1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

5 Tips Mencari Pekerjaan Menggunakan Pinterest

Discussion in 'Chit Chat' started by irvandikky, Sep 27, 2012.

  1. irvandikky

    irvandikky Super Hero

    Joined:
    Jun 9, 2012
    Messages:
    848
    Likes Received:
    73
    Location:
    Malang
    Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan saat mencari pekerjaan menggunakan media Pinterest.com.

    Siapa kini yang tak kenal Pinterest.com? Situs ini telah banyak menarik minat banyak orang untuk menggunakannya sebagai tempat berbagi inspirasi seperti resep, dekorasi rumah dan mode terbaru.Dengan makin banyaknya pengguna yang memanfaatkan di berbagai bidang, bahkan tak sedikit pula yang menjadikannya sebagai alat pencari kerja.

    Nah, berikut ini 5 tahapan yang harus bisa dilakukan untuk memulai mencari dan memanfaatkan situs ini sebagai tempat mencari kerja, seperti dikutip dari mashable.com :

    1. Pin Resume Anda

    Coba lakukan search dengan kata kuci 'resume saya (my resume)' pada Pinterest, maka kamu akan mendapatkan ribuan hasil pencarian. Atau tambahkan hal-hal yang lebih spesifik seperti resume penulis, resume bisnis, resume desain grafis dan kamu akan lebih terkejut lagi dengan hasilnya.

    Beberapa resume dibuat dengan informasi dan tata letak standar, meski tak sedikit juga yang membuat dengan gaya layout grafis kreatif. Tujuan melakukan pin di Pinterest adalah untuk menampilkan resume milikmu bersama yang lain sehingga dapat dilihat oleh pemilik pekerjaan. Jadi usahakan membuatnya tampil eye-catching, minim kesalahan serta menarik secara kualitas.

    2. Buat Pinboard Lanjutkan
    [​IMG]
    Daripada menaruh resume lengkapmu pada salah satu pin, buatlah board yang merepresentasikan setiap bagian berbeda dari resume dalam beragam pin. Pin foto tempat kamu pernah bekerja, sekolah tempat kamu belajar, tempat bakti sosial atau hobi yang digemari. Karena Pinterest adalah media visual maka dengan cara ini dapat memberikan kesan berbeda. Jangan lupa memanfaatkan kotak teks untuk menjelaskan gambar pin atau sesuatu yang berkaitan dengan karir dan mengapa hal tersebut penting.
    3. Ikuti Ahli Karir
    Jika kamu ingin mencari saran dalam pencarian pekerjaan, Pinterest memiliki banyak hal yang ditawarkan. Situs seperti CareerBliss menggunakan pinboards untuk menampilkan ide inspiratif dan barang yang berhubungan dengan pekerjaan yang jelas membuat orang bahagia. Atau kantor karir perguruan tinggi seperti negara Penn memberikan tips, mengarahkan para pemula dalam tahapan bekerja. Masih banyak lagi layanan, kantor atau lembaga pendidikan yang membuat pin mengenai tips-tips mencari atau dalam berkarir bagi kamu.

    4. Link ke CV Pinterest Anda
    Selain membuat resume, kamu perlu memberitahu orang tentang Pinterest ini. Dengan menambahkan pada portofolio di LinkedIn, Facebook atau profil Twitter dan di kertas resumemu sendiri. Termasuk membubuhkannya di tanda tangan email atau ke kartu nama. Di mana pun media atau tempat yang memungkinkan kamu memamerkan link resumemu di Pinterest makin membantumu dalam pencarian pekerjaan. Hanya sedikit saran, pastikan untuk menyimpan berbagai board secara rapi, 'bersih' dan profesional karena akan dilihat oleh banyak orang kapan saja.
    5. Carilah Inspirasi dalam Mencari Kerja
    Jika kamu tak siap untuk membagi pengalaman kerja sepanjang hidupmu di Pinterest, gunakan ini untuk sebuah tujuan atau menginspirasi orang. Mencari kerja dapat sangat mengecewakan dan stres. Jika kamu baru saja kembali dari wawancara kerja yang buruk atau baru mengirim 10 lamaran tanpa respon, hadapi papan Pinterestmu dan carilah gambar yang dapat membuatmu tersenyum, tertawa dan kembali ceria. Komik lucu, kucing menggemaskan, kutipan inspirasi atau apapun yang bisa meningkatkan suasana hati.
    Menggunakan Pinterest dalam pencarian kerja ini tak harus memakan waktu yang lama. Jika kamu seorang yang suka visual penyuka outlet kreatif, situs ini bisa jadi alternatif yang menyenangkan.

    Selamat mencoba :)
     
    striker17 likes this.
  2. topjitu

    topjitu Super Hero

    Joined:
    Aug 22, 2009
    Messages:
    777
    Likes Received:
    324
    Location:
    Bumi Allah
    thx masbro TS sharing yang bagus untuk menjelajahi lebih dalam tentang pinterest
     
  3. mifta-nurdin

    mifta-nurdin Banned

    Joined:
    Jun 13, 2012
    Messages:
    1,188
    Likes Received:
    84
    ini hasil translate-ya?
     
  4. Wardi Filth

    Wardi Filth Newbie

    Joined:
    Dec 6, 2012
    Messages:
    24
    Likes Received:
    0
    Misi gan mau tanya..

    ada tutorial lain mengenai pinterest gak?? saya baru kenal nih sama pinterest,, oh ya di thread _http://www.adsense-id.com/forums/showthread.php/117417-Akun-PINTEREST-Buat-Agan-Semua!-Dijamin-OK!_ itu akun pinterest buat invite, apakah tidak bisa daftar sendiri?? atau gimana yah terimakasih...
     

Share This Page