1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Featured [Lanjutan]Ini KLARIFIKASI UCWeb (UCNews/UCBrowser/UCUnion) Soal Plagiarism Content dan Adblock

Discussion in 'Chit Chat' started by Phonecompi, Jan 23, 2017.

  1. Phonecompi

    Phonecompi Super Hero

    Joined:
    Apr 18, 2010
    Messages:
    839
    Likes Received:
    285
    Location:
    Medan
    Berawal dari thread saya sebelumnya, yang curhat masalah plagiarism UC Web dan Adblock UCBrowser (lihat disini: https://ads.id/forums/index.php?thr...-etika-jiplak-pasang-dan-blokir-iklan.263158/). UC Webs udah menghubungi saya, dan ini adalah klarifikasi dari UC Web untuk tiga produknya UCNews, UCBrowser dan UCUnion.

    Update 22 Januari 2017

    Barusan, pagi ini salah seorang dari UC Web nelpon, namanya (maaf, sebelumnya salah nama) Mas Ghanniy Fitra dari UC Web (kalo gak salah sebagai manajer UC Web atau apa gitu) yang telah mengklarifikasi masalah ini.

    Ada beberapa poin yang dia jelaskan mas Ghanniy, juga beberapa poin yang jadi poin utama saya seperti adblock, plagiarism dsb. Pertama dia menjelaskan, kemudian saya bertanya.

    Penjelasan UCWeb

    Penjelasan soal UCNews:
    Jadi, pertama-tama dia menjelaskan bahwa penjiplakan artikel saya, kata dia dalam mengisi konten di UC News, mereka melakukan dua kerjasma:
    1. kerjasama langsung dengan situs-situs/blog yang ada
    2. Kerjasama dengan Aggregator lain
    Jadi, menurut penuturan mas Ghanniy Fitra, konten saya datang dari aggregator lain. Gak dijelaskan dari aggregator mana itu, tapi dia udah janji bahwa artikelnya saat ini sudah di hapus. (Saya lihat masih ada beberapa yang belum di hapus, tapii katanya bakal di 'refresh', sampe terhapus. Ya kita lihat saja nanti gimana perkembangannya).

    Penjelasan Soal UCBrowser:
    Mas Ghanniy Fitra menjelaskan bahwa Adblock adalah fitur bawaan UCBrowser, sudah 12 tahun ini jadi fitur UCBrowser. Dan itu diserahkan kepada user apakah ingin mengaktifkan adblock atau enggak. (Yang saya lihat sih disini UCBrowser mengaktifka adblock secara default. Jadi bukan benar-benar diserahkan sepenuhnya kepada user. So, user yang (maaf) gaptek pun ikut ngaktifkan tuh adblock)

    Penjelasan Soal UCUnion:
    Mas Ghanniy ini bilang, kalau saya (blogger) tidak mengizinkan iklan UCUnion, maka UCUnion tidak pernah menjadi (istilahnya) "Google Adsense"-nya / Agency Platform-nya. Mereka UCUnion hanya menampilkan iklan kepada website-website yang meminta kepada mereka (mungkin maksudnya yang bergabung ke program UCUnion). Misalnya, mungkin karena Google Adsense terlalu kecil sharing revenue-nya atau filled rate GA terlalu kecil. (Ane gak tau ini benar apa enggak. Yang pernah make UCUnion silahkan sharing atau kasih kesaksian apakah memang benar).

    Pertanyaan Saya

    Pertanyaan saya soal UCNews.
    Saya:
    Jadi disitu saya katakan bahwa saya gakk pernah kerjasama dengan aplikasi aggregator manapun, termasuk UCNews juga Babe, Baca, dsb. Dapat dari aggreagtor mana artikel blog saya?

    Saya memang pernah ditawarin nulis konten di UCNews melalui IDBlognetwork belum lama ini, tahun lalu, untuk menulis di UCNews. Tapi keuntungan yang saya dapet saya rasa enggak sebanding dengan apa yang saya kerjakan. IBN bilang, kita upload artikel di dasbor UCNews (tulisan di blog kita bisa di salin manual ke UCNews). Kita baru dapat earning kalo ada pengiklan yang masang iklan di artikel kita tsb. Pembagiannya, 60% untuk kita. Ya saya kan gak sebodoh itu sih menerima begitu saja. Saya gak tau 60% itu berapa tepatnya. Apakah saya bakal sering dapet iklan atau enggak. Ya... kalo ada yang ngiklan, kalo gak ada? Itu kerja gak di gaji namanya. Apalagi kita ngupload-nya ke dasbor UCnews manual. Capek dong? Mending saya jadi content writter saja, satu artikel jelas di bayar Rp 10.000/400-500 kata (jauh lebih baik dari pada jadi kuli ketik di warnet yang dibayar Rp 1000-Rp 2000/lembar, apalagi jadi kuli ketik gak dibayar di UCNews). <- yang ini gak saya jelasin ke mas Ghanniy.​

    Jawab mas Ghanniy: Disitu mas Ghanniy bilang, bahwa nanti bisa di minta sumbernya dapat dari mana artikel saya.

    Saya: Apa UCnews tidak ada kurator yang menyaring berita-berita yang tidak mendapatkan izin seperti ini?

    Jawab Mas Ghanniy: Tidak! Disisni saya herannya, kok bisa UCNews gak punya tim kurator? Jadi mereka sama sekali tidak tau ada artikel yang diambil tanpa seizin blogger tersebut. Dari penjelasan mas Ghanniy sepertinya juga tim UCNews terbatas sekali, karena bilang "tidak mungkin me-review semua postingan situs diseluruh Indonesia". Sempat juga bilang "kebetulan cuma saya sendiri untuk urusan yang ini" kata mas Ghanniy. Jadi saya pikir, apa UCNews itu yang ngurus cuma dia sendiri?

    Disini dia juga mengaku salah karena telah melakukan Copas. Disini, untuk urusan konten saya yang di jiplak, saya sebagai orang yang beragama ya saya maafkan. Tuhan saya saja maha pemaaf, kenapa saya tidak? Toh sebenernya sehari2 saya gak begitu mempermasalahkan artikel saya di copas. Ini baru jadi masalah karena yang ngopas UC, "udah iklan di blokir, kok artikel saya di copas lagi". Lagi pula, saya orangnya tipe yang gak pengen susah, gak pengen ribet, gak pengen kesana-kemari, capek aja memperpanjang masalah, apalagi sampe ke jalur hukum. Ya capek sendiri, buang2 uang buang2 waktu. UCWeb kelasnya perusahaan, duitnya banyak. Lah saya cuma sendiri. Duit dari mana saya nyewa Hotman Paris Hutapea?

    Saya baru timbul pertanyaan, "apakah pemilik blog, yang artikelnya dibagi2kan ini sudah memberikan izin untuk artikelnya dibagi2kan kepada aggregator lain?" Tapi saya lupa tanyakan, baru kepikiran sekrang.


    Pertanyaan saya soal UCBrowser (khususnya fitur adblock).
    Jadi disini saya mempermasalahkan fitur adblock. Saya tidak mempermasalahkan fitur adblock ada di browser, karena banyak browser juga menyediakan fitur ini. Saya menyadari bahwa "sudah jadi hak user apakah ia ingin melihat iklan atau tidak". Jadi ya semua itu diserahkan kepada user. Yang jadi permasalaahn saya, di UCBrowser itu adblock kenapa default aktif? Kok langsung aktif begitu di instal? Berbeda dengan Opera Mini, memang pnya fitur adblock. Tapi defaultnya tidak aktif. Atau ada browser, yang setelah di instal pertama kali menanyakan dulu kepada user apakah ingin mengaktifkan adbloc atau tidak.

    Saya juga permasalahkan ketidkaadilan, kenapa iklan di blog saya kok diblokir, tetapi UCBrowser menampilkan iklan mereka, belum lagi iklan di artikel yang mereka copas ditampilkan juga iklan mereka, tanpa memberikan kompensasi apa-apa kepada saya.

    Jawab mas Ghanniy: Fitur adblock memang sudah jadi fitur sejak awal browser ini llaunching, dan aktif secara default di browser tsb. Soal iklan, mas Ghanniy tanya, "iklan di UCBrowser iklan yang mana? Setau saya UC Browser belum menampilkan iklan?" Disini saya belum bisa balas pertanyaan itu, karena gak sempat screenshot. Sementara percakapan melalui sambungann telepon, ribet dong? Nah, begitu selesai nelpon, saya cek lagi lah iklan di browser UCBrowser tsb. Dan ada, iklannya, tapi iklan dari UC sendiri. Bagi agan2 blogger & IMers sekalian, yang punya screenshot atau melihat ada iklan UCUnion/iklan UC lainnya di situs kalian saat membuka website melalui UCBrowser, bisa kirimkan ke saya screenshot-nya, reply melalui thread ini.


    Mas Ghanniy juga jawab, UCNews beda produk, berita-berita yang tampil di UCBrowser berasal dari UCNews. Untuk di aplikasi, berita yang ditampilkan iklan, yang berasal dari partner keuntungannya akan dibagi 60% untuk partner, dan sisa untuk UC. Diberikan tiap akhir bulan. Nah, tapi kan disini saya tidak mendapatkan kompensasi apa-apa, UCNews ambil artikel saya dari aggregator lain (yang kerjasama, seperti dijelaskan diatas), tanpa ada keuntungan bagi saya.


    Disini mas Ghanniy menjelaskan bahwa keuntungan bagi saya sebagai seorang blogger, intinya saya mendapatkan trafik, rank (Alexa, dll), buat naikin branding, yang bisa jadi nilai tawar kalau saja saya menerima iklan dari company/orang lain. Mas Ghanniy juga bilang bahwa "UCNews adalah aplikasi buat naikin trafik". Sementara iklannya, yang ada di bawah konten, 60% keuntungannya adalah buat si pembuat konten (saya).
     
    Last edited: May 3, 2017
    pahri176, Rizal VD, whandi and 17 others like this.
  2. Phonecompi

    Phonecompi Super Hero

    Joined:
    Apr 18, 2010
    Messages:
    839
    Likes Received:
    285
    Location:
    Medan
    Lalu saya tekankan ke mas Ghanniy, bahwa:
    1. Saya Gak pernah dapet penghasilan atau pendapatan apapun dari UCUnion/UNnews
    2. Trafik, saya perkirakan (kurang lebih) saya gak pernah dapet kunjungan trafik daari UCNews. Bagaimana mau mendapat kunjungan trafik kalau seluruh artikel saya dari paragraph awal sampe akhir itu di copas. Tidak ada kebutuhan atau keharusan bagi user untuk mengklik tautan sumber. Untuk apa orang mengklik tautan sumbernya toh beritanya sudah "dipampang" di situ semua, ngabis2in kuota.

    Nah............. disini kan saya gak dapat apa-apa. Disini terus terang saya kurang puas sama jawabannya. Kaena mas Ghanniy jawab, orang yang mengklik tautan sumber itu orang yang mencari informasi yang lebih lengkap. Sayangnya, selama ini UCNews dan Saya belum pernah kerjasama langsung, selama ini hanya kerjasama dengan aggregator saja. Jad sampai saat ini, mas Ghanniy bilang

    "BETUL, Karena memang selama ini seperti yang pertama kali aku bilang, kami mohon maaf, karena kami kerjasama ama aggregator. JADI TRAFIKNYA KE MEREKA MAS... GAK LANGSUNG". katanya...

    "KARENA KITA BELUM BEKERJASAMA SECARA LANGSUNG, MAS MEMANG BELUM MENDAPATKAN YANG NAMANYA TRAFIK DAN REVENUE" tambahnya...

    Jadi jelas, dibalik kerjakeras kita selama ini nulis artikel, ada mereka (aggregator lain) yang mengeruk keuntungan dari kita, tapi kita sendiri gak sadar.

    Terus saya coba konfirmasi kembali pernyataan itu dan sebisa mungkin jadi tuntutan saya: "jadi selama ini saya tidak mendapatkan keuntungan apa-apa ya. tapi UCNews sudah mendapatkan keuntungan dari saya, ini kan...." kata saya, tapi dia buru2 motong :"enggak, kita gak dapet keuntungan sih mas, kalau sama aggregator kita gak berani masangin iklan, soalnya takut masalah copyright isue masalah keuangan, kita cuma dapet kelengkapan konten doang. Kalau di under topik "berita hangat" kita gak pernah masangin karena kita takut. (BTW "Berita Hangat" di UCNews itu dimana sih? Aku gak liat, jadi gak bisa cek. Maklum, gak pernah make produk UC, baik UCNews dan UCBrowser. Baru dua hari ini aja, karena ada masalah ini. Bisa di screenshot tunjukin ada dimana gak "Berita Hangat" itu?)

    Terus saya jelaskan lagi, bahwa keuntungan yang saya maksud bukan hanya dari segi uang, tapi juga trafik yang didapat UCNews dari SERP Google berupa trafik, dari konten jiplakan UCNews yang banyak nyebar di Google lewat situsnya wew.ucnews.id. Artinya, meski tidak secara langsung tapi UCNews dapat keuntungan dari (blog) saya, padahal saya tidak dapat keuntungan apa-apa dari situ (UCNews).

    Mas Ghanniy gak menyangkal bahwa memang benar UCNews mendapatkan keuntungan dari segi itu, tapi sekarang artikel2 itu telah di take down, bisa di cek kembali (seperti sudah dibilang diatas, belum semua, kita lihat nanti aja).

    Saya juga pesan ke mas Ghanniy, bahwa masalah ini saya publikasikan ke teman-teman Blogger. Saya tekankan bahwa teman-teman blogger & IMEers rata-rata kecewa semua dengan UC dan produk-produknya UCNnews dan UCBrowser, terutama dari adblocknya. Terus saya ditawarin, "apakah mas punya keinginan bekerjasama dengan kami? biar aku bilangin ke manajemen? biar mas bisa dapat revenue sama trafiknya?"

    Disini jawaban saya tegas, "bahwa saya menolak." Meski saya harus mikir beberapa saat, memikirkan gimana ini nyusun kata-kata yang halus di dengar biar gak ada rasa sakit hati kalau saya menolak. Saya berfikir, dari pada saya kerjasama dengna UCNews, saya sendiri yang dapet untung, itu sama seperti saya mengkhianati kawan2 Ads.id, kawan2 grup Google Adsense Indonesia, kawan2 blogger se-Indoensia. Saya dapet enaknya sendiri, padahal kawan2 blogger udah support saya, gitu. Jadi saya gak mau mengkhianati kawan2 blogger. Memang sih earning saya dari ngeblog belum seberapa sejak ngeblog dari tahun 2010, mungkin karena sebagai blogger saya kurang bergaul dengan teman2 blogger lainnya. Tapi setidaknya saya gak berkhianat dan jangan sampe jadi pengkhianat. Dosa besar saya.

    Jadi saya bilang ke mas Ghanniy, bahwa saya mewakili kawan2 blogger agar UC lebih sportif. Kok UC nampilin iklan tapi iklan kita di blokir. Kalo adblock di pasang, tolong di ubah, minimal user UC dikasih opsi atau notifikasi lah... apakah adblock ingin diaktifkan atau tidak. Karena UCNews usernya luar biasa, bisa 40-50 dari total visitor satu situs, terbesar kedua setelah Chrome.

    Mas Gallii bilang,, bahwa ini akan disampaikan ke pihak manajemen. Saya gak tau gimana nanti, apakah permintaan ini akan dipenuhi atau tidak. Pokoknya, kalo berbisnis, janganlah mengganggu bisnis orang lain.

    Di akhir, mas Ghanniy mempersilahkan utnuk menghubungi kembali kalo ada permasalahan lain, seperti masih ada artikel yang dimuat di UCNews, atau ada yang lainnya bisa dihubungi. Sempat juga ngajak ketemu kalo ada waktu, seperti di Medan, tapi gak mungkin karena sekarang posisiku sudah gak di Medan lagi. Sekarang lokasiku sekitar 9 jam perjalanan dari Medan kalo naik bus, atau 6 jam naik kereta api. Saya juga tegaskan concern saya soal adblock tadi, agar dilakukan perubahan.

    BTW itulah ringkasan yang panjang lebar dari percakapan telepon aku dan mas Ghanniy dari UCNews. Kita lihat saja apakah tuntutan saya diperhatikan dan apakah ada perubahan di UCNews.


    ====================
    Mungkin masih ada pertanyaan yang nyangkut, tapi saya pas lagi gak bisa ngakses internet saat itu jadi saya gk bisa liat postingan yang di grup Google Adsense Indonesia, yang mungkin bisa jadi pertanyaan.

    [​IMG]

    BTW, buat tambahan, saya jujur aja biar nanti jangan ada salah paham dan berfikir saya main belakang, yaitu kerjasama dengan UCWeb (terutama buat member yang mungkin mengetahui blog saya). Bahwa saat saya kebetulan buka blog saya tadi di UCBrowser, adblock-nya tidak memblokir adsense saya meski fitur adblock aktif.

    Gak tau apakah ada error di UC atau memang sudah di atur dari sananya, apakah hanya di browser saya (UCBrowser di HP saya) atau di UCBrowser semua user, atau apakah hanya sementara atau selamanya. Kalau tidak percaya, percakapan saya juga ada rekamannya. Hanya saja, untuk menjaga privasi ya saya simpan saja rekamannya. Kalau benar-benar dibutuhkan (seperti: oleh pihak berwajib atau pemerintah) baru akan saya publikasikan rekamannya.

    ==========Ralat, masih di blokir iklan saya di UCBrowser============

    Di akhir, terimakasih kepada semua teman2 ads.id, teman2 di grup Google Adsense Indonesia, dan teman-teman blogger sekalian buat dukungan selama ini. Maaf kalau ada salah2 kata di trit, juga thread yang morat-marit.

    Pokoknya kita lihat saja apakah ada perubahan di UCBrowser nantinya, sesuai dengan tuntutan kita.

    Terimakasih juga buat mas Ghanniy Fitra dari UCWeb yang sudah mau dengerin keluh kesah saya yang mewakili kawan2 blogger. dan juga maaf kalo ada salah kata kepada mas Ghanniy selama komunikasi, khususnya karena saya udah salah sebut nama (gak inget kemarin nama lengkapnya ada di email, di telpon agak kurang jelas).

    UPDATE 25 Januari
    Kata Mas Ghanniy, sedang di diskusikan dengan pihak2 terkait di UC permintaan saya (teman2 blogger).
     
    Last edited: Apr 26, 2017
  3. bud1_w

    bud1_w Ads.id Addict

    Joined:
    May 3, 2012
    Messages:
    343
    Likes Received:
    34
    Location:
    kendal
    pertama kali pake memang secara default adblock tidak aktif, tapi bakal muncul pop-up saran untuk mengaktifkan fitur adblock dan ini terjadi berkali2(kalo gak salah 3x),,.mengganggu dan merugikan para publisher
     
    puzonetwo likes this.
  4. Phonecompi

    Phonecompi Super Hero

    Joined:
    Apr 18, 2010
    Messages:
    839
    Likes Received:
    285
    Location:
    Medan
    Perasaan di saya langsung aktif. gak tau kalo ada notif mengganggu yang maksa pasang adblock
     
    puzonetwo likes this.
  5. theluthfi

    theluthfi C# Addict

    Joined:
    Dec 9, 2015
    Messages:
    608
    Likes Received:
    114
    Location:
    Wonosobo
    Salut gan, keren keren :tepuktangan: Meskipun ane ngga fokus di content writing alias ngeblog doang,
    60% ane melek internet buat bikin software, kesel juga kalo ada yang ngejual ulang bahkan di gratisin.
    & Ane ngerti apa yang di rasain temen" blogger disini, semoga cepet ada itikad baik dari UC. Semangat gan:tepuktangan:
     
    puzonetwo likes this.
  6. sathreea

    sathreea Super Hero

    Joined:
    Jun 13, 2011
    Messages:
    7,751
    Likes Received:
    972
    Location:
    Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia
    UC sampah.
     
    puzonetwo likes this.
  7. iidbae

    iidbae Super Hero

    Joined:
    Nov 12, 2012
    Messages:
    2,323
    Likes Received:
    167
    Location:
    Pusdai-Bandung
    Bingung mau komentar dari mana. Ceritanya cukup panjang, walau arah dan poin utamanya sudah ketangkep.

    Kalau baca sekilas, mungkin lantaran efek mengirim ke Lapor.go.id. Jadi cepat ditanggapi.

    Jika satu orang saja laporannya diperhatikan si kodok eh si Tupai, bagaimana 100 orang penerbit iklan?

    Cuma kalau bisa buat moderator, diskusi seperti ini kalau bisa dijadikan Featured.
    Jadi kebaca sama publisher lain. Namanya juga forum publisher.

    Percuma juga kalau banyak yang membagikan trik naikin pengunjung kalau pengunjung pakai si Tupai.
    Kalau saya sih pengguna si tupai ada 22%, chrome 35%. Belum lagi si adsblock, belum lagi mirisnya cpc Indonesia. Lol
     
    puzonetwo likes this.
  8. pebriscreamo

    pebriscreamo Super Hero

    Joined:
    Feb 9, 2015
    Messages:
    954
    Likes Received:
    57
    Location:
    Mojokerto


    Jadi terharu ane pas bagian ini, ane salut sama konsistensi agan

     
    puzonetwo and Rizal VD like this.
  9. algozali

    algozali Dollar Hunter

    Joined:
    May 26, 2013
    Messages:
    876
    Likes Received:
    57
    Location:
    Pejwan Gugel [all TLD]
    Iya dari awal pasang ucbrowser adblock aktif secara default gan.

    BTW, kenapa aggregatornya gak sekalian di telpon gan? Seperti babe, baca dll?
     
    puzonetwo likes this.
  10. siijo

    siijo Super Hero

    Joined:
    Apr 8, 2013
    Messages:
    1,126
    Likes Received:
    148
    Location:
    Jogja - Purworejo
    salute salute salute...
    Lanjutkan perjuanganmu gan :semangat!:
     
  11. X-COOP

    X-COOP AdSense Pro

    Joined:
    Dec 21, 2016
    Messages:
    373
    Likes Received:
    322
    Location:
    Google Zone
    SALUT gan, kerja keras terus
     
  12. pimen

    pimen AdSense Pro

    Joined:
    Oct 17, 2012
    Messages:
    364
    Likes Received:
    19
    Location:
    Lombok Timur
    Take DOWN UC 50% traffic datang dari UC!!!
     
  13. gobloger

    gobloger AdSense Pro

    Joined:
    Oct 12, 2015
    Messages:
    322
    Likes Received:
    26
    Location:
    Surabaya
    AdBlock yang aktif secara default ini yang sebenarnya jadi biang masalahnya, saya sendiri pengguna Opera Mini dimana fitur AdBlock baru aktif jika diaktifkan secara manual oleh user
     
    puzonetwo likes this.
  14. Jaenudin Erlangga

    Jaenudin Erlangga AdSense Fan

    Joined:
    Jul 31, 2016
    Messages:
    156
    Likes Received:
    14
    Location:
    Cirebon
    Salut gan.... Sy prbadi mngucapkan Terimakasih yg sebesar2nya agan sdh mau mewakili suara tmn2 blogger.
    Dlu wktu sy blm ada trik blokir UCweb, pnghasilan GA sy cukup mmprihatinkan skrng stlh sy pasang script anti uc di semua blog sy, pnghasilan GA sy naik 2x lipat'nya gan dan trkadang bs smpe 3x lipatnya.
    Skli lg trmksh sdh mewakili tmn2 blogger
     
  15. newbiepermanen

    newbiepermanen Super Hero

    Joined:
    Jan 4, 2013
    Messages:
    1,356
    Likes Received:
    47
    Location:
    Belakang Rumah
    Boleh di share scriptnya gan :D
     
  16. kodokoala

    kodokoala Social Media Tools & Apps Dev.

    Joined:
    Jan 12, 2013
    Messages:
    787
    Likes Received:
    141
    Location:
    Bekasi
    Tapi ane suka UC :) UCIWANTOUSEN :lol: #gaklucu kwkwkwkw
     
    alert likes this.
  17. soerizansa

    soerizansa AdSense Fan

    Joined:
    Nov 7, 2016
    Messages:
    140
    Likes Received:
    9
    Location:
    kalsel, kandangan
    gw salut sama ts (y)

    Terima kasih ts kamu pahlawan kami!
     
  18. iidbae

    iidbae Super Hero

    Joined:
    Nov 12, 2012
    Messages:
    2,323
    Likes Received:
    167
    Location:
    Pusdai-Bandung
    Kasih tau juga caranya dong.... :jatuhcinta:
     
  19. lordcommander

    lordcommander AdSense Starter

    Joined:
    Jan 21, 2017
    Messages:
    93
    Likes Received:
    9
    apa agan gamasang dmca aja di web agan? denger denger dmca itu gunanya untuk gitu. Berarti yang nyari masalah untuk konten agan si agregator itu ya? (dan juga ucbrowser tentunya)
    Salut untuk agan

    Sent from my MITO_A10 using Tapatalk
     
    Hica Purba likes this.
  20. aladiw

    aladiw AdSense Pro

    Joined:
    Nov 25, 2010
    Messages:
    274
    Likes Received:
    12
    Location:
    Jakarta
    Script anti uc mau jg dunk gan
     

Share This Page