, 2010
    Messages:
    731
    Likes Received:
    162
    Location:
    ?????
    Buat temen2 adsense-id mungkin udah pada tau Yahoo Pipes dan cara penggunaannya. Nah kali ini ane mau share bagaimana caranya membuat feed summary menjadi feed full text memakai Yahoo Pipes ini. Tadinya ane mau bikin ebook, n sorry video tutorial belum dibikin!
    Sebelumnya ane minta maaf juga kepada para master di sini, tutorial yang ane bikin ini hanya untuk newbie belaka kayak ane bukan untuk para master dan tutorial ini masih akan disempurnakan baik dalam bahasa tulisan maupun tekniknya. Sekali lagi tutorial ini buat newbie aja bukan untuk para master!:lol:

    Mari kita mulai :

    Tips Trik Membuat RSS Feed Full Text dengan Yahoo Pipes Versi 1.0 by Jokosan

    Sebelum memulai teknik menjadikan Feed RSS full text memakai Yahoo Pipes, alangkah baiknya jika kita mengerti apa itu RSS dan Yahoo Pipes. Referensi mengenai apa itu RSS dalam bahasa Indonesia bisa merujuk wikipedia Indonesia di hxxp://id.wikipedia.org/wiki/RSS. Sedangkan Yahoo! Pipe adalah sebuah aplikasi web dari Yahoo! yang menyediakan antarmuka grafis bagi pengguna untuk membangun mashup data yang mengumpulkan feed web, halaman web, dan layanan lain, membuat aplikasi berbasis web dari berbagai sumber, dan menerbitkan applikasi mereka. Aplikasi bekerja dengan memungkinkan pengguna untuk meng"pipe" informasi dari sumber yang berbeda dan kemudian membuat aturan bagaimana suatu konten harus diubah (misalnya, penyaringan).

    Mungkin sebagian orang akan bertanya begini! Lalu untuk apa sih capek2 harus menjadikan RSS Feed dari summary menjadi full text. Jawaban ane sih gini. Tujuan capek2 menjadikan RSS Feed summary menjadi full text adalah keperluan untuk menjadikan konten posting otomatis di blog (istilah kerennya adalah buat Autoblog) dari feed yang kita permak itu. Kan bagus & keren tuh artikel post di blog kita full text sesuai dengan situs/ blog asli yang kita pake RSS Feednya. Kalo belum tahu apa itu Autoblog silahkan cari di search engine.

    Setelah mengetahui sedikit gambaran dari RSS dan Yahoo Pipes maka saatnya untuk memulai trik sederhana bagaimana cara menjadikan RSS Feed yang summary menjadi full text melalui Yahoo Pipes.

    1. Langkah pertama, kita login ke akun Yahoo Pipes. Atau kalo belum punya akun Yahoo Pipes inilah saatnya untuk gabung di sini hxxp://pipes.Yahoo.com/pipes/ dan siapkan alamat RSS Feed yang akan kita pake. Contohnya sebagai percobaan kita pake feed situs ini hxxp://w3.easyseotips.net/.

    2. Setelah LOGIN, kita klik tombol "create pipe" yang ada di paling atas.
    [​IMG]
    tampilan awal yahoo pipes : pipes editor.


    3. Nongol tuh area "pipes editor" (lihat gambar di atas). Perhatikan pipes editor di gambar. Lihat di bagian kiri pipes editor. Yang ada di bagian kiri itu adalah library area yang berisi modul2 bawaan Yahoo Pipes yang bisa kita pake nanti, kalo kita klik modul tersebut maka akan ada penjelasan modul tersebut di bagian bawahnya. Kemudian di bagian tengah yang kanvas tempat modul yang dipake di drag. Di bawah kanvas adalah debugger area (tempat kita melihat hasil kerjaan pipe kita).

    4. Module2 pokok yang bisa kita pake dalam trik menjadikan RSS Feed Full Text yaitu Modul Fetch Feed (sub sources), Loop (sub operators) + Fetch Data (sub sources). Cukup tiga modul utama itu aja! Dikit ya.
    [​IMG]
    5. Drag modul fetch Feed ke area canvas. Masukkan RSS Feed yang akan dipake di kotak pengisian modul tersebut. Untuk melihat hasil sementara klik modul tersebut sehingga berwarna orange. Lihat hasilnya di debugger area. Kalo bisa terlihat berarti teruskan jika tidak terlihat feed itu lebih baik hentikan ganti dengan feed yang laen. Alasan kenapa feed ada yang terlihat atau tidak di debugger area adalah beberapa situs/ blog membolehkan atau tidak feednya dipake oleh Yahoo Pipes. Kalo kagak bisa akan muncul tulisan kayak gini "could not parse Feed from: hxxp://*****". Nah loh gimana kalo kagak bisa? Seperti ane bilang tadi kalo kagak bisa hentikan, tapi...ssst ane punya jurus laen yang akan ane bongkar di tutorial lanjutannya.

    6. Kita pake feednya hxxp://w3.easyseotips.net/ yang beralamat di hxxp://w3.easyseotips.net/feed. Masukin alamat feed hxxp://w3.easyseotips.net/feed di kotak URL module Fetch Feed, terus refresh dibagian debugger area. ta....muncullah artikel summary dari feed tersebut.

    7. Setelah itu tambah modul loop (sub operators) dengan mendrag ke canvas area. sekarang drag lagi modul Fetch Page (sub Sources) ke dalam/ ke tengah modul loop yang tadi kita drag. Lalu hubungkan items (bulat berwarna biru di modul) di bawah modul fetch Feed ke atas items yang ada di atas modul loop. Tunggu sebentar biar update dulu. Di kotak modul Fetch Data rubah isinya ke item.link, terus pilih tombol di modul loop ke assign first result to item.description. Di modul loop masih ada yang harus dikerjakan (sedikit lagi) yaitu mengisi cut content from to. Ini yang penting agar bisa membuat feed full text.

    8. Coba buka lagi feed hxxp://w3.easyseotips.net/feed di tab yang baru. Klik title link yang mana aja. Setelah kebuka alamat asli artikel tersebut klik kanan view page source. Terus copy kata-kata pertama artikel itu dan buuka pencarian di page source dengan kata-kata itu. Ternyata isi artikel tersebut ada di bawah <div class="singleentry">, coba copykan <div class="singleentry"> ke cut content from __________. Ulangi copykan kata-kata akhir artikel dan lakukan pencarian di page source dengan kata-kata terakhir artikel yang kita copy. Dah ketemu akhir artikel di page source dekat tulisan ini <!-- You can start editing here. --> dan coba copykan ke cut content from <div class="singleentry"> to <!-- You can start editing here. -->. Sekarang refresh lagi debugger area. Lihat hasilnya apakah udah berhasil ato belum di bagian description. Ternyata saudara2 sekarang udah berhasil membuat feed summary menjadi full text.
    [​IMG]
    9. Sebagai langkah terakhir hubungkan items di bawah modul loop dengan items di atas modul Pipe Output. Save hasil kerjaan kita. Terakhir Run Pipe untuk melihat hasil kerjaan anda. Selamat sekarang kita telah menguasai sedikit teknik memakai Yahoo Pipes untuk membuat feed summary menjadi full text. Mantap.
    [​IMG]
    TIPS: kadangkala artikel setelah memakai cara diatas masih ada artikel yang belum full text, solusinya lakukan lagi langkah no. 8 agar semua artikel menjadi full text.

    Sekarang udah kelar tutorial pertama Yahoo Pipes dari ane, selanjutnya ane tunggu cendolnya bro!:silau:
     
    Last edited: May 27, 2010
    opik074, gimgiman, iqballe and 87 others like this.
  2. engkoh

    engkoh Super Hero

    Joined:
    Dec 30, 2009
    Messages:
    5,177
    Likes Received:
    591
    P0st ane kedelete. . Hehe. .
    Gan, mau tanya, ente pake y!pipe slain buat full feed, apalagi?
     
  3. taufandilog

    taufandilog Super Hero

    Joined:
    Dec 28, 2009
    Messages:
    1,356
    Likes Received:
    16
    Location:
    Semarang
    masi bingung sih gan..tapi ane coba baca lagi biar ngerti
     
  4. jokosan

    jokosan Hero

    Joined:
    Feb 27, 2010
    Messages:
    731
    Likes Received:
    162
    Location:
    ?????
    banyak gan, udah banyak dibahas kok!

    --- Update ---

    Silahkan baca lagi ya bro! Kalo masih blum ngarti juga mungkin penjelasan ane yg kurang bagus.
     
  5. domianita

    domianita Super Hero

    Joined:
    Oct 27, 2009
    Messages:
    1,701
    Likes Received:
    90
    :gembira: akhirnya jadi ngerti juga nih pipes, tapi tetep aja ga mudheng :pusing:
    oke deh, makasih bro jokosan, ane mau baca-baca sekalian langsung praktek...
    ane ada rss agregator kaya_http://wuic.info (bukan untuk sengaja minta traffic), kira2 bisa ga ya gan dipake cara ini..
    makasih
     
  6. heri83

    heri83 Super Hero

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    2,328
    Likes Received:
    88
    Location:
    jogja-magelang
    Thanks udah meluncurrr... :gembira::gembira::gembira:
    dari dulu pusing utak-atik yahoo pipes, taunya sekarang ada yang share , thanks berat boss TS, ditunggu sharing berikutnya......
     
  7. tsaniy

    tsaniy Super Hero

    Joined:
    Feb 19, 2009
    Messages:
    1,004
    Likes Received:
    50
    Location:
    jombang kidul
    Pencet thanks dolooo baru mbaca....:gembira:
    Ntar kalo mentok ane tanya2 gan yah...!!
     
  8. jokosan

    jokosan Hero

    Joined:
    Feb 27, 2010
    Messages:
    731
    Likes Received:
    162
    Location:
    ?????
    Sama2 bos. Moga2 kedepan kalo ada sempet ane tambahin lagi.
     
  9. tsaniy

    tsaniy Super Hero

    Joined:
    Feb 19, 2009
    Messages:
    1,004
    Likes Received:
    50
    Location:
    jombang kidul
    Yups... makasih :gembira:
    NIh dah mentok di REGEX gan...
    Di tunggu tutor selanjutnya...:kembang:
     
  10. jokosan

    jokosan Hero

    Joined:
    Feb 27, 2010
    Messages:
    731
    Likes Received:
    162
    Location:
    ?????
    Gimana udah pada bisa?
     
  11. tsaniy

    tsaniy Super Hero

    Joined:
    Feb 19, 2009
    Messages:
    1,004
    Likes Received:
    50
    Location:
    jombang kidul
    Yups... bisa diliat di siggi ane gan yg pr7...:gembira:
     
  12. sormenz

    sormenz Super Hero

    Joined:
    Jan 27, 2009
    Messages:
    1,637
    Likes Received:
    48
    Location:
    Medan
    mantap sharenya bos,,

    cara integrasikan ke wp robot gimana bos? bisa tah?

    tuh apa ada RSS feed baru yg udah full textnya? yg utk kita submit ke wp robot?
     
  13. jokosan

    jokosan Hero

    Joined:
    Feb 27, 2010
    Messages:
    731
    Likes Received:
    162
    Location:
    ?????
    Gampang tuh bro. Setelah di run pipe (lihat gambar terakhir) yang ada tulisan get as RSS itu alamat feed baru yang harus dicopykan ke WPRobot.
     
    sormenz likes this.
  14. senpul2006

    senpul2006 Super Hero

    Joined:
    Aug 7, 2007
    Messages:
    1,576
    Likes Received:
    41
    Location:
    Target BN Estate DONE
    yg penting pencet thanks dulu dan ninggalin jejak....ntar pas ada waktu luang baca2 deh :silau: thx broo
     
  15. widi140277

    widi140277 Banned

    Joined:
    May 21, 2009
    Messages:
    2,469
    Likes Received:
    95
    ehm..mas jokosan ..tolong ding ..dishare juga utk fungsi regex..

    masih bingung..makasih
     
  16. nophiefirdaos

    nophiefirdaos Ads.id Fan

    Joined:
    Mar 2, 2010
    Messages:
    120
    Likes Received:
    2
    makasih gan atas inpo nya.... bookmark dolo... hehehe
     
  17. Itradder

    Itradder Banned

    Joined:
    May 16, 2010
    Messages:
    215
    Likes Received:
    3
    Location:
    Karawaci
    Bookmark
     
  18. rangga_ryuuzaki

    rangga_ryuuzaki Super Hero

    Joined:
    Dec 31, 2009
    Messages:
    1,862
    Likes Received:
    305
    thanks tutornya:gembira:
     
  19. syahur

    syahur Super Hero

    Joined:
    May 8, 2008
    Messages:
    1,146
    Likes Received:
    71
    Location:
    Aceh
    kalo rssnya ezinearticles.com bisa gak ya?
     
  20. jokosan

    jokosan Hero

    Joined:
    Feb 27, 2010
    Messages:
    731
    Likes Received:
    162
    Location:
    ?????
    bisa bro! Tapi ..... feed ezinearticlenya pake http://fivefilters.org/content-only/ dulu, baru hasilnya dipakekan ke yahoo pipes. Tambah mantap tuh bro.
     

Share This Page