1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

( ASK ) Adat jawa - Anak no.1 tidak boleh menikah dengan Anak no.3

Discussion in 'Chit Chat' started by Eka Lesmana, Jun 23, 2013.

  1. Eka Lesmana

    Eka Lesmana Super Hero

    Joined:
    Oct 16, 2012
    Messages:
    1,120
    Likes Received:
    1,955
    Location:
    Dimana aja bisa
    Malam sobat ads id

    Kali ini bukan share tips ataupun trik adsense melainkan curhatan ane nich .


    Tidak usah panjang lebar langsung aja ya gan :


    Begini gan ane punya pacar , kita pacar udah 3 tahunan dan berencana menikah di tahun 2013 ini .


    Tapi orang tua saya sendiri tidak merestui hubungan kami dengan alasan yang ga masuk akal :


    Ane sendiri adalah anak nomer 1 dan pacar ane akan nomer 3 .


    Menurut adat jawa kata ortu ane , anak nomer 1 tidak boleh menikah dengan anak nomer 3 .


    Katanya kalau sampai nikah hidupnya bakal sengsara dan sial .



    Denger itu dan ga di restuin ane jadi tambah blingsatan , di sini ane tetep ga setuju sama ortu ane gan .

    Dalam islam jelas - jelas sudah di jelaskan kita tidak boleh menikah berikut :
    • saudara kandung ( sedarah )
    • saudara sesusu
    • nikah dengan ortu

    lah kok ini ga ada hubungan sama sekali ga boleh nikah .


    Mohon solusi agan - agan di forum ini - terimakasih banyak
     
    mas.tomix and MustAct like this.
  2. p3tir

    p3tir Super Hero

    Joined:
    Jan 3, 2013
    Messages:
    1,154
    Likes Received:
    84
    wah primbon tuh, mitos
     
  3. newbieinadsense

    newbieinadsense Super Hero

    Joined:
    Sep 30, 2009
    Messages:
    3,299
    Likes Received:
    62
    Location:
    NGALAMRAYA
    Ana di Malang gan, ane anak pertama & istri ane anak ke 3 gan ..

    ya mungkin ortu agan bisa dikasih penjelasan pelan2, bahwa hal ini gak ada di ajaran islam..
     
    mas.tomix likes this.
  4. ctrld

    ctrld AdSense Fan

    Joined:
    Jun 19, 2013
    Messages:
    231
    Likes Received:
    12
    Coba dibicarakan lagi sama kedua ortu dengan cara yg lembut dan gak nyinggung perasaan, bila perlu ajak orang yg lebih tua dan paham agama.. Kalo emang jodoh gak kemana kok..
     
  5. MustAct

    MustAct Hero

    Joined:
    May 27, 2013
    Messages:
    617
    Likes Received:
    55
    Location:
    Didepan Komputer bang, xixixi
    waduh, ini sama seperti ftv di tivi kemarin gan. .
    endingnya sih si cowo' berhasil ngeyakinin orang tuanya,
    kalo dia mampu dalam hal materi dan rohani, serta bisa buat jadi imam dalam rumah tangga nanti,
    yakinkan banget, mantebpin SaMaRa
    sakinah mawadah warahmah bisa tercapai. .

    intinya sih orang tua itu teteb mau yang terbaik buat kita gan,

    Semoga saran saya membantu dikit dikit lah ya. .
    :senyum:
    Dan semoga segera dapet solusi yang terbaik buat agan dan ortu agan. .
     
  6. Eka Lesmana

    Eka Lesmana Super Hero

    Joined:
    Oct 16, 2012
    Messages:
    1,120
    Likes Received:
    1,955
    Location:
    Dimana aja bisa
    Iya gan ga masuk logika kan

    Perlu bawa pak ustad kali ya gan biar jelasin ke ortu
     
  7. Eka Lesmana

    Eka Lesmana Super Hero

    Joined:
    Oct 16, 2012
    Messages:
    1,120
    Likes Received:
    1,955
    Location:
    Dimana aja bisa
    Makasih gan sarannya

    Terimakasih gan , mantep banget . insya allah dari segi materi dan rohani ane sanggup
     
  8. kang28ivan

    kang28ivan Family Hero

    Joined:
    Jun 13, 2012
    Messages:
    925
    Likes Received:
    57
    Location:
    Tasikmalaya - Sunda, Palu - Kaili, Indonesia
    Itu kan hanya adat adat jawa saja gan, kalau setau ane, apalagi kalau sama-sama wong jowo ga ada larangannya mungkin.

    tapi dulu pengalaman ane gan (curhat juga ya :D), dulu ane juga pnya pacar orang jogja dan ane sendiri orang sunda, pacaran udah 2taun lebih dan rencana mau nikah tapi si orang tua perempuan ngotot ga merestui, alasanya katanya : laki-laki sunda kalau nikah sama perempuan jawa bakal sengsara dan hidupnya ga tenang (wallahu a'lam, itu cuma tuhan yang tau), dari pihak keluarga ane mah fine-fine saja mau menikah sama orang mana kaga ada larangan yang pasti harus serius dan tanggung jawab. cuma ane sendiri juga ngotot tapi ya akhirnya nyerah juga dan mungkin memang bukan jodohnya. akhirnya dapetin jodoh orang sebrang deh di sulawesi :))

    menurut ane semua kembali ke masing2 juga, kalau misal masih percaya adatnya jaman dulu ya susah juga hehe, secara hukum islam ga ada larangannya terkecuali yang agan sebutkan di atas itu.
     
  9. Eka Lesmana

    Eka Lesmana Super Hero

    Joined:
    Oct 16, 2012
    Messages:
    1,120
    Likes Received:
    1,955
    Location:
    Dimana aja bisa
    Penah denger juga gan orang sunda sama jawa ga boleh nikah . Hadeh hadeh adat kok ga masuk logika . jodoh rejeki mau bukannya di tentuin tuhan bukannya adat ya
     
  10. kang28ivan

    kang28ivan Family Hero

    Joined:
    Jun 13, 2012
    Messages:
    925
    Likes Received:
    57
    Location:
    Tasikmalaya - Sunda, Palu - Kaili, Indonesia
    wallahu a'lam gan yang pasti ga ada di hukum islam larangan ga boleh menikah antar suku, ane juga kurang ngerti lah masalah adat jaman dulu, yang masih kental adat nya pasti mereka orang tua jaman dulu hehe...

    intinya pesan dari ane mah, ga usah berkecil hati dulu, tetep berusaha saja,
    kalau memang diri pribadi agan udah ga bisa dan capek (mungkin) ya sudah tinggalkan kalau itu jalan baiknya dan mungkin bukan jodohnya juga, dari pada durhaka sama orang tua juga kan lebih ga boleh tuh :D
     
  11. MustAct

    MustAct Hero

    Joined:
    May 27, 2013
    Messages:
    617
    Likes Received:
    55
    Location:
    Didepan Komputer bang, xixixi
    Solo semarang, kita kota beradat,
    cuman musti pinter milah milah gan. .
    ada juga sih beberapa adat jawa yang memang bener dan itu real,
    :D

    tapi jangan tanya ane adat yang mana, :D
    :peace:
     
  12. Eka Lesmana

    Eka Lesmana Super Hero

    Joined:
    Oct 16, 2012
    Messages:
    1,120
    Likes Received:
    1,955
    Location:
    Dimana aja bisa
    Walah gan kalau di tinggalin mana bisa , kita jalin hubungan dah lebih dari 3 tahun dan saling cinta .
     
  13. Eka Lesmana

    Eka Lesmana Super Hero

    Joined:
    Oct 16, 2012
    Messages:
    1,120
    Likes Received:
    1,955
    Location:
    Dimana aja bisa
    Setuju gan , harus pinter pinter milih juga adat yang bener ama yang ga .
     
  14. Cendol

    Cendol Ini Bisa Sampai Berapa Kata ?

    Joined:
    Nov 6, 2012
    Messages:
    2,169
    Likes Received:
    254
    betul gan,tapi saya punya contoh
    ada tetangga saya Laki" dari Sunda dan Perempuannya Jawa ( maaf bukan sara )
    kalau menurut adat jawa memang dilarang katanya sial lah atau gimana lah
    Tapi nyatanya mereka kok fine" aja,malah usahanya maju dan berkecukupan istilahnya
    dan sekarang sudah punya Cucu dan hidup bahagia sampai kakek nenek..

    Dan Ada pengalaman lagi dari saudara ane yang cw ( ane orang jawa )
    Menikah dengan laki" sunda,Dan ini kebalikannya,
    setelah menikah si baby meninggal gan,dan ga lama si suami pun ikut meninggal juga
    tapi skrng sdra ane dah menikah lagi dg laki" jawa juga dan alhmdllh bahagia..

    yah mungkin semua itu hanya mitos,
    yg ga bisa dijelaskan dengan logika dan ga bisa dijabarkan melalui agama.
    Semua kembali kepada diri kita masing".


    sekian dan terima kasur :D
     
  15. kang28ivan

    kang28ivan Family Hero

    Joined:
    Jun 13, 2012
    Messages:
    925
    Likes Received:
    57
    Location:
    Tasikmalaya - Sunda, Palu - Kaili, Indonesia
    Ya kalau dilihat dari sisi lamanya dan masalah hati sudah pasti tidak akan menerima, ane juga mengalami itu dan pasti rasanya gimana ga perlu di sebutkan lagi pasti tau agan :nangis:
    Resikonya ya seperti itu bukan saran :D, tapi ya agan tentunya berusaha juga pastinya :semangat!:
    Do'a aja ane mah gan, mudah-mudahan lancar semuanya dan tercapai apa yang di cita-citakan sama agan + calon istrinya :salaman:
     
  16. serampangan

    serampangan Super Hero

    Joined:
    Nov 4, 2010
    Messages:
    1,069
    Likes Received:
    116
    Location:
    Sukoharjo-Tangerang-Sungailiat
    minta tolong sama saudara situ yg lebih paham ma agama
    atau orang lain yg sekiranya "pantas" untuk memberi masukan kepada orang tuanya situ
    jangan lupa shalat sunnah malam hari
    mudah2an diberikan jalan terbaik (pilihan terbaik) lalu juga minta dibukakan kelapangan hati orang tua serta minta dilancarkan urusannya
    kami keluarga besar disini cm hanya bisa membantu semampu kami berupa sumbang pikiran dan doa mudah2an agan dapat yg terbaik
     
  17. Eka Lesmana

    Eka Lesmana Super Hero

    Joined:
    Oct 16, 2012
    Messages:
    1,120
    Likes Received:
    1,955
    Location:
    Dimana aja bisa
    Mati jodoh rejeki hanya tuhan yang tau dan ialah yang mengatur . tidak ada adat ataupun alat yang bisa melanggar kuasa tuhan

    Versi ane gan

    Iya gan mungkin jalan satunya ane bawa pak ustad atau kyai ke rumah buat jelasin ke ortu ane gan biar pada enak . Kalau ga di ijinin ya kawin lari tetep ane lakonin gan
     
  18. Eka Lesmana

    Eka Lesmana Super Hero

    Joined:
    Oct 16, 2012
    Messages:
    1,120
    Likes Received:
    1,955
    Location:
    Dimana aja bisa
    Makasih gan , ane juga berfikir seperti itu
     
  19. lanjar

    lanjar Super Hero

    Joined:
    Dec 31, 2010
    Messages:
    1,680
    Likes Received:
    55
    Location:
    Bogor "The Rain City"
    Saya (orang jawa anak 1) menikah dengan istri (orang sunda anak 3). saya inget banget pesan sbb :

    Cinta sejati selalu datang pada saat yang tepat, waktu yang tepat, dan tempat yang tepat..... Ia tidak pernah tersesat sepanjang kalian memiliki sesuatu. Apa sesuatu itu.....?

    sesuatu itu adalah pemahaman yang baik bagaimana mengendalikan perasaan.

    Tetap semangat mas
     
  20. p3durungan

    p3durungan Super Hero

    Joined:
    Jan 26, 2009
    Messages:
    18,674
    Likes Received:
    6,027
    Location:
    depan laptop
    ane pacaran 10 tahun lebih Gan, sama juga ada ditentang ortu :senyum: tinggal bagaimana kita dan pasangan aja beneran dah klop berani hadapi apa pun atau gak....
     

Share This Page