1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

[SHARE] Tips Cerdas Dalam Strategi Marketing

Discussion in 'Chit Chat' started by yudharamadhona, Feb 28, 2012.

  1. yudharamadhona

    yudharamadhona Super Hero

    Joined:
    Nov 6, 2009
    Messages:
    2,540
    Likes Received:
    104
    Location:
    di gundukan $$$
    Assalamualaikum wr wb

    Selamat pagi semuanya. Disini saya mau share bagaimana cara melakukan strategi marketing yg baik & benar. Bisa diterapkan untuk bisnis online maupun offline. Saya mengutip di salah satu blog. Kalau temen-teman ada yg mau nambahin silahkan aja nanti saya update di page one :D..




    Strategi Marketing (Marketing Strategy) yang baik dan cerdas tidak hanya berdasarkan teori ilmu marketing (penjualan) murni.


    Cara pemasaran atau strategi marketing bagi setiap perusahaan dan individu marketer relatif berbeda satu sama lainnya. Jenis barang yang dijual juga ikut menentukan strategi marketing yang dirancang untuk menaklukkan pasar, merebut hati konsumen, eksekuasi penjualan yang tepat dan menguasai pangsa pasar yang luas.


    Banyak iklan yang hasilnya jauh dari harapan, bahkan dapat dikatakan hanya merupakan pemborosan uang. Lihatlah disekililing anda, maka anda akan mendapatkan banyak iklan dimana-mana. Tetapi berapa banyak yang akan membuat anda tertarik dan memperhatikannya ? Tidak banyak bukan ? Mengapa ? Karena iklan-iklan tersebut hanya kelihatan bagus. Iklan-iklan tersebut TIDAK :


    Menarik perhatian target marketnya
    Memberikan informasi yang cukup agar mempermudah pengambilan keputusan
    Meminimalisir resiko dalam mengambil langkah selanjutnya dalam sebuah proses penjualan.


    Berikut Tips Cerdas Dalam Srategi Marketing yang perlu anda perhatikan



    1. RAIH PERHATIAN MEREKA
    Raihlah perhatian mereka dengan membuat leaflet headline yang powerful, yang akan melibatkan emosi target market anda. Tergantung dari produk atau jasa anda, dan juga target market anda, maka headline anda harus menjanjikan satu dari dua hal : Janjikan untuk menyelesaikan problem mereka, atau janjikan untuk membawa mereka pada kesenangan/pleasure.


    Berpikirlah tentang target market anda, apa yang ada di benak mereka ? Apakah mereka akan lebih condong untuk bertindak agar mereka mendapatkan kesenangan ? Atau agar masalah yang mereka sedang hadapi dapat hilang ?


    2. GUNCANG KEYAKINAN MEREKA TENTANG APA YANG MEREKA LAKUKAN SEKARANG !
    Ok, anda telah meraih perhatian mereka. Untuk menjaga agar mereka tetap memberikan perhatian penuh pada strategi marketing tools anda, mereka perlu untuk bertanya-tanya :


    Apakah mereka telah mendapatkan jasa dan produk terbaik untuk uang yang telah mereka keluarkan selama ini ?
    Apakah mereka telah bertindak cukup ?
    Apakah mereka telah melakukan yang terbaik yang mereka bisa ?


    3. BANGUNLAH KEYAKINAN MEREKA TERHADAP ANDA
    Setelah anda mengguncangkan keyakinan mereka terhadap apa yang mereka lakukan sekarang, anda perlu menumbuhkan keyakinan mereka terhadap anda.


    Anda harus membuktikan bahwa anda punya solusi terhadap masalah mereka.
    Anda harus meyakinkan bahwa anda memang cakap di bidang anda, dan mempunyai kualifikasi untuk memecahkan masalah mereka.
    Perlihatkan bahwa produk anda dapat mereka andalkan untuk memberikan apa yang anda janjikan.
    Buktikan bahwa produk anda dapat memenuhi janji anda. Mulailah dengan menjelaskan :
    Bagaimana produk anda berbeda dengan kompetitor.
    Apa saja kredensial anda.
    Apakah anda punya dokumentasi tentang hasil test
    Apakah anda punya persentasi pelanggan puas yang tinggi ?
    Apakah anda punya pengakuan professional dari rekan-rekan anda di bidang yang anda tekuni ?


    4. BUATLAH MEREKA KAGUM KARENA PELAYANAN ANDA
    Anda mungkin yang terbaik di bidang anda, atau mempunyai produk unggulan. Tetapi bila pelanggan anda tidak dapat menghubungi anda bila mereka memerlukan, apakah anda masih mempunyai value yang tinggi?


    Berikut ini adalah beberapa contoh yang baik untuk anda tawarkan :


    Hotline 24 jam —- untuk menjawab pertanyaan yang umum.
    Apakah anda melayani penggilan ? (terutama bila hal itu tidak umum di industri anda )
    Apakah anda melayani pelayanan individual (one to one service) ?
    Jam pelayanan anda apakah nyaman bagi pelanggan ?
    Apakah anda memberikan jasa jemput & antar ?


    Intinya, memberikan pelayanan yang lebih daripada yang umum dilakukan, akan memberikan keuntungan yang besar bagi anda pada akhirnya.


    5. HADAPI DAN ATASI PENOLAKKAN MEREKA
    Di dalam bisnis apapun anda, selalu akan ada penolakkan untuk membeli yang anda jual. Penolakkan yang paling umum biasanya mengenai harga. Anda harus menghadapinya dengan menjelaskan mengapa wajar bagi mereka untuk membayar harga yang anda minta. Anda harus membuat mereka nyaman, termasuk dalam masalah harga, sebelum mereka siap membeli dari anda.


    6. KURANGI RESIKO PEMBELIAN DENGAN GARANSI
    Kebanyakan orang mengasosiasikan jenis dan lama garansi dengan kualitas produk. Hal ini dapat menghasilkan atau menggagalkan penjualan. Semakin lama garansi anda, semakin besar kemungkinan terjadinya penjualan. Garansi juga menunjukkan bahwa anda adalah pebisnis yang jujur.


    7. GUNAKAN TESTIMONIAL ATAS PRODUK ANDA
    Apa yang orang lain katakan tentang anda, mempunyai nilai yang jauh lebih tinggi daripada apa yang anda katakan tentang anda sendiri. Pastikan testimonial obyektif tersebut berkaitan dengan masalah yang pelanggan anda hadapi dan bagaimana mereka meraih benefit dari produk atau jasa anda. Semakin banyak testimonial yang anda dapat, semakin baik.


    8. BUAT MEREKA MUDAH MENGHUBUNGI ANDA
    Usahakan prospek untuk menghubungi anda, dan buatlah hal itu mudah dan aman untuk dilakukan. Salah satu cara adalah dengan menawarkan konsultasi atau demonstrasi gratis. Tawaran ini akan memancing rasa keingintahuan prospek anda, sekaligus mengurangi resiko bagi mereka.


    9. BONUS WIN-WIN
    Tawarkan special bonus atau diskon bagi mereka yang membeli saat itu juga! Pelanggan anda akan memperoleh keuntungan dengan mendapat value yang biasanya tidak mereka dapat, sedangkan anda mendapat keuntungan dengan menghasilkan penjualan. Anda harus fokus mengenai value yang mereka dapat untuk uang yang mereka keluarkan. Jika mereka mendapatkan value yang lebih besar dari harga yang harus dibayar, maka anda telah memperbesar kemungkinan terjadinya penjualan.


    Seperti yang anda lihat, mendesain sebuah material marketing yang efektif membutuhkan persiapan yang memadai. Jika anda memperhatikan kesembilan poin di atas, maka anda akan mendapatkan respons yang lebih baik dan secara otomatis akan meningkatkan penjualan anda. Seberapa tinggi respons yang anda dapat, tergantung dari seberapa baik anda mengaplikasikan kesembilan poin di atas di dalam pesan marketing anda.


    Hal lain yang penting diperhatikan, anda harus melakukan kualifikasi terhadap prospek sebelum mengeluarkan biaya marketing untuk mereka. Pernahkah anda menerima sebuah brosur yang mahal tentang produk yang tidak anda butuhkan ? Seberapa baguspun brosur atau material marketing yang anda terima, anda tetap tidak akan membeli dari perusahaan itu.


    Pertanyaannya : Mengapa mereka tidak tahu hal itu ? Jawabannya sederhana : Mereka tidak menyediakan waktu untuk melakukan kualifikasi terhadap prospek mereka !


    Strategi Marketing yang baik dan cerdas adalah menginvestasikan uang dimana akan menghasilkan return yang terbaik.


    Semoga tips-tips ini berguna untuk teman-teman semua. Jika thread ini menyalahi aturan langsung di closed aja mod tp jangan banned saya :D.

    Wassalam,



     
  2. lanjar

    lanjar Super Hero

    Joined:
    Dec 31, 2010
    Messages:
    1,679
    Likes Received:
    54
    Location:
    Bogor "The Rain City"
    Pa kabar yud?
     
  3. Schwarzkophf

    Schwarzkophf Super Hero

    Joined:
    Nov 13, 2008
    Messages:
    2,318
    Likes Received:
    71
    Location:
    Depok
    mangstab mastah CPA nih ...
    Thanks infonya mastah
     
  4. newbisa

    newbisa I'm Blogger Lovers

    Joined:
    Dec 13, 2010
    Messages:
    2,417
    Likes Received:
    539
    Location:
    DigitalJV.com
    mantap,. beberapa udah ane praktekin dan alhamdulillah berhasil gan :)
     
  5. PakdheDons

    PakdheDons Super Hero

    Joined:
    Jun 20, 2011
    Messages:
    871
    Likes Received:
    58
    Location:
    Malang
    Marketer sejati rupanya...Terkadang ilmu marketing memang ada benarnya, walaupun ada juga beberapa orang yang anti dengan ilmu marketing, mereka kadang lebih cocok dengan ilmu marketing jalanan...(street Smart)

    Ilmu dan praktek bila dijalankan bareng, hasilnya bakal lebih dahsyat...
     
  6. VOC Draculla

    VOC Draculla Newbie

    Joined:
    Feb 11, 2012
    Messages:
    36
    Likes Received:
    0
    udah basi gan kata2 diatas, masuk kuping kanan keluar kuping kiri
    itu pernah denger, kata2 yang biasa di pake para motivator. :p
    Intinya sekarang mah ACTION !!!
    Tanpa itu percuma sia2,.:bebored:
     
  7. rangeradith

    rangeradith Super Hero

    Joined:
    Oct 4, 2010
    Messages:
    1,216
    Likes Received:
    127
    Location:
    Bogor
    Wah, berat gan treadnya nih. Ohh iya kapan main ke bogor lagi :senyum:
     
  8. ANDHIMIND.ID

    ANDHIMIND.ID Newbie

    Joined:
    Mar 1, 2018
    Messages:
    20
    Likes Received:
    0
    Location:
    Sleman, DIY
    Keren juga tulisan thread ini. Cukup lengkap dan sangat mudah dipahami serta perlu dipraktekan dalam strategi marketing jaman now. Sekarang marketing itu komplek dan fleksibel, apalagi dengan adanya era digitalisasi menjadikan semuanya menjadi mudah dan praktis. Semua memang perlu adanya proses yang cukup panjang dan perjuangan yang ekstra dalam menjalankan bisnis.
     

Share This Page