1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

[Share] Cara Optimasi Prestashop

Discussion in 'Others' started by TsRumahweb, Jan 17, 2016.

  1. TsRumahweb

    TsRumahweb Newbie

    Joined:
    Jan 14, 2016
    Messages:
    18
    Likes Received:
    4
    Berikut beberapa cara melakukan optimasi CMS Prestashop agar bisa berjalan lebih baik.


    1. Optimasi dengan .htaccess Dari halaman admin Prestashop, Anda dapat men-generate sebuah file .htaccess untuk optimasi Prestashop. Untuk men-generate sebuah file .htaccess masuk ke menu “Tools” > “Generator“. Untuk meningkatkan kecepatan website Anda, tandai pada checkbox for Optimization dan dan klik tombol “Generate .htaccess file

    1.jpg


    Langkah diatas akan men-generate sebuag file .htaccess didalam dokumen root installasi prestashop Anda dengan beberapa rule. Rule tersebut untuk mengaktifkan dua modules apache yaitu mod_deflate dan mod_expire. Modules tersebut digunakan untuk mengompresi content dari server ke client dan untuk meningkatkan caching.


    2. Menonaktifkan “Smarty Force Compile”


    Smarty adalah sebuah tools Prestashop yang digunakan untuk compile dan cache file template. Pilihan Force Compile sebenarnya disable secara defaultnya. Hal ini biasanya diaktifkan dengan tujuan development and debugging purposes. Misalnya, jika Anda membuat beberapa perubahan pada kode file template tema anda, Anda harus mengaktifkan opsi Force Compile sehingga Anda dapat melihat perubahan pada frontend ketika Anda me-refresh website Anda. Begitu selesai, Anda harus menonaktifkan opsi tersebut. Jika tidak, kecepatan loading akan berkurang secara signifikan. Anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkan opsi Smarty Force Compile dari backend dari toko Anda. Buka tab Preferences, kemudian ke sub-tab Performance. Bagian pertama pada halaman diberi label Smarty. Pastikan Force Compile pilihan diatur ke No.

    2.jpg


    Pastikan juga bahwa opsi Cache diatur ke Yes. File-file template terkompilasi disimpan pada account Anda. Misalnya, jika PrestaShop Anda terinstal di folder bernama prestashop di direktori public_html root pada account hosting Anda, Anda dapat menemukan file yang disusun dalam public_html/prestashop/tools/smarty/compile. File-file cache disimpan dalam public_html/prestashop/tools/smarty/cache. Jika Anda ingin menyegarkan segala sesuatu, Anda dapat menghapus file di kedua folder, kecuali file index.php di folder compile.




    3. Menggunakan pilihan Combine, Compress dan Cache.


    Pada halaman menu Performance dari backend ada juga beberapa pilihan untuk Combine, Compress and Cache theme CSS, HTML dan file Javascript. Secara default, pilihan ini tidak diaktifkan. Untuk mengaktifkannya dari menu Preferences admin PrestaShop, kemudian sub menu Performance. Gulir ke bawah ke bagian yang diberi label CCC (Combine, Compress and Cache). Semua pilihan ditetapkan untuk mempertahankan file asli. Aktifkan empat pengaturan pertama dan disable pengaturan yang terakhir atau biarkan nilai defaultnya:

    3.jpg


    Kemudian klik tombol Save di bawah pengaturan untuk menyimpan perubahan. Jika Anda mengalami masalah pada frontend atau backend dari situs Anda ketika Anda mengaktifkan pilihan ini, Anda dapat menonaktifkan mereka setiap saat. Selalu pastikan untuk memiliki salinan cadangan dari situs Anda, bukan hanya ketika Anda mengubah beberapa pengaturan tapi setiap saat. File-file cache disimpan dalam folder untuk tema tertentu. Jika kita menggunakan contoh di atas untuk lokasi PrestaShop pada account Anda, dan Anda menggunakan tema prestashop default, Anda dapat menemukan combined, compressed and cached di public_html/prestashop/ themes/prestashopcache. Untuk membersihkan cache ini hanya menghapus file dalam folder itu tanpa file index.php.


    4. File System Cache Dari backend PrestaShop ada pilihan cache lain yang dapat Anda aktifkan. Klik pada tab Preferences dan kemudian klik pada Performance. Gulir ke bawah ke bagian bawah halaman di mana ada bagian yang disebut Caching. Opsi ini dinonaktifkan secara default. Aktifkan opsi Use cache. Kemudian dari Caching system menu drop-down pilih File System. Akan muncul sebuah pilihan baru dengan nama Directory depth dengan nilai default 1. Anda tidak perlu mengubahnya, dan biarkan sesuai dengan default.

    4.jpg


    Klik pada tombol Save untuk menyimpan perubahan. Bila Anda mengaktifkan pilihan ini PrestaShop cache yang secara otomatis akan membuat beberapa folder pada account Anda untuk file-file cache. Jika kita menggunakan contoh di atas lokasi PrestaShop pada account Anda, folder ini akan dibuat dalam public_html/prestashop/cache/cachefs.

    Selamat Mencoba
     
    bagzpain likes this.
  2. bagzpain

    bagzpain Ads.id Fan

    Joined:
    Jun 20, 2012
    Messages:
    242
    Likes Received:
    3
    Location:
    Ujung Dunia
    nice tutor gan. tapi untuk tips performance sendiri sebenarnya sudah dijelaskan dngan gamblang di forum prestashop sendiri.
     
  3. mlxjakarta

    mlxjakarta Hero

    Joined:
    Oct 15, 2014
    Messages:
    650
    Likes Received:
    19
    Mantap, dinoted dulu gan O:-)
     

Share This Page