1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

( ASK ) Adat jawa - Anak no.1 tidak boleh menikah dengan Anak no.3

Discussion in 'Chit Chat' started by Eka Lesmana, Jun 23, 2013.

  1. Eka Lesmana

    Eka Lesmana Super Hero

    Joined:
    Oct 16, 2012
    Messages:
    1,120
    Likes Received:
    1,955
    Location:
    Dimana aja bisa
    Terimakasih gan , sangat bermanfaat banget buat ane
     
    lanjar likes this.
  2. Eka Lesmana

    Eka Lesmana Super Hero

    Joined:
    Oct 16, 2012
    Messages:
    1,120
    Likes Received:
    1,955
    Location:
    Dimana aja bisa
    Aduh Om satgas mampir dimari , pacaran 10 tahun om lama banget ya .
    Tapi dalam hubungan di perlukan sebuah keseriusan dan keberanian .
    Makasih banget ya om sarannya
     
  3. cahnekad

    cahnekad Hero

    Joined:
    Jun 2, 2013
    Messages:
    737
    Likes Received:
    13
    Location:
    Ngawi
    saya jg pernah ngalamin gan, tp bedanya kalo saya sama2 jawa tp beda desa. waktu itu yg dipermasalahkan adalah rumah cewk saya satu arah sama asal rumah ibu saya. katanya ga baik, kl orang jawa bilang. saya cb jelaskan, tp te2p ga stuju. Bahkan cewk saya marah dan nuduh macem2, tp dgn berjalannya waktu bisa mengerti. Akhirnya smpai skrng bs berteman, bahkan kdng kalo mudik mampir kerumahnya. Saya berpikir kalo memang jodoh ga akan kemana kog, akhirnya saya ikutin kata orang tua. seandainya kalo disruh milih orang tua atau cewk saya, lbh milih orang tua. komitmen saya menikah bukan hnya buat diri sendiri, tp buat keluarga jg. kalo orang tua aja ga merestui, apa bisa jadi kluarga yg SAMAWAH.. maaf kl ikut curhat.. :D
     
  4. Eka Lesmana

    Eka Lesmana Super Hero

    Joined:
    Oct 16, 2012
    Messages:
    1,120
    Likes Received:
    1,955
    Location:
    Dimana aja bisa
    Emang sih gan restu itu penting , tapi apa kita rela melepas kekasih hati kita gara2 adat yg ngaco
     
  5. Cendol

    Cendol Ini Bisa Sampai Berapa Kata ?

    Joined:
    Nov 6, 2012
    Messages:
    2,168
    Likes Received:
    254
    klo kimpoi undang" om mod :D
    By PM aje ye :D
     
  6. ahmad11

    ahmad11 Hero

    Joined:
    Jul 21, 2011
    Messages:
    660
    Likes Received:
    26
    Location:
    living in the darkness
    Iya mas coba beri penjelasan pelan2 kpd ortu . Dalam timbangan syariah kepercayaan spt ini adalah terlarang . Yaitu keyakinan adanya kekuatan yg dapat mendatangkan kebaikan dan keburukan yg hanya Tuhan saja yg mempunyai kuasa atas semua itu . Terhalang ny sesuatu krn takut yg didasari kepercayaan semacam ini , maka ini lah perbuatan syirik . Sedangkan dosa syirik adalah dosa yg tidak terampuni di sisi Allah .
    Beri penjelasan ilmiah dan lakukan dg kesabaran . Semoga ortu dapat mengerti :)
     
  7. cahnekad

    cahnekad Hero

    Joined:
    Jun 2, 2013
    Messages:
    737
    Likes Received:
    13
    Location:
    Ngawi
    emang yakin dia jodoh kita..? apa mau agan bahagia, tp ortu ga bahagia..? "Ridha Allah pada ridha orangtua dan murka Allah pada murka orangtua" monggo pilih mana.. :)
     
  8. Eka Lesmana

    Eka Lesmana Super Hero

    Joined:
    Oct 16, 2012
    Messages:
    1,120
    Likes Received:
    1,955
    Location:
    Dimana aja bisa
    Pilihan yg berat gan . tapi nanti di coba perlahan aja . pengennya di restui bukan acar pilih salah satu
     
  9. sathreea

    sathreea Super Hero

    Joined:
    Jun 13, 2011
    Messages:
    7,762
    Likes Received:
    985
    Location:
    Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia
    Tentang aja gan jika agan merasa benar, dan jelaskan se rinci rincinya. Cheers :)
     
  10. SOEGGI

    SOEGGI SUPERHERO

    Joined:
    Nov 10, 2012
    Messages:
    423
    Likes Received:
    6
    Location:
    jakarta
    intiya org tua ga setuju gan ikutin aja kalo ga dapet restu da pasti susah gan ... cinta kan ga harus memiliki ...bener ga
     
  11. Eka Lesmana

    Eka Lesmana Super Hero

    Joined:
    Oct 16, 2012
    Messages:
    1,120
    Likes Received:
    1,955
    Location:
    Dimana aja bisa
    iya gan makasih

    Ngomong aja mah gampang gan
     
    mbendoll likes this.
  12. cahnekad

    cahnekad Hero

    Joined:
    Jun 2, 2013
    Messages:
    737
    Likes Received:
    13
    Location:
    Ngawi
    jgn ngikutin hawa nafsu, Allah lbh tahu yg terbaik buat kita. cb renungkan, ambil hikmahnya.
     
  13. Eka Lesmana

    Eka Lesmana Super Hero

    Joined:
    Oct 16, 2012
    Messages:
    1,120
    Likes Received:
    1,955
    Location:
    Dimana aja bisa
    Gan niat kita nikah itu suci karena kami saling mencintai , 3 tahun lebih kami bina hubungan kami dengan tujuan kepelaminan untuk menuntaskan kami sebagai musllim yaitu menikah .
     
  14. cahnekad

    cahnekad Hero

    Joined:
    Jun 2, 2013
    Messages:
    737
    Likes Received:
    13
    Location:
    Ngawi
    menikah itu sunnah, tp harus da restu orang tua. kalo ortu ga stuju, sp yg jadi wali?
     
  15. Eka Lesmana

    Eka Lesmana Super Hero

    Joined:
    Oct 16, 2012
    Messages:
    1,120
    Likes Received:
    1,955
    Location:
    Dimana aja bisa
    Makanya jelasin perlahan ke ortu gan biar di restuin
     
  16. SOEGGI

    SOEGGI SUPERHERO

    Joined:
    Nov 10, 2012
    Messages:
    423
    Likes Received:
    6
    Location:
    jakarta
    ga usa di jelasin, orang tua lebih paham tentang kemauan anaknya, jutru anak yang belum mengerti ...
     
  17. Mr.Amr

    Mr.Amr Hero

    Joined:
    Jan 18, 2013
    Messages:
    736
    Likes Received:
    26
    Location:
    Earth
    Waduh,,,msh ada aja orang tua yg msh percaya kyak g2
     
  18. netral

    netral I'm silent reader

    Joined:
    Sep 25, 2010
    Messages:
    158
    Likes Received:
    15
    Location:
    Bantul
    Klo ortu ane msh pake adat seperti ini, bs berabe gan.

    Orng jelek macem ane susah nyari pacarnya, ada cewek yg mau ma ane aja udah bersyukur bngt.

    Klo ortu ane nerapin adat kyk gini, kpn ane nikahnya ya? Bisa2 ane mlh gk laku ampe umurnya nambah tua.

    Nasib jd orng jelek macem ane, nyari pcr susahnya minta ampun, tp giliran udh dpt pcr/calon bini mlh gk dpt restu dr ortu. Haduh2x..

    Smoga ortu ane gk pake adat2an kyk gini. Amien2x..
     
  19. nasdin

    nasdin Super Hero

    Joined:
    May 28, 2013
    Messages:
    821
    Likes Received:
    182
    emang semua itu Alloh yg ngatur tapi bukan berarti dg pacaran sekian tahun kemudian kita berhak mengclaim dia adalah jodoh untuk dijadiin istri kan?

    dalam beberapa kitab primbon sendiri yg pernah saya baca, Betaljemur adammakna, Lukmanakim Adammakna dan Atassadhur adammakna tidak tercantum mengenai lusan atau mungkin karna saya kurang/tidak bisa memahami setiap isi dari primbon2 tsb.

    mengenai kekhawtiran ortu agan, dalam Islam hal itu disebut Tathayyur, yg secara singkat berarti merasa bernasib sial (pamali/kualat -red) karena sesuatu yang dilihat atau didengar atau karena sesuatu yang diketahui berdasarkan hitung2an dan ramalan seperti primbon dan astrologi seperti horoskop(zodiak)

    Sabda Nabi SAW mengenai tathayyur “Itu hanyalah perasaan di dalam hati seseorang di antara kalian. Maka janganlah hal itu menghalangi-halangi kalian.” (HR. Ahmad)

    Kembali ke larangan ortu agan, saran saya sering2lah berdo'a memohon kepada Alloh "kalau sekiranya dia adalah jodohku, maka peliharalahh hubungan kami agar senantiasa mendapat ridho-Mu dan luluhkanlah hati kedua orang tuaku, kalau sekiranya dia bukan jodohku, maka jauhkanlah kami dengan cara yang baik dan jauhkanlah kami dari kekecewaan dan kebencian"
     
    mas.tomix, nawustik and mbendoll like this.
  20. jasperson

    jasperson AdSense Starter

    Joined:
    Jun 16, 2013
    Messages:
    98
    Likes Received:
    3
    Location:
    Padang Sidempuan
    setahu saya seh hukum di seantero jagat raya cuman 3 :
    1. Hukum agama
    2. Hukum pemerintah
    3. Hukum adat

    kalau larangan itu termasuk di hukum adat ya mau tak mau suka tidak suka harus dituruti.
     

Share This Page