1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

ASK : Apakah Pengaruh Relevancy Topic di Backlink Profile yang Kita Bangun?

Discussion in 'SEO' started by daretodream, Sep 8, 2015.

  1. daretodream

    daretodream Newbie

    Joined:
    Jul 19, 2015
    Messages:
    29
    Likes Received:
    1
    Dear para mastah dan rekan2 di komunitas ini, sebelumnya saya permisi dulu ini thread pertama yang saya bikin jadi ijinkan saya untuk menceritakan sedikit background kenapa saya ada disini.

    Saya disini boleh dikatakan "Terjerumus" kembali (dalam arti yang positif :D) setelah melihat banyaknya para mastah disini, terutama sis BHWQueen yang banyak sekali posting2nya yang bikin saya balik lagi tertarik di bidang Internet Marketing ini (saya pake kata balik lagi, karena dulu ane pernah ngejar Internet Marketing beli eBook dan Video diluaran sana, tapi hasilnya nihil jadi saya tinggalin :-B)

    Akibat saya sering ikutin trit2 dari para mastah disini, saya akhirnya memutuskan untuk balik lagi ke "medan perang", tp kali ini dengan modal yang lebih baik (Karena saya yakin arahan para mastah disini mantap2 dan bukan hanya sekedar teori)

    OK cukup intro nya... semoga ga bosan duluan ya... :D


    Ini dia pertanyaan saya :

    Saya ingin menanyakan apa pengaruhnya relevancy topic di Backlink Profile yang kita bangun?

    Seperti yang kita ketahui bahwa biasanya kalau kita pasang backlink carinya yang high page rank, edu site atau yang mungkin sekarang banyak yang beranggapan yang penting DA dan PA nya tinggi diatas >30 misalnya.

    Misal nih kita pake tools GSA untuk jalankan campaign kita, khan kalau arahan dari para mastah sebaiknya beli GSA List supaya LpM nya lebih tinggi (mengutip dari sini hxxp://ads.id/forums/showthread.php/188634-ASK-Tools-pelengkap-GSA-Search-Engine/page3)


    Masalahnya kalau kita beli list di luaran sana, memang benar tingkat verified list nya tinggi, tapi tidak ada jaminan kalau website yang bisa dipasang backlink tersebut satu niche dengan keyword kita. Contoh kita pasang backlink di website yang niche nya tentang beauty and healthy sedangkan keyword yang kita incar saat ini topicnya adalah sport. Khan kesannya jadi ga nyambung. Kira2 ini jadi masalah ga ya?

    Atau misal ada yang lagi baik hati bagi2 link dengan PR tinggi ke kita, namun link2 tersebut ga relevant dengan topic kita. Apakah akan jadi masalah?

    Saya pernah baca website di luaran sana ada 1 website yang kena penalty dari Google gara2 pasang backlink sebagai guest post yang anchor text nya tidak ada hubungannya sama sekali dengan topic websitenya. Dan ketika Matt Cutts ditanyain utk mengklarifikasi tidak mau menjawab secara gamblang.

    referensi:
    hxxp://searchengineland.com/guest-post-google-penalty-187707


    Mungkin para mastah disini ada yang bisa bantu menjelaskan, apakah ada pengaruhnya pasang backlinks di website yang niche nya beda dengan keywords kita. Mohon pencerahannya bagi saya yang masih newbie.
     
  2. akusuka212

    akusuka212 Ads.id Starter

    Joined:
    Sep 8, 2015
    Messages:
    85
    Likes Received:
    2
    wah newbie kurang tau mastah
     
  3. daretodream

    daretodream Newbie

    Joined:
    Jul 19, 2015
    Messages:
    29
    Likes Received:
    1
    yuk sama2 belajar dari para mastah disini, soalnya saya juga masih nubie kok. Mohon bimbingannya para mastah, colek BHWQueen (andai bisa) hahahaha....
     
  4. Ahmad Sarnuji

    Ahmad Sarnuji Super Hero

    Joined:
    May 30, 2015
    Messages:
    1,918
    Likes Received:
    201
    Location:
    Kab.Tangerang, Desa Sumur Bandung
    nyimak ah
     
  5. duniamaya

    duniamaya Super Hero

    Joined:
    Apr 22, 2011
    Messages:
    864
    Likes Received:
    58
    gelar tiker dulu ah gan, menarik nih, kudu panggil BHWQueen nya gan hehe
    tp menurut newbie si, se niche atau tidaknya kurang paham
    tapi klo web tersebut bukan gado-gado alias membahas yg memang satu tema, terus dia ngasih backlink yg gk relevant, aneh aja
    klo blog nya gado-gado kyk misal blog berita gitu, trus ngasih backlink yg gk relevant, ndak papa sih gan hehe, CMIIW
     
  6. daffyshaci

    daffyshaci S.E.O Freak

    Joined:
    Aug 26, 2011
    Messages:
    905
    Likes Received:
    1,433
    ikut nunggu QUEEN gan,, sambil VAPING RDA baru.. hihihihi :cerutu:

    hmmm...relevan backlink... yg relevan itu halaman tempat naro backlink kita nya apa root domainnya... :D
     
  7. daretodream

    daretodream Newbie

    Joined:
    Jul 19, 2015
    Messages:
    29
    Likes Received:
    1
    Gitu ya bro, masuk akal juga sih... cuman apakah mbah google bisa punya kemampuan untuk mendeteksi blog itu gado2 atau bukan? apa cuman berdasarkan dari meta keyword nya saja?

    iya bro sama2 nunggu sang ratu disini, andai bisa dicolek. Good question juga, menurut saya relevantnya mesti terhadap setidaknya tempat naro backlink, yang secara otomatis kalau websitenya bukan gado-gado maka page tempat naro backlink nya pasti se niche dengan induknya (root domain). Cuman kalau websitenya gado2 seperti yang dimaksud @duniamaya ga tau juga. Makanya blank spot disini saya, secara teori begitu, tapi kadang di praktek main tabrak aja ada yang selamat. Entah kebetulan atau memang sebenarnya mbah Google cuman nakut2in. Beneran jadi pingin denger pengalaman mastah2 disini :hmm2:
     
  8. herans

    herans Ads.id Pro

    Joined:
    Apr 15, 2013
    Messages:
    266
    Likes Received:
    108
    --Izin mengeluarkan pendapat--


    Ingat, Google itu sangat mengutamakan relevansi dan konsistensi.

    Jadi yang paling bagus tentu yang root domain itu spesifik ke niche tertentu. Orang akan aneh kalo ngebuka webmd.com yang 100 % ngebahas kesehatan, trs tiba2 ada artikel yang ngebahas "cara mudah merajut baju anak". Ngga ada relevansinya. Nilai backlink, meskipun ada, malah akan menjadi "bad alarm". "Loh kok?" kata Google, ada perubahan yang fluktuatif, curiga ada apa-apa nih. Biasanya tak pakai minyak wangi kok sekarang pakai minyak wangi? Patut dicurigai....

    Tentu ada pengecualian, link akan tetap bagus bagi web campuran (wikipedia.org, gado2, news, dll). Karena web tsb memiliki sebaran category secara merata dan memiliki konsitensi yang memang terlihat. Misal web tsb memiliki artikel di kategori health 1000 buah, kategori entertainment 1000 artikel, home design 1000, Space 1000, Technology 1000, Family 1000, Politics 1000, etc. Kita tidak akan merasa aneh kalo tiba2 ngelihat artikel tentang berita "orang sukses sebagai penari balet" di kategori "Uncategorized" karena web itu fokus nya di mana2, dan pasti Google pun akan memahami bahwa web tsb memang campuran.

    Dan dengan pengalaman Google yang sudah belasan tahun, sangat mudah bagi raksasa ini untuk membedakan mana web gado2, mana web spesifik niche, dan mana web "ujug2" (web spesifik niche dengan tiba2 ada < 1 % artikel yang ngebelot dari niche web tsb).
     
  9. daretodream

    daretodream Newbie

    Joined:
    Jul 19, 2015
    Messages:
    29
    Likes Received:
    1
    Pastinya diijinkan gan, soalnya disini memang tujuannya supaya sama2 belajar. :peace:

    Memang kedengarannya masuk akal dan secara teori benar apa yang agan sampaikan itu, namun bagaimana dengan web2 seperti EDU dan GOV ? Masih banyak loh yang masih cari itu buat dipasangin backlink, bahkan BHWQueen sendiri ada share EDU list. Apa berarti EDU list ini cuman boleh dipasangin backlink yang berhubungan dengan edukasi? begitu juga dengan GOV links cuman boleh dipasangin tentang politik atau hal2 yang bersifat kenegaraan?
    Terus kenapa kok semuanya masih incer backlinks di 2 tempat itu gan? :entahlah:

    Mohon maaf kalau saya ada salah tangkap, mohon dibantu penjelasannya.
     
  10. daffyshaci

    daffyshaci S.E.O Freak

    Joined:
    Aug 26, 2011
    Messages:
    905
    Likes Received:
    1,433
    yup,, ini yg ane maksud gan... :D
    relevant itu adalah root domainnya.. root domain telah memiliki authority di niche tertentu,... tanda2nya apa tuh domain sudah dianggap relevant dengan niche tertentu ?? gampang aja,, domainnya pasti sudah merangking beberapa kw di niche tersebut di google. artinya google menganggap domain ini relevant dengan keyword tertentu di niche tersebut..
    beda kalau hanya halaman nya saja yg relevant.. artinya hanya mengandalkan content nya saja yg relevant.. dan ini belum bisa di katakan backlink yg relevant menurut ane... hehehe (menurut ane lhoo)
    Apa berarti EDU list ini cuman boleh dipasangin backlink yang berhubungan dengan edukasi?
    Bener Banget,, Situs EDU hanya berpengaruh ke situs bertema pendidikan.. karena ini relevant 1 web EDU memberikan link ke web EDU lainnya sebagai informasi sesama education. ini udah lama ada yg bahas beserta study case nya,, cuma ane lupa link nya dimana.. hehehe
    kebanyakan menggunakan edu hanya untuk diversity, agar BL profile nya ada link dari web edu.. sama seperti web 2.0 (beda tipis)
     
  11. daretodream

    daretodream Newbie

    Joined:
    Jul 19, 2015
    Messages:
    29
    Likes Received:
    1
    Wah mantap mastah Daffy ini kalau jawab :ting:


    Kalau begitu susah dong bikin backlinks? Ga bisa sembarangan. Kalau niche nya jarang dipakai orang lain, berarti dapat dipastikan cari tempat utk pasang backlinknya juga jarang tersedia, terus cari dimana? apa mesti bikin PBN sendiri terus2an?

    Namun anehnya kalau saya cek beberapa website competitor via ahrefs mereka juga masih banyak campur sari backlinksnya, apa ini karena algo Google yg lama ga ngecek relevansi ya?
     
  12. herans

    herans Ads.id Pro

    Joined:
    Apr 15, 2013
    Messages:
    266
    Likes Received:
    108
    KEREEN Jawabannya. Tambah wawasan saya tentang. SEO

    Sudah dijawab mastah Hadafi.
     
  13. daffyshaci

    daffyshaci S.E.O Freak

    Joined:
    Aug 26, 2011
    Messages:
    905
    Likes Received:
    1,433
    bikin backlink mudah om,, kasih signature di bawah ini ke web agan juga dapet backlink dofollow.. hehe
    backlink yg relevant dan powerfull itu yg susah... :D
    ga ada yg bilang bikin backlink itu mudah om,, kecuali mau spam...
     
  14. daretodream

    daretodream Newbie

    Joined:
    Jul 19, 2015
    Messages:
    29
    Likes Received:
    1
    Iya maaf mastah, maksudnya bikin backlink yang relevant dengan topic website kita itu yang susah. :hmm:

    Ada yang punya masukan lain monggo... :kacapembesar:
     

Share This Page