1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

[ASK] Audit Paypal

Discussion in 'Payment Processor' started by Nijoe-gustiya, Jul 2, 2021.

  1. Nijoe-gustiya

    Nijoe-gustiya Ads.id Fan

    Joined:
    Jun 19, 2012
    Messages:
    234
    Likes Received:
    19
    Location:
    Newyork
    SAya mau tanya nih teman teman..

    Paypal kan tidak mempunyai uang fisik, cuma digunakan untuk transfer uang saja. Tapi ada saldo didalamnya.

    Seandainya ada orang yang bisa masuk ke server paypal, dan bisa mengubah nominal saldo paypal, entah itu oknum, atau orang luar.
    Terus siapa yang bertugas dan berhak mengaudit itu semua?

    Mungkin gak sih ini jadi celah untuk main main..?
     
  2. rawapesona

    rawapesona 10000USD/Month

    Joined:
    Jan 26, 2011
    Messages:
    4,859
    Likes Received:
    372
    Location:
    https://proreview.host
    Gak mungkin buat main main, Paypal itu perusahaan publik. Ada kantornya buka cuma website doang.

    Paypal itu anak usaha Ebay, taukan ebay?

    Sebagai perusahaan publik tentu ada auditornya. Dan sebagau perusahaan keuangan, tentu cyber security sangat mereka perhatikan
     
  3. radex78

    radex78 Hero

    Joined:
    Jun 21, 2013
    Messages:
    705
    Likes Received:
    72
    Apa sudah ada pernah yang mengalami saldonya berubah di Paypal?
    belum pernah dengar sih ane, kalau nasabah BNI, BRI duitnya raib pernah dengar
     
    Oby_One likes this.
  4. Nijoe-gustiya

    Nijoe-gustiya Ads.id Fan

    Joined:
    Jun 19, 2012
    Messages:
    234
    Likes Received:
    19
    Location:
    Newyork
    Paypal kan transaksinya global. Terus transaksinya setiap harinya juga pasti sangat banyak. Auditornya misal ada temuan, disampaikan ke siapa? Yang membayar auditornya siapa ya?

    Misal saya yang punya otoritas di paypal, terus saya menambah gitu saja nominal saldo saya dengan ngakali system. Apa auditor pasti bakal menemukan itu?

    Kelakuan oknum terutama.
     
  5. Nijoe-gustiya

    Nijoe-gustiya Ads.id Fan

    Joined:
    Jun 19, 2012
    Messages:
    234
    Likes Received:
    19
    Location:
    Newyork
    Saya tiba tiba pingin tau aja, kalau Bank negara sumber uangnya kan printing money.
    Kalau misal oknum di paypal kira kira punya celah gak ya untuk ngelakuin itu.

    Bukan ngilangin saldo sih fokus saya, tapi nambah saldo.
     
  6. rawapesona

    rawapesona 10000USD/Month

    Joined:
    Jan 26, 2011
    Messages:
    4,859
    Likes Received:
    372
    Location:
    https://proreview.host
    Mikirnya terlalu ribet
    Yg punya otoritas tentu aja orang terbatas, yang gajinya perbulan udah ribuan dollar. Jadi ngapain nyuri dan urusan sama FBI
     
  7. Nijoe-gustiya

    Nijoe-gustiya Ads.id Fan

    Joined:
    Jun 19, 2012
    Messages:
    234
    Likes Received:
    19
    Location:
    Newyork
    Saya kadang mempelajari cyber security, jadi saya kadang mencari celah keamanan system seperti paypal
    Tentunya agar libih faham saja, dan mengetahui kemungkinan kemungkinan yang bisa terjadi..
    Baik disengaja oleh perusahaan ataupun oknum.

    Diluar sana banyak pembiayaan pembiayaan organisasi internasional lewat paypal..
     
  8. newbiefans

    newbiefans Super Hero

    Joined:
    Sep 5, 2009
    Messages:
    2,087
    Likes Received:
    365
    Location:
    DKI JAKARTA
    saat ini ada Dave Montez yang merupakan Chief Audit Executive (CAE) di paypal

    sumber : _theorg.com/org/paypal/org-chart/david-montez
    _linkedin.com/in/dave-montez-4525106/

    Tugas dari CEA atau Chief Audit Executive semaksimal mungkin meningkatkan kerjasama lintas unit dan mengedepankan koordinasi dengan fungsi-fungsi terkait, langkah tersebut merupakan langkah utama yang dapat dilakukan oleh audit internal untuk organisasi. Risiko-risiko terbaru yang telah diidentifikasi dapat diolah menjadi peluang bagi perusahaan dengan manajemen risiko yang tepat, maka yang perlu dilakukan perusahaan adalah:

    ·Executive Audit perusahaan yang berkolaborasi dengan fungsi-fungsi terkait merupakan cara yang efektif untuk mengelola risiko pada skala enterprise. Dalam praktiknya, audit internal dapat fokus pada risiko-risiko yang dapat dimitigasi melalui pengendalian internal, sementara unit lain yang berada dalam perusahaan dapat melihat risiko lebih mendalam lagi untuk memberikan perspektif tambahan. Dengan berkolaborasinya seluruh unit atau fungsi yang terkait dalam pengidentifikasian, pengelolaan, dan pelaporan risiko akan memberikan gambaran tentang manajemen risiko yang lebih komprehensif.

    Tentukan bagaimana audit internal dan fungsi-fungsi terkait dapat memberikan bantuan maksimal bagi pengawasan oleh pimpinan atas manajemen risiko dan aktivitas tata kelola. Pertimbangkan tingkat maturitas manajemen risiko dan kemampuan dari unit audit internal beserta fungsi-fungsi lain untuk berkoordinasi melaksanakan Enterprise Risk Management.

    ·Tujuan utama dari fungsi audit internal adalah memberikan nilai tambah bagi organisasi melalui penilaian yang independen dan obyektif atas manajemen risiko, termasuk melalui penilaian terhadap kegiatan yang dilakukan oleh manajemen tingkat atas perusahaan. Jika suatu organisasi memiliki sejumlah fungsi yang terpisah pada manajemen tingkat menengah, yang bertugas melakukan penilaian risiko dan memberikan asurans atas beberapa area, maka organisasi tersebut harus mengembangkan pengendalian yang komprehensif bagi pimpinan atas aktivitas-aktivitas tersebut.

    ·Meninjau kembali efektivitas dari proses penilaian risiko untuk memastikan bahwa seluruh risiko telah diidentifikasi secara tepat oleh pimpinan.

    ·Sama seperti sistem pengendalian perusahaan yang pasti berbeda antar setiap organisasi, maka model praktik Enterprise Risk Management setiap organisasi akan menyesuaikan untuk setiap organisasi. Tinjau lebih dalam dan lakukan evaluasi setiap periode untuk mendapatkan model pendekatan Enterprise Risk Management yang terbaik bagi organisasi.

    sumber : _jtanzilco.com/blog/detail/778/slug/peran-chief-audit-executive-untuk-menghadapi-risiko-di-lingkungan-yang-dinamis

    Paypal sendiri sudah adalah sebagai perusahaan pelopor pembayaran online yang telah berdiri selama 23 tahun meresmikan untuk membuka saham publiknya di NASDAQ dengan meluncurkan IPO pada 15 Februari 2002. Jadi jika sudah menjadi perusahaan publik harus melaporkan audit juga sebagai keterbukaan untuk para pemegang saham dan juga para investor nya


    Perkembangan Saham PayPal dari Waktu ke Waktu
    Berikut ini merupakan penjelasan secara singkat mengenai pertumbuhan perusahaan PayPal dari awal diciptakan hingga hari ini.

    1998
    Agustus 1998. Peter Thiel bertemu Max Levchin setelah Thiel memberikan pidato di Universitas Stanford tentang peluang pasar global. Belakangan tahun itu mereka datang dengan ide dompet digital. Kemudian pada Desember 1998 PayPal didirikan.

    2000
    Januari 2000. Para pendiri dan manajer PayPal memperhatikan bahwa pengguna akhir di Internet meminta mitra komersial dan pembeli lain untuk memiliki akun PayPal. Hal ini ditujukan untuk mendorong pembayaran yang lebih cepat. Hampir seketika, PayPal membuka jalan bagi pembayaran eBay di situs, memberikan PayPal peningkatan basis pengguna yang signifikan.

    2001
    Pada Juni 2001, para pendiri membuang nama Confinity dan secara resmi mengubahnya menjadi PayPal dan di Februari 2002. PayPal (kode saham PYPL) go public dengan penerbitan saham perusahaan baru.

    IPO menjadi hit karena harga saham PayPal melejit hingga 50 persen dan menutup hari pertama perdagangannya pada 20 dolar AS per saham.

    2002
    Oktober 2002. PayPal dijual ke eBay seharga 1,5 miliar dolar AS, dalam “perkawinan” yang sangat dipuji antara lelang digital dan layanan pembayaran online.

    2006
    Kemudian pada April 2006. PayPal meluncurkan platform pembayaran mobile yaitu PayPal Mobile. Platform yang memungkinkan pelanggan untuk membayar melalui PayPal melalui ponsel mereka.

    2013
    Lalu di bulan September 2013, PayPal mengakuisisi perusahaan gateway pembayaran Braintree Systems, pemilik Venmo, pesaing pembayaran online, sebesar 800 juta dolar AS.

    2014
    Pada awal 2014. Masalah muncul ketika provokator Wall Street Carl Icahn, pemegang saham utama PayPal, menuntut agar PayPal berpisah dengan eBay.

    Tuntutan tersebut nyatanya disambut secara positif. Karena di bulan Juli 2014, pemegang saham perusahaan setuju dengan Icahn. Kemudian memaksa pemisahan antara dua raksasa teknologi dengan hasil akhir bahwa PayPal sekali lagi menjadi perusahaan publik tunggal.

    Pada hari saham PayPal mulai diperdagangkan, nilai pasar perusahaan mencapai 49 miliar dolar AS, secara instan menciptakan pasukan jutawan PayPal.

    2015
    Di bulan Juli 2015, Paypal setuju untuk membeli Xoom, sebuah perusahaan pengiriman uang digital seharga 890 juta dolar AS, yang membuka jalan bagi perusahaan untuk mempercepat penanganan pembayaran internasional.

    2016
    Januari 2016, Venmo, yang saat ini sudah menjadi anak perusahaan PayPal, telah melampaui 1 miliar dolar AS dalam pembayaran yang diproses selama satu bulan. Pencapaian tersebut merupakan level tertinggi yang pernah ada.

    2017
    Kemudian pada Februari 2017, PayPal meluncurkan sistem pembayaran peer-to-peer pertamanya, sehingga membangun pijakan yang kokoh di pasar P2P yang sedang berkembang.

    2020 hingga sekarang
    Perkembangan terkini dilakukan pada bulan November 2020, PayPal akhirnya memutuskan untuk menggunakan aset kripto pada layanannya.

    Perusahaan ini berkolaborasi dengan Paxos Crypto Brokerage untuk dapat memudahkan penggunanya untuk melakukan transaksi melalui PayPal dengan aset kripto

    sumber : _zipmex.com/id/learn/ketahui-analisis-saham-paypal-saat-ini/

    jadi balik ke pertanyaan TS paypal memang hrs ada laporan audit nya namun untuk security yg sampai menjebol server paypal sendiri punya tim security (baik hacker maupun cracker) yang menjaga nya keamanan server mengingat ini bisnis ratusan juta dollar.

    Untuk case tim audit sendiri pernah ada case di paypal australia

    sumber_.zdnet.com/article/paypal-australia-warns-external-audit-into-financial-crime-could-hurt-results/

    semoga data data di atas bisa membantu TS dan semoga TS dan semua member forum ads.id sukses selalu :)
     
    Last edited: Jul 3, 2021

Share This Page