1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Sharing l Bangun Bisnis Kamu Dengan Fiverr

Discussion in 'Berbagi Pengalaman' started by Bouye, Jun 19, 2018.

?
  1. Freelance

  2. Toko online - produk digital

  3. Reseller

  4. Iklan dalam website

  5. Jual beli situs

  6. Lainnya

Multiple votes are allowed.
Results are only viewable after voting.
  1. Bouye

    Bouye Ads.id Fan

    Joined:
    Sep 19, 2016
    Messages:
    185
    Likes Received:
    43
    Location:
    Banda Aceh, Indonesia
    Selamat siang rekan Adsense Indonesia. Perkenalkan saya Azlan, bisa kontak saya langsung lewat Ig: azlanshah_id, sudah menjadi anggota di forum ini selama 2 tahun. Banyak ilmu yang sudah saya dapatkan dari suhu-suhu semuanya dimana beberapa langsung saya terapkan ke bisnis online yang sedang saya rintis.

    Seolah ingin balas budi, hari saya mau berbagi sedikit pengetahuan tentang bisnis online, yang saya khususkan tentang Fiverr saja, semoga dapat bermanfaat bagi rekan forum terhormat dalam perkembangan bisnis kalian.

    Topik yang saya bahas antara lain:
    • Pengalaman saya dalam bisnis online
    • Memulai bisnis online kamu
    • Tantangan dalam menjalankan bisnis online
    • Fiverr menjadi solusi praktis operasional perusahaan
    • Fiverr: Murah atau mahal
    • Penerapan Fiverr dan studi kasus
    • Jangan lupa bayar pajak buat bisnis online
    Pengalaman saya dalam bisnis online

    Menghasilkan uang secara online ada banyak bentuk. Namun istilah bisnis online menurut saya pribadi memiliki makna: sebuah usaha yang mampu menghasilkan pendapatan secara konsisten dan dapat terus ditingkatkan nilainya demi penghasilan aktif dan/atau pasif yang lebih besar secara bertahap.

    Bisnis online akan dapat ditingkatkan nilainya dalam beberapa cara:
    1. Peningkatan reputasi bisnis
    2. Kepercayaan pelanggan
    3. Omset yang meningkat
    4. Partner dan rekan bisnis
    5. Pengalaman bisnis, termasuk kualitas karyawan
    2 hal pertama, merupakan bagaimana kita menampilkan produk kepada masyarakat. Karena itu, kualitas presentasi menjadi sangat penting untuk meningkatkan reputasi usaha dan kepercayaan pelanggan.


    Tingkatkan kualitas: hasil kerja mitra fiverr

    Sekarang ini bisnis online sudah mulai dipercaya masyarakat, namun satu dekade lalu, calon pembeli masih ragu-ragu dalam pembelian melalui transfer rekening apalagi pakai kartu kredit/kartu debit. Mungkin FJB kaskus lewat fitur COD, paling banyak dipakai dan berperan besar meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam transaksi online.

    Sedangkan 2 poin terakhir, punya peran penting dalam peningkatan kualitas bisnis kita dari dalam. Walaupun tidak terlihat oleh konsumen, SDM merupakan aset yang jauh lebih penting dari aset fisik yang bisa kita beli/jual begitu saja.

    Saat ini saya memiliki 2 orang karyawan online dan 3 orang karyawan kantor yang masuk setengah hari di Banda Aceh. Saya selalu menekankan untuk terus belajar hal baru, dan membebaskan mereka dalam mengolah proyek yang dipegang, walaupun klien tetap saya yang hadapi secara pribadi.

    Sekarang pun, saya masih menggunakan jasa Fiverr untuk order banyak hal yang tidak dapat kami kerjakan, karena sekali lagi, kualitas menjadi penting, semua itu dimulai dari produk internal mulai dari karyawan, konsistensi sampai jasa pihak ketiga seperti Fiverr dalam membantu menghasilkan yang terbaik.

    Mulai bisnis online kamu

    Nah kembali lagi, ada berbagai macam peluang bisnis online yang dapat kamu rintis:
    1. Menjadi seorang freelancer - yang akan saya bahas
    2. Menjual produk digital
    3. Reseller
    Ada beberapa peluang lain yang dapat kamu coba, seperti membuat kanal Youtube namun saya tidak merekomendasikan ini menjadi sebuah bisnis untuk kamu rintis karena membutuhkan modal besar dan pengalaman bisnis online terlebih dahulu.

    Coba dulu beberapa peluang diatas tadi sebelum peluang yang lebih butuh banyak resource seperti Youtube. Bahkan, dengar-dengar, Adsense membatasi Youtuber dengan sejumlah view saja untuk dapat monetize Adsense.

    Saran saya pun, untuk menjalankan bisnis tidak boleh setengah-setengah, walaupun saya sendiri punya banyak bisnis yang terbengkalai karena fokus dengan bisnis utama. Bisnis situs resep, sosmed, Facebook page sulit untuk turun nilainya dan lebih saya gunakan sebagai media promosi dan pasif income saja.

    Kembali lagi, saya sendiri melihat Freelancer menjadi batu loncatan penting yang dapat kamu coba karena bebas risiko dan kamu dapat melakukan apa yang kamu sukai lewat cara ini. Ada berbagai macam situs pihak ketiga yang dapat mempertemukanmu dengan perusahaan yang membutuhkan jasa kamu seperti Freelancer.co.id, Guru.com, Upwork.com, sampai Fiverr.com.

    Ada baiknya kamu untuk memilih satu saja dari keempat situs diatas untuk kamu coba, memang kelihatannya akan lebih bagus untuk mendaftar keempat-empatnya, namun kamu tidak akan punya cukup waktu untuk meng-update profile, sampai mengirimkan proposal kerja kepada klien kamu.

    Rekan saya juga memulai dari 0 di situs Freelancer.co.id sampai sekarang, proyek banyak yang dialihkan ke situs usaha kami sehingga tidak ada potongan fee kepada Freelancer yang harus kami bayarkan.

    Situs-situs freelance diatas memotong upah kamu mulai 5% sampai 20%, namun mereka dapat menjadi batu loncatan hebat buat kamu untuk mendapatkan pengalaman professional dan rekan bisnis masa depan untuk bisnis online kamu yang semakin besar.

    Tantangan dalam bisnis online

    Menjadi freelance, selain lewat 4 situs yang saya sebutkan sebelumnya, sebenarnya dapat kamu lakukan lewat platform apapun, termasuk sosmed dan Ads.id. Walaupun kelebihan dan kekurangan menjual disini, adalah kurangnya kepercayaan calon konsumen.

    Saya sendiri beberapa kali mendapatkan jasa yang buruk lewat duplicated content, sampai artikel yang tidak dikerjakan sampai hari ini. Pengalaman di Ads.id sungguh luar biasa, saya paling banter kena freelancer yang mengirim artikel duplicated, dengan penyelesaian akhir berupa refund dari pemilik lapak. Sedangkan lewat sosmed, kabarnya tidak diketahui sampai hari ini.

    Jika kamu menggunakan platform Freelancer.co.id, kamu akan dikenakan potongan upah, namun kamu akan mulai tampak dan mungkin dilirik perusahaan-perusahaan besar di luar negeri.

    Sedikit tips dari saya, secara pengalaman, omset kami mencapai USD 250 per minggu belum ditambah fix proyek yang beberapa kali mencapai USD 2200 per bulan dari platform tersebut. Pasar AS dan Eropa begitu menggiurkan namun semua kembali kepada diri kita masing-masing dalam menjaga konsistensi produk sehingga dapat selalu mendapatkan 100% predikat Job Completion, On Budget dan On Time.

    [​IMG]
    Salah satu pemasukan lewat bisnis online

    Tantangan paling penting kembali ke diri kita masing-masing, mulai dari kedisiplinan diri yang harus kita jaga. Mulai lah dengan bangun tidur pagi-pagi sekali, buka laptop di pagi hari, kemudian berangkat kerja ke kantor (jika ada kerja tetap, karena saya juga kerja senin-jumat di instansi pemerintahan selain kantor kecil untuk bisnis online yang saya masuk setelah makan siang), pulang ke rumah pukul 6 sore, dan saya sudah tidak memegang sama sekali kerjaan setelah sampai kerumah.

    Sampai tidur cepat pukul 11 malam. Walaupun saya sendiri sering buka ads.id pada jam malam, buka situs, Facebook fan page, sampai sosmed, hanya untuk membalas email/pesan yang masuk saja.

    Kenapa disiplin itu penting, hal ini untuk menjaga waktu kerja yang tetap dapat kamu sisihkan setiap hari, sehingga kamu kerja setiap hari. Ini salah satu kendala yang saya lihat mulai dari karyawan online saya, selalu saya tekankan untuk ikuti deadline yang sudah diberikan sehingga tidak merusak hasil kerja, yang sebenarnya sangat bagus, cuma karena diburu deadline, menjadi kurang baik.

    Tips lanjutan dari saya, jika kamu bekerja di Freelancer.co.id, coba cari metode pembayaran berupa pay per hour (dibayar per jam) dan bukan fixed term (pembayaran setelah kerja selesai). Pembayaran pay per hour benar-benar memanjakan freelancer, namun tetap hasil kerja harus ditampilkan dalam setiap screenshot aplikasi yang dijalankan setiap 10 menit. Jadi jaga hasil kerja atau kontrak akan dibatalkan dan review buruk akan ditinggalkan oleh klien di profil kamu.

    Nanti akan saya update lagi terutama tentang Fiverr yang sudah saya gunakan sejak lama, akan saya bahas dalam view menjadi freelancer disana dan juga klien yang melakukan pembayaran. Terima kasih semoga bermanfaat untuk saya dan rekan Ads id semua.
     
    Last edited: Jun 19, 2018
  2. adijnr

    adijnr Ads.id Pro

    Joined:
    Apr 11, 2016
    Messages:
    258
    Likes Received:
    34
    Location:
    Ngayogyakarta
    ijin nyimak omm,
    kbetulan ane main fiverr dlu setaon 2016-2017 [emoji16]
    n alhamdulilah lumayan hasil dari sana, cuman skrg lagi nyoba konsen di adsense, jadi freelance vakum dolo [emoji16][emoji16]
    ditunggu update sharing nya om.. [emoji106]


    Sent from my iPhone using Tapatalk
     
    Yangyangan likes this.
  3. britneygraziani

    britneygraziani Ads.id Pro

    Joined:
    Jun 16, 2012
    Messages:
    327
    Likes Received:
    9
    Produk digital nya apa Gan?



    Sent from my CRO-L22 using Tapatalk
     
    Yangyangan likes this.
  4. Bouye

    Bouye Ads.id Fan

    Joined:
    Sep 19, 2016
    Messages:
    185
    Likes Received:
    43
    Location:
    Banda Aceh, Indonesia
    Reserved
     
    Yangyangan likes this.
  5. Bouye

    Bouye Ads.id Fan

    Joined:
    Sep 19, 2016
    Messages:
    185
    Likes Received:
    43
    Location:
    Banda Aceh, Indonesia
    Produk digital macam-macam gan, yang mudahnya dan paling untung dulu itu jual e-book. Tinggal kita download e-book bebas lisensi terus kemas ulang. Entah sekarang potensialnya bagaimana. Atau fotografi, saya pernah tulis tentang jual lewat lelang foto di situs luar, nanti coba saya cari lagi.
     
    Yangyangan likes this.
  6. jokamers

    jokamers Ads.id Fan

    Joined:
    Aug 18, 2016
    Messages:
    193
    Likes Received:
    26
    calon HT nih... izin ninggalin jejak dulu. nice share thanks.. (kangen thread bermanfaat gini lagi di ads.id)
     
  7. britneygraziani

    britneygraziani Ads.id Pro

    Joined:
    Jun 16, 2012
    Messages:
    327
    Likes Received:
    9
    Biasanya kalau model ebook belinya dimana Gan?

    Sent from my CRO-L22 using Tapatalk
     
  8. olfix

    olfix Ads.id Fan

    Joined:
    Aug 13, 2006
    Messages:
    203
    Likes Received:
    12
    joss masgan,
     
  9. temongituloch

    temongituloch Ads.id Fan

    Joined:
    Aug 4, 2014
    Messages:
    224
    Likes Received:
    20
    nambah ilmu lagi, makasih gan
     
  10. Oby_One

    Oby_One Banned

    Joined:
    Jul 11, 2007
    Messages:
    5,080
    Likes Received:
    246
    Location:
    |Pulau Sabang - Aceh|
    Ane di Banda aceh juga gan,..dah gak Maen fiverr lagi sejak kena banned bulan maret kemarin..sekarang client di arahkan ke web, buat bangun brand juga sih..

    Keep update thread nya gan, following
     
  11. Bouye

    Bouye Ads.id Fan

    Joined:
    Sep 19, 2016
    Messages:
    185
    Likes Received:
    43
    Location:
    Banda Aceh, Indonesia
    Waduh kok gak bisa edit post awal ya??

    Btw, saya lanjut kalau ada like 50+ saja ya gan.. Biar semangat pak mario teguh ini kalau yang nonton ada banyak..
     
    Last edited: Jun 20, 2018
    ardyanix likes this.
  12. destin.anggraini

    destin.anggraini Ads.id Pro

    Joined:
    Jul 23, 2016
    Messages:
    437
    Likes Received:
    102
    Location:
    Indonesia
    Dan dari sini dapat saya simpulkan kalo saya kurang disiplin pada waktu. Terima kasih gan .
     
  13. ahadi07

    ahadi07 Ads.id Starter

    Joined:
    Jun 5, 2018
    Messages:
    55
    Likes Received:
    3
    Sama gan, yg bikin sy kurang disiplin, mnurut sy klo hasilny blm kelihatan, rasany susah memotivasi liat perhari cuma 3rb an. Tmen ane aj bru 2 bulan kerja di blabla mart, awal2 bilang susah, skrg smangat bgt, haha

    Sent from my A500CG using Tapatalk
     
  14. zack_alfa

    zack_alfa Super Hero

    Joined:
    Sep 9, 2011
    Messages:
    1,220
    Likes Received:
    66
    Location:
    Bekasi
    Gelar tiker
     
  15. cr3ator

    cr3ator Ads.id Pro

    Joined:
    Dec 2, 2013
    Messages:
    407
    Likes Received:
    29
    Ikut mantau
     
  16. ninabobo

    ninabobo Ads.id Pro

    Joined:
    Jun 15, 2012
    Messages:
    339
    Likes Received:
    12
    Nice thread
    Ditunggu kelanjutannya gan

    Haus akan ilmu bermanfaat
     
  17. idiot7474

    idiot7474 Ads.id Starter

    Joined:
    Jun 9, 2015
    Messages:
    52
    Likes Received:
    1
    ditunggu lanjutan sharingnya gan
    semoga selalu dilancarkan bisnis dan usahanya
     
  18. The Gamer

    The Gamer Ads.id Fan

    Joined:
    Sep 12, 2017
    Messages:
    230
    Likes Received:
    22
    Lanjutkan suhu.. Ijin gelar tiker..
     
  19. san_ae

    san_ae Newbie

    Joined:
    Aug 18, 2016
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Ikut nyimak pemula pooll ijin gelar tiket gan

    Sent from my ASUS_Z017DB using Tapatalk
     
  20. idayiduy

    idayiduy Hero

    Joined:
    Nov 26, 2011
    Messages:
    557
    Likes Received:
    49
    Nunggu update selanjutnya ... lanjut Gan :)
     

Share This Page