1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

[Share] Cara Saya Memulai Bisnis Melalui Line@

Discussion in 'Media lain' started by ando79, Oct 17, 2015.

  1. ando79

    ando79 Ads.id Pro

    Joined:
    Oct 9, 2011
    Messages:
    412
    Likes Received:
    45
    Location:
    jakarta
    Assalamualaikum member ads-id semuanya :)

    Perkenalkan, nama saya Ando. Sudah lama sekali rasanya saya belajar dari forum ini, menimba ilmu master disini, praktek, dan akhirnya lumayan berhasil (walau ujung-ujungnya gagal lagi hahaha). Saya orangnya pemalu, labil, bahkan sering tidak konsisten (maklum saya masih muda).

    Sudah banyak pelajaran yang saya serap dari sini, dari mulai sesederhana blogspot sampai saya belajar flippa. (memang judulnya hanya belajar tapi ga praktek hahaha). Dari forum ini, banyak pelajaran hidup yang saya ambil, dari mulai berbagi, berpikir maju, hingga motivasi2 yang sampai saat ini masih saya gunakan sebagai prinsip hidup saya. "Ada banyak jalan menuju roma" adalah pepatah yang saya dapatkan dari sini. dari situlah saya berpikir bahwa saya tidak harus berhasil melalui Google Adsense, ada banyak cara, hingga akhirnya saya coba semua. Tapi dari situ saya mendapat kesimpulan baru. Saya harus fokus pada tujuan saya, jika saya memilih jalan A untuk ke Roma, ya saya harus teruskan, jika saya memilih jalan B, maka saya harus mundur kebelakang dan mengulang dari awal (jangan asumsikan ada belokan yaa hehe)

    oke back to topic.

    Saya pernah berjanji pada diri saya sendiri, "jika saya berhasil mendapat penghasilan dari bisnis online, saya akan share disini" kenapa? karena saya juga belajar dari sini, toh saya yakin pengalaman (yang sederhana dan belum seberapa) ini pasti berguna untuk member disini yang belum menemukan jalan apa yang akan dipilih.

    Saya memulai bisnis online dari kelas 2 SMP, dari main blogspot, coba bikin wordpress, jv dengan member disini, membuka jasa di subforum service, hingga saya berusaha membuat jasa content writer sendiri. Alhamdulillah menghasilkan, tapi saya merasa nggak nyaman, (mungkin bukan passion saya) dan akhirnya berujung pada kegagalan hehehe.

    Nggak cuma bisnis online, bisnis offline pun saya tekuni, bisnis jersey, baju, pulsa dan lagi-lagi belum berhasil.

    Sampai akhirnya di tahun 2015 ini saya menyadari, bahwa passion saya adalah ada pada "Media Promote" dan saya mencoba bisnis Line@ di bulan April lalu, sempat menghadapi berbagai kendala dan alhamdulillah, akun yang saya kembangkan bisa menghasilkan. Memang tidak sebesar master disini, namun saya yakin dan saya merasa nyaman. Saya tidak membicarakan hasil, tapi lebih ke "konsistensi" agar bisnis ini bisa terus berkembang. Dan alhamdulillah, saya bisa membeli bensin dan jajan disekolah dengan uang sendiri.. hehe

    Saat ini saya duduk dibangku SMA kelas 12 dan insya Allah lulus tahun ini (amin). Saya minta doanya ya... agar saya bisa diterima di FISIP jurusan ilmu politik Universitas Indonesia amin...

    oke disini saya tidak berniat menggurui, saya yakin banyak master Line@ di forum ini yang sudah lebih "jeger" pengalamannya. Apabila thread ini salah kamar, atau sudah ada yang pernah share, tolong dikasih tahu ya. Saya membuat Thread ini karena nazar saya tadi, semoga bermanfaat ya..

    sebelum saya berbagi bagaimana cara saya berbisnis di Line@, saya pastikan dulu bahwa anda harus tahu dimana Passion anda. karena jika kita tidak bekerja sesuai passion, semuanya akan terasa berat.. hehe.

    Oke perlukah saya share tutorial membuat Line@? Tutorial membuat Line@ sudah banyak di share di google, dan saya yakin anda akan mudah mengerti mengikuti tutorial yang ada... Apabila ada yang ingin saya share tutorial membuatnya nanti akan saya tambahkan.

    jika anda pengguna line, anda pasti sudah tahu akun media sosial atau akun online shop yang sering muncul di timeline. contohnya akun berdakwah, dagelan, atau akun galau yang isinya selalu membela wanita:)) Yup semuanya adalah akun yang dibuat dengan menggunakan aplikasi yang bernama Line@.

    Line@ apasih? Line@ menurut saya bisa dijadikan 2 fungsi, fungsi sebagai akun online shop, dan juga fungsi sebagai akun media sosial. nah, sekarang di thread ini akan saya jabarkan bagaimana saya memulai akun line@ sebagai akun media sosial.

    Dalam membuat akun media sosial, kita sering dipaksa mengikuti tren yang ada. Ada akun zodiak, akun teenager, akun islami, akun galau, dan lain sebagainya. Saya pastikan jika anda memulai dengan mengikuti apa yang sudah ada maka akun anda akan sangat sulit berkembang. Saya pernah membuat akun horror, dan ternyata akun horror ini saingannya lumayan banyak. saya sangat sulit mengejar dan ketika saingan saya sudah tembus 40rb follower, akun saya cuma berhenti di 9ribu followers. Jadi langkah pertama adalah tentukan niche akun anda, saran dari saya, jangan ikuti tren yang ada. buatlah sesuatu yang baru. dan jangan lupa baca ketentuan yang diberikan pihak Line@.

    Jika anda sudah menentukan, maka anda bisa membuat akun dengan mendownload aplikasi Line@ pada smartphone anda atau anda bisa melakukannya via PC. untuk mempersingkat silahkan gogling ya hehehee

    Jika sudah selesai, anda bisa mulai belajar bagaimana cara menggunakan Line@ (kalo saya otodidak) simple kok, gak susah. pasang profil picture, describe, cover, membuat greeting message.

    Anda bisa menambah admin untuk akun anda ini. bisa sodara, pacar, kawan, dan lainnya.

    Anda bisa memanage apakah akun anda menerima chat 1 on 1. maksudnya, anda bisa berinteraksi dengan followers anda dengan sistem seperti chat di line. Jika anda tidak mau, anda bisa menggunakan fitur auto reply.

    Anda bisa manage apakah setiap anda posting, ada kolom comment disana. jika anda tidak ingin ada comment anda bisa disable juga.

    okey, akun anda sudah siap untuk digunakan.

    Sekarang saatnya posting. Posisikan diri anda adalah followers akun tersebut. tentu anda bisa menilai apakah posting anda menarik atau tidak. nah usahakan membuat posting yang dekat dengan masyarakat dan mampu memancing followers anda untuk like share. (karena kunci keberhasilan akun ini ada pada like and share).Anda bisa mencari di internet dan jangan lupa sertakan sumber. Buatlah post yang berkualitas, tidak membodohi,tidak provokatif, dan kalo bisa edukatif.

    yang saya sedih sebagai Line@ user adalah, banyak kawan2 sesama Line@ user yang membuat post dengan mementingkan like yang banyak (kalau bahasa tv rating). akhirnya? banyak post provokatif, galau, yang isinya justru mmebodohi, karena tidak sesuai realita. Memangsih post seperti itu sangat laku, tapi bukankah itu justru merusak bangsa sendiri?

    oke back to topic.

    Promosikan akun anda dengan menggunakan akun Line anda sendiri. Sesuaikan akun anda dengan friends anda. Supaya lebih tertarget dan usaha anda tidak sia-sia. Jangan Spam! share menggunakan akun Line pribadi anda cukup 1 atau 2 kali saja. kembali lagi saya tekankan, posisikan diri anda sebagai followers!

    setelah itu, teruslah posting dan jangan cepet nyerah. buat post berkualitas dan jangan spam. karena followers akan memfollow anda karena postingan anda itu menarik. itu kuncinya.

    Pengalaman saya, dalam 1 bulan saya baru bisa mendapat 300 followers, dan 75% diantaranya adalah temen saya sendiri (tapi mereka gak tahu kalo itu saya adminnya) alias saya tidak mempromosikan secara terang-terangan.

    Saya post sehari bisa 10-15 kali. dengan rentang waktu tiap 1 jam. Paling banyak itu hari jumat, sabtu, minggu. kenapa? karena 3 hari itu banyak yang megang hp hehehe. Jam paling bagus untuk posting adalah pukul 10 pagi, 4 sore, dan 8 malam. Tapi semua kembali kepada post anda, apakah menarik atau tidak.

    Intinya, jangan menyerah dan seperti yang saya katakan, karena Media Promoting adalah passion saya, maka saya menjadikan kerjaan baru saya ini sebagai hobby, hehehe. alhamdulillah bulan kedua saya sudah dapat 4000 followers.

    Pada Bulan keempat sudah 30.000 followers, dan pada bulan kelima ini sudah mencapai 60.000 followers. Yang saya lakukan adalah posting setiap hari minimal 5 kali post. sering kali setiap pagi saya post gambar kemudian siang dan seterusnnya saya post tulisan atau artikel.

    Ya saya baru menekuni kerjaan ini baru 5 bulan, masih muda banget ya?? iyaa.. tapi bisa saya bilang perjalanan saya ga semulus wajah pevita pearce. hehehe.

    Sekedar cerita, saya pernah mendapat cacian atau bahasa kerennya dikeroyok oleh followers karena lupa menuliskan sumber. Saya pernah diteror oleh followers karena yang saya posting ini bersifat sensitif. dan saya pernah ditinggal admin2 yang lainnya kemudian admin2 itu membuat akun baru dengan niche sama tanpa sepengetahuan saya dan mempromosikannya menggunakan akun saya tanpa seizin saya. Yang paling parahnya, admin saya ini membawa kabur sejumlah uang yang uang itu adalah uang customer yang membeli baju dari kerja sama kami dengan konveksi baju. Adminnya bikin akun baru, uang dibawa kabur, sedang customernya protes ke akun lama. dan saya harus menggantinya toh? ckckck.

    Saya yakin, perjalanan saya kedepan masih panjang, akun yang saya buat baru berumur 5 bulan dan cobaan berat menanti suatu saat nanti. but if no up and down in your life, its mean you are dead!

    Saya lanjutkan di page 2 ya... (tidak melanggar rules kan? hehe)
     
    Last edited: Oct 17, 2015
    vegera, BluezAce, dedisyd and 2 others like this.
  2. ando79

    ando79 Ads.id Pro

    Joined:
    Oct 9, 2011
    Messages:
    412
    Likes Received:
    45
    Location:
    jakarta
    Oke saya akan menceritakan pengalaman saya bagaimana cara saya mendapatkan penghasilan dari akun ini.

    Paid Promote adalah sebutan untuk bisnis pada akun ini. artinya, saya akan dibayar oleh customer dan saya akan mempromosikan barang dagangan, akun dagangan, atau apapun. bisa dengan mmeposting atau melakukan broadcast.

    Saya memulai Paidpromote ketika followers saya 10.000 tapi baru mendapat pembeli ketika followers saya 15.000. Tarif yang saya pasang adalah 15.000/post dan 30.000/broadcast. artinya, acuan tarif iklan melalui post adalah jumlah followers saya dan untuk broadcast 2 kali followers saya. (kalo ini bebas, anda yang menentukan tarif, jika anda ingin mengetahui harga pasar, anda bisa tanya2 ke akun lain. tapi sesuaikan dengan followers anda. jika followers anda rata-rata adalah mahasiswa-bekerja maka tarif anda bisa mahal).

    Dan hal paling penting dalam Paid Promote. Posisikan diri anda sebagai followers! Jangan terlalu sering beriklan! justru itu akan jadi boomerang untuk anda. bisa-bisa followers anda malah block akun anda karena anda dianggap spamming iklan. Kalau saya, maksimal dalam satu minggu adalah 4x iklan dan diberi jarak satu hari tanpa iklan.

    Kayaknya cuma itu, tips trik yang bisa saya berikan. mungkin anda punya cara sendiri atau bisa mengkombinasikannya. Saya sebenernya punya jurus jitu untuk bisnis ini.. Tapi kayaknnya saya masih terlalu muda mengatakannya... tapi saya nilai tips ini yang paling ampuh.

    Yaitu, jangan lupakan Tuhan. Tuhan lah yang memberika rizki. Jujur, setelah saya dengar nasehat ibu saya agarsaya sering puasa senin-kamis dan nasehat ayah saya agar saya sering solat tahajud, dan nasehat pacar saya agar sering solat duha, alhamdulillah... dalam satu bulan ini iklan sudah di book dan full hingga bulan depan. Saya yakin anda punya cara sendiri untuk mendapatkan rizki dari tuhan. oiya... saya sering baca dari forum ini agar jangan pernah sungkan untuk berbagi... saya lakukan itu dan saya merasakan bahwa Allah akan memberikan rizki dengan cara yang tak diduga-duga sebanding dengan doa dan usaha yang kita lakukan.

    Saya kira cukup, mudah-mudahan cara saya ini bermanfaat... Oh ya, akun yang saya kembangkan adalah akun konspirasi, politik, sosial yaitu bernama HIDDEN SECRET, anda bisa melihatnya di Line dengan searching by ID @hiddensecret (jangan lupa pake @).

    eh... boloeh gak si saya share akun saya? kalo ternyata melanggar rules tolong diingatkan ya...

    sekian dari saya... mohon maaf apabila ada penggunaan kata yang tidak tepat,

    wassalamualaikum.

    Start Sharing, Not Selling!
     
    Last edited: Oct 17, 2015
    vegera, iJELLY, BluezAce and 6 others like this.
  3. amplaz

    amplaz Hero

    Joined:
    Oct 28, 2011
    Messages:
    736
    Likes Received:
    45
    Location:
    depanlepi
    nice share gan,,,smoga mkin sukses buat TS
     
  4. dedisuparman

    dedisuparman Super Hero

    Joined:
    Mar 27, 2011
    Messages:
    2,350
    Likes Received:
    280
    Location:
    Indramayu
    Pusing bacanya, coba di jeda dengan Point-point atau Sub Header jadi gampang baca ke intinya.

    Contoh point cara Promosi Melalui Line@ sebagai berikut:

    1. bla bla
    2. bla bla
    3. bla bla

    Sub Header seperti


    Cerita Pengalaman Line@

    Paid Promote adalah sebutan untuk bisnis pada akun ini. artinya, saya akan dibayar oleh customer dan saya akan mempromosikan barang dagangan, akun dagangan, atau apapun. bisa dengan mmeposting atau melakukan broadcast.

    Solusi Menggunakan Line@

    Bla bla bla dan seterusnya. sekian dari saya... mohon maaf apabila ada penggunaan kata yang tidak tepat, bla bla


    Jadi tuh enak bacanya. ini datar semua jadi pusing bacanya :D
     
  5. jasril

    jasril Ads.id Fan

    Joined:
    Feb 3, 2015
    Messages:
    211
    Likes Received:
    14
    gak ngerti ?
     
  6. dudev

    dudev Super Hero

    Joined:
    Feb 13, 2013
    Messages:
    750
    Likes Received:
    20
    mantap sharenya gan..
     
  7. dedisuparman

    dedisuparman Super Hero

    Joined:
    Mar 27, 2011
    Messages:
    2,350
    Likes Received:
    280
    Location:
    Indramayu
    sama engga ngerti juga :D coba di rangkum intinya mas gan
     
  8. gamelbloggel

    gamelbloggel Ads.id Fan

    Joined:
    Feb 9, 2013
    Messages:
    228
    Likes Received:
    10
    Location:
    Padang
    Wah keren2 adminnya hidden secret, ane sering baca juga tu:gembira:
    Akhir2ini ane memang lagi tertarik sama line@ gan, soalnya ini masih belum banyak dilirik padahal potensi nya jauh lebih bagus daripada insta.
    Tapi untuk pertama kali, ane bingung untuk dapatin adders nya darimana soalnya susah cari adder targeted tapi kalau udah dapat ya pasti makin mudah. Dan karena kesulitan ini, ane balik lagi ke insta :senyum:

    Eh sama2 kelas 12 kita :D
     
  9. wirosableng

    wirosableng Super Hero

    Joined:
    Jan 12, 2011
    Messages:
    1,336
    Likes Received:
    388
    Intinya banyakin follower dulu dengan posting rutin ya gan..baru setelah follower banyak , bisa jualan atau buka jasa iklan...
    Thanks sharingnya gan..
     
  10. kungpow

    kungpow Pemikir Logis

    Joined:
    Mar 11, 2010
    Messages:
    286
    Likes Received:
    16
    Location:
    Indonesia
    harusnya dirapikan lagi gan postnya biar nyaman dibaca
    sukses buat bisnis paid to promote via linenya. menambah inspirasi
     
  11. salantud

    salantud Super Hero

    Joined:
    Oct 31, 2012
    Messages:
    1,076
    Likes Received:
    564
    Location:
    Sukabumi,Pelabuhan Ratu
    pusing bacanya gan... jadi males bawaannya :( revisi lagi gan,,, gimana nanti kuliah bikin penulisian ilmiah :( . pake kata pengantar terus bab 1 bab 2 :D pasti enak bacanya...
     
  12. muxonated

    muxonated Hero

    Joined:
    Oct 23, 2015
    Messages:
    602
    Likes Received:
    27
    itu cuma share aja bisa nambah adders nya ya oom
     
  13. muhira007

    muhira007 >>Good Seller<<

    Joined:
    Sep 23, 2013
    Messages:
    1,600
    Likes Received:
    95
    Location:
    Sukabumi, Jawa Barat
    Pake LINE@ kayak WhatsApp ya? Pertama gratis terus bayar nntinya?
     
  14. ikhwankiraam

    ikhwankiraam Ads.id Pro

    Joined:
    Apr 7, 2015
    Messages:
    292
    Likes Received:
    21
    Nice sharing broder hhe

    Sent from my ASUS_T00I using Tapatalk
     
  15. DikaMocta

    DikaMocta Ads.id Starter

    Joined:
    Feb 12, 2014
    Messages:
    58
    Likes Received:
    11
    Location:
    malang
    Keren. Lagi baca berulang2 biar paham.
    Nice share.
     
  16. terkaya

    terkaya Super Hero

    Joined:
    Apr 30, 2011
    Messages:
    1,417
    Likes Received:
    121
    Location:
    Brighton
    Gratis terus kok. Yang bayar itu kalo ente pake premium ID (kaya pin bb cantik) sama bbrp fitur lain kaya multi admin dll.
     
  17. bayunur

    bayunur Banned

    Joined:
    Oct 24, 2015
    Messages:
    354
    Likes Received:
    26
    inspiratif gan
     
  18. bayusetiawan

    bayusetiawan Ads.id Fan

    Joined:
    May 14, 2015
    Messages:
    191
    Likes Received:
    20
    kalau gk punya cc gimana beli premium ID-nya gan?
     
  19. muxonated

    muxonated Hero

    Joined:
    Oct 23, 2015
    Messages:
    602
    Likes Received:
    27
    Untuk post/promote akun line@ pake line@ manager di pc gak gan? Apa di hp aja?


    Sent from my iPhone using Tapatalk
     
  20. shenyo1

    shenyo1 EPIC Word Service

    Joined:
    Sep 1, 2011
    Messages:
    496
    Likes Received:
    19
    Location:
    JAKARTA, INDONESIA
    wkakak mantepsih isinya sebenernya ane baca dari awal sampe akhir emang master bangett nih masgannya :( ane masih newbie banget bisa gak ya diajak kerjasama untuk akun ane kebetulan akun ane juga buat jualan awalnya tapi kayaknya bakal susah kalo misal post gitu, dan pas banget ane passionnya di media promote gitu gan kalo bisa kerja sama PM me ya gan hhe :) makasih sebelumnya
     

Share This Page