1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

9 Ciri Backlink Berkualitas untuk Optimasi Off-Page SEO

Discussion in 'SEO Tips' started by oxavrezza, May 6, 2017.

  1. oxavrezza

    oxavrezza Banned

    Joined:
    May 1, 2017
    Messages:
    348
    Likes Received:
    18
    newbie izin share nih mastah, walaupun ini hasil nyomot dari web lain moga aja bisa memberi petunjuk untuk optimasi website - websitenya

    Mendapatkan backlink dari website lain merupakan strategi yang tidak boleh ditinggalkan jika ingin membangun blog sukses. Karena backlink masih memegang peranan krusial dalam upaya memperebutkan halaman pertama Google.

    Di zaman Google Penguin sekarang tidak semua backlink sama. Ada backlick yang mampu mendongkrak posisi SERP dengan baik dan sebagian lainnya malah bersifat merusak. Oleh karena itu, lebih baik berfokus membangun backlink berkualitas agar mendapat manfaat nyata

    Apa itu backlink berkualitas? Tentu semua webmaster punya kriteria masing-masing. Tapi secara umum semua webmaster akan setuju dengan ciri-ciri backlink berkualitas yang akan saya paparkan di bawah ini :

    Catatan penting : bukan berarti Anda harus memenuhi semua kriteria backlink dibawah karena itu keinginan yang tidak realistis dan sulit. Jika sudah memenuhi 3 atau 4 ciri backlink berkualitas saja, itu sudah cukup bagus.

    1. Relevansi
    Salah satu ciri backlink berkualitas yang paling mudah dilihat adalah relevansi antara “dimana link tersebut ditanam dan target dari link tersebut”. Misalnya sebuah blog bertopik tips ngeblog memberi link kepada blog lain dengan topik sejenis. Itu termasuk backlink berkualitas karena terlihat lebih alami di mata mesin pencari seperti Google dibanding dengan backlink yang berasal dari blog bertopik kesehatan.

    Selain itu, backlink yang memiliki relevansi tinggi cenderung mendapatkan lebih banyak klik karena pembacanya merupakan orang yang antusias terhadap topik yang diangkat (Diumpamakan keduanya merupakan blog niche).


    2. Dari Sumber Terpercaya
    Seharusnya sebuah backlink yang bagus berasal dari sumber-sumber terpercaya. Kalau di indonesia seperti situs kompas, wikipedia, atau portal-portal berita lain yang sudah punya brand besar.

    Dengan kata lain, backlink dari situs-situs spam atau situs yang memiliki konten kurus tidak akan banyak membantu Anda dalam upaya meningkatkan rangking suatu halaman.

    Lebih mudahnya, jika ingin mencari backlink, maka carilah dari situs-situs yang sudah populer, bukan situs yang baru dibuat.

    3. Trafik Tinggi
    Di masa sekarang penggiat SEO hanya mengetahui bahwa backlink hanya berfungsi untuk menaikkan peringkat di halaman hasil pencarian. Padahal ada fungsi lain dari backlink, yaitu mendatangkan trafik secara langsung dari sumber backlink.

    Menurut saya akan ada efek bola salju yang ditimbulkan jika Anda mendapatkan backlink dari situs yang bertrafik tinggi, yakni mendapatkan backlink secara sukarela dari pembaca yang datang. Itulah mengapa sebelum Anda membangun backlink, satu-satunya tugas Anda adalah menciptakan konten bermutu agar pembaca yang datang dari mana saja merekomendasikan tulisan Anda, termasuk orang-orang yang datang dari backlink di website lain.

    Artinya kesempatan Anda duduk manis di halaman pertama semakin besar karena jumlah backlink semakin banyak.

    4. Anchor Text yang Tepat
    Faktor lain yang sangat berpengaruh adalah kata-kata yang digunakan didalam link alias anchor text. Misalnya Anda mempunyai halaman berjudul “Panduan Belajar SEO”, maka anchor text yang bagus adalah “Panduan SEO”, “Belajar SEO”, dan sebagiannya. Bukan “Klik di Sini” atau “Baca di Sini”.

    Yang harus diperhatikan adalah jangan terlalu sering menggunakan anchor text yang sama persis dengan judul mengingat di masa sekarang Google menganggapnya sebagai kegiatan spam karena link semacam itu dianggap tidak alami dan merupakan usaha memanipulasi rangking.

    Idealnya setiap link yang Anda dapatkan harus terlihat sealami mungkin : Dengan memvariasiakan anchor text masing-masing link.

    5. Contextual Link
    Maksudnya adalah backlink yang berada di dalam konten atau postingan. Backlink dari komentar atau yang di pasang di footer dan sidebar juga kurang berguna di masa sekarang. Meskipun masih memiliki nilai yang melewati link juice, nilainya sangat kecil sehingga tidak akan berpengaruh banyak untuk meningkatkan rangking suatu halaman.

    6. Bersifat Do Follow
    Ciri lain yang tidak boleh Anda lupakan adalah attribut do follow. Do follow merupakan sinyal bagi bot Google untuk mengikuti (dianggap sebagai vote) link yang ada. Jika bersifat no follow, maka backlink tersebut tidak ada gunanya sama sekali dalam optimasi off-page.

    Catatan : secara default semua link bersifat do follow. Klik kanan pada halaman dan cari link yang mengarah ke situs Anda. Jika Anda menemukan attribut seperti ini : rel=”no follow”, itu berarti backlink yang Anda dapatkan tidak dihitung dalam proses penentuan rangking halaman.

    7. Backlink-Backlink Situs Otoritas dalam Halaman yang Sama
    Seandainya backlink yang mengarah ke situs Anda di tempatkan pada sebuah halaman yang juga memiliki link menuju situs berotoritas tinggi, maka Google akan mengindikasikan situs Anda sebagai website berkualitas.

    Namun sebaliknya, jika backlink yang menuju situs Anda berada di suatu halaman yang juga memiliki link menuju situs bereputasi buruk (katakanlah blog spam atau pornografi), maka semestinya Google tidak akan mengecap buruk situs Anda. Hanya saja sepertinya backlink tipe ini tidak akan ikut diperhitungkan dalam kalkulasi penentuan rangking halaman.

    8. Domain Authority dan Page Authority Tinggi
    Page rank masih digunakan Google sebagai salah satu penentu peringkat halaman. Hanya saja karena terlalu banyak spammer yang menyalahgunakan page rank untuk melakukan spam, Google akhirnya merahasiakan nilai page rank dari publik.

    Semenjak saat itu webmaster menggunakan nilai DA dan PA (dikembangkan oleh moz) untuk menentukan popularitas suatu website. Semakin tinggi PA dan DA nya, maka semakin bagus website tersebut di mata Google.

    Nah… logikanya, backlink yang didapat dari halaman-halaman yang memiliki PA dan DA tinggi merupakan jaminan kualitas. Lebih baik mendapatkan 1 backlink dari situs ber-DA 80 dan ber-PA 60 daripada 10 backlink dari situs ber-DA 30 dan ber-PA 20.

    9. Variasikan Sumber Backlink
    Sumber-Sumber backlink merupakan faktor lain yang ikut berpengaruh langsung kepada peringkat sebuah halaman.

    Lebih mudah dipahami: lebih baik Anda mendapatkan 100 backlink dari 50 domain yang berbeda dibandingkan mendapatkan 1000 backlink dari 10 domain yang berbeda.

    Intinya, variasikan sumber backlink yang mengarah ke situs Anda.


    Kesimpulan
    Sekarang Anda sudah tahu banyak tentang backlink berkualitas. Gunakan ciri-ciri di atas untuk berburu backlink dan Anda akan segera mendapat dampak positif dalam upaya menguasai mesin pencari. Hanya ada satu peringatan : jangan terlalu bernafsu sehingga Anda mendapatkan banyak backlink dalam waktu singkat karena akan dianggap tidak alami oleh Google dan berisiko mendapatkan penalti.
     
    Muhammad Jefri and pyurtube like this.
  2. bayunur

    bayunur Banned

    Joined:
    Oct 24, 2015
    Messages:
    364
    Likes Received:
    27
    nice information gan
     
    VijayUTK likes this.
  3. sulajam

    sulajam Hero

    Joined:
    Feb 15, 2013
    Messages:
    716
    Likes Received:
    14
    Thanks gan
     
  4. kambingdigital

    kambingdigital AdSense Fan

    Joined:
    May 6, 2017
    Messages:
    107
    Likes Received:
    9
    Location:
    Malang
    thanks gan sharingnya.
     
  5. saroni

    saroni AdSense Pro

    Joined:
    Mar 6, 2017
    Messages:
    264
    Likes Received:
    12
    Location:
    Jepara
    kayak pernah baca artikel ini ya.. hehehe
     
  6. newedit

    newedit AdSense Fan

    Joined:
    Oct 26, 2015
    Messages:
    157
    Likes Received:
    70
    nice share om
     
  7. aladiw

    aladiw AdSense Pro

    Joined:
    Nov 25, 2010
    Messages:
    274
    Likes Received:
    12
    Location:
    Jakarta
    Bagus gan

    Sent from my iris 870 using Tapatalk
     
  8. Aurell128

    Aurell128 New Comer

    Joined:
    May 15, 2017
    Messages:
    25
    Likes Received:
    2
    kalau kita nyari backlink dari web web yang .edu gitu mas? gimana? pengaruh ga yah untuk moneysite ataupun PBN PBN?
     
  9. rahmat.rian20

    rahmat.rian20 AdSense Fan

    Joined:
    Feb 6, 2017
    Messages:
    179
    Likes Received:
    30
    pengaruh bingits
     
  10. Aurell128

    Aurell128 New Comer

    Joined:
    May 15, 2017
    Messages:
    25
    Likes Received:
    2
    caranya mas? bukannya sekarang kita harus dapat backlink yang relevan.. kalau ga sesuai.. bisa dikira backlink spamming kan? apa .edu berbeda?
     
  11. IzhukaBenq

    IzhukaBenq AdSense Starter

    Joined:
    Jan 20, 2016
    Messages:
    56
    Likes Received:
    1
    Location:
    www.inspirasipertanian.com
  12. avirss

    avirss AdSense Fan

    Joined:
    Mar 23, 2014
    Messages:
    139
    Likes Received:
    7
    Location:
    Indonesia
    Intinya anda harus sabar dalam membangun website yang bagus... gg penting urus backlink.. yang baik berilah artikel yang bagus... rajin update dan memiliki keunikan...

    Jika kita hanya mencari backlink tanpa memiliki artikel yang bagus.. menurut saya percuma karena user datang ke web anda hanya beberapa menit saja setelah itu dia pergi..
     
    aghisna28 likes this.
  13. sandydoank12

    sandydoank12 Hero

    Joined:
    Nov 30, 2011
    Messages:
    675
    Likes Received:
    10
    matur tengkiyu infonya
     
  14. SimpleStudio Digital

    SimpleStudio Digital New Comer

    Joined:
    Jun 9, 2017
    Messages:
    18
    Likes Received:
    0
    Location:
    Jakarta
  15. Muktasir

    Muktasir New Comer

    Joined:
    Jun 18, 2017
    Messages:
    20
    Likes Received:
    2
    Location:
    Temanggung
    S
    Kalau untuk sekarang tidak begitu besar efeknya
     
  16. akudewe

    akudewe AdSense Pro

    Joined:
    Feb 3, 2016
    Messages:
    312
    Likes Received:
    15
    Location:
    banyuwangi
    trus yang efeknya besar n bagus backlink yang gimana ya gan
     
  17. Muktasir

    Muktasir New Comer

    Joined:
    Jun 18, 2017
    Messages:
    20
    Likes Received:
    2
    Location:
    Temanggung
    Dulu backlink seperti EDU, backlink-backlink berPageRank Tinggi memang jitu banget efeknya, untuk era jokowi ini sudah tidak lagi. Google lebih mempertimbangkan kualitas dibanding kuantitas. Sebenarnya backlink yang bagus itu link yang menuju halaman blog/website Anda yang diberikan oleh pemilik website lain secara natural dan editorial. Artinya pemilik blog/website dengan sadar (sengaja) memberikan link itu kepada Anda tetapi sifatnya sukarela (bukan karena diminta/dibayar).

    Untuk mendapatkan backlink seperti diatas memang tidak mudah, maka jika tetap harus memaksa untuk membangun backlink Anda bisa kenali 3 kriteria ini:

    1. Relevan
    Backlink ini yang berasal dari topik / niche yang relevan ini sangat bagus karena link jenis ini terlihat lebih natural bagi search engine.

    2. Contextual Links
    Backlink ini yang berada di dalam konten (artikel). backlink jenis ini berkualitas, karena links yang berada di dalam artikel biasanya related atau relevan dengan isi artikel (topik yang ditulis). Seperti yang sudah dijelaskan di kriteria pertama, link dari topik yang relevan sangat disukai search engine.

    3. High (DA PA)
    Backlink ini sebagai pengganti PageRank, karena pagerank sudah tidak update lagi sejak tahun 2012, maka penilaian Authority web bisa memakai alternative DA PA (Domain Authority dan Page Authority) semakin tinggi nilainya itu semakin bagus. Backlink jenis ini banyak juga dilakukan oleh praktisi SEO.

    Semoga membantu :)
     
    akudewe likes this.
  18. akudewe

    akudewe AdSense Pro

    Joined:
    Feb 3, 2016
    Messages:
    312
    Likes Received:
    15
    Location:
    banyuwangi
    manteb, makasih bnget gan
     
  19. ninabobo

    ninabobo AdSense Pro

    Joined:
    Jun 15, 2012
    Messages:
    340
    Likes Received:
    12
    Mantap gan, ada benernya jg.
    Emg permainan hrus digeser sedikit ini paradigma nya utk sukses di 2017
     
  20. meetblogger

    meetblogger New Comer

    Joined:
    Jul 16, 2019
    Messages:
    6
    Likes Received:
    1
    Sekarang masih berlaku ngga ya?
     

Share This Page