1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

[share] Adsensen dibawah judul dibolehkan oleh google?

Discussion in 'Bengkel AdSense' started by dedistyawan, Dec 10, 2013.

  1. dedistyawan

    dedistyawan Ads.id Pro

    Joined:
    Nov 17, 2013
    Messages:
    433
    Likes Received:
    52
    Selamat sore masgan2 semua, thread ini menindaklanjuti thread saya yang kemarin... Bolehkah memasang adsense dibawah judul, silakan baca thread kemarin dimari hxxp://www.ads-id.com/forums/showthread.php/172743-share-Hati-hati-Iklan-dibawah-judul-ternyata

    Harap diperhatikan thread ini hanya untuk berbagi hasil kerja saya ubek2 blog adsense, adsense bantuan, forum2 luar, dan masih banyak lagi gan......

    Kemarin di blog adsense dinyatakan 'tidak boleh pasang adsense dibawah judul' dengan alasan jika judulnya menipu pengunjung, sehingga iklan terlihat seperti bukan iklan.

    Disore hari ini setelah saya ubek2 adsense bantuan disitus resminya hxxp://support.google.com/adsense akhirnya saya menemukan sebuah halaman yang menjawab pertanyaan saya.

    Halaman tersebut ini gan...hxxps://support.google.com/adsense/answer/187666?hl=id&ref_topic=29875 dan untuk spesifiknya yang ini hxxps://support.google.com/adsense/topic/29875?hl=idn&ref_topic=3001646

    Jadi sepertinya memang boleh gan pasang adsense dibawah judul, malahan dianjurkan google berdasarkan adsense bantuan (link diatas) yang udah ane ubek2.

    Sekian gan, kalau ada salah saya mohon maaf gan.. Saya hanya membagikan hasil kerja ubek2 adsense bantuan gan.
     
  2. sariful

    sariful Super Hero

    Joined:
    Aug 22, 2009
    Messages:
    874
    Likes Received:
    54
    Location:
    Belakang ITC Cibinong
    Kalo menurut saya, lebih baik cari aman... jangan pasang adsense di bawah judul :)
     
  3. dedistyawan

    dedistyawan Ads.id Pro

    Joined:
    Nov 17, 2013
    Messages:
    433
    Likes Received:
    52
    Sip gan, emang jalan terbaik cari aman..
     
  4. m2dbx

    m2dbx Super Hero

    Joined:
    Sep 7, 2013
    Messages:
    976
    Likes Received:
    104
    Location:
    Indonesia
    setuju juga gan, cari aman insyaallah langgeng selamanya :D
     
  5. herunoise

    herunoise Ads.id Pro

    Joined:
    Oct 24, 2011
    Messages:
    278
    Likes Received:
    14
    Location:
    Semarang
    Ane tambahin om, sebenarnya boleh menempatkan adsense dibawah judul. Asalkan diberi keterangan di atasnya berupa advertisement, iklan dll yang memperjelas bahwa link tersebut adalah adsense.

    Semoga bisa memberikan pencerahan.
     
  6. Putu Bali

    Putu Bali Newbie

    Joined:
    Jul 15, 2013
    Messages:
    38
    Likes Received:
    7
    Ya masang iklan di bawah judul itu boleh dan malah disaranin ama google, dng syarat sejajar dng artikel dan punya batas padding min-10px! Tapi buat ane yg punya blog Indo saat ini masih belum berani ngambil resiko tersebut. Kenapa? Karena faktor luar yg nggak bisa ane kontrol! Apa itu? Kecepatan internet! Kita kan tau internet di negeri kita ini lemotnya minta ampun, apa lg kalo buka situs pake browser ponsel, bikin kesel loadingnya! Lalu apa hubungannya ama banned adsense? Ya, kecepatan internet akan mempengaruhi perilaku para pengunjung blog! Pengunjung datang ke situs kita, mereka fokus pada judul artikel, terus dibawahnya ngelihat iklan yg sering dianggap link artikel, lalu klik menuju ke situs pengiklan. Kondisi seperti ini akan mengakibatkan nilai "first time visit" di situs kita menjadi rendah karena durasi waktu kunjungan pertama tsb singkat. Seandainya para pengunjung yg menuju ke situs pengiklan tersebut berlama-lama disana bahkan sampai beli produk, berarti nilai konversi bagi pengiklan menjadi besar, dan ini disukai ama Bot Google! Tapi kalo sebaliknya gimana? Ketika belum habis ngeloading situs pengiklan, para pengunjung lebih memilih kabur karena jaringan internet yg lemot, maka kemungkinan besar Bot Google menyimpulkannya sebagai click fraud, klik tidak sah atau apalah namanya sebagai salah satu biang kerok banned! First time visit yang rendah digabung dng konversi rate yang rendah buat pengiklan membuat blog kita dianggap berkualitas rendah oleh Si Robot Google (inilah sulitnya bekerja dng robot yg pintar tapi nggak sempurna, beda kalo MediaNet yg jg dikontrol ama manusia). Mungkin agan-agan pernah mendapatkan nilai klik 0.01 dolar atau tiba2 penghasilannya terpotong, dan inilah salah satu penyebabnya karena konversi klik bagi pengiklan rendah! Sementara kalo visitor dari Eropa dan USA nilai kliknya tinggi2 krn nggak terganggu ama masalah teknis ini (disana kan kecepatannya wusss...)! Kalo prinsip sy sih, buat artikel yg bagus shg para pngunjung lebih tertarik membaca artikel kita sebelum mereka mengeklik iklan! Ini disukai ama Google dan biasanya konversi dan nilai kliknya menjadi maksimal! Entar kalo kecepatan internet di Indonesia udah mantap dan robot Google udah makin cerdas, maka ane pasti pasang iklan di bawah judul! Tapi kalo agan-agan punya blog yg visitornya banyak dari negera2 premium, maka sebaiknya pasang iklan dibawah judul seprti yang disaranin ama Google!
     
    halflight likes this.
  7. Quickey

    Quickey Super Hero

    Joined:
    May 29, 2011
    Messages:
    2,287
    Likes Received:
    126
    Location:
    Palembang
    wedew kok ane puyeng ya om baca tulisannya :D
     
  8. dedistyawan

    dedistyawan Ads.id Pro

    Joined:
    Nov 17, 2013
    Messages:
    433
    Likes Received:
    52
    Thanks gan, segera ane terapkan sarannya..
     
  9. dedistyawan

    dedistyawan Ads.id Pro

    Joined:
    Nov 17, 2013
    Messages:
    433
    Likes Received:
    52

    Teksnya banyak bener, bingung bacanya gan... tapi analisa yang sangat luar biasa gan :D
     
  10. donisugiharto

    donisugiharto HUNTER

    Joined:
    Aug 23, 2012
    Messages:
    1,790
    Likes Received:
    119
    oalah, menurut ane kalau liat dari sini hxxp://adsense.blogspot. com/2008/03/another-look-at-optimizations.html

    boleh taruh bawa judul tapi jangan terlihat full iklan. mksdnya pengunjung ga perlu scroll kebawah dulu baru ngeliat konten. jadi tanpa scroll pun iklan terlihat, konten yang ada dibawah iklan juga harus terlihat.

    caranya ya jangan pakai format iklan kotak tapi format iklan banner. CMIIW
     
  11. StrikeDollar

    StrikeDollar Ads.id Pro

    Joined:
    Feb 12, 2013
    Messages:
    453
    Likes Received:
    22
    Location:
    Indonesia
    ane cari aman aja.. :D
    copot aja iklan yg di bawah judulnya. hehe
     
  12. red army

    red army Dalih Webmaster Hangout team

    Joined:
    Mar 20, 2011
    Messages:
    1,653
    Likes Received:
    45
    Location:
    lagi bertapa
    maka dari itu gan, harus pake template yg bener2 super fast loading.. :D
    n setuju, klo artikel bagus, pengunjung jg bakalan betah lama2 di blog kita..
     
  13. sinjotaro

    sinjotaro Super Hero

    Joined:
    Apr 20, 2010
    Messages:
    911
    Likes Received:
    17
    Location:
    Jakarta
    lebih baik jangan dulu gan.. daripada di banned ntar gigit jari deh..
     
  14. Putu Bali

    Putu Bali Newbie

    Joined:
    Jul 15, 2013
    Messages:
    38
    Likes Received:
    7
    Masalahnya Gan justru pd template yg digunakan oleh situs2 para pengiklan! Coba deh kunjungi situs orang lain lalu klik iklan adsensenya, bandingkan pake modem 3G dan CDMA! Lamanya waktu loading sering membuat para visitor menekan tombol back sebelum halaman situs dari pengiklan tersebut terbuka penuh, ini menyebabkan nilai bounce rate si pengiklan tinggi dan konversinya rendah! Ini nggak disukai ama pengiklan dan Google!

    Untuk menilai apakah suatu situs memiliki nilai potensi klik fraud / klik tak sengaja / klik menipu yg tinggi, Bot Google menggunakan banyak indikator, salah satunya adalah "menghitung seberapa lama durasi waktu para pengunjung berada di situs kita sebelum mereka mengklik iklan" dan "seberapa lama durasi waktu para pengunjung berada di halaman situs pengiklan"! (batasan durasi waktu yg aman hanya Google yg tahu). Jika rata2 durasi waktu para pengunjung situs agan sebelum mengklik iklan sangat singkat (kecil) kemudian durasi waktu ke situs pengiklan juga singkat, maka potensi klik fraudnya tinggi, karena Bot Google menganggap para pengunjung situs agan tidak sengaja ngklik iklan, padahal jika direview secara manual nggak ada kesalahan ama situs kita, tetapi diluar kontrol kita yakni krn internet yg lelet. Nah, potensi klik fraud itu sering terjadi jika menempatkan iklan di bawah judul artikel. (Inilah yg harus kita antisipasi untuk sementara waktu, khususnya bagi agan2 yg visitor blognya sebagian besar dari Indonsia)

    Ingat..iklan dibawah judul itu paling "eye catching" dari pada tempat yg lain! /:)
     
    Last edited: Dec 11, 2013
  15. CuteGoblin

    CuteGoblin Super Hero

    Joined:
    Jun 30, 2009
    Messages:
    1,902
    Likes Received:
    123
    Yg perlu diketahui google itu perusahaan iklan yg orientasi utamanya "profit", dan sekarang mengutamakan kepentingan advertiser biar ga pada kabur. Iklan dibawah judul emang naekin CTR yg lumayan, yg jadi masalah gimana kalo konversinya "minus" dan byk advertiser komplen, tau ndirilah sapa yg jadi korban? I-)

    Taun lalu ane termasuk korban masal nasib :lol:, justru setelah ngikutin apa yg tim optimasi yg ane dapet dr imel, penghasilan+CTR naek drastis emang cuman ya itu bounce rate juga tinggi, abis itu beberapa bulan wassalam padahal dah pede situs ane mule diperhatiin gugle smua jenis iklan ane pasang :swt:
    coba aj rasain sendiri kalo ente dateng ke web yg penuh iklan pasti langsung klik [X] kecuali emang isi kontenya bagus banget/penting.

    Dari situ ane simpulkan tim optimasi ma tim baned-membaned itu beda, kemungkinan make bot buat scan site yg menurut simbah ga menguntungkan. jangan kaget klo tau2 dapet surat cinta tanpa alesan.

    Ya semua balik ke masing masing kalo pede web ente bonafit pasang aj dibawah judul
    Kalo mau maen save mendng taruh sidebar yg gede, yg konversinya juga bagus
    Resiko ditanggung supir OK :lol:
     
  16. becaknetwork

    becaknetwork Hero

    Joined:
    Dec 18, 2012
    Messages:
    683
    Likes Received:
    23
    Location:
    Tangerang
    Kayanya ane mulai terapin d bawah judul cuman buat visitor negara premium,kalo indo ya nggak usah d pake aja kali yah .xixixi
     
  17. hasanjoe

    hasanjoe Ads.id Starter

    Joined:
    Jan 21, 2013
    Messages:
    54
    Likes Received:
    1
    Location:
    klaten
    Haha...gw jd bingung mana yng bnr....
     
  18. extraldonary

    extraldonary Pejuang Blog

    Joined:
    Jan 19, 2008
    Messages:
    2,660
    Likes Received:
    480
    Location:
    Sleman
    memang boleh
    yg gak boleh itu dibawah judul yg bisa bikin missleading
    misalkan judul artikelnya, "Daftar Hotel Terbaik pilihan saya"
    trus dibawahnya langsung adsense yg isinya iklan hotel
     
  19. forced.id

    forced.id Ads.id Fan

    Joined:
    Jun 16, 2011
    Messages:
    162
    Likes Received:
    3
    Location:
    Red District
    Lebih baik di modif sedikit. Pasang blok adsense di bawah judul tapi setelah 2 baris artikel atau beberapa kalimat awal dari artikel. itu mungkin sedikit aman.
     
  20. vebry_exa

    vebry_exa Super Hero

    Joined:
    Jul 31, 2012
    Messages:
    3,458
    Likes Received:
    213
    Location:
    https://vepay.id
    Maksudnya bawah judul itu di atas postingan yak?
     

Share This Page