1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Tips berpeghasilan konsisten dari kerja online, mudah dan tanpa modal untuk nubi

Discussion in 'Berbagi Pengalaman' started by dadada, Feb 4, 2014.

  1. dadada

    dadada Super Hero

    Joined:
    Dec 10, 2013
    Messages:
    2,514
    Likes Received:
    999
    Seperti biasa, diisi Curhat dulu:

    Saya masih nubi didunia kerja online, sejauh ini sudah hampir 4 tahun. Awalnya ane adalah pekerja yang suka berpindah-pindah tempat kerja, karena tak kerasan bekerja dibawah perintah orang dan gaji yang cuma pas-pasan. Singkat kata, ane akhirnya terdampar di pekerjaan online setelah mendapat masukan dari seorang teman. Pada bulan-bulan pertama sempat hancur hati, karena tak kunjung dapat pendapatan. Walaupun setiap hari selalu ditagih janji sama istri (dibawah tekanan juga akhirnya), namun ane tetap optimis karena selalu diiming-imingi earningnya dari kerja internet. Oh ya, kurang lebih dalam jangka waktu 6 bulan setelah bekerja keras, akhirnya ane menerima earning pertama juga. Demikian karena itung-itungan potensi pendapatan yang bagus, anepun memutuskan untuk memilih jalan menjadi full time blogger.


    Demikan singkat ceritanya. Walaupun pendapatan ane tak banyak, namun saat ini sudah terbilang konsisten, bahkan bisa 5 kalilipat jumlahnya dibanding dg gaji ane sewaktu kerja di perusahaan.

    Nah, kini ane akan berbagi pengalaman untuk teman semua, semoga bisa menginspirasi bagi siapa saja yang memiliki nasib yang sama dg ane.


    Tips:
    Jika mau mau terjun didunia kerja, kita dituntut harus "fokus" dan tidak setengah-setengah. Begitu juga dengan kerja online, tak ada ukuran apakah itu newbi atau bukan. Jadi, hanya ada dua pilihan " berani Fokus" atau tidak sama sekali. Belajar memang penting, namun dalam kerja online, sebaiknya sekaligus langsung diiringi dg take action.

    Kalau ada yang tercepat, buat apa memilih yang lambat. Kalau mau berpenghasilan, kenapa sayang untuk mengeluarkan modal. Untuk sebuah platform blog, wordpress terbukti paling cepat daripada blogcepot. Jangan main-main membuat blog untuk money site, walaupun agan masih merasa baru belajar. Jadi jangan ragu untuk Beli domain dan webhosting dan digarap dg serius jika ingin hasilnya maksimal.

    Inilah cara kerja saya:
    Ane meyakini, jika kerja online "tanpa modal" itu bisa sewaktu waktu hilang pendapatan (bisa dibanned broker ppc, tidak digaji, blog deindex, dsb.). Nah untuk mensiasatinya, ane tak hanya fokus untuk 1 blog saja. Secvara demikian ane membuat beberapa blog sekaligus dengan rencana cara monetisasi yang berbeda, yang masing-masing blog diberi kelas prioritas. Dan ternyata cara ane diatas benar-benar work sesuai harapan. Jika salah satu hilang pendapatan, masih ada yang lainnya. Jadi ane tidak sampai kehilangan penghasilan untuk setiap bulannya.


    Ane Langsung membuat 4 kelompok blog sekaligus, yang pengelolaannya masing2 ane kasih prioritas. Yaitu:

    Blog prioritas prioritas 1
    Blog prioritas utama (1) bagi pemula yang paling cocok adalah google adsense. Maka ane memprioritaskan nomer satu untuk blog yang adsense, karena blog untuk adsense harus mendapat lebih banyak perhatian jika ingin tetap langgeng. Blog adsense harus berhati-hati dalam segala segi aspek, sehingga lebih sulit untuk mendapat banyak visitor. Ide artikel harus benar-benar matang, sesuai dg KW yang bersaing, bebas copypaste, dll. Jadi jika kehilangan ide untuk artikel blog adsense, bisa meluncur untuk update blog prioritas ke 2.

    Saat ini blog adsense ane ada 3 biji, dan sudah menyumbang perbulannya.

    Blog prioritas 2
    Ini adalah blog yang cara pengelolaannya lebih mudah, karena bisa mencakup hal yang abu abu yang paling banyak bisa mendapat visitor. Cara memonetisasinya tentu tidak bisa dengan adsense, dan kita bisa memilih alternatif selain adsense. Jika ane kesulitan ide diblog adsense, maka ane pasti akan update artikel disini. Blog di kelas ini tidak hanya ane pergunakan Untuk PPC saja, ada juga artikel ulasan (review), artikel affiliasi, banner afiliasi dan direct advertising.

    Walaupun PPC lokal sedikit menjanjikan nilai kliknya, namun jika blog berpengunjung berlimpah, pada akhirnya hasilnya lumayan juga. Saat ini ada 2 biji, dan juga lumayan menyumbang tiap bulannya.

    Blog prioritas 3
    Ini adalah blog yang kadangkala saja dilakukan update, terutama jika ada produk serius yang laku. Ya, benar sekali ini adalah blog khusus untuk bermain afiliasi. Saat ini Ada 6 blog ane yang bekerja dilingkaran ini. Saya bermain di afiliasi forex, hosting dan toko online. Bahkan blog prioritas 3 ini paling banyak menyumbang $$ tiap bulannya.

    Prioritas 4
    Ini adalah AGC, dimana tak harus update konten setiap hari. Ya ini adalah site MP3 search engine, dan juga sangat banyak menyumbangkan pendapatan tanpa harus susah-susah. Sayang mengalami penurunan pengunjung yang sangat tajam, sehingga sekarang terpaksa harus gulung tikar. Pendapatan Blog prioritas 4 ini tak sesuai dengan biaya hostingnya yang tinggi, karena hosting harus yang memiliki resource besar.

    Prioritas 5
    Ini tidak ane masukkan dalam prioritas, karena ini bukan blog, dan hanya ane kerjakan jika ada order. Yaitu hanya Minisite untuk menawarkan banyak jasa-jasa ane,, he-he... Beberapa lainnya sudah ane nonaktifkan, karena semakin hari ane rasanya ane sudah semakin males.


    Dalam perjalanannya, blog ane bukan tanpa menemui masalah, karena seiring dengan perkembangan algoritma google beberapa blog sempat berguguran. Beberapa ada yang masih tertolong, dan lainnya terpaksa harus direlakan. Meski demikian, selama ini ane tidak pernah kehilangan pendapatan setiap bulannya (alhamdulillah). Kini kerjaan ane hanya optimasi dan update untuk blog baru pengganti dari blog yang mendapat masalah.

    Menjadi full time blogger, kenapa tidak?.... Mau serius?,,,,

    Jangan dibilang ane pamer, karena di forum ADS ini bahkan yang sudah berpenghasilan online tembus USD 10000 lebih(=menurut polling). Dan jika dibandingkan, penghasilan ane masih belum ada apa-apanya. So itu juga memotivasi saya, semoga bisa ikut menuju kearah sana.

    Sekian,,
     
  2. Niubi

    Niubi Hero

    Joined:
    Apr 2, 2012
    Messages:
    548
    Likes Received:
    77
    Re: Tips berpeghasilan konsisten dari kerja online, mudah dan tanpa modal untuk nub

    tips dalam mengkatagorikan blog cukup bagus, saya yg belum pernah terjun adalah blog prioritas 2 yaitu affiliasi dan satu lagi untuk full time belum sanggup kebanyakan badrest :D
     
  3. istiyanto

    istiyanto Ads.id Fan

    Joined:
    Sep 2, 2010
    Messages:
    157
    Likes Received:
    4
    Re: Tips berpeghasilan konsisten dari kerja online, mudah dan tanpa modal untuk nub

    Mantab gan sharingnya, kadang saya juga kurang fokus atau kurang memberi prioritas untuk blog2 yang saya miliki. Kadang serakah dan ingin diambil semua.
     
  4. phignon

    phignon Ads.id Pro

    Joined:
    Dec 19, 2009
    Messages:
    271
    Likes Received:
    49
    Location:
    Mahapromosi.com
    Re: Tips berpeghasilan konsisten dari kerja online, mudah dan tanpa modal untuk nub

    wah kisah masa lalunya sama seperti saya mas, ga puas dengan menjadi karyawan :malu:

    itu sistem pembagian blognya juga sama seperti saya, tetapi bedanya, kalo saya bisnis (bukan blog) yang dibagi menjadi 4 jenis :

    1. bisnis sangat cepat mendatangkan uang
    2. bisnis cepat mendatangkan uang
    3. bisnis lambat mendatangkan uang
    4. bisnis sangat lambat mendatangkan uang

    keempat bisnis ini saling melengkapi tapi tidak saling ketergantungan, jadi kalo 1 ga jalan, yang lain ga terpengaruh, malah bisa membantu up lagi, investasi jangka panjang juga :D

    semoga makin sukses ya mas :)
     
  5. hendriprastio

    hendriprastio Super Hero

    Joined:
    Mar 22, 2012
    Messages:
    1,668
    Likes Received:
    239
    Location:
    Ads.id
    Re: Tips berpeghasilan konsisten dari kerja online, mudah dan tanpa modal untuk nub

    maksudnya gan..? blog prioritas utama untuk main GA bukannya lebih cenderung ke kualitas konten (artikel yg unik) bukan bebas copypaste ya? hehehe
    maaf jika ane salah menangkap maksud agan hehehe...
     
  6. marlif

    marlif Super Hero

    Joined:
    Apr 5, 2010
    Messages:
    997
    Likes Received:
    23
    Location:
    New York karto
    Re: Tips berpeghasilan konsisten dari kerja online, mudah dan tanpa modal untuk nub

    terima kasih sharingnya mastah,
    fokus memang sulit (bagi saya pribadi) sering mengalami kebosanan jika beberapa hari hanya didepan komputer dan hanya mengurusi blog yang satu niche (satu prioritas kalo disebutkan di atas). perlunya juga membagi blog prioritas serius (adsense) dengan blog niche yang lebih mudah mungkin ketika bosen/capek bikin artikel di blog adsense bisa refreshing dengan ide yang agak ringan di blog prioritas 2 atau blog sesuai hobby.... *mungkin gitu ya
     
  7. syifaun

    syifaun Ads.id Pro

    Joined:
    Jan 13, 2012
    Messages:
    413
    Likes Received:
    10
    Location:
    127.0.0.1
    Re: Tips berpeghasilan konsisten dari kerja online, mudah dan tanpa modal untuk nub

    Blog sebanyak itu dikerjakan sendiri ya gan? Gak pake outsource?
     
  8. icoes

    icoes Ads.id Pro

    Joined:
    Jan 11, 2013
    Messages:
    291
    Likes Received:
    2
    Location:
    Sukoharjo
    Re: Tips berpeghasilan konsisten dari kerja online, mudah dan tanpa modal untuk nub

    Muantep gan sharingnya :ting:..
    Langsung praktekin dah..
     
  9. yuliastri

    yuliastri Newbie

    Joined:
    Feb 5, 2014
    Messages:
    8
    Likes Received:
    0
    Location:
    Jakarta
    Re: Tips berpeghasilan konsisten dari kerja online, mudah dan tanpa modal untuk nub

    nice share gan, very inspiring
    walaupun buat saya nulis itu butuh effort besar :D
     
  10. manher

    manher Ads.id Fan

    Joined:
    May 13, 2010
    Messages:
    105
    Likes Received:
    1
    Re: Tips berpeghasilan konsisten dari kerja online, mudah dan tanpa modal untuk nub

    newbi ikut nyimak gan :)
     
  11. Adel Effendi

    Adel Effendi Newbie

    Joined:
    Feb 5, 2014
    Messages:
    32
    Likes Received:
    1
    Location:
    my room is my office
    Re: Tips berpeghasilan konsisten dari kerja online, mudah dan tanpa modal untuk nub

    intinya berarti tulisan di blog kita harus original ya?
     
  12. p3tir

    p3tir Super Hero

    Joined:
    Jan 3, 2013
    Messages:
    1,119
    Likes Received:
    84
    Re: Tips berpeghasilan konsisten dari kerja online, mudah dan tanpa modal untuk nub

    bebas dari copypaste kali maksudnya
     
  13. blessfx

    blessfx Super Hero

    Joined:
    Jan 9, 2009
    Messages:
    4,346
    Likes Received:
    336
    Location:
    Cikutra Yeuh
    Re: Tips berpeghasilan konsisten dari kerja online, mudah dan tanpa modal untuk nub

    Luar biasa, banyak kisah kisah sukses memang di awali dengan fokus dan konsistensi...

    Semoga bisa di baca lagi bagi pendatang baru di dunia blogger bahwa mungkin income datang ada yg rada lama ada yg cepet. jadi ttp sabar dan trus menggali informasi2 biar ga outdate.
     
  14. dudev

    dudev Super Hero

    Joined:
    Feb 13, 2013
    Messages:
    750
    Likes Received:
    20
    Re: Tips berpeghasilan konsisten dari kerja online, mudah dan tanpa modal untuk nub

    jd inget dulu kata-kata salah satu mastah: kuncinya FOKUS..FOKUS...FOKUS! btw nice share gan :)
     
  15. Betazen

    Betazen Ads.id Fan

    Joined:
    May 9, 2013
    Messages:
    160
    Likes Received:
    1
    Re: Tips berpeghasilan konsisten dari kerja online, mudah dan tanpa modal untuk nub

    jadi terinspirasi buat praktekin...

    Terima Kasih kawan..
     
  16. rinoardiansyah

    rinoardiansyah Hero

    Joined:
    Jan 8, 2014
    Messages:
    712
    Likes Received:
    92
    Re: Tips berpeghasilan konsisten dari kerja online, mudah dan tanpa modal untuk nub

    makasih tipsnya mas.... nubi jadi lebih ngerti...
     
  17. ilcham

    ilcham Ads.id Starter

    Joined:
    Aug 3, 2011
    Messages:
    51
    Likes Received:
    0
    Re: Tips berpeghasilan konsisten dari kerja online, mudah dan tanpa modal untuk nub

    Kalau Serius pasti dapetnya juga greget
     
  18. julypur

    julypur Hero

    Joined:
    Sep 30, 2013
    Messages:
    561
    Likes Received:
    11
    Location:
    purworejo
    Re: Tips berpeghasilan konsisten dari kerja online, mudah dan tanpa modal untuk nub

    selama ini saya juga takut yang namanya copas full gan yang ane terapin copi artikel seperti di bawah ini :

    artikel sumber
    kita melihat ke paragraf orang yang ada diatas. buat dengan kalimat sendiri
    artikel sumber
    rangkuman kita

    begitu seterusnya jika sudah selesai menulis kita hapus artikel orang lain sehingga hanya artikel kita saja yang tersisa baru deh di publish
     
  19. Babanazee

    Babanazee Ads.id Starter

    Joined:
    Feb 3, 2014
    Messages:
    52
    Likes Received:
    1
    Location:
    Indonesia
    Re: Tips berpeghasilan konsisten dari kerja online, mudah dan tanpa modal untuk nub

    Nice info gan.......bahan pembelajaran lagi nih :D
     
  20. dadada

    dadada Super Hero

    Joined:
    Dec 10, 2013
    Messages:
    2,514
    Likes Received:
    999
    Re: Tips berpeghasilan konsisten dari kerja online, mudah dan tanpa modal untuk nub

    Cerita dari pendatang baru, semoga bisa menginspirasi pendatang baru juga. Sebab pada umumnya pendatang baru(seperti yang byk ane temuin) itu hanya melihat "hasilnya", bukan "proses", sehingga lebih gampang untuk menyerah. Sama seperti halnya ane.... hehe

    Lho lha iya kan?, "bebas copypaste",,,,, artinya kan terbebas dari artikel yang copas kan?.... bebas Copas artinya juga bisa menyajikan konten berkualitas dan unik:silau:

    Ya, seperti itu Gan, kadangkala kita akan mengalami kebosanan ketika mengelola blog yang " berprioritas tinggi" karena lebih sulit. Dan ketika bosan itu lebih bak udpate kontent di blog yang berprioriotas 2 atau hobi, dsb, dimana yang lebih mudah dan daripada menghabiskan waktu banyak hanya untuk bengong.:pusing:

    Dikerjakan sendiri sejauh ini gan. Kan ane tak ada kerjaan lagi selain diinternet. 24 jam waktu ane bisa dipergunakan seluruhnya, dan waktu sebanyak itu sudah sangat cukup kalau hanya untuk update 6 artikel/hari. Untuk otsource masih baru memikirkan untuk rencana blog linggis, soalnya nilai bhs linggis ane buruk. Itu rencana kedepan sih, :sempoa::sempoa:

    Betul gan, kesulitan terbesar bagi ane juga pada artikel. :demam:

    Memang klise Gan, tapi itulah memang tuntutannya. Berlaku untuk semua bidang pekerjaan.:kacapembesar:

    Jika ingin hasil yang serius, hasil juga pasti akan ngikut serius, he,he:mataduitan:

    Jangan gan, kalau ane biasa membuat artikel gaya hidup. Sumbernya bisa dari berbagai site international yang paten, disadur kedalam bahasa indonesia, diolah kembali dengan kata-kata yang baru dengan bahasa indonesia "ala ane", dan tentunya dikasih sumber kutipan(referensi), baik dalam artikel atau daftar referensi, dengan live link dofollow. Hasilnya, site kita pun ikut terpercaya,,,,, dan SEOnya pun juga akan sangat terbantu. Ada banyak manfaat dari memberi link sumber gan, terutama kesite yang authority. Copas full selain bikin malu:malu: , juga jika dilaporin ke google , maka habislah riwayat blog kita - artinya hanya menyia-nyiakan waktu kita:swt3:.

    Thx Gan:salaman:
     
    Last edited: Feb 6, 2014

Share This Page