1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

(ask) menghadapi buyer indonesia yang tololnya ga ketulungan

Discussion in 'Berbagi Pengalaman' started by sayaorangkaya, Dec 16, 2012.

Tags:
Thread Status:
Not open for further replies.
  1. sayaorangkaya

    sayaorangkaya Ads.id Starter

    Joined:
    Jun 24, 2012
    Messages:
    61
    Likes Received:
    64
    Permisi rekan-rekan ads-id semuanya. Ane mau tanya gimana sih menghadapi customer / buyer online shop kita yang tololnya gaaaa ketulungan. Ane yakin agan pasti pernah ngalamin jengkel setengah mampus kan gan ngadepin calon buyer yang tingkahnya kek gini.. ayo ngaku :D Terlebih lagi penjualnya itu sering tempramen kayak ane rasanya tuh buyer pengen ane kasih bogem mentah aja :tinju: wkwkwk. Berbagi pengalaman yuk gan, biar toko online kita lebih maju.

    Ane mau nanya sekaligus minta tanggapan agan atas pertanyaan dan kondisi yang seringkali ane hadapi,
    1. Buyer bertanya yang jawabannya sudah ada detail penjelasannya panjang lebar di web.
    Nah ini harus diapain coba? Detailnya udah dikasih tau jelas2 diweb malah sms nanya yang beginian, apa ga kesel?? Apalagi kalo jawaban pertanyaannya itu emang panjang dan akan menimbulkan pertanyaan yg baru kalo disms terus2an. argghghhh:kebo:

    ditambah lagi ketika kita mereply sms "maav mbak/mas kan udah jelas diweb pertanyaannya" terus si buyer menjawab membalas" klo aku ngerti kan nggak mungkin nanya" (padahal jawabannya udah jelas las las!!):pusing:. Klo reaksi agan gimana?

    2. Terus buyer nanya lagi, " Ini bukan penipuan kan ?"
    Ini adalah pertanyaan bodoh sebodoh2nya. Toko Online yang jujur ataupun nipu jawabannya pasti sama!!! ngeladeninnya gimana nih?? arghhh guk guk kaing kaing:ngiler2:. Klo reaksi agan gimana?


    3. Buyer sms nanya bertubi-tubi ampe 20-30 sms
    Biasanya ane capek dan stop dengan mereply sms (karena ane tau ini si buyer ga bakalan beli alias omong doank wwkwk). Klo reaksi agan gimana? :hmm2:

    4. Apa sih strategi terjitu agan biar barang cepet laku tapi dalam waktu singkat, contohnya smsnya ga bertele-tele tapi dalam seketika si buyer langsung transfer.:salaman:

    5. Menurut agan toko online buat indonesia itu bagusnya pake cart atau tidak? mengingat orang Indonesia yang mau beli biasanya mayoritas GAPTEK.:entahlah:

    Sebenarnya masih banyak kelakuan yang buyer yg lebih tolol dan lebih parah lainnya, mungkin agan yg dibawah bisa bantu sharing :D
    oke gan mohon dijawab dan sharing. semoga kita menjadi orang kaya semua:senyum:.
    #sayaorangkaya
     
    maximo77 likes this.
  2. Syailendra

    Syailendra Siswa Ads-id

    Joined:
    Jan 14, 2012
    Messages:
    1,179
    Likes Received:
    189
    Location:
    Indonesia
    Emang harus memiliki kesabaran tinggi kalau ingin Merintis Bisnis Online apalagi Jika kita belum punya reputasi sebagai Trusted Trader

    Dan wajar saja jika Kostumer Online Banyak Tanya Karena dia Gak Pegang dan Melihat Langsung Barangnya Untuk Itu Kita wajib menguasai Product Knowladge dari Barang yg Kita Jual agar bisa menjelaskan 1 persatu setiap Konsumen yg Ingin Membeli di Toko Online Kita

    Saya juga punya toko Online sudah berjalan 1 tahun tapi saat ini sudah enak gak kayak waktu awal awal merintisnya :D
     
  3. masadi

    masadi Super Hero

    Joined:
    Dec 12, 2010
    Messages:
    2,334
    Likes Received:
    144
    Location:
    mas-adi.com
    Satu pribahasa yang cukup mewakili perjuangan agan sekarang:
    Monggo di lanjutin... :D
     
  4. CIVILIAN

    CIVILIAN Super Hero

    Joined:
    Feb 27, 2012
    Messages:
    2,671
    Likes Received:
    166
    sama gan, ane juga pernah dapat. pas dia udh trnsfer udh ane bilang klo dkrim sore resi maks malam, 1 jam hbs trnsfer lgsg dtnya,lwt sms tlt ane bls, lwt bbm pun ngping mulu. malam udah dkasih resi,nny lgi resi gk ada d jne, biasakan jne kadang input lambat. bsok pgi dtnya lgi, pokok ny kesel bgt dah..sms gk ane bls bntr aja dibilang "helo kemana nih gan?", bbm ping brtubi2. huhh mau gmn lgi..smpt ksl jg tp nama ny customer :lol:
     
  5. supriyadieka

    supriyadieka Super Hero

    Joined:
    Aug 11, 2010
    Messages:
    6,608
    Likes Received:
    377
    Location:
    Gunungkidul
    itu tipe konsumen yang perlu jaminan keamanan tentang transaksi yang akn dilakukan. walau terasa gondok musti disambut dengan baik, semoga membawa berkah.
     
  6. GrafitianZ

    GrafitianZ Super Hero

    Joined:
    Nov 6, 2010
    Messages:
    3,445
    Likes Received:
    202
    Location:
    JakCity
    Kuncinya SABAR gan :)
    Kalau ga sabar,sewa orang aja buat ngurusnya. Kalau bsa cw,krna biasanya cw lebih sabar :senyum:

    Untuk sistem toko online nya itu tergantung produk yg kita jual...
    Seiring berjalannya waktu pasti nnti tau sndiri kok sistem mana yg paling cocok untuk digunakan
     
  7. bonyonk

    bonyonk Zero

    Joined:
    Nov 29, 2011
    Messages:
    386
    Likes Received:
    25
    Location:
    solo
    hehe kalo online shop emank gt gan, ane pernah dapet buyer toko online ane malah ampe koar2 dilapak ane, gara-gara barang yang dia pesen katanya belom nyampe di kosan dia, padahal pas kejadian dia koar2 itu, udah 3 hari dari pengiriman,ya udah ane telusuri ke TIKI-nya, ternyata barang udah nyampe dan diterima atas nama bapak kosannya dia, 15 menit setelah dia koar2 dilapak ane, ya udah untungnya ane pake jasa rekber, jadi ane mutusin buat narik lagi tuh bareang biar dikirim balik ke ane biar dia tau rasa.

    Tapi ane malah berpikiran ada juga saingan bisnis kita yang berbuat curang seperti itu, misalkan buat rusuh dilapak, ampe mereka bilang kalo seller ga bisa dipercaya lah, barang belum dikirimlah, resinya belum dikirimlah, so hati-hati juga gan kalo ngadepin buyer seperti itu
     
  8. Rienz

    Rienz Hero

    Joined:
    Jul 8, 2010
    Messages:
    529
    Likes Received:
    35
    Wah itu hal yg biasa bgt gan, ane juga pernah ngalamin. Kalau kita tipe temperamen mending
    gak usah jualan deh. Tetep harus sopan gan & gak usah dibawa ke hati. Ane dulu tetep ngasih
    jawaban terus (via email) dengan friendly tapi ane niatkan buat hiburan dan fun aja. Hehehe
    Syukur kalau jadi beli, kalau nggak ya gpp kan rejeki udah ada yg ngatur. Santai aja..

    Kalau agan gak nyaman di sms terus, lain kali ngasih YM atau email aja gan : )
     
  9. bosspulsa

    bosspulsa WWW.WARMACHINE.IM

    Joined:
    Jan 27, 2008
    Messages:
    4,036
    Likes Received:
    608
    Location:
    Bantoel, Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
    ane sudah main bosspulsa.com selama 5 tahun.
    1.Pertanyaan pertama anugerah buat saya mas... saya akan tetap menjawab dengan sangat ramah...
    2.Kalau yang kedua ane jawab dengan bercandaan. Lah mau gimana lagi? kalau dibawa sebel ga enak kan?
    3.Kalau sms bertubi-tubi tetap ane jawab dengan ramah. Ga apa...
    4.Buat website terkesan resmi kali ya?
    5.Toko Online bagusan Cart, namun tetap melayani sms. Karena tujuan akhirnya adalah SALES, bukan hal teknis.

    Prinsip Ane: Berikanlah senyuman dan keramahan kepada para pembeli meskipun mereka rewel, dan meskipun mereka beli sedikit atau banyak.

    Bahkan saya pun tidak akan marah-marah kalau mereka adalah orang yang hanya ngaku-ngaku transfer. Energi kita akan habis mas untuk mengurusi hal tersebut. Sabarlah mas...
     
  10. kampay_seo

    kampay_seo Ads.id Starter

    Joined:
    Feb 27, 2012
    Messages:
    66
    Likes Received:
    1
    Ane setuju nih sama yg 1 ini... It's called pro ;-)
     
  11. dimasfy

    dimasfy Ads.id Pro

    Joined:
    Jan 22, 2011
    Messages:
    319
    Likes Received:
    6
    yang sering itu pihak jne nya gak jelas, resi gak nongol di web nya, trus buyer marah2 gak ketulungan [-(
     
  12. omgoogel

    omgoogel Hero

    Joined:
    Oct 28, 2010
    Messages:
    645
    Likes Received:
    215
    Location:
    Depan komputer
    Bener tuh kata bosspulsa..
    Enterpreuner sejati akan tetap ramah kepada pelanggan..
    Karena tidak semua orang memiliki pemahaman yang sama tentang suatu hal..
    Seller yang harus memahami dan tetap melayani dengan hati
     
    Tride likes this.
  13. biemoary

    biemoary Newbie

    Joined:
    Feb 12, 2011
    Messages:
    26
    Likes Received:
    1
    Seller yang harus memahami dan tetap melayani dengan hati >> setuju dengan yang ini.
     
  14. ibnu andhika

    ibnu andhika Banned

    Joined:
    May 30, 2008
    Messages:
    7,644
    Likes Received:
    632
    Location:
    Tempat Tenang dan Nyaman
    langsung bilang saja lewat sms : silahkan anda datang langsung kesini diskon 100% biasanya pembeli yang bawel menjadi alat marketing yang handal jangan remehkan itu .
     
  15. cicit

    cicit Hero

    Joined:
    Feb 18, 2011
    Messages:
    537
    Likes Received:
    4
    Location:
    Jogja
    harus sabar dan ramah supaya pembeli juga mempromosikan jg
     
  16. fajarnet

    fajarnet N/A

    Joined:
    Jan 20, 2012
    Messages:
    979
    Likes Received:
    185
    Location:
    fb.com/fjrnug
    anggaplah konsumen itu orang awam, kalau ga dimanjain ga akan laku. hehehe
     
  17. agung.susilo

    agung.susilo Ads.id Fan

    Joined:
    Oct 3, 2012
    Messages:
    123
    Likes Received:
    16
    Location:
    yogyakarta
    itulah yang namanya tantangan dalam usaha gan, jadi ya, jalani aja? mungkin lama - lama agan akan terbiasa dan menjadikan agan tambah profesional.. :D
     
  18. shireishou

    shireishou Super Hero

    Joined:
    Mar 22, 2007
    Messages:
    1,309
    Likes Received:
    197
    Location:
    Pondok Cabe
    1. (jawab sebisanya trus tambahin) "Maaf kk, sms hanya untuk pemesanan. jika ingin bertanya produk,silahkan email/Pm/chat ke bla bla. Kami akan menjawab dg senang hati." (hemat pulsa"

    2. ini sih wajar pertanyaannya. dia tkt ketipu. meski yg nipu jg akan jwb dia jujur,tp qt hrs sabar. tunjukin aja testimonial qt

    3. Sama kyk nomer 1

    4. Ga ada sih. Jelasin detil di web dan promo nya di web. sms HANYA untuk yg fix order

    5. Aku sedia 2 sih. di web pke chart,di fb by sms/Pm. yg penting laku

    -------------

    Pengalamanku by sms yg aga dongkol sih

    1.
    cust : kk dropshiper y?
    me : iya sis
    cust : boleh minta alamat suplier kk? Mau beli di sana aja.
    me : !!!!!!!!!!!

    2.
    Cust : kk,bs dikirim paketnya hr ini?
    me : maaf sis,sabtu dan minggu kami ga &ada pengiriman pesanan. Senin pling cpt
    Cust : Gimana sih toko online kok ga 7x24 jam. pake libur segala. Butuh cpt nih!
    Me : (dlm hati) Loe pikir JNE buka gitu minggu?

    3.
    Cust jam 21.00 : sis , sy br tranfer ya. Tlg brg dikirim ASAP
    Cust jam 5 pagi pagi harinya (9 jam kemudian): sis,barangnya udah dikirim?
    Me : (dlm hati) Loe pikir JNE buka tengah malam?
    *Dan nih anak ttp sms tiap 12 jam tanya knapa paketnya lom sampe2 pdhl dah aku ksh resi. eaaa
    Jakarta surabaya getoooh.... minta pake pengiriman yg Murah,tp mau smpe cpt

    Sekian dulu. wakakakak
     
  19. deradja

    deradja Ads.id Pro

    Joined:
    Jan 2, 2012
    Messages:
    315
    Likes Received:
    10
    Location:
    My Lovely Laptop
    SABAR gan.. jualan offline aja banyak yang cerewet, apalagi yang online yg jelas2 gak ketemu lgsung ama sellernya,makanya dia nanyak ini nanyak itulah,itu semua dia lakuin biar dia bener2 yakin ama sellernya, semua orang takut tertipu, apalagi yang belum pernah beli secara online, ataupun trauma karena udah ketipu, jadi intinya.. YAKINKAN sang buyer dan MELAYANI sepenuh hati gan..:mawar:

    buyer sering sms agan karena suka ama agan kali.. kabuurr
     
  20. janganan

    janganan Hero

    Joined:
    Feb 11, 2009
    Messages:
    575
    Likes Received:
    13
    Location:
    Depan Laptop
    siapa yang tolol?pembeli ato penjualnya..


    pikir lagi..
     
    adjie1258, ajib123 and BigHarry like this.
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page