1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

[Share] Cara ngembangin blog. Didedikasikan untuk nubi yang baru belajar dari 0.

Discussion in 'SEO' started by xavhansen, Nov 13, 2011.

  1. xavhansen

    xavhansen Ads.id Starter

    Joined:
    Sep 2, 2011
    Messages:
    93
    Likes Received:
    189
    Location:
    Semarang
    Wahhh... Sebelumnya minta maaf ni buat para master2... ane nubi udah angkat bicara... hehe... cuma mau berbagi aja buat temen2 yg bener2 masih nubi. Mungkin bingung sama teori ini itu, mau terapin yang mana, ga ada hasil.

    Nahhh.. ini ane mau share sedikit pengalaman... yah... meskipun blog ane belum besar2 amat... UV masi 100-200 per hari... semoga share ini bisa membantu temen2 yg bener2 masi nubi. Kalo yg udah master mah mungkin ketawa liat cara ane... hehe...

    OK ane mulai share-nya.

    Sepintas awal mula blogging

    Ane mulai blogging sudah sejak tahun 2008. Sampe 2011 ini, ane udah buat 5 blog. Gagal semua. 3 gratisan (WP.com dan blogcepot), dan 2 berbayar (WP self hosted). Semuanya membahasa tentang komputer.

    Yang keenam ini, baru bisa mulai jalan. Topiknya sekarang ane tambah, komputer dan internet. Ane launching blog keenam ini pada pertengahan september 2011.

    Setengah bulan pertama

    Setelah launching. 2 minggu pertama, visitor ane cuma 0 - 10 per hari. Itu gabungan, UV dan juga return. Posting ane pada tahap ini masih dikit. Ga ada 10. Kemudian ane belajar-belajar dari blognya Om Darren Rowse (Problogger.net) dan Brian Clark (copyblogger.com). Ane berusaha bikin konten sebaik mungkin. Ane turutin tu nasehat mereka:

    write for visitor, not for search engine.

    Hasilnya, di minggu-minggu berikutnya, UV naik. Alexa yang tadinya masih di atas 5 juta, naik cepet jadi 3 juta dalam waktu ga ada seminggu.

    Langkah-langkah selanjutnya

    Ane baca2 teori seo sana sini, gimana nambah visitor, malah jadi pusing sendiri. Yang mana ni harus diterapkan. Backlink, link wheel, dsb. Bingung. Akhirnya ane putusin, coba konsen ke SEO on page dulu. Main di SEO title, description, dan keyword. Cuma itu2 aja.

    Kemudian untuk konten, ane tetap usaha berikan yang terbaik untuk visitor. Hasilnya lumayan. Visitor naik jadi 50 - 100. UV 20 - 50. Alexa, kurusan lagi jadi 2 juta (makin kurus alexa sepertinya makin susah naik lagi ya... banyak persaingan).

    Selain itu, ane juga aktif share posting ane ke facebook dan twitter. Di forum juga ane share. Khusus untuk di forum, ga semuanya. Ane pilih mana yg kira2 berbobot. Kalo yang ringan2 seperti berita, ato cuma tips2 kecil, ane ga share.

    Langkah saat ini

    Yang ane lakuin saat ini, cuma keep posting. Berikan yang terbaik untuk visitor, dan tetap share di social media. Kemudian, untuk fanpage Facebook. Ane buat fanpage. Awalnya yg like cuma 13 orang. Sebulan ga nambah2. Kemudian ane coba nasehatnya Om Darren. Kalo mo di-like, mintalah ke pembaca. Jangan cuma diem.

    Ane terapkan, dan syukur, sekarang, meski pelan2, yg like Fanpage facebook ane udah 31 orang. Ini bukan hasil dari minta2 ke orangnya langsung loh, seperti ke temen gitu. Ini hasil dari ane bikin permintaan di blog, supaya orang like fanpage blog ane di facebook. Istilah kerennya, incentive.

    Kemudian, untuk alexa blog saya, dari 2 juta, 2 minggu terakhir ini sudah bisa sampai 700 ribuan... Blog yg isinya lebih banyak dari blog ane, sekarang udah kesusul alexanya. Padahal dia udah 2 tahun nge-blog. Dan isinya juga ori semua. Bukannya nyombong. Cuma mau menyampaikan, kalo konten ditulis sebaik mungkin, berikan yg terbaik, pasti Agan dapet visitor loyal.

    Selain itu, ane juga kadang-kadang submit ke infogue.com, dan lintasberita.com. Meskipun trafik ga begitu banyak dari situ, tujuannya adalah siapa tahu ntar dari situ ane dapet visitor yang loyal. Ntar dia sebarin blog ane ke temen2nya.

    Untuk komen2 di blog lain, ane jarang lakuin. hehe... soalnya masih ngrasa belum mapan. kalo habis posting, waktu ane habisin buat belajar bikin konten yang baik. Menurut data alexa ane, cuma ada 12 situs yang nge-link ke blog ane. Itu hasil dari social media, sama sedikit komen di blog orang.

    Yang bisa dipelajari dari pengalaman tersebut

    Dari pengalaman itu, ane belajar 2 hal...

    1. Konten itu bener2 king dah... percayalah... posting ane masih dikit, tapi ane bikin sebaik mungkin. Dan ori. Ane olah sumber2 yang ane dapat. Kemudian ane susun ulang, gabungin semua sumber, sampaikan dalam bahasa yang sesederhana mungkin. Pokoknya, konten harus yang terbaik. Content is king. Jangan anggap sepele omongan itu.

    2. Sharing di social media itu perlu. Di sini, yang paling banyak nyumbang trafik setelah google, adalah: Stumble, Kaskus, dan Facebook. Biar banyak yang datang dari google, jujur, ane ga pake trik macem2. Cuma main seo on page seperti yg ane sebutin di atas. Jangan anggap sepele social media. Siapa tahu di situ banyak orang-orang yang membutuhkan solusi, dan blog Agan menawarkan solusi itu.

    Cuma itu aja, Gan... ga ada trik khusus... Untuk nubi, tetep semangat... ane juga nubi... fokusin aja, posting, kasi yang terbaik bagi pembaca. Terus belajar cara buat konten yang baik... :)

    Tambahan:

    Blog ane pake bahasa indonesia.... ane ikuti saran Om Darren Rowse. Lebih baik nge-blog pake bahasa ibu kita... kita lebih tau gimana gaya bahasa yang sesuai, tahu gimana kalo mau becanda...

    Tadinya sempet tergiur mo pake english... tapi setelah baca itu, ane putusin bahasa indo. Dan yakin aja, ntar pasti berhasil. Yahh... inilah hasil blog ane sekarang.... ane cukup bersyukur sama hasil sekarang. Dan makin semangat buat bikin konten yang terbaik untuk visitor.
     
    Last edited: Nov 13, 2011
    becaknetwork, fieeka, 8am6u and 11 others like this.
  2. gottessegen

    gottessegen Ads.id Fan

    Joined:
    Oct 20, 2011
    Messages:
    141
    Likes Received:
    39
    Location:
    Malang
    mantep mas bro sharing nya.. jadi semangat buat ane.. like pencented
     
  3. sisiharmoni

    sisiharmoni Ads.id Starter

    Joined:
    Jul 2, 2008
    Messages:
    77
    Likes Received:
    1
    salut buat share pengalaman nya :)
     
  4. Vcunkerz

    Vcunkerz Ads.id Pro

    Joined:
    Apr 7, 2010
    Messages:
    328
    Likes Received:
    17
    Tanya dong gan, btw itu blog pake bahasa indo y?
     
  5. xavhansen

    xavhansen Ads.id Starter

    Joined:
    Sep 2, 2011
    Messages:
    93
    Likes Received:
    189
    Location:
    Semarang
    iya gan... tetep semangat... konsisten aja... berikan yang terbaik buat visitor... tujuan ngeblog adalah berbagi. Ntar untuk earnings, tu tambahan aja. Setelah ane hilangkan earnings dari otak ane, itulah titik balik di mana visitor ane melonjak. Ane sekarang cuma fokus ke konten. Bikin konten sebaik mungkin.

    persembahkanlah blog agan untuk visitor, jangan buat puasin diri sendiri. Percaya,gan... pasti agan dapet visitor yg loyal... :)

    Tetep semangat! Ane buktinya... Hohoh...

    Iya,gan... tetep semangat blogging... ntar juga visitor nambah... konsisten aja... dan kasi yang terbaik untuk visitor... :) jangan menangin ego sendiri...

    ---------- Post added at 09:26 PM ---------- Previous post was at 09:23 PM ----------

    iya,gan.... ane belum berani pake inggris... meskipun ane cukup pinter inggris (nilai kuliah inggris, A dan AB gan... wkwkwk... :D pamer dikit), toefl.. ada deh..

    masi belum pede pake english, soalnya terkait gaya bahasa, budaya-nya... mungkin ane bisa ngomongnya, gramar, tenses, bener, tapi gaya bahasanya mungkin ga nyambung sama orang bule... gitu...
     
  6. missyswan

    missyswan Super Hero

    Joined:
    Jun 3, 2010
    Messages:
    1,211
    Likes Received:
    100
    gan monetizenya pake apa??
     
  7. xavhansen

    xavhansen Ads.id Starter

    Joined:
    Sep 2, 2011
    Messages:
    93
    Likes Received:
    189
    Location:
    Semarang
    ane belum monetize gan... dulu sempet pasang adsense 2x, banned semua.. pake fren konek... malah bikin jengkel aja... smpt kehilangan fokus bikin konten bermutu... akhirnya sekarang ane ga monetize dulu... fokus bikin konten bermutu aja... bersabar dulu... hehe...
     
  8. Garyu73

    Garyu73 Ads.id Pro

    Joined:
    May 22, 2011
    Messages:
    476
    Likes Received:
    163
    Location:
    Kuala Kapuas
    Tambahan dari ane
    -----------------------------------------

    Pada saat ingin memulai ngeblog, pastikan cari terlebih dahulu keyword atau topic yang ingin dibahas di blog anda nantinya. Jika sudah, gunakan juga keyword research (cth google keyword) untuk mencari dan mengetahui persaingan keyword tersebut di search engine. (Untuk caranya lihat di artikel sebelah: hxxp://www.adsense-id**.com/forums/showthread.php/28637-Tips-Keyword-Research-Untuk-Membidik-Hot-Niche)

    Lalu buatlah blog dan tentukan urlnya. Dalam menentukan url dan title blog yang akan dibuat, usahakan mengandung keyword yang ingin dibahas. Contohnya keyword yang ingin dibahas adalah jual sepeda murah, maka url dan titlenya usahakan ada keyword sepeda, misal titlenya Jualan Online Sepeda Murah dan urlnya hxxp://jual-online-sepeda-murah.blogspot.com/.

    Nah disini anda harus membuat minimal 10 posting terlebih dahulu tentang keyword tersebut agar cepat terindex di search engine. Usahakan 10 posting tersebut berkaitan, kira-kira begini:
    Artinya link-link 10 artikel yang mengandung keyword title tersebut untuk cepatnya terindex blog anda. Nah setelah itu barulah anda membuat artikel seperti pada topic/tema blog anda yang ingin anda bahas.

    Langkah terakhir jangan lupa untuk submit blog anda di webmaster, yahoo, bing, dll. Juga atur meta tag, dll se-SEO Friendly mungkin dan pas dengan theme yang blog anda gunakan. Cari backlink untuk blog tersebut dengan berkomentar di blog dofollow yang mempunyai PR tinggi, submit ke RSS, ping, tuker link, ke iklan baris, dkk.
     
  9. kefkin

    kefkin Ads.id Fan

    Joined:
    Nov 14, 2011
    Messages:
    164
    Likes Received:
    6
    :-B hm... "Content is king"

    Alright, tengkyu bradah, sebagai nubie saia coba praktikan.... O:-)
     
  10. semutdanlaba2

    semutdanlaba2 Hero

    Joined:
    Sep 23, 2011
    Messages:
    578
    Likes Received:
    15
    Location:
    Bumi Alloh SWT
    Posting sekeren ini komennya Kaya Kuburan?

    Pada kemana ini penduduk?
     
  11. andreimoto

    andreimoto Ads.id Starter

    Joined:
    Dec 13, 2011
    Messages:
    73
    Likes Received:
    0
    Location:
    Kota Makassar, Indonesia
    ada gan, para nubi cuman berani nyimak ga berani komen, wkwkwk :D

    btw nice posting
     
  12. wijasenna

    wijasenna Ads.id Fan

    Joined:
    Mar 29, 2010
    Messages:
    129
    Likes Received:
    1
    setuju!! content is the king!! btw, blog agan dimonetize gk?
     
  13. Djiextray

    Djiextray Ads.id Pro

    Joined:
    Oct 29, 2011
    Messages:
    372
    Likes Received:
    98
    wah ,... thanks gan sharing nya .. ane juga masih nuwbie mau buat blog lagi ... thanks
     
  14. amikom

    amikom Ads.id Pro

    Joined:
    Dec 9, 2008
    Messages:
    270
    Likes Received:
    9
    Location:
    Ya Alloh Semoga REJEKI saya memang di sini ... AMI
    kalo pake blog bhs ibu kita pertiwi ente dapet earning gak ? or cuma visitor yg berjibun yg merasa terbantu dengan blog anda ... mohon info nya :)
     
  15. xavhansen

    xavhansen Ads.id Starter

    Joined:
    Sep 2, 2011
    Messages:
    93
    Likes Received:
    189
    Location:
    Semarang
    maaf lama balesnya... :)

    Untuk monetize, saya udah lagi eksperimen pake macem2... :D

    Sementara ini, baru pake innity sama IBN. Bulan desember ini earningnya baru 20ribuan. Masih dikit. Makanya masih mau coba eksperimen2.

    Kalo innity, sepertinya kekurangan ane adalah visitornya. Kan pake CPM itu. Coba sehari visitornya bisa seribu. :D pasti lebih banyak... lah masalahnya saya ini ga ngerti2 banget tentang seo... taunya cuma seo on page. Cuma pake seo title, description, sama keyword...

    Sekarang alexa-nya udah 300ribuan. Tapi PR masih telor... hahaha..... T_T

    susah banget naikin PR. Padahal udah komen ke blog2 ber PR.
     
  16. Phoenix009

    Phoenix009 Ads.id Fan

    Joined:
    Dec 1, 2009
    Messages:
    147
    Likes Received:
    1
    Location:
    surabaya
    Hanya blogger yg kreatif dan mendasar mengenai bloggimg yg akan dpt hasil,, trkadang kita brpikir untuk pake ini dan itu tetapi akhirnya trjebak ttg strategi dan tdk prnah memikirkan blognya lg tp yg d pkir adalah strategi yg tanpa aplikasi,, thanks for share ya bro....
     
  17. faathman

    faathman Newbie

    Joined:
    Dec 4, 2011
    Messages:
    32
    Likes Received:
    0
    wah mantap sharingnya broo...:D:D
     
  18. semutdanlaba2

    semutdanlaba2 Hero

    Joined:
    Sep 23, 2011
    Messages:
    578
    Likes Received:
    15
    Location:
    Bumi Alloh SWT
    ijin nyimak obrolan aja. Ane semahzab sama nyang ini
     
  19. Quickey

    Quickey Super Hero

    Joined:
    May 29, 2011
    Messages:
    2,287
    Likes Received:
    126
    Location:
    Palembang
    keep semangatnya yang paling penting masbro :D
     
  20. bocah_lugu

    bocah_lugu Ads.id Pro

    Joined:
    Nov 16, 2011
    Messages:
    284
    Likes Received:
    14
    Location:
    Kota Gethuk
    ilmu baru. ijin catet gan.
     

Share This Page