1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Seputar Tentang Alexa Ranking

Discussion in 'Chit Chat' started by ivan_pool, Jan 31, 2011.

  1. ivan_pool

    ivan_pool Ads.id Pro

    Joined:
    Jul 7, 2010
    Messages:
    456
    Likes Received:
    28
    Welcome

    OK, saya mau sedikit berbagi cerita tentang seputar tips dan tricks Alexa Ranking.
    Mungkin sebagian besar anggota forum adsense-id.com sudah mengetahui, apa itu Alexa Ranking?
    Bagi para anggota adsense-id.com yang belum mengetahui Alexa, disini akan saya paparkan sedikit tentang Alexa.com sesuai dengan pengetahuan saya.

    Apa itu Alexa?
    Yang jelas, Alexa itu adalah sebuah band Indonesia yang saat ini gak tahu kemana kabarnya? lol :))
    OK, Alexa.com adalah sebuah layanan informasi data situs di internet yang menghitung banyaknya jumlah pengunjung (harian, mingguan, bulanan, dan tahunan) dan dikalkulasikan dalam bentuk rangking yang menuruti/menganalisa banyaknya pengunjung pada suatu situs, banyaknya lalu lintas pada sebuah situs, banyaknya backlink pada suatu situs, banyaknya keywords pada suatu situs, dan avarage time stay the visitors on a site (rata-rata waktu pengunjung diam pada suatu situs).

    Kegunaan Alexa
    Selain dapat melihat rangking situs, Alexa.com juga menyediakan jasa & layanan kepada pengguna internet untuk melakukan rating & review pada suatu situs, uji banding antar situs, melihat banyaknya negara yang mengunjungi suatu situs, melihat kata kunci terbanyak yang masuk pada suatu situs, memperlihatkan trends audience pada suatu situs, dan memperlihatkan kontak informasi pada suatu situs.

    Fungsi Alexa
    Fungsi alexa.com, salah satunya adalah mempermudah para advertiser (pengiklan) untuk melakukan review ketika ingin memasang suatu iklan pada suatu situs. Karena alexa punya peran penting ketika calon pengiklan tersebut menginginkan data dari situs yang ingin dipasang iklan oleh pengiklan tersebut. Baik itu data audience, data negara yang paling banyak mengunjungi situs tersebut, atau pun data tentang kata kunci terbaik pada situs tersebut.

    Bagaimana Cara Memperkecil Angka Alexa Ranking?
    Pertanyaan ini sering banget muncul pada suatu forum atau pun search engine trends keywords. OK, saya mau coba berbagi bagaimana cara memperkecil angka alexa ranking sesuai dengan pengetahuan saya.

    1. Coba anda baca kembali seluruh kalimat yang sudah saya tulis (dari atas sampe bawah). Terlihat seperti melakukan review bukan? Yo'i, intinya melakukan review untuk situs alexa juga akan membantu untuk memperkecil angka alexa ranking.

    2. Memperbanyak jumlah pengunjung harian. Untuk hal ini, kalian bisa meningkatkan kunjungan harian pada situs kalian dengan cara mengiklankan situs pada layanan seperti PTC (Paid To Click). Ada banyak sekali situs paid to click yang menyediakan jasa kunjungan ke situs anda dengan harga yang beragam, mulai dari $1 untuk 1500 - 2000 pengunjung, ada juga yang $8 untuk 1000 pengunjung. Itu semua tergantung dari anda sendiri. Jangan lupa juga, pilih situs PTC yang sudah berdiri lebih dari 2 tahun.

    3. Memasang Alexa toolbar pada browser application yang anda gunakan.

    4. Blog walking, dan tinggalkan komentar. Maksudnya, berkomentarlah pada blog/artikel milik orang lain. Lakukan komentar tersebut setiap hari! minimal anda harus memasukkan 3 komentar pada setiap blog yang berbeda URL nya (bukan artikelnya). Hal ini juga berguna untuk menambahkan backlink pada situs Anda.

    5. Ada tambahan lain? Share is beatiful, please share your tips here. ;)

    Kata Bapak TB Alexa itu adalah... ? (Include tips & Tricks For Alexa ranking)

     
    Last edited: Jan 31, 2011
    herculesx and hadie87 like this.
  2. jukubupu

    jukubupu Newbie

    Joined:
    Jan 3, 2011
    Messages:
    42
    Likes Received:
    0
    nice share
     
  3. ivan_pool

    ivan_pool Ads.id Pro

    Joined:
    Jul 7, 2010
    Messages:
    456
    Likes Received:
    28
    thanks.. ;)
     
  4. ayoberbagi

    ayoberbagi Penjaga Toko

    Joined:
    Apr 12, 2010
    Messages:
    1,106
    Likes Received:
    59
    Location:
    indonesia
    ada lagi banyak caran ya


    -- pake entrecard ( nggak tahu masih bisa apa nggak )

    - pake social bookamrking

    - beli traffik dari member sini :senyum:

    - pake trik alexa boost yang om amabel share

    dlllll
     
  5. ayead

    ayead Super Hero

    Joined:
    Mar 21, 2010
    Messages:
    1,368
    Likes Received:
    57
    Location:
    Banjarmasin, Kalimantan Selatan
    alexa hanya mengambil data trafik dan keyword dari toolbarnya.
     
  6. zonabisnis

    zonabisnis Super Hero

    Joined:
    Mar 24, 2010
    Messages:
    1,853
    Likes Received:
    197
    Location:
    Tangerang
    cukup pasang alexa toolbar saya pikir sudah cukup
     
  7. ayead

    ayead Super Hero

    Joined:
    Mar 21, 2010
    Messages:
    1,368
    Likes Received:
    57
    Location:
    Banjarmasin, Kalimantan Selatan
    Setuju bgt gan.. aku dah membuktikannya.. soalnya keyword yang ditangkap di alexa terbukti hasil dari keyword aku googling sendiri .. he
    jadi kesimpulannya tanpa toolbar alexa tidak jadi apa-apa.:D

    ---------- Post added at 11:04 AM ---------- Previous post was at 11:00 AM ----------

    o iya,, mau nambahin juga neh, dari kopas postinganq dahulu di blogku judulnya seh dulu aku beri judul

    "cara blog di crawl alexa Dan Membuat Rank Alexa Mengecil".
    tapi kayaknya form untuk submitnya udah gak ada lagi deh

    Alexa.com biasanya peringkatnya atau yang lebih dikenal dengan Rank Alexa kita gunakan untuk memperkirakan kepopuleran sebuah website atau blog yang ada di seluruh dunia. Seperti kita ketahui untuk mengetehaui sebuah informasi dari sebuah web alexa secara rutin mengambil data blog atau web kita dari hasil crawling ke semua website, Tapi tidak semua website bisa di crawling oleh alexa, Terkadang kita harus submit secara manual site kita agar ter crawl dengan baik oleh alexa. Untuk membuat blog sobat lebih akrab dengan robot alexa sobat bisa mengikuti trik ringan dari Blogger gaptech di bawah ini

    Sobat tentu menginginkan Blognya memiliki peringkat yang bagus bukan?

    Nah untuk Blogger yang baru bikin blognya dan bingung kenapa rank Alexanya N/a alias NO data mungkin itu karena blog sobat belum ter crawl oleh alexa, Bagaimana sobat memiliki peringkat Alexa kalau data blog sobat saja sama sekali belum ada di alexa?,
    secara kasar dapat dikatakan Blog sobat dianggap tidak ada oleh alexa, Lalu bagaimana caranya agar blog kita di Gerayangi Crawl oleh alexa dan kemudian mendapatkan peringkat yang baik di alexa?

    Sebenarnya biarpun tidak diapa-apakanpun blog sobat lambat laun akan tercrawl dengan sendirinya oleh alexa, Tapi tidak ada salahnya kan kalu kita mensubmit atau memasukan langsung site kita ke alexa, biar prosesnya lebih cepat dan kita merasa lebih yakin kalo site kita akan terindeks di alexa .

    Berikut ini adalah cara termudah agar blog sobat datanya masuk ke alexa (di crawl oleh robot alexa) tentunya selain dengan cara daftar di alexa (aku sarankan selain melakukan tips ini sobat juga mendaftar di alexa biar lebih mantap):


    Caranya ialah sobat ke http://www.alexa.com/help/webmasters lalu sobat masukan alamat blog sobat di kolom paling bawah dan klik Crawl My site.
    Setelah itu sobat tunggu saja beberapa hari , Insya Allah blog sobat akan cepat di crawl atau terindeks di alexa dan tentunya meningkatkan peringkat alexa blog sobat secara tidak langsung (liihat gambar dibawah).
    [​IMG] crawl blog ke alexa
    Selain itu sobat juga bisa membuat sebaliknya yaitu blog sobat tidak di crawl oleh alexa.

    Tentu saja dengan cara di atas tidak akan bisa membuat rank blog sobat membaik secara signifikan karena cara di atas hanyalah sebuah awal atau permulaan saja.
    setelah melakukan tahap di atas kalau sobat ingin memiliki rank alexa yang bagus dan terus meningkat syarat utamanya ialah perbanyak VISITOR karena alexa mengurutkan sebuah web verdasarkan Trafik blog kita.


    What is Traffic Rank?

    The traffic rank is based on three months of aggregated historical traffic data from millions of Alexa Toolbar users and data obtained from other, diverse traffic data sources, and is a combined measure of page views and users (reach). As a first step, Alexa computes the reach and number of page views for all sites on the Web on a daily basis. The main Alexa traffic rank is based on a value derived from these two quantities averaged over time (so that the rank of a site reflects both the number of users who visit that site as well as the number of pages on the site viewed by those users). The three-month change is determined by comparing the site's current rank with its rank from three months ago. For example, on July 1, the three-month change would show the difference between the rank based on traffic during the first quarter of the year and the rank based on traffic during the second quarter.


    Meningkatkan trafik tidak cukup karena alexa mengambil data selain dari crawling tadi, juga jumlah kunjungan ke blog kita diketahui lewat toolbar alexa yang terinstal di bowser , seperti pengakuan langsung dari alexa tentang bagaimana alexa mengkalkulasi sebuah kepopuleran web:


    A listing of all sites on the Web, sorted by traffic...

    Alexa computes traffic rankings by analyzing the Web usage of millions of Alexa Toolbar users and data obtained from other, diverse traffic data sources. The information is sorted, sifted, anonymized, counted, and computed, until, finally, we get the traffic rankings shown in the Alexa service. The process is relatively complex, but if you have a need to know, please read on.

    Perhatikan kalimat yang berwarna merah dan berukuran besar diatas!

    Jadi yang harus sobat lakukan ialah MENGINSTAL TOOLBAR ALEXA Di browser sobat, dengan begitu kalau sobat mengunjungi blog sobat dengan browser yang sudah terinstal alexa toolbar pasti akan dihitung sebagai sebuah kunjungan ,
    Sering seringlah mengunjungi blog sobat sendiri dan buka banyak halaman yang ada biar page viewnya tinggi ,he he

    dapatkan Alexa Toolbar atau widget alexa DI www.alexa.com/toolbar

    nah di sini Blogger Gaptech agak bingung tentang trafik yang "Hanya di hitung dari toolbar alexa"
    apakah datanya kebanyakan hanya dari toolbar alexa???
    jadi jangan heran, kenapa kebanyakan blognya masterblog rank alexanya sangat bagus, Itu mungkin karena kebanyakan visitornya ialah blogger juga dan tentunya sudah menginstal toolbar Alexa,
    Yang membuatku tambah bingung dan yakin kalau alexa hanya mengambil data hanya dari toolbar alexa ialah waktu aku cek top keyword yang ada di alexa : sangat mengejutkan ternyata di sana yang jadi top keyword ialah keyword yang paling sering aku gunakan sendiri di google untuk menemuan blog atau postinganku , Misalnya : "ayead" , "ayead daftar isi" dll. Padahal kalau di google analytycs atau blogger stats yang jadi top keyword bukan yang 2 itu, hal itu membuat keyakinanku makin besar kalau alexa hanya mengembil data dari alexa toolbar .




    Jadi sobat yang belum pasang toolbar alexa silahkan pasang toolbar alexa, UNTUK KEBAIKAN KITA BERSAMA juga .. HA.. ha .. HA

    semoga bermanfaat
     
  8. kuudo

    kuudo Super Hero

    Joined:
    Jul 18, 2009
    Messages:
    1,259
    Likes Received:
    50
    Location:
    Kota tahu
    Klo menurut ane sih alexa tu mengukur nilai suatu website lebih ke pageview nya masbro,.. jadi bukan ke visitor.
     
  9. ayead

    ayead Super Hero

    Joined:
    Mar 21, 2010
    Messages:
    1,368
    Likes Received:
    57
    Location:
    Banjarmasin, Kalimantan Selatan

    Tukeran review link yuk gan,
    hXXp://www.tergaptek.com/2011/01/review-blog-di-alexa-sekarang-sangat.html
     
  10. ivan_pool

    ivan_pool Ads.id Pro

    Joined:
    Jul 7, 2010
    Messages:
    456
    Likes Received:
    28
    Mantab nih... :)
    Ane pasang di page one deh..
    thanks for your contribute.. :D

     
  11. ivan_pool

    ivan_pool Ads.id Pro

    Joined:
    Jul 7, 2010
    Messages:
    456
    Likes Received:
    28
    Mantab nih... :)
    Ane pasang di page one deh..
    thanks for your contribute.. :D

     

Share This Page