Iklan AdCombo
  1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

( ASK ) Adat jawa - Anak no.1 tidak boleh menikah dengan Anak no.3

Discussion in 'Chit Chat' started by Eka Lesmana, Jun 23, 2013.

  1. fandiadhitya

    fandiadhitya Super Hero

    Joined:
    Jan 11, 2013
    Messages:
    2,595
    Likes Received:
    378
    Susah jg karena kepercayaan spt itu udah turun temurun.. Coba dibicarakan sm pak ustad hehe
     
  2. ojimori29

    ojimori29 Super Hero

    Joined:
    Jul 6, 2010
    Messages:
    813
    Likes Received:
    363
    Location:
    makassar
    saya anak ketiga, dan istri saya anak pertama tapi saya bukan jawa tp bugis, bugis pun sebenarnya tidak membenarkan jika menikah dengan anak ketiga konon kabarnya asap dapur itu susah.... tp menurutku kembali lagi pada keyakinan kita..... karena yg akan menjalani keluarga kita bukan adik, sepupu, ortu, dan yang lainnya... hanya Allah yang tahu kedepannya selama kita berusha Insya ALLAH ada jalan... Miskin itu bukan takdir,,tapi pilihan....jika kita ingin menjauh dari kemiskinan,,,berusaha dan berdoa adalah solusinya...tdk ada hubungan anak pertama dan anak ketiga... pernikahan saya baru 1 bulan lebih dan alhamdulillah setelah menikah pintu rezeki selalu dibukakan oleh ALLAH swt..

    tp jika ortu tidak merestui,,,sebaiknya dipertimbangkan...karena pilihan yg sgt dilematis..antara ortu dan org yg kita sayang.... sebagai anak berikan penjelasan pada ortu kita,,,bahwa saya bisa...


    baca disini mungkin bisa membantu...hxxp: mushollarapi.blogspot com/2011/11/pernikahan-anak-pertama-dengan-anak.html
     
  3. Eka Lesmana

    Eka Lesmana Super Hero

    Joined:
    Oct 16, 2012
    Messages:
    1,120
    Likes Received:
    1,955
    Location:
    Dimana aja bisa
    Hehehe, iya gan ane suka adat jawa tapi tetep harus pilih pilih yang masuk logika dan bener

    sip sip gan , makasih sangat bermanfaat bagi ane
     
  4. Djavahouse

    Djavahouse AdSense Pro

    Joined:
    May 16, 2012
    Messages:
    467
    Likes Received:
    11
    Location:
    ezinearticles.com/?expert=Erik_Wibowo
    ra penting gan, ane ngga terlalu percaya yang begitu begituan
     
  5. Eka Lesmana

    Eka Lesmana Super Hero

    Joined:
    Oct 16, 2012
    Messages:
    1,120
    Likes Received:
    1,955
    Location:
    Dimana aja bisa
    Sama gan , jadi sebel ane gara2 tu adat
     
  6. nurdiantofxwave

    nurdiantofxwave AdSense Fan

    Joined:
    Jun 11, 2012
    Messages:
    113
    Likes Received:
    131
    Location:
    Tulungagung
    kalau saya sih nggak mikirin tu adat yg nentuin, toh orang tua kita dulunya juga gak pernah tahu itu beneran pa kagak (coz biasanya ortu hanya ikut2an orang tua dahulu). tapi kalaupun orang tua kita masih percaya gituan ya hormati saja keputusannya, pokoknya tergantung keyakinan kita. saya kan muslim jadi tetap ngikut apa yang disyariatkan oleh rosullulloh saja.
     
  7. Eka Lesmana

    Eka Lesmana Super Hero

    Joined:
    Oct 16, 2012
    Messages:
    1,120
    Likes Received:
    1,955
    Location:
    Dimana aja bisa
    Mantep gan , sip terimakasih banyak
     
  8. nawustik

    nawustik Increased by Giving

    Joined:
    Sep 24, 2012
    Messages:
    1,302
    Likes Received:
    40
    Location:
    Tangerang
    Coba nt kasih masukan ke orang tua tentang pemahaman agama yg lebih mendalam agar bisa meluruskan pemahaman' terutama yg masih kental dg ajaran nenek moyang (istilah' kejawen). jelaskan secara baik2 bahwa semua itu tidak ada dalam ajaran islam, sudah jelas didalam QS. An Nisa’ ayat 23 yg artinya:
    ]

    di ayat tersebut sudah jelas siapa yg tidak boleh dijadikan istri, kasih penjelasan dengan cara yg baik, dg lemah lembut, ada juga dari hadits shahih:
    kalau sdh ada perempuan yg sesuai kreiteria diatas perlu diperjuangkan bos, insyaalloh ada jalan, sambil nt mendakwahkan orang tua nt O:-)

    seandainya sudah dijelaskan dengan baik-baik, dan mempertimbangkan segala sesuatunya (misal: si perempuan perempuan sholehah, dan orang tua nt tetpa pada pendiriannya), kemudian nt memutuskan untuk tetap melanjutkan pernikahan tanpa restu orang tua, ya syah2 saja pernikahannya kenapa? karena dalam pernikahan yg harus ada persetujuan dari wali hanya pihak perempuan saja,Rukun-Rukun Pernikahan/Perkawinan Sah diantaranya: Ada calon mempelai pengantin pria dan wanita, Ada wali pengantin perempuan, Ada dua orang saksi, Ada ijab (penyerahan wali pengantin wanita) dan ada qabul (penerimaan dari pengantin pria), namaun tetap harus menjaga hubungan silahturahim dengan orang tua meskipun. tentunya sebelum memutusakan hal ini nt harus siap untuk tidak mendapat dukungan dari orang tua, artinya harus betul2 mempersiapkan segala sesuatunya sendiri.

    memberikan pemahan ke orang tua yg punya pemahaman seperti itu memang tidak mudah, perlu proses yg panjang dan kesabaran, kita hanya bisa menyampaikan selebihnya Alloh ta'ala yg memberikan jalan, kalau seandainya tdk mampu bisa minta tolong orang yg bisa dipercaya untuk menjelasakan ke orang tua. sekedar masukan boss O:-)
     
    Eka Lesmana likes this.
  9. bosspulsa

    bosspulsa WWW.WARMACHINE.IM

    Joined:
    Jan 27, 2008
    Messages:
    4,045
    Likes Received:
    607
    Location:
    Bantoel, Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
    Saya kebetulan anak nomor 3 dan istri saya anak no.1. Cuman saya lebih beruntung dari segi orang tua yang tidak mempermasalahkan hal seperti ini. Alhamdulillaah kami tidak ada masalah apa-apa. Ga pernah ada piring pecah... Hehehe... 3,5 tahunan ini.
    Terserah Anda jika Anda mau mengikuti agama Anda atau orang tua Anda. Saya orang Jawa, istri juga Jawa (Barat). hehehe
     
  10. Mencurigakan

    Mencurigakan AdSense Pro

    Joined:
    Jul 24, 2010
    Messages:
    291
    Likes Received:
    22
    anda tahu knp sy pribadi sudah mendapatkan istri?

    sejak pertama berkenalan, langsung berbicara kepada dua orangtua baik dari calon dan orang tua sendiri.

    saat salah satu orang tua tidak setuju akan hubungan, ya untuk saat itu juga sy minta pengertian untuk mengakhiri hubungan kepada calon. sesimple itu.

    untuk sy cinta itu masalah setelah menikah, cinta tumbuh setelah menikah. nikmatnya cinta yang tumbuh setelah menikah akan anda rasakan jika melakukan seperti apa yg sy lakukan.

    untuk masalah orangtua, biar saja dengan pikirannya, kita sebagai anak walaupun menentang jangan berlaku keras kepada mereka.
    diharapkan dengan cara sy, taaruf dan menghindari zina saat pacaran bisa didapat.
    sedangan dari sisi kesopanan dan menghargai orang tua juga masih tetap terjaga.

    win2 solution kan?, hanya saudara harus berkorban dalam memilih pasangan. saudara harus bersabar.

    :)

    semoga saudara berbahagia :)
     
  11. ULARSAWAH

    ULARSAWAH Super Hero

    Joined:
    Feb 9, 2010
    Messages:
    1,334
    Likes Received:
    135
    kalo agan islam dan ilmu sudah sampai ke pengetahuan agan...
    trus agan masih percaya sama mitos seperti itu , itu masuk katagori syirik gan
     
  12. BigHarry

    BigHarry Little Fighter

    Joined:
    May 18, 2011
    Messages:
    1,602
    Likes Received:
    488
    Location:
    Depok
    menurut saya, anda kurang bisa menunjukkan pada calon mertua bahwa anda adalah lelaki yang tepat untuk putrinya.
    it's as simple as that. :)
    mitos dan adat itu hanya alasan untuk mengungkapkan ketidaksetujuan ortu pada hubungan anda.
     
  13. Eka Lesmana

    Eka Lesmana Super Hero

    Joined:
    Oct 16, 2012
    Messages:
    1,120
    Likes Received:
    1,955
    Location:
    Dimana aja bisa
    Ini nih jawaban yang paling bagus gan , terimakasih banyak . isya allah calon yg saya pilih soleha cantik luar dalem

    Ok gan makasih ya
     
  14. Eka Lesmana

    Eka Lesmana Super Hero

    Joined:
    Oct 16, 2012
    Messages:
    1,120
    Likes Received:
    1,955
    Location:
    Dimana aja bisa
    Makasih gan solusinya , dapat di pertimbangkan
     
  15. Eka Lesmana

    Eka Lesmana Super Hero

    Joined:
    Oct 16, 2012
    Messages:
    1,120
    Likes Received:
    1,955
    Location:
    Dimana aja bisa
    Ane ga percaya gan sama hal2 seperti itu ane lebih percaya ajaran islam , adat tetep seneng tapi harus pilah2 biar ga sesat

    Gan yang ga setuju itu orang tua ane sendiri , kalau dari keluarga calon ane merestui karena calon ane dari keluarga yang agamanya lumayan kentel jadi dak percaya mitos seperti itu
     
  16. BigHarry

    BigHarry Little Fighter

    Joined:
    May 18, 2011
    Messages:
    1,602
    Likes Received:
    488
    Location:
    Depok
    ohh sori nda teliti bacanya.. :)

    kalo ortu sendiri... sabar dan pelan2 mungkin jalan yang terbaik. Bertentangan dengan ortu boleh saja, tetapi berusahalah tetap hormat dan hindari ucapan dan sikap kasar pada mereka.
    Dan biasanya untuk kasus agan ini, hanya waktu serta sikap agan dan pasangan nanti yang akan menyembuhkan.
    I've seen it couple times before :)
     
  17. Eka Lesmana

    Eka Lesmana Super Hero

    Joined:
    Oct 16, 2012
    Messages:
    1,120
    Likes Received:
    1,955
    Location:
    Dimana aja bisa
    Ok gan makasih sarannya
     
  18. hendy_tq

    hendy_tq AdSense Pro

    Joined:
    Aug 23, 2011
    Messages:
    291
    Likes Received:
    10
    Location:
    Solo Raya, Jawa Tengah, Indonesia Bumi Pertiwi
    kalau g direstui kawin lari aje gan :lol:
     
  19. Eka Lesmana

    Eka Lesmana Super Hero

    Joined:
    Oct 16, 2012
    Messages:
    1,120
    Likes Received:
    1,955
    Location:
    Dimana aja bisa
    Haiyah agan ini bisa aj
     
  20. tzuzurea

    tzuzurea New Comer

    Joined:
    Apr 25, 2013
    Messages:
    17
    Likes Received:
    0
    Location:
    MAKASSAR
    waduh masa sih ane orang makassar baru tau tuh gan
     

Share This Page