1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Live Show: Lihat bagaimana saya bangun toko online dari nol

Discussion in 'Berbagi Pengalaman' started by fireattack, Feb 1, 2014.

Tags:
  1. fireattack

    fireattack Ads.id Pro

    Joined:
    Aug 10, 2010
    Messages:
    341
    Likes Received:
    187
    Location:
    Jakarta
    MOHON MAAF PROJECT TERPENDING YA...TETAPI ORDERAN MASIH TERUS...
    TERAKHIR KAMI DAPAT ORDER BOLU 2500 PC UNTUK DIKIRIM KE BELANDA SETIAP 6 BULAN SEKALI. KAMI JUGA DIMINTA UNTUK MEMBERIKAN SAMPLE PRODUK LAIN YANG BISA DI KIRIM.


    :megaphone:Qute: Anda hanya perlu menyapa setiap orang yang Anda temui dimana saja dan kapan saja. Maka peluang itu akan mendatangi Anda. Tinggal Apakah Anda sudah siap menerima peluang itu apa tidak.

    Pada kesempatan kali ini ijinkan saya untuk melalukan live show bagaimana saya akan membuat toko online, membuat kontennya, mengoptimasinya, dan melakukan promosi. mulai dari nol. Yup idenya masih di kepala saya dan siap untuk di eksekusi, bahkan saya belum membeli domainnya.

    :senyum:Latar belakan: pada jaman dahulu kala istri saya ngobrol dengan ibunya temannya anak saya di sekolah tk, nah ngobrol ngalor ngidul akhirnya cerita kalau dia ini buat kue dan sering dapat orderan melalui facebook dan juga bbm. dia juga sudah jualan di warung kue dekat rumah, lalu istri saya menawarkan untuk di titipin di kantin sekolah anak saya yang sd, dan lumayan hasilnya. lalu istri saya coba test market dengan pasang pictur profile di bbm dan sudah ada 2 orang yang order. Nah dari sinilah akhirnya direncanakan di buat toko online agar bisa produk ini bisa di kembangkan lebih luas lagi.

    Tujuan: Saya bukanlah orang yang jago SEO, bukan jago jualan, keahlian saya hanyalah buat toko online. Kali ini saya akan menunjukkan kepada Anda, agar Anda juga bisa melakukan hal yang sama. Saya akan meminta klien saya untuk ikut aktif di forum ini menggali ladang emas dan lautan ilmu bagi siapa saja yang memanfaatkannya.

    Modal Awal: Rp. 160.000 ribu, untuk membeli domain + toko online paket bronze di _www.tokoonline.com
    Kendala yang di hadapi: kapasitas produksi maksimal masih 200pc/hari, perlu merekrut pegawai baru.
    Eksekusinya: Zero marketing budget, kita akan melakukan metode apapun selama itu gratis kecuali Modal Awal. Saya akan menggali tips tips yang sudah di share disini untuk optimasinya. Anda akan pantau hari demi hari setiap langkah dan perkembangan yang terjadi.
    Faktor pengganggu: karena di sharing disini bisa jadi yang order juga karena adanya thread ini.

    Catatan:


    Plan:
    01 Februari 2014 Membeli domain dan Membuat Toko Online + Buat Fanpage Facebook, Twitter, Instagram.
    02 Februari 2014 Siapkan foto produk dan upload ke toko online.
    03 Februari 2014 Buat Merek, logo dan banner
    04 Februari 2014 Optimasi Konten untuk konversi + SEO

    Produknya saya masih rahasiakan nunggu beli domain setelah posting ini....Selebihnya silahkan tanya apa saja boleh...

    Jawaban dari Pertanyaan :

    Come On...Orang lain sibuk membuat atau mencari produk berikutnya yang membuat dia lebih sukses, Sampean masih bingung mau jualan apa. coba lihat sekeliling Anda sekarang. Semua yang Anda lihat apapun itu pasti orang lain mendapatkan keuntungan darinya. rekan rekan disini selalu share keksuksesan menjual apapun di sekeliling mereka.

    Segala sesuatu berproses, Anda tidak akan pernah tahu produk yang membuat Anda sukses jika Anda tidak pernah menjual apapun yang Anda tahu.

    Sebagai gambaran, beberapa bisnis saya:
    - bisnis offline saya dan istri jualan bebek ukep beku dan kepiting masak jualan di pasar kaget, jualan baju anak, jualan cloth diapers, jualan jam tangan kw, jualan kentang ulir, jualan arem-arem.com, produksi boneka wisuda (vicidoll) dan jugalan di its hanya laku 4 biji dari target 200 penjualan (modal 30 juta dan stok setengah jadi numpuk di rumah), menjelang puasa tahun kemarin istri saya jual 1000 baju dalam waktu 1 minggu dengan profit 50rb/baju hanya dari BBM tok, jualan tissu hp modal 20 juta namun belum dilanjutin, bungkusin kerupuk dan makaroni pedas dan dititipin di warung. Apapun itu kami lakukan gak ada gengsi gengsian.

    - bisnis online saya mulai dari jualan cd himpunan peraturan perundangan k3 ke industri (portalk3.com), waktunya ramai iklan baris massal saya buat iklangratismassal.com, musim affiliasi hostgator ikut ikut juga jualan hostgator, waktu ikut seminar financial revolution saya ikut twa.lk nya shaun Stenning. musim pelatihan hipnotis saya jualan pelatihan hipnotis omset 120jt dalam waktu 1 bulan promosi (hypnosis100.com) waktu jualan musim backlink saya jualan backlink (kebunbacklink.com), saya juga pernah jualan toko online (tokoonlinemurah.com), sempat jualan jasa di fiverr, jualan obat pelangsing, sewa website bisnis lokal yang di optimasi (saya investasi 60 domain untuk ini), amazon, adsense, dan banyak bisnis lain yang saya sukses bangkrut.

    Saya membangun sebuah perusahan konsultan dan pelatihan di bidang fire safety bersama 5 orang sahabat modal 2 juta dari hutang namun sudah exit 2004, terakhir saya exit dari operasional setelah 7 tahun berkarya di perusahaan distributor alat pemadam kebakaran yang saya dirikan bersama teman saya dan saya mulai tanpa setor modal sama sekali.

    Saya berjalan, menikmati dan merayakan dari satu kesuksesan ke suksesan yang lain dan mungin 90 persen diantaranya sukses untuk belajar menjadi bangkrut, akhirnya takdir membawa saya ke passion saya di tokoonline.com dan fanpaze.com sekarang lagi menargetkan 30 gerobak untuk bisnis gorengan.

    Sampai sekearang peluang peluang itu alhamdulillah terus menghampiri saya tiada henti, mudah mudahan saya bisa eksekusi satu persatu.



    Jika memang ongkos kirim menjadi masalah, kita bisa menjual produk secara lokal dulu.pengirman bisa pickup di toko, lewat jne atau bisa cod dengan menggaji karyawan untuk delivery, dan sudah banyak contoh yang sukses di bisnis ini.

    Jika produknya tahan lama. kita bisa mencari agen luar kota dan jika ada pemesanan melalui website kita delivery dari outlet terdekat (contoh: alfamart). Jika tidak bisa tahan lama besarkan dulu produk secara lokal lalu buat franchise atau cabang luar kota.

    Dalam hal kasus produk bolu kukus karakter yang tahan hanya 2 hari, pengiriman yang cepat memang harus, default pengiriman adalah menggunakan JNE YES, juga bisa lewat bis malam. Nah masalah besarnya biaya pengiriman saya rasa itu tidak menjadi masalah karena kami memang menargetkan market menengah keatas dimana perasaan dan kepuasan bisa membuat orang yang dicintai tersenyum dan penuh keceriaaan lebih utama, bisa jadi ongkirnya lebih mahal dari harga produk he he he.



    Live Show

    1 Februari 2014 Domain dan toko online sudah ready, facebook dan twitter juga sudah dibuat

    - bolukukuskarakter.com
    - fb.com/bolukukuskarakter
    - twitter.com/bolukarakter

    Platform yang saya gunakan adalah platform tokoonline.com dikembangkan dari opencart versi 1.4.9. saya yakin versi asli terbaru (v1.5.6.1) opencart jauh lebih bagus lagi. dan di toko online ini kita akan mengharuskan setiap pembeli yang ingin order di toko mereka harus melakukan registrasi. karena memang begitu setingan default toko online ini saat ini.

    Produk
    Ok produk yang saya maksud adalah "bolu kukus karakter" adalah makanan kue bolu kukus dengan gambar karakter kartun di bagian permukaannya. berikut penampakannya:


    Target market: anak anak, menengah keatas, untuk acara ulang tahun, oleh oleh, hadiah, hajatan seperti, sunatan, pernikahan dll.

    Business Plan: Kita akan mengembangkan produk ini menjadikan lebih banyak karakter, varian, membuat sistem produksi, menjadikan produk oleh oleh khas dari sidoarjo jawa timur, selain bandeng asap.

    Riset dan Tes Pasar.

    Untuk riset tools yang kita gunakan keyword planner, Google.co.id dan google trend. Meskipun faktanya google tidak memberikan informasi sebenarnya melalui di google keyword planner. Namun saya gunakan itu karena paling mudah dan gratis. Saya menemukan:
    - 8800 kata kunci "bolu kukus"
    - 210 katakunci "bolu kukus karakter"
    - 70 kata kunci "bolu kukus".

    dan 170 kata kunci lain yang berhubungan dengan bolu kukus include kata kukus dan karakter yang volume pencariannya cukup lumayan.
    Silahkan cek sendiri di google planner

    disini saya melihat banyak orang mencari bolu kukus, namun saya yakin mungkin hampir 100 persen mereka semua mencari resep dan cara membuat. saya cek kata kunci "jual bolu kukus" hanya 10.

    Saya membacanya seperti ini. banyak sekali orang suka dengan bolu kukus dan mereka ingin membuat sendiri karena memang membuat bolu tidak sulit. Dan mereka tidak punya ide buat beli bolu kukus di internet. ngapain beli di internet padahal warung sebelah rumah jualan. tidak ada yang beli di internet bukan berarti tidak bisa jual di internet.

    Meskipun begitu Karena keunikan dan nilai tambah produk ini dan tidak semua bisa membuat seperti ini. maka saya yakin produk ini bisa dimarketkan

    Test market, dan yang saya lakukan untuk produk ini adalah pasang profile picture broadcast BBM ternyata banyak sekali yang bertanya dan setelah 1 jam sudah ada 2 orang memesan untuk bulan Februari dan Maret. Dari sini saya sudah bisa mengukur peminatnya cukup lumayan. Dan sebelumnya juga sudah sering banyak order walaupun dari facebook dan bb saja dari produsen.

     
    Last edited: Sep 10, 2014
  2. blessfx

    blessfx Super Hero

    Joined:
    Jan 9, 2009
    Messages:
    4,346
    Likes Received:
    336
    Location:
    Cikutra Yeuh
    Menarik sekali, bisa jadi inspirasi nih buat ane, di tunggu perkembanganya
     
  3. park3r

    park3r Super Hero

    Joined:
    May 25, 2008
    Messages:
    4,967
    Likes Received:
    628
    ane juga mau buat toko online nih :D
    tapi di fanpage dulu :D
     
  4. StrikeDollar

    StrikeDollar Ads.id Pro

    Joined:
    Feb 12, 2013
    Messages:
    453
    Likes Received:
    22
    Location:
    Indonesia
    ikut antri nih.. menarik untuk disimak :D
     
  5. Madhu

    Madhu Super Hero

    Joined:
    Aug 31, 2012
    Messages:
    1,434
    Likes Received:
    40
    Location:
    Dimana mana hatiku senang
    Gelar tiker dlo ah
    Kayaknya menarik nih ada live show.... :D

    Sent from my andromax
     
  6. hmindrajaya

    hmindrajaya Super Hero

    Joined:
    Jul 1, 2011
    Messages:
    1,107
    Likes Received:
    14
    ikutan belajar
     
  7. Kang Paijan

    Kang Paijan Hero

    Joined:
    Oct 19, 2012
    Messages:
    658
    Likes Received:
    15
    Nupang duduk gan ikutan nyimak juga
     
  8. zerst03

    zerst03 Ads.id Pro

    Joined:
    Feb 15, 2012
    Messages:
    264
    Likes Received:
    12
    Location:
    Jakarta
    gelar tikar dulu deh nunnggu lanjutannya
     
  9. maninblue

    maninblue Newbie

    Joined:
    Jan 14, 2014
    Messages:
    12
    Likes Received:
    0
    Beli ticket nonton live show penuh ilmu

    Sent from my IMO S89 using Tapatalk
     
  10. andrie whe

    andrie whe Super Hero

    Joined:
    Sep 19, 2011
    Messages:
    796
    Likes Received:
    21
    Nyimak juga deh, jarang-jarang kan ada live show begini :komunis:

    Sent from my Smartfren Tab 7 using Tapatalk
     
  11. aminelhan

    aminelhan DigitalOcean Fan

    Joined:
    Mar 16, 2011
    Messages:
    1,588
    Likes Received:
    49
    Location:
    DKI Jakarta
    Ngantri dulu ahh :D
     
  12. Masmetro

    Masmetro Ads.id Starter

    Joined:
    Dec 24, 2013
    Messages:
    80
    Likes Received:
    0
    Location:
    Ciputat
    Ikutan nonton dan cari ilmunya :D
     
  13. norwafa

    norwafa Ads.id Starter

    Joined:
    Dec 17, 2011
    Messages:
    67
    Likes Received:
    2
    woooi,geseran dikit dong,mau duduk nih
     
  14. T4m3n6

    T4m3n6 Ads.id Fan

    Joined:
    Apr 7, 2013
    Messages:
    207
    Likes Received:
    6
    Bokmark dulu dech :)
     
  15. Matt Cuts

    Matt Cuts Ads.id Starter

    Joined:
    Dec 3, 2013
    Messages:
    91
    Likes Received:
    3
    Klo utk Optimasi SEO sm Keyword mungkin ane bisa bantu mas bro, biar sama2 nambah ilmu.
     
  16. hammsidh

    hammsidh Hero

    Joined:
    Nov 2, 2010
    Messages:
    578
    Likes Received:
    4
    Location:
    Klaten, Jawa Tengah, Indonesia, Indonesia
    oke om,, mau nyoba ikutan action ahh...
     
  17. GilangRamadhan

    GilangRamadhan Ads.id Pro

    Joined:
    Apr 26, 2009
    Messages:
    436
    Likes Received:
    28
    Duduk manis dulu ah mau nonton live show online shop. Menarik!
     
  18. taufiqindra

    taufiqindra Newbie

    Joined:
    Jan 27, 2014
    Messages:
    40
    Likes Received:
    0
    nubie ikut nyimak Gan...
     
  19. van_arista

    van_arista Konsultan Toko Online

    Joined:
    Aug 22, 2009
    Messages:
    3,336
    Likes Received:
    1,235
    Location:
    Surabaya
    mantabs... semoga sukses mas... aamiin...
     
  20. chlizaceh

    chlizaceh Hero

    Joined:
    Mar 20, 2012
    Messages:
    516
    Likes Received:
    21
    Location:
    127.0.0.1
    ikut belajar juga, ada niat buat bgini juga :)
     

Share This Page