1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

[Diary] Project Redirect Domain Lama ke Domain Baru

Discussion in 'SEO' started by anonymous, Dec 30, 2012.

  1. anonymous

    anonymous AdSense Pro

    Joined:
    Oct 6, 2010
    Messages:
    298
    Likes Received:
    70
    Location:
    Planet Bumi
    Assalamu'alaikum Semua :)

    Kalau sebelumnya di threat ini http://www.ads-id.com/forums/showthread.php/142875 aku curhat karena trafik blog ku yang anjlok, kali ini aku coba share (Sekaligus sebagai diary aku sendiri untuk memulihkan kondisi dari blog tersebut agar memiliki lebih banyak visitor). Karena sudah sebulan lebih trafik dari blog ku yang anjlok belum pulih juga (Malah semakin lama semakin drop), aku memutuskan untuk menggantinya dengan domain baru dan melakukan redirect semua pengunjung masuk ke domain baru.

    Karena ini diary, maka share ini aku bagi ke beberapa tahap sesuai dengan kejadian yang sudah aku alami. Sebenarnya project ini sudah aku mulai sejak seminggu yang lalu, tetapi karena sibuknya mengurusi hal tersebut, aku bisa share mulai hari ini. Di sini aku coba share seperti bentuk diary sehingga (Menurut aku) nantinya bisa lebih mudah dicerna.

    [21 Des 2012]


    Sebelum melakukan redirect, pastinya aku harus mempersiapkan domain baru. Iseng-iseng aku coba cari domain di _http://www.expireddomains.net & alhamdulillah aku menemukan domain expired yang namanya relevan dengan blog aku yang lama. Lumayan ada sedikit backlink dari domain tersebut, jadi ada nilai plusnya.

    Setelah register domain, tidak menunggu lama langsung aku cloning website lama ke domain baru di hosting yang sama. Karena hosting aku ada akses SSH nya jadi pekerjaan jadi lebih mudah, tinggal copy folder domain lama beserta isinya ke domain baru. Tinggal menyesuaikan file wp-config.php saja sesuai dengan database yang baru. Untuk proses cloning database, aku hanya menggunakan perintah mysqldump melalui SSH.

    Di file database, pastinya banyak filed yang mengacu pada domain lama. Untuk itu, aku harus merubahnya ke domain baru dengan cepat, tepat dan efisien. Karena di blog lama ada ribuan filed, maka aku coba cara cepat gimana merubah semua field database lama dengan cara seperti ini:
    PHP:
    UPDATE wp_options SET option_value replace(option_value'http://www.domainlama.com''http://www.domainbaru.com'WHERE option_name 'home' OR option_name 'siteurl';
    PHP:
    UPDATE wp_posts SET guid replace(guid'http://www.domainlama.com','http://www.domainbaru.com');
    PHP:
    UPDATE wp_posts SET post_content replace(post_content'http://www.domainlama.com''http://www.domainbaru.com');
    Bagi yang terbiasa menggunakan cPanel, perintah ini bisa diimplementasikan melalui panel phpMyAdmin di cPanel. Kalau aku sendiri, aku menggunakan SSH karena lebih familiar.

    Bagi yang belum tahu, perintah ini digunakan untuk mereplace semua data yang terkait dengan domain lama sehingga di domain baru kita tidak perlu lagi melakukan banyak settingan. Lebij jelasnya bisa dibaca di sini _http://www.mydigitallife.info/how-to-move-wordpress-blog-to-new-domain-or-location/

    [21-26 Des 2012]

    Meskipun sudah menggunakan perintah SQL untuk merubah field secara cepat, ada banya konten di blog yang tidak relevan blog baru yang mengakibatkan keanehan jika artikel tersebut dibaca. Untuk itu, mau tidak mau harus melakukan editing manual ratusan artikel yang sudah ada di blog. Untuk itu aku coba untuk mengedit artikel secara manual, satu persatu. Cukup melelahkan memang, tetapi aku yakin dengan sepeti ini hasilnya akan jauh lebih baik.

    Alhamdulillah, di hari ke 6 semua artikel sudah beres dan proses redirect domain lama ke domain baru bisa segera dilakukan. Karena tidak sabar untuk segera launching domain baru, hari itu juga domain aku redirect dengan cara merubah file .htaccess pada domain lama:
    PHP:
    RewriteEngine On
    RewriteCond 
    %{HTTP_HOST} ^domainlama.com$ [OR]
    RewriteCond %{HTTP_HOST} ^www.domainlama.com$
    RewriteRule (.*)$ http://www.domainbaru.com/$1 [R=301,L]
    Untuk detail teknisnya, blog aku menggunakan template dua kolom dengan sidebar di sebelah kanan. Kenapa sebelah kanan? Karena yang aku tahu, spider Google dan SE lain itu baca kontent kita dari atas ke bawah, otomatis, untuk theme yang dua kolom maka spider SE akan crawl artikel dahulu sebelum crawl sidebar. Untuk plugin yang aku gunakan, semuanya free yaitu:
    • Akismet, berfungsi untuk meminimalisir spam pada comment.
    • Broken Link Checker, untuk mengecek link yang error. Terlebih ini domain baru, pasti ada banyak link yang tidak terhubung sempurna meskipun sudah edit manual.
    • Sitemap Generator, untuk menambahkan halaman mapping (Daftar isi) dari blog.
    • External Nofollow, untuk menambahkan kode rel="nofollow" pada semua link keluar.
    • XML sitemap untuk membuat sitemap XML dari blog.
    • Platinum SEO Pack. Kalau yang ini semua pasti tahu, untuk keperluan SEO.
    • Popular Posts Plugin, untuk menambahkan artikel paling popular di sidebar.
    • PubSubHubbub, untuk notifikasi kalau ada artikel baru posting (Namanya aneh, tapi plugin ini keren).
    • Related Posts, untuk menambahkan related post di bagian single artikel.
    • Relevanssi, untuk pencarian wordpress yang lebih baik.
    • STT2, untuk menjaring keyword yang masuk ke blog kita.
    • RSS Footer, untuk menambahkan signature pada setiap RSS feed dari postingan.
    Semua plugin diatas bisa didapat dengan gratis di directory wordpress plugin.

    [27 Des 2012]


    Sampai lupa menuliskan sesuatu. Setiap project kan harus ada estimasi waktu dan target yang harus dicapai. Karena itu, dengan estimasi waktu selama 6 bulan (21 Juni 2013) taget untuk blog ku:
    • Trafik minimal 10.000 (Sepuluh ribu) visitor per day.
    • Bisa diterima di salah satu (Atau kalau bisa semua) media advertising AdPlus, AdStars, Innity dan Google Adsense.
    Semoga targetku bisa tercapai lebih awal dari batas waktu maksimum yang aku tentukan, Amin Ya Robbal Alamin.

    Strategi penulisan artikel yang aku pakai yaitu:
    • Sehari minimal satu artikel.
    • Satu artikel minimal 250 kata.
    • Satu artikel minimal ada satu gambar.
    • Setiap artikel harus ada minimal 2 tags dan maksimal 5 tags.
    • Setiap artikel harus ada deskripsi (Pada bagian deskripsi dari kolom Platinum SEO Pack).

    [Notes]
    Thread ini akan aku update minimal 2 minggu sekali sampai target dari blog aku terpenuhi. Kalau kebetulan yang aku tulis belum lengkap, mohon maaf karena mungkin lagi kecapekan. Tetapi, yang pasti di waktu lain akan aku lengkapi sampai selesai.

    Jika ada pertanyaan, masukan, kritik, saran, baik itu dari segi teknis dan yang lain, mohon reply di thread ini agar bsia menjadi masukan untuk pengembangan blog aku. Kurang lebihnya aku mohon maaf yang sebesar-besanrya.
    :kembang:
     
    Last edited: Dec 31, 2012
    fikrionline and degrees22 like this.
  2. dimasku

    dimasku Super Hero

    Joined:
    Aug 6, 2012
    Messages:
    1,292
    Likes Received:
    150
    Location:
    Surabaya
    saya juga barusan redirect domain .INFO ke .COM dgn nama yg sama
    karena yg .INFO kena banned ama GA

    jadi selain redirect pake .htaccess sperti diatas, saya juga melakukan request perubahan alamat domain di google webmaster
    stelah seminggu, index .INFO berkurang drastis, index .COM sudah FULL semua

    tidak ada perubahan dr sisi trafik, msh stabil
     
  3. anonymous

    anonymous AdSense Pro

    Joined:
    Oct 6, 2010
    Messages:
    298
    Likes Received:
    70
    Location:
    Planet Bumi
    Sepertinya metode yang kita pakai sangat berbeda mastah karena untuk domain lama memang full aku hubungkan dengan Google (Submit ke Google Webmaster Tools, tracking menggunakan Google Analytic & menambahkan rich snippet di bagian header htmk). Untuk domain baru aku coba cara lain, tidak pernah submit ke Webmasters Tools dan tracking menggunakan histats dan tanpa menggunakan rich snippet. Benar tidaknya cara ini belum pernah aku buktikan, jadi mungkin di kemudian hari, kalau metode yang aku pakai ini kurang bisa mengimprovisasi blog ku, mungkin aku juga bakal pakai metode lama, submit ke Webmasters Tools.

    [28 des 2012]

    Karena blog baru sudah mulai ke index oleh Google SE, untuk selanjutnya aku buat email baru dan mendaftarkan ke beberapa sosial bookmark & social network khusus untuk blog ini. Beberapa web social yang aku pakai:
    • Facebook.
    • Twitter.
    • Technorati.
    • LinkedIn.
    Di beberapa website tersebut, aku buat profile link yang linknya mengarah ke home page dari blog aku. Selain itu, khusus untuk FB, Twitter, LinkedIn aku coba auto submit ke social network menggunakan aplikasi dari twitterfeed.com

    Agar blog aku yang baru ini lebih terlihat professional, aku buat satu facebook fan page khusus untuk blog ini & beli jasa like FB dari salah satu penyedia jasa di sini dan kemudian aku pasang Like Box di blog aku. Untuk fan page ini, aku juga gunakan RSS grafiti agar semua artikel yang baru terpublish di blog aku segera tersubmit ke fan page.

    [29 Des 2012]

    Alhamdulillah, jumlah index di Google makin banyak. Untuk kali ini, artikel uang sudah keindeks aku coba kirimkan ke beberapa social bookmark menggunakan proses manual. Beberapa sosbook yang aku pakai seperti, thisweekly.com, lintas.me, stumbleupon.com dan banyak social bookmark yang lain.
     
    Last edited: Dec 31, 2012
    fikrionline likes this.
  4. engkoh

    engkoh Super Hero

    Joined:
    Dec 30, 2009
    Messages:
    5,173
    Likes Received:
    589
    Terus dilanjut mas journal / diarynya.
    Soalnya dapet kasus yg sama juga nih, sepertinya memang harus ganti domain baru..
     
  5. ajimuzaqi

    ajimuzaqi Super Hero

    Joined:
    Sep 10, 2010
    Messages:
    1,417
    Likes Received:
    67
    Location:
    fastabiqul Khoirot
    Keren tritnya, ninggalin jejak dl, kalo nemuin kasus sama tinggal praktek...
     
  6. mazkac

    mazkac AdSense Pro

    Joined:
    Apr 30, 2011
    Messages:
    479
    Likes Received:
    109
    ninggalin jejak juga takut kasus sama menimpa diriku :( semoga tidak amin :D
     
  7. bill_gates

    bill_gates Bismillah

    Joined:
    Dec 19, 2010
    Messages:
    1,508
    Likes Received:
    42
    Location:
    Redirect 301
    kebetulan udah nyoba redirect 2 web emd yg kena algoritma sampe serp+trafiknya anjlok
    dan 2-2nya alhamdulillah balik lagi serpnya, meskipun yang satu akhirnya tumbang lagi karena pake subdomain baru
    caranya mirip" dengan TS
    1. copas folder domain lama ke domain baru
    2. ganti nama domain di database via notepad++ (pake control H)
    3. redirect via htaccess
    perhatikan juga age sama DA domain baru biar ngga gampang ketendang "si mbah" lagi
    bisa untuk web emd yg kena panda/penguin juga buat blog yg kena ban GA
    mohon dikoreksi kalau ada yang salah O:-)
     
  8. anonymous

    anonymous AdSense Pro

    Joined:
    Oct 6, 2010
    Messages:
    298
    Likes Received:
    70
    Location:
    Planet Bumi
    Kalau boleh tahu DA punya mastah berapa ya? Punya aku di cek pakai cekpr.com DA-nya 19/100. Ada saran bagaimana cara menaikkan DA?

    [29-30 Des 2012]

    Karena theme yang aku pakai pada domain baru berbeda dengan theme yang lama, maka aku atur lagi supaya susunan struktur heading H1, H2, H3, H4, H5, H6 agar lebih teratur. Agar kerjaan lebih mudah, aku memakai HeadingsMap Firefox Add-on _https://addons.mozilla.org/en-us/firefox/addon/headingsmap/ untuk melakukan pengecekan & memastikan tidak ada warning (Tanda merah) di semua halaman blog.

    Theme lama menggunakan theme dua kolom biasa sedang theme baru menggunakan dua kolom responsive.
    Struktur heading theme sebelum dilakukan perubahan
    [​IMG]
    Struktur heading theme setelah dilakukan perubahan. Tidak ada rapor merah :D
    [​IMG]
    Selain ini, aku juga melakukan hal yang sama pada hari sebelumnya, submit beberapa artikel yang sudah terindeks ke social bookmark dan social network. Sosial bookmark yang aku pilih adalah social bookmark yang punya alexa langsing dan usernya memang aktif. Untuk nofollow atau dofollow, aku tidak begitu memperdulikan.

    Alhamdulillah, hari ini mulai ada peningkatan trafik. Semoga peningkatan ini terus berlanjut & berlanjut. Amin Ya Robbal Alamin :)
    [​IMG]

    [Tambahan Teknis]

    Untuk keyword aku jarang sekali menggunakan tools. Lebih banyak menggunakan insting dan mengembangkan keyword yang masuk lewat STT2. Dan juga, blog ini sesuai passion dan hobi aku, jadinya lebih mudah untuk mencari KW. Kalaupun menggunakan tools, yang aku pakai cuman Google Keyword Tools.
     
    Last edited: Dec 31, 2012
  9. sathreea

    sathreea Super Hero

    Joined:
    Jun 13, 2011
    Messages:
    7,740
    Likes Received:
    968
    Location:
    Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia
    Untuk pageranknya gimana masbro? Apakah domain baru pageranknya mengikuti domain lama, atau malah domain barunya yg PR nya lebih gede? :senyum:
     
  10. dimasku

    dimasku Super Hero

    Joined:
    Aug 6, 2012
    Messages:
    1,292
    Likes Received:
    150
    Location:
    Surabaya
    IMHO, PR domain baru ga bisa ikut domain lama. yg ada malah domain lama PRnya ngikut domain baru krn di redirect!
    ini terjadi pada domain .INFO yg aku redirect diatas.
     
  11. abdulloh

    abdulloh AdSense Pro

    Joined:
    Dec 17, 2012
    Messages:
    374
    Likes Received:
    38
    Bntang tikar m nyimak b:semangat!:
     
  12. bill_gates

    bill_gates Bismillah

    Joined:
    Dec 19, 2010
    Messages:
    1,508
    Likes Received:
    42
    Location:
    Redirect 301
    - biasanya ane sendiri nyari domain 2nd DA sekitar 40an (patokan pribadi aja),
    - cara menaikkan DA ane ngga tau, orang tinggal terima jadi beli domain 2nd. DA itu itungannya cuma seomoz yg tau, atau lebih jelasnya bisa cek di _http://www.opensiteexplorer.org liat juga "linking root domains" dan "total links" dari domain yang bersangkutan.
    btw ane bukan mastah :">, masih newbie baru belajar" juga jd kalo ada yg salah tolong dikoreksi. Cuma pengen bagi pengalaman tentang redirect aja O:-)
     
  13. anonymous

    anonymous AdSense Pro

    Joined:
    Oct 6, 2010
    Messages:
    298
    Likes Received:
    70
    Location:
    Planet Bumi
    Kebalik mastah, domain lama yang mengikuti domain baru. Dulunya domain lama PR2 & domain baru PR0, sekarang dua-duanya PR0. Semoga kedepanya PR bisa naik lagi.

    Betul, domain lama ikut domain baru karena redirect ke domain baru.

    Terima kasih banyak infonya mastah, bisa dijadikan referensi kalau berburu domain lagi.

    [30 Des 2012 - 01 Jan 2013]


    Project ini aku lanjutin dengan beli 3 kartu perdana murah, lalu buat email baru, twitter baru, facebook baru (Tentunya verifikasi pakai no HP sekalian. Aku berasumsi kalau FB dengan verifikasi no HP bakal lebih awet dan tidak gampang kena suspend). Baik account twitter atau FB semua tidak ada teman atau follower, hanya verified doank. Kemudian auto send update artikel ke twitter menggunakan twitterfeed & ke FB menggunakan RSS Grafiti.

    Untuk artikel, seperti biasa, aku cuman nulis satu artikel perhari. Namun untuk jumalah kata aku lakukan sedikit perubahan. Kalau sebelumnya minimal 250 kata, untuk saat ini aku patok minimal 300 kata agar lebih optimal di SE (Sesuai petunjuk mastah-mastah di sini). Untuk beberapa artikel malah aku buat 500 kata lebih per artikel.
     
    Last edited: Jan 2, 2013
  14. BigHarry

    BigHarry Little Fighter

    Joined:
    May 18, 2011
    Messages:
    1,602
    Likes Received:
    488
    Location:
    Depok
    project ini sempat ane jalanin pada saat 2 biji blog ane dibabat update emd.
    semua blog yang dibabat, saya redirect ke domain fresh tanpa PR.
    setelah 30 hari dan melewati update major.....
    semua domain fresh tersebut telah memiliki pr blog ane sebelumnya (pr 3 dan pr 2) :)
    dan bahkan domain lama udah expired, pr nya tetap nancep di domain fresh.
    alhamdulillah it works !
     
  15. ipanripai

    ipanripai Super Hero

    Joined:
    Apr 8, 2011
    Messages:
    1,296
    Likes Received:
    169
    Location:
    JABAR
    Pertanyaan bagi mastah TS... theme nya yang mana yang bagus ya??? boleh ngelirik theme nya??? Dibisikin lewat YM juga Nggak apa2..
     
  16. Bonapasogit

    Bonapasogit New Comer

    Joined:
    Jan 3, 2013
    Messages:
    16
    Likes Received:
    0
    Mangstab banget jurnalnya pren ..
    trafiknya bikin ngiler ...
     
  17. bagusrifai

    bagusrifai Super Hero

    Joined:
    Jan 17, 2010
    Messages:
    1,095
    Likes Received:
    27
    ane pernah baca kalau mau redirect blog lama ke domain baru harus redirect per url nya ke url blog baru atau cukup redirect home page nya aja mastah? newbie mohon bimbingan nya
     
  18. orangsunda

    orangsunda AdSense Pro

    Joined:
    Feb 2, 2013
    Messages:
    262
    Likes Received:
    2
    ngeri, mau komen takut salah maklum newbie
     
  19. m.fikri.h

    m.fikri.h AdSense Pro

    Joined:
    Dec 9, 2011
    Messages:
    497
    Likes Received:
    7
    Location:
    in desa kecil tp bkn tmpt kelahiranq
    gan mantap tuh target nya , ane jg pny angan2 dalam 3 blan ke depan bs buat traffik 1000uv/day untuk blog ane. 15-Mei-2013. untuk pendirian blog ane sendiri sekitar tanggal 29-Januari-2013. moga target ane tercapai. amin.
     
  20. degrees22

    degrees22 Hero

    Joined:
    Feb 17, 2011
    Messages:
    703
    Likes Received:
    22
    mau nanya nih mastah..
    klo redirect URL di domain yg sama gimana ya?

    saya punya domain/situs memakai sbuah CMS A trus rencana mau ganti CMS B
    tetapi URL Title CMS B tidak sama dengan URL Title CMS A
    CMS A domain awalnya _http://domain.com/article/read/id/judul-artikel.html
    CMS B URL Baru _http://domain.com/story.php/baca=judul-artikel

    bagaimana agar URL lama jika dibuka menjadi URL baru...
     

Share This Page