1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

20 Tahapan Membuat Blog

Discussion in 'Blog/CMS Stuff' started by puthzel, Aug 4, 2010.

  1. puthzel

    puthzel Super Hero

    Joined:
    Jun 10, 2006
    Messages:
    1,553
    Likes Received:
    203
    Location:
    Jakarta
    Membuat blog menurut saya harus mempunyai perencanaan yang matang supaya untuk ke depannya blog tersebut tetap terurus dan masih exist di jagad internet.

    Tulisan ini bisa dikatakan sebuah diary atau catatan langkah-langkah atau tahapan bagaimana sebuah blog bisa tercipta, sedikitnya terdapat 20 tahapan membuat blog dan ‘rumus’ ini saya jadikan sebagai pengingat jika saya membuat blog sehingga sudah jelas urutannya dan tidak banyak membuang-buang waktu hanya untuk memikirkan “mau ngapain lagi yach?” sehingga waktu banyak terbuang karena terus berpikir tanpa aksi, okelah ini urutannya secara garis besarnya:

    1. Niat
    Pikirkan dan renungkan terlebih dahulu niat kita dalam blogging, kenapa kita harus membuat blog? apakah untuk gaya-gayaan? atau untuk trend sesaat? ingin membentuk image pribadi? sekedar iseng? atau memang ingin menjadi blogger sejati? :) Mantapkan dulu niatnya supaya untuk ke depannya blog yang kita buat akan selalu exist dan terawat.

    2. Tema Isi
    Pikirkan tema atau isi blog yang kita buat, apakah blog yang dibuat nanti isinya tentang blog pribadi, bisnis online, hobi dan kegemaran atau lainnya, karena blog yang bagus adalah blog yang membahas dan fokus pada suatu topik tertentu atau dalam bahasa kerennya disebut niche.

    3. Design
    Mulailah membuat coret-coretan atau konsep tampilan yang akan menghiasi blog kita nantinya, buat design yang rapih dan bersih, terang dan tidak norak sehingga pengunjung betah berlama-lama di blog yang kita buat.

    4. Content Management System
    Content Management System atau biasa disingkat menjadi cms merupakan bagian tak terpisahkan dari blog, cms merupakan system pengaturan sebuah website yang memudahkan kita dalam mengatur website atau blog, seperti memasukkan tulisan, gambar dan materi lainnya.

    Untuk cms bisa kita pilih seperti WordPress yang saat ini saya gunakan atau menggunakan Blogspot, Joomla, Drupal dsb.

    5. Hosting
    Tentukan hosting, pilih apakah mau gratisan atau berbayar, untuk versi berbayar mempunyai sangat banyak keuntungan dan lebih bebas berkreasi :) Pilih hosting yang bagus termasuk dari sisi pelayanannya.

    6. Nama Domain
    Tentukan nama domain blog kita, misalnya www.putraperdhana.com (versi berbayar) atau nama yang berhubungan dengan isi blog yang kita buat, bisa juga menggunakan blog gratisan sehingga nama domainnya bisa kita miliki dengan gratis (tapi inget ada syarat dan ketentuan berlaku).

    7. Instalasi
    Jika hosting yang dipilih merupakan hosting yang berbayar maka uploadlah atau bahasa kerennya unggah :D atau masukkanlah hal-hal yang diperlukan ke hosting seperti cms yang dipilih dan file-file lain. Dalam proses instalasi wajib membuat database dan mengkonfigurasi beberapa file untuk keperluan blog nantinya.

    8. Tester
    Setelah diinstal dan blog sudah berjalan saatnya untuk mengecek dengan cara memsurfing atau mengunjungi link-link yang ada dalam blog kita termasuk pada halaman administrator, jika lancar maka lanjutkan tahap berikutnya.

    9. Konfigurasi Blog
    Setelah blog berjalan kini saatnya untuk melakukan beberapa konfigurasi seperti misalnya mengatur jumlah artikel yang muncul per halaman, mengatur komentar yang masuk, kategori, dan pengaturan lainnya sehingga blog bisa siap digunakan.

    10. Instal Design
    Design yang telah dibuat bisa langsung dipasang untuk tampilan baru blog kita.

    11. Instal Plugin
    Segera instal plugin atau komponen-komponen pendukung blog seperti misalnya Akismet untuk menyaring komentar spam yang masuk, XML-Sitemap agar struktur blog mudah dikenali Google dsb.

    12. Mengatur Widget
    Atur widget atau tampilan-tampilan tambahan untuk membantu tampilan blog menjadi lebih profesional.

    13. Posting
    Mulailah menulis beberapa artikel dalam blog, usahakan dimulai dari halaman statis atau halaman tetap seperti misalnya halaman “About” yang berisi informasi mengenai blog yang kita miliki, lalu mulailah menulis artikel-artikel pembuka seperti kata pengantar atau tulisan mengenai konsep blog ke depannya dan ingat tulisannya usahakan original alias tulisan sendiri.

    14. Cek Ricek
    Sebelum dipromosikan kepada orang lain sebaiknya blog yang sudah jadi ini dicek ricek kembali, misalnya apakah designnya sudah rapih dan valid bisa kita cek menggunakan situs W3 Validator dan jangan lupa untuk mensubmit blog yang kita miliki ke Google Webmaster agar struktur blog kita mudah dikenali oleh mesin pencari Google. Untuk urusan search engine optimization (seo) atau agar blog kita teroptimasi di search engine (khususnya Google) kita bisa bisa menggunakan RankingToday.com atau SEOSiteCheckup.com.

    15. Promosi
    Jika struktur dan tampilan blog sudah rapih dan konten yang di dalamnya sudah cukup bisa dinikmati oleh pengunjung blog maka segeralah melakukan promosi seperti melalui Facebook, Twitter atau dengan cara bertegur sapa di halaman blog milik blogger lain, tapi ingat jangan terlalu banyak karena bisa dianggap sebagai spammer.

    Ada 2 tempat promosi lokal kesukaan saya, yaitu melalui situs LintasBerita.com dan Infogue.com, masukkanlah sebagian isi tulisan dalam blog kita di sana sehingga tulisan yang kita tulis di dalam blog bisa dibaca oleh netter lain, namun ingat yang ditulis di sana adalah garis besarnya saja, jangan satu artikel penuh dari awal sampai akhir karena kalau semuanya sudah terbaca blog yang kita miliki bisa-bisa tidak dikunjungi :)

    16. Update Blog
    Isi terus menerus blog yang kita miliki dengan tulisan-tulisan yang menarik dan berguna sehingga pengunjung blog merasa betah berada di dalam blog kita. Update blog secara rutin, misalnya 3 hari sekali atau sekali seminggu sehingga pengunjunjung blog mendapatkan informasi menarik dari blog yang kita miliki.

    17. Pelayanan
    Usahakan menampilkan kontak yang jelas di dalam blog seperti misalnya email, Facebook, Yahoo Messenger atau bisa juga kita menyediakan form untuk pengunjung, sehingga memudahkan para pengunjung menghubungi kita jika ada suatu hal yang ingin ditanyakan atau dikonfirmasi. Siapa tau ada yang ingin mengajak kerjasama atau mau bagi-bagi duit? who knows? :)

    18. Perluas Jaringan
    Perluaslah promosi blog kita dengan profesional misalnya dengan membuat “Fan Page” di Facebook atau membuat komunitas sendiri sehingga blog kita semakin dikenali oleh banyak orang.

    19. Perbanyak Teman
    Perbanyak teman, baik secara online maupun offline sehingga bisa memudahkan kita dalam komunikasi atau dapat membantu kita untuk mengembangkan blog kita ke depannya, seperti misalnya kita mempunyai banyak kenalan blogger lain, jika suatu saat blog kita mengalami error atau bermasalah maka kita dapat menghubungi mereka (misalnya melalui Yahoo Messenger jika mereka sedang online dan tidak sibuk) untuk mengatasi masalah yang ada dalam blog kita.

    Mempunyai banyak kenalan online juga dapat melancarkan rezeki kita, seperti misalnya ada harga khusus yang diberikan kepada kita terhadap produk yang ia tawarkan :)

    20. Bersyukur
    Bersyukurlah kepada Tuhan YME karena masih diberi kesempatan untuk ngeblog, karena sesuai pesan yang sering kita dengar semakin kita bersyukur maka rezeki kita semakin ditambah :)

    Selamat ngeblog!

    Code:
    Source
    My blog: http://putraperdhana.com
     
    Last edited: Aug 4, 2010
  2. vbasp

    vbasp Super Hero

    Joined:
    Sep 17, 2007
    Messages:
    917
    Likes Received:
    28
    Location:
    Sragen
    Klo saya sich suka yang general ... kayaknya lebih bebas dan nunjukin siapa aku gitu.. klo niche kayaknya terlalu "di paksakan" :D .. ini pemikiran saya.. makanya yang sering update yang general xe3 .. dan lebih enak nyari trapiknya
    :hmm:
     
  3. kuudo

    kuudo Super Hero

    Joined:
    Jul 18, 2009
    Messages:
    1,259
    Likes Received:
    50
    Location:
    Kota tahu
    Ane punya bro blog yg general. ada kelebihan n kekurangan na sih.,. kelebihan nya y itu updet gampang... cuman klo dipake maen adsense pastinya CTR kecil...n nilai per klik na juga kecil :silau:
     
  4. puthzel

    puthzel Super Hero

    Joined:
    Jun 10, 2006
    Messages:
    1,553
    Likes Received:
    203
    Location:
    Jakarta
    Kl untuk blog pribadi gpp, tapi kalau untuk cari duit online blog-blog niche menurutku lebih menguntungkan :senyum:
     
  5. gielang reyfaldy

    gielang reyfaldy Newbie

    Joined:
    Aug 12, 2010
    Messages:
    8
    Likes Received:
    0
    aku punya blog ni., masih baru..
    mau tanya., gimana caranya biar blog yang msh baru itu bs cpt di kenal ato gmpngnya dpt pengikut gt..??
     
  6. udhin

    udhin Ads.id Fan

    Joined:
    Aug 21, 2010
    Messages:
    228
    Likes Received:
    1
    Location:
    MALANG-PASURUAN...
    bro.....

    sama dengan gilang,.. bog qu gk k indeks google..:swt:
    gmana carantya..???
     
  7. moffey

    moffey Super Hero

    Joined:
    Mar 28, 2010
    Messages:
    3,207
    Likes Received:
    577
    Location:
    Jakarta
    :senyum: inspiratif
     
  8. numerals2009

    numerals2009 Hero

    Joined:
    Jul 13, 2010
    Messages:
    563
    Likes Received:
    5
    Location:
    Kota Daeng - Makassar
    Thanks dipencet. . .:silau:
    keep share gan :senyum:
     
  9. dedesuryadi

    dedesuryadi Ads.id Starter

    Joined:
    Nov 24, 2010
    Messages:
    92
    Likes Received:
    16
    thanks gan, penting bagi pemula kayak ane yang masih bingung mau ngapain dulu
     
  10. jatrasmara

    jatrasmara ???

    Joined:
    Sep 10, 2010
    Messages:
    966
    Likes Received:
    15
    Location:
    ★ Adsense-id ★
    nice share gan....
    tapi aq blm bisa sebagus itu... :)
     
    fika cahyono likes this.
  11. Ganangts

    Ganangts Ads.id Fan

    Joined:
    Feb 5, 2011
    Messages:
    134
    Likes Received:
    1
    Location:
    Djogdjakarta
    Sip sharingnya... ini msh masa belajar dann pemahaman..
     
  12. bisnissuperio

    bisnissuperio Newbie

    Joined:
    Feb 24, 2011
    Messages:
    21
    Likes Received:
    0
    klo pakek spineernya gmn bosss ? klo spiner pernah coba gak ? misalanya kita lg males buat artikel :D
     
  13. Trunks

    Trunks Ads.id Fan

    Joined:
    Feb 27, 2011
    Messages:
    157
    Likes Received:
    4
    Location:
    Capsule Corporation
    Poin paling penting itu Niat, Kalau loe udah punya Niat yg kuat, apa pun
    akan dilakujkan untuk mengelola sebuah atau beberapa blog...
    beli buku, browsing di google, buka2 forum ampe mungkin bayar orang
     
  14. hatta

    hatta Super Hero

    Joined:
    Mar 9, 2011
    Messages:
    913
    Likes Received:
    48
    Location:
    onmyheart
    wah bagus yah ilmunya..selama ini aku klo ngeblog kadang2 binun mau mulai darimana dulu.
    mikirin isi, mikirin cara banyakin pengunjung, mikirin car adapet duit...hahaha..
    malah kebanyakan mikir...:D kapan buat blognya..
    thanks yooo..*like this
     
  15. poortal

    poortal Hero

    Joined:
    Feb 10, 2015
    Messages:
    551
    Likes Received:
    10
    Location:
    Solo
    wah bagus banget nih tipsnya.
    ijin di pull up biar yg lain baca.


    tulisan yg tak lekang di makan waktu. :top:
     
  16. Otongdotcom

    Otongdotcom Social Media Optimization

    Joined:
    Oct 5, 2013
    Messages:
    1,938
    Likes Received:
    205
    Location:
    Kabupaten Cirebon Sebelah Rumahnya Mang Jabrud
    Bener gan, mungkin hanya urutanya aja yang sedikit salah.
     
  17. ayogroup

    ayogroup Newbie

    Joined:
    Feb 13, 2015
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    thanks gan infonya, newbie nh baru belajar buat blog
     
  18. otijus

    otijus Ads.id Pro

    Joined:
    Aug 2, 2010
    Messages:
    482
    Likes Received:
    4
    ijin nyimak GAN !!!
     
  19. fika cahyono

    fika cahyono Newbie

    Joined:
    Feb 21, 2015
    Messages:
    13
    Likes Received:
    0
    Location:
    JAKARTA
    Sore Gan,

    Saya lagi mau mempelajari cara membuat web tapi masih bingung langkah2nya...mohon bimbinganya.

    Thanks/:)
     
  20. lygafakhinpp

    lygafakhinpp Newbie

    Joined:
    Feb 25, 2015
    Messages:
    31
    Likes Received:
    0
    Terima kasih, gan.
    Threadnya membantu banget bagi ane yang masih pemula. :D
     

Share This Page