1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

( ASK ) Adat jawa - Anak no.1 tidak boleh menikah dengan Anak no.3

Discussion in 'Chit Chat' started by Eka Lesmana, Jun 23, 2013.

  1. denindra

    denindra AdSense Fan

    Joined:
    Dec 23, 2012
    Messages:
    149
    Likes Received:
    1
    Location:
    Tulungagung jawa timur
    Maaf hanya saran saja gan. coba bicarakan dengan ortu dulu alsannya apa.dan jangan beritahukan ini kepada calon ente, karena maaf wanita itu sensitif. dia pasti mengira kalo alsan ente atau keluarga ente yang gak suka sama dia.Jika ente bicarakan juga dengan yang di tuakan di keluarga besar. jangan dulu bawa orang luar untuk memberi saran ortu kita, gak sopan. ini ranah pribadi keluarga. baru setelah dibicarakan dengan kluarga ente kasih ide bagaimana kalo mendatangkan ahli agama yang di segani di daerah ente. untuk menguatkan keyakinan ente bahwa adat itu tidak salah tetapi hanya perlu di luruskan sesuai akhidah agama. :semangat!:
     
  2. dhyar

    dhyar Super Hero

    Joined:
    Feb 10, 2007
    Messages:
    2,508
    Likes Received:
    142
    Location:
    Tasikmalaya
    Dari 2007 ane tinggal di jogja dan menikah 2009 dengan orang sragen, ane sendiri orang sunda tulen :D
    Mitos yang beredar memang menyatakan klo cowok sunda nikah ma cewek jawa, hidupnya akan susah, sengsara dsb. Meski ane belum tajir, insyallah ane pasti mematahkan mitos tsb. Sedangkan di daerah jawa sana mitos berkembang bahwa cowok sunda itu pemalas!

    Sejak persiapan menikah, ane baru tahu kalau adat disana memang kental banget...kejawen mungkin sebutannya. Prosesi pernikahanpun ribet banget, banyak yg tidak sejalan dengan prinsip dan keyakinan kami (ane ma bini). Tapi demi menghormati orangtua, semua prosesi ane ikutin...mulai dari ga mandi seharian sebelum nikah, siraman/mandi bunga, dll. Prosesi nikahanpun selama 2 hari yang mana didalamnya ada prosesi pemuda disana minta jatah (mabok), dan kamipun dengan terpaksa memberikannya. Singkatnya prosesi tersebut membuat finansial kami tekor abis...dan harus memulai kehidupan benar2 dari nol, tanpa modal tanpa tabungan.

    Inti cerita diatas: Adat kejawen di daerah2 tertentu memang sangat kuat! Percuma jika ente memaksakan kehendak, terlebih jika orangtua/calon mertua ente orangnya keras kepala!

    Dari pengalaman ane:
    Mertua ane orangnya keras...tapi dengan keyakinan dan kesabaran, semuanya bisa luluh! Sekarang klo ane mudik ke Sragen, bagaikan raja :D wkwkwk. Apa yang biasanya tabu dilakukan orang sana, sekarang tidak segan utk dilakukan. Anak ane jadi cucu kesayangan juga, bahkan jadi cicit kesayangan eyang oyutnya.

    Kuncinya adalah kesabaran dan tunjukan rasa tanggung jawab ente dengan penuh keyakinan! Ga boleh ada perasaan pesimis sedikitpun dalam hati, harus yakin 100%. Kemudian jangan melakukan hal2 yang tercela yang bisa mengurangi kepercayaan ortu or camer ente.
     
  3. extraldonary

    extraldonary Pejuang Blog

    Joined:
    Jan 19, 2008
    Messages:
    2,663
    Likes Received:
    480
    Location:
    aldohas.com
    klo ente laki-laki udah baligh, bisa nikah sendiri,
    nikah itu urusan laki2 dengan wali calon istrinya, yg perlu ente dapetin tuh restu dari bapak calon istri, klo udah setuju, pernikahan sah

    tp bukan berarti harus bertentangan dengan ortu, krn bagaimanapun ortu harus diperlakukan dengan baik, klo berdebat harus dengan pelan, kalau perlu ente diam aja, gak perlu komentar klo gak bisa nasehatin dengan baik, dan setelah nikah nanti banyak2in lagi berbakti kepada ortunya, insyaAllah ortu itu orang yg sangat sayang sama anaknya, klo anaknya bahagia, mereka juga akan bahagia walau awalnya tidak setuju

    Adat klo gak sesuai syariat, ente harus mendahului syariat
    itu yg bener menurut ane, Wallahu'alam
     
  4. ideku

    ideku Newbie

    Joined:
    Oct 3, 2011
    Messages:
    1,065
    Likes Received:
    22
    coba gan minta bantuan saudara (uwak,ustad/ulama dikampung ente atau siapa saja yg di tuakan/dihormati oleh orang tua ente)...minta tolong kepada mereka agar menjelaskan hal tsb ke orang tua ente, insya allah klo yg menjelaskan mereka2 yg dihormati, niscaya orang tua ente bisa paham/menerima/mengerti penjelasan tsb...jangan lupa utk selalu berdoa mohon yg terbaik kpd-Nya...semoga urusan ente dimudahkan oleh-Nya...amin!
     
  5. Eka Lesmana

    Eka Lesmana Super Hero

    Joined:
    Oct 16, 2012
    Messages:
    1,120
    Likes Received:
    1,955
    Location:
    Dimana aja bisa
    Gan di sini saya cari solusi bukan mau debat

    Maklum gan ortu ane orang desa plosok belum dapet sentuhan jaman sekarang , untuk agama pun juga belum terlalu

    Semoga ya gan , ortu ane masih percaya sama adat jawa dan belum bisa memilah kayaknya
    Makasih gan inponya , sangat bermanfaat bagi saya

    Hem , bisa dak nikah ikah donk gan , hukum adat kalau masuk logika saya nurut kalau dak
     
  6. Eka Lesmana

    Eka Lesmana Super Hero

    Joined:
    Oct 16, 2012
    Messages:
    1,120
    Likes Received:
    1,955
    Location:
    Dimana aja bisa
    makasih gan sarannya , sangat bermanfaat bagi saya sekali lagi terimakasih

    Sangat menginspirasi dan sangat setuju gan , terimakasih banyak

    1 lagi saran yang bagus dang memotivasi saya untuk meluluhkan ortu ane , makasih gan
     
  7. supermance

    supermance Super Hero

    Joined:
    Jan 26, 2009
    Messages:
    2,109
    Likes Received:
    116
    Location:
    Mirrorcle World
    Sejenis sama : Orang Sunda ga boleh nikah sama orang Padang. Sering bgt denger yang kaya gini. hadeh kasian bgt yang kebetulan ada di posisi bgitu. wekekeke.

    Tp ya tergantung pribadi masing-masing. Kehidupan kita yang jalanin atau mereka? that's the question
     
  8. Pebisnisonline

    Pebisnisonline Super Hero

    Joined:
    Jun 15, 2011
    Messages:
    3,708
    Likes Received:
    509
    Location:
    Indonesia
    Dibicarakan aja lagi ke ortunya gan. kayaknya masih kuat banget tradisi ortunya...

    bisa sial? gak juga... gak ada hubungannya tuh :)
     
  9. mbendoll

    mbendoll Blogcepoters

    Joined:
    Jan 30, 2013
    Messages:
    1,984
    Likes Received:
    1,141
    Location:
    Listen Metal Music \m/ Headbanging, Moshing, Body
    ini mungkin bisa menjelaskan mas :senyum:
    sumber:
    PHP:
    http://gustav4rt.blogspot.com/2013/05/mitos-orang-sunda-dilarang-menikah.html
     
  10. alhijr

    alhijr Super Hero

    Joined:
    Feb 27, 2010
    Messages:
    4,462
    Likes Received:
    864
    Location:
    PIN : 7568977
    semoga hati ortu mas eka bisa luluh deh
     
  11. phustaman

    phustaman AdSense Fan

    Joined:
    Mar 20, 2013
    Messages:
    183
    Likes Received:
    4
    Ane anak no 1 istri ane anak no 3. Nikah sudah 4 tahun, anak dah 2. Sampe sekarang alhamdulillah rezekinya cukup terus gan.....padahal ibu ane sama mertua ane orang jawa lo, pas ane mau nikah ga ada larangan dengan alasan aeperti yg agan alami. Semoga diberi kemudahan dan segera menikah ga...aamiin...
     
  12. Eka Lesmana

    Eka Lesmana Super Hero

    Joined:
    Oct 16, 2012
    Messages:
    1,120
    Likes Received:
    1,955
    Location:
    Dimana aja bisa
    Iya gan , hatrus lebih lembut dan detail lagi nich sama ortu . orang jawa sukanya hubungin hal hal sial dengan seperti itu

    Iya gan siap

    Amin amin ya allah
     
  13. Eka Lesmana

    Eka Lesmana Super Hero

    Joined:
    Oct 16, 2012
    Messages:
    1,120
    Likes Received:
    1,955
    Location:
    Dimana aja bisa
    Sangat menginspirasi gan
     
  14. Eka Lesmana

    Eka Lesmana Super Hero

    Joined:
    Oct 16, 2012
    Messages:
    1,120
    Likes Received:
    1,955
    Location:
    Dimana aja bisa

    Wah enak ya gampang banget di restuin dan ga ada mitos bakal sial , semua kan dah ada yg ngatur yaitu tuhan . Makin bersemangat gan makasih banyak
     
  15. bangzens

    bangzens New Comer

    Joined:
    Jun 14, 2013
    Messages:
    32
    Likes Received:
    0
    Location:
    Magetan

    ane juga pernah dibilangin ky gtu gan ama ortu waktu msh smp dulu..... kirain itu dulu cma alasan orang tua ane biar gk pcaran dlu wktu itu....tp ternyata klo menurut adat jawa emang ada sich hal2 ky gt.. klo mnurut ane.. qta sbagai muslim jgan terlalu prcya sma hal yg ky gt.. tp itu sebaiknya qta jadikan sbgai antisipasi qta gan... untuk mnghindari hal2 yg tidak d inginkan
     
  16. Eka Lesmana

    Eka Lesmana Super Hero

    Joined:
    Oct 16, 2012
    Messages:
    1,120
    Likes Received:
    1,955
    Location:
    Dimana aja bisa
    Sip gan , makasih ya
     
  17. sakahuebat

    sakahuebat Super Hero

    Joined:
    Dec 26, 2009
    Messages:
    795
    Likes Received:
    20
    Location:
    Semarang
    nah 3 perkara itu jelasin ke ortu agan
     
  18. Eka Lesmana

    Eka Lesmana Super Hero

    Joined:
    Oct 16, 2012
    Messages:
    1,120
    Likes Received:
    1,955
    Location:
    Dimana aja bisa
    Pasti gan
     
  19. bayucity

    bayucity Banned

    Joined:
    Oct 11, 2010
    Messages:
    545
    Likes Received:
    13
    Maaf sy ingin urun imformasi saja ... pengalaman nyata .... sy ada 1 temen yg "orang tuanya masih memegang teguh hal semacam itu" ... seperti :
    1. tdk boleh nikah dg orang yg wuwung rumahnya sejajar.
    2. tdk boleh nikah dg arah ngalor ngulon
    3. tidak boleh nikah siji telu.
    4. tidak boleh nikah di tahun kematian orang yg tercinta ( geblak e mbahe ) dll

    yg terjadi apa :
    1. temen saya molor 6 tahun dari rencana nikah umur 25 ( umur 31-32 baru nikah )
    2. tidak sesuai dengan yg diinginkan orang tua
    3. akirnya temen saya bisa nikah setelah bapaknya meninggal
    4. nikahnya ngidul ngetan .. tentu dak ideal

    Kesimpulannya :
    1. pemborosan waktu jika mengikuti hal semacam itu.
    2. sangat-sangat merugikan diri kita
    3. ingat seperti apapun kondisi kita ( mau sdh mapan atau belum ) .. 2-5 thn awal pernikahan adalah perjuangan yg tidak bisa dihindari.

    so ... secara kontinue dan lemah lembut bicarakan dampak negatif dari hal semacam itu dengan orang tua ... Insyaalloh lambat laun akan timbul kebijakansanaan dari beliaunya.
     
  20. Eka Lesmana

    Eka Lesmana Super Hero

    Joined:
    Oct 16, 2012
    Messages:
    1,120
    Likes Received:
    1,955
    Location:
    Dimana aja bisa
    Terimakasih banyak gan , atas info sangat bermanfaat bagi saya
     

Share This Page