1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Promo Domain id Dari Pandi Yang Sudah Jarang Terjadi

Discussion in 'Hosting & Domain' started by Mhs, Aug 17, 2020.

  1. Mhs

    Mhs AdSense Fan

    Joined:
    Apr 13, 2019
    Messages:
    180
    Likes Received:
    36
    Assalamu'alaikum wr wb

    Mengawali coretan ini, ane ingin mendoakan semoga Pandi beserta semua accredited registrarnya bisa selalu membuat promo domain .id secara rutin, utamanya ketika ada hari hari besar yang biasanya dirayakan oleh segenap warga negara di bumi kita tercinta , Indonesia!

    Menurut ane promo domain .id yang diinisiasi oleh Pandi, dengan kedudukannya sebagai pengelola nama domain Indonesia, sangatlah penting, utamanya untuk kebesaran dan kebanggaan bangsa ini di era digital. Pandangan ane ini bukan tanpa alasan , namun karena ane merasa ada beberapa point yang bisa kita analisis bersama , khususnya untuk domain anything .id , diantaranya sebagai berikut :

    Pertama , promo merupakan sarana yang efektif untuk memperluas jangkauan pasar dari masa ke masa. Bisnis apapun selalu membutuhkan promosi secara berkelanjutan hingga kita mendapatkan calon konsumen yang percaya sepenuhnya dengan produk/ service yang kita tawarkan.

    Domain dengan ekstensi berbasis wilayah Indonesia , utamanya domain anything .id juga tak jauh beda dengan produk produk yang ada di pasaran seperti .us , .de, .es , dan ccTLD lain yang sejauh ini juga tak pernah berhenti untuk mengadakan promo

    Meski selama ini kita yang berposisi sebagai pengguna selalu diajari bahwa .id adalah lambang identitas dan dipaksa untuk bangga memakai ekstensi domain .id , akan tetapi rasa bangga itu nampaknya belum sepenuhnya terlihat .

    Mengapa ? Karena orang / badan usaha masih suka memakai nama domain dengan ekstensi .COM , bahkan perusahaan perusahaan marketplace besar di Indonesia juga tetap mengandalkan .COM seperti bukalapak. com , tokopedia. com,traveloka . com dan lain sebagainnya.

    Tentu saja persoalannya bukan pada masalah pemakaian .COM atau .id , namun lebih kepada membangun kepercayaan para konsumen terhadap ekstensi anything .id yang selama ini digaungkan sebagai identitas dan kebanggaan bangsa Indonesia.

    Urusan penggunaan nama domain pada masing masing orang di dunia ini sepertinya tak perlu diutak atik , mengingat ekstensi domain hakekatnya mirip sebuah produk yang dijadikan konsumsi. Pastinya akan nampak sangat lucu plus konyol ketika negara harus mengatur warganya mengenai apa yang harus dimakan , apa yang harus dipakai dan apa yang mesti diminum .

    Pandi beserta jajarannya tentu punya kewajiban untuk memastikan mayoritas pengguna domain di Indonesia benar benar bangga terhadap ekstensi .id , sebagaimana orang orang jerman sangat membanggakan ekstensi .DE , mereka menjadikan .DE sebagai pilihan utamanya hingga dijadikan brand di resto , boutik dan lain sebagainya.

    .DE bisa dijadikan contoh yang baik , karena .de juga merupakan ekstensi yang setara dengan .id kalau dilihat dari kedudukannya sebagai country code Top Level Domain (ccTLD). Atau contoh yang baik juga bisa diambil dari populitas .CN di china , dimana warga sangat bangga pakai domain berekstensi .CN . Mengapa mereka terus mau menggunakan ekstensi tersebut dan menjadi sangat bangga? Jawabannya ada di point selanjutnya .

    Kedua, Pandi perlu menyiapkan kebijakan promo yang berkelanjutan dengan menurunkan harga pendaftaran maupun biaya perpanjangan domain

    Cara terbaik untuk melakukan promosi yang efektif adalah dengan membuat harga yang layak dengan ekstensi yang sejenis di pasar global. Mari ambil contoh untuk ekstensi domain .de dan .cn sebagai bahan perbandingannya.

    Dua ekstensi ini ( .DE dan .CN ) rata rata dijual dipasar internasional pada kisaran harga dibawah $5 alias kurang dari lima dollar, dengan biaya perpanjangan domain tidak sampai $10 (tergantung registrarnya ) . Kalaupun ada yang menjual lebih tinggi maka itu hanya ada pada beberapa registrar atau biasanya dijual oleh reseller domain, namun secara umum memang dikisaran itu harganya .

    Bagaimana dengan harga ekstensi dot id di pasaran? Tentu agan sudah tahu berapa harga pendaftaran dan berapa biaya perpanjangannya ,dimana harganya bisa dikatakan bisa mencapai 3 sampai dengan 4x lipat lebih mahal dari dua ekstensi yang ane sebutkan tadi. Yang lebih aneh lagi menurut ane adalah sebuah kenyataan ketika harga .CO.ID dinaikkan berlipat lipat hingga melebihi dari ekstensi .ID

    Padahal andai kita mau membaca referensi mengenai pengertian subdomain di wikipedia atau dimanapun maka kita bisa menyimpulkan kalau .CO.ID itu lebih layak disebut sebagai subdomain , bukan root domain ya. Tetapi keanehan itu memang bukan tanpa alasan , karena memang sebelumnya telah ada ketentuan jika para entity bisnis yang beroperasi di Indonesia akan diwajibkan memakai nama domain .CO.ID, sehingga harga .co.id kemudian dinaikkan berlipat lipat

    Sayangnya sampai sekarang ketentuan itu nampak tidak berjalan , buktinya bukalapak , tokopedia , traveloka dan lainnnya masih memakai ekstensi .COM sebagai website resminya. Ane yakin mereka mungkin punya nama domain lain dengan ekstensi .co.id , tetapi ane menduga ketiga website besar tersebut akan keberatan kalau harus menjadikan .co.id sebagai ekstensi utamanya.

    Mengapa kemungkinan bisa keberatan ? Ane tak tahu alasan utamanya , namun dugaan ane karena ketika berpindah atau ganti jadi pakai .co.id maka berbagai kekuatan seperti backlink , social signal dan reputasi website harus dimulai dari awal. Belum lagi dengan pertimbangan dari sisi teknis hingga perubahan perubahan penting lainnya.

    Sungguh akan sangat bagus ketika kebijakan menaikkan harga yang berlipat lipat tak perlu terjadi lagi pada Pandi, karena yang diperlukan saat ini adalah penyesuaian harga , sekaligus menurunkan harga untuk domain .id supaya bisa bersaing dengan ekstensi lainnya di dalam negeri maupun di pasar domain secara global .

    Pendaftaran domain anything .id pada pengguna baru lebih layak dibandrol dengan harga kurang dari $5 dan biaya perpanjangan dibawah $10 atau minimal sama dengan harga perpanjangan top level domain seperti .com , net atau .org yang dikenal lebih stabil selama puluhan tahun.

    Jika perubahan seperti ini bisa dilakukan maka pandi mungkin tak perlu mengadakan promo domain besar besaran yang nampak sangat apik tetapi harga perpanjangannya lebih mencekik dibandingkan ekstensi lainnya.

    Harga domain .id yang wajar merupakan cara terbaik bagi PANDI untuk melakukan promosi otomatis dari masa ke masa tanpa perlu menjelaskannya kepada konsumen apa dan bagaimana keunggulannya
    Ketiga, Pandi perlu Mengubah Kampanye Dalam Mempromosikan Domain .ID

    Ane merasa kurang sreg dengan berbagai pandangan yang mengatakan jika .ID lebih unggul hasil pencarian google dibandingkan website yang memakai .COM atau pernyataan pernyataan yang setara dengan ini . Padahal prosesnya tidak segampang itu untuk mencapai suatu ranking melalui mesin pencari. Bahkan point mengenai seo itu lebih pas kalau disampaikan oleh para master / ahli seo marketing yang memang expert dan menjadikan seo sebagai bisnis utamanya.

    Selain itu rasanya akan rancu kalau masa depan domain .id digantungkan atau dikaitkan pada keberadaan google dan andai para pengguna domain .id ternyata tidak mendapatkan ranking yang lebih baik ketika bersaing maka reputasi domain .id akan dipertanyakan oleh para konsumen. Domain .ID merupakan ekstensi mandiri yang tidak perlu menggantungkan masa depannya pada google ataupun bergantung pada kekuatan lain , karena .ID adalah merepresentasikan negara Indonesia , sebuah negara yang sudah merdeka sejak tanggal 17 Agustus 1945

    Keempat,
    Pandi Perlu Melakukan Promo Domain Lagi Untuk Membangkitkan Semangat Persatuan dan Kesatuan Bangsa.

    Kita semua mengetahui , tepat di hari ini , Senin, 17 Agustus 2020, bangsa ini merayakan hari proklamasi kemerdekaan yang ke-75 ditengah pandemi covid-19. Mengingat hari ini tidak ada promo domain .id spesial dari Pandi maka mari kita doakan bersama semoga para pahlawan yang sudah berjuang dengan segenap jiwa raganya diberikan balasan terbaik oleh Alloh SWT, ditempatkan pada posisi istimewa disisi TuhanNya dalam kasih sayang yang luar biasa.

    Domain .id tak akan pernah ada dimuka bumi ini andai kemerdekaan negeri ini tidak diperjuangkan oleh para pahlawan mulia yang kita cintai. Mari benar benar meluangkan waktu untuk berdoa sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Tuhan dan sebagai rasa terima kasih kepada para pejuang yang ikhlas merebut negeri ini dari cengkeraman penjajah.
    Ya Alloh , Jadikan kami menjadi manusia manusia yang berguna bagi negeri ini sebagaimana para pahlawan kami yang selalu berjuang dan tak pernah berhenti untuk mengabdi dengan karya karya terbaiknya sampai mereka meninggalkan kami. Amiin , amiin , amiin

    Kini perjuangan untuk memerdekaan domain .id berada pada kebijakan Pandi , saatnya pandi bertindak sebagai Bung Karno atau Jenderal Sudirman untuk mengajak dan mengedukasi seluruh bangsa ini supaya bangga memakai domain .id , dengan cara menurunkan harga pendaftaran maupun biaya perpanjangan supaya bisa memenangkan persaingan dipasar global , sekaligus dibanggakan oleh warganya sendiri didalam negeri. Amiin​

    Dirgahayu Republik Indonesia Ke-75

    Jika coretan ini layak dibagikan maka jangan sungkan untuk dishare ke whatsapp, facebook ,linkedin, twitter dan dimanapun gan... Siapa tahu nantinya Pandi jadi mengadakan promo walau tidak tepat di tanggal 17 an gan...


    Note: Ini hanya opini pribadi , jangan dianggap sebagai kebenaran ,sehingga mari kita diskusikan bersama ya gan di forum ads.id
     
    Last edited: Aug 17, 2020
  2. iidbae

    iidbae Super Hero

    Joined:
    Nov 12, 2012
    Messages:
    2,334
    Likes Received:
    174
    Location:
    Pusdai-Bandung
    Nulis panjang-panjang, nulis bagus-bagus, emang dibaca PANDI gitu?

    Cuma punya satu .id, itu juga terpaksa belinya. Dari zaman 250 ribuan++

    Dari segi fungsi, masih enakan .com

    Dari sisi Indonesia sendiri, mereka gak tahu ada domain s.id masih bangga dengan bit .ly dan sejenisnya.

    Indonesia
     
  3. Mhs

    Mhs AdSense Fan

    Joined:
    Apr 13, 2019
    Messages:
    180
    Likes Received:
    36
    Mungkin saja tidak dibaca Pandi ya gan , benar kata mastah... .COM secara global masih dijadikan sebagai pilihan utama, termasuk di Indonesia. Ane kira masih perlu waktu untuk menjadikan layanan pemendek url S.id sampai benar benar diterima oleh para pengguna di Indonesia
     
  4. Mhs

    Mhs AdSense Fan

    Joined:
    Apr 13, 2019
    Messages:
    180
    Likes Received:
    36
    Jika ada promo domain .id terbaru bisa agan tambahkan via komentar disini dengan menyebutkan registrar , rentang waktu dan harga , namun jangan disertakan livelink karena itu tidak diijinkan oleh forum ini . ​
     
  5. logistik

    logistik AdSense Starter

    Joined:
    Jun 24, 2016
    Messages:
    98
    Likes Received:
    18
    Location:
    indonesia
    logisnya sih dikasih murah aja pasti banyak yang register. gak perlu pakai promosi segala otomatis pasti viral itu.
    anggap aja diskon harga itu sebagai biaya promosi PANDI untuk meningkatkan branding sekaligus mempopulerkan domain .id di kalangan netijen indonesia.

    saat ini dari segi harganya saja udah kalah saing jauh dengan .com, gimana coba mau bersaing dengan domain .com yang sudah lama malang melingtang di jagat maya.
     
  6. MoZad

    MoZad Hero

    Joined:
    Sep 11, 2015
    Messages:
    568
    Likes Received:
    67
    Location:
    keep calm, play hard
    males pake .id mahal, harga 270rb plus ppn jadi 300k.
     
  7. dedisuparman

    dedisuparman Super Hero

    Joined:
    Mar 27, 2011
    Messages:
    2,109
    Likes Received:
    220
    Location:
    Indramayu
    Jadi penulis di saya aja gan kalau bisa panjang mah tulisannya. Mumet bacanya intinya aja gan :gembira:
     
  8. Mhs

    Mhs AdSense Fan

    Joined:
    Apr 13, 2019
    Messages:
    180
    Likes Received:
    36
    Setuju gan dengan pandangannya , harga yang setara dengan .COM akan lebih membuka kesempatan pada calon pengguna di Indonesia , sekaligus tidak hanya daftar , kemudian drop karena biaya renewal yang masih lebih tinggi dibandingkan .COM
     
  9. Mhs

    Mhs AdSense Fan

    Joined:
    Apr 13, 2019
    Messages:
    180
    Likes Received:
    36
    Harga sepertinya terlalu dipaksakan,namun semoga saja suara agan cepat atau lambat akan didengar oleh PANDI , sehingga .id nantinya bisa lebih murah dari .COM yang kini masih memimpin sebagai rajanya ekstensi domain dan jadi pilihan utama para pengguna.
     
  10. Mhs

    Mhs AdSense Fan

    Joined:
    Apr 13, 2019
    Messages:
    180
    Likes Received:
    36
    He he ... terima kasih mastah dan maaf kalau membuat agan jadi mumet dengan tulisan panjang, sekaligus tidak menolak rejeki selama halal dan menguntungkan
     
  11. newbiefans

    newbiefans Super Hero

    Joined:
    Sep 5, 2009
    Messages:
    1,469
    Likes Received:
    197
    Location:
    DKI JAKARTA
    price nya masih belum merakyat, coba harga nya di bawah .com/.net/.org pasti banyak yg tertarik lagi
     
  12. Mhs

    Mhs AdSense Fan

    Joined:
    Apr 13, 2019
    Messages:
    180
    Likes Received:
    36
    Setuju dengan pandangan mastah... semoga nantinya bisa terwujud ya ... siapa tahu akan ada perubahan kebijakan yang lebih baik dari sisi harga
     
  13. hanif48

    hanif48 Hero

    Joined:
    Jan 30, 2015
    Messages:
    556
    Likes Received:
    25
    Location:
    Cikarang, Bekasi
    Ada benarnya. Saya setuju kalau domain anything .id mewajarkan harga perpanjangannya. Hehe :D
     
  14. Mhs

    Mhs AdSense Fan

    Joined:
    Apr 13, 2019
    Messages:
    180
    Likes Received:
    36
    Semoga bisa terwujud ya gan nantinya , sekalian harga domain 3L / 3 letter atau 4L/ 4 letter sepertinya tidak harus semuanya dijadikan premium, mengingat .US saja yang sudah sangat populer tidak memperlakukan semua domain yang terdiri 3 - 4 huruf /angka sebagai domain premium.

    Andai tidak bisa diberikan secara global , ya minimal domain 3L dan 4L pada anything .id hanya diberikan kepada warga negara Indonesia, daripada banyak nama tidak diambil atau tidak didaftarkan para pengguna akibat harga yang kemungkinan belum terjangkau oleh semua kalangan. Jika ini bisa terjadi maka kemungkinan akan banyak orang yang pindah ke .id , mengingat mereka punya kesempatan luas untuk mendapatkan domain yang pendek dan mudah diingat dengan harga normal (bukan harga premium )
     
  15. Potensial

    Potensial AdSense Starter

    Joined:
    Jul 3, 2020
    Messages:
    63
    Likes Received:
    5
    Location:
    mata
    nggak usah promo gak apa2, harganya aja turunin jangan jauh2 dari dot com
     
  16. logistik

    logistik AdSense Starter

    Joined:
    Jun 24, 2016
    Messages:
    98
    Likes Received:
    18
    Location:
    indonesia
    itulah gan kalau harganya dibawah .com ya jelas orang indo bakal make domain .id asal ga ditambah syarat macam-macam tentunya disamakan aja seperti pendaftaran .com yang mudah dan ga ribet.
     
  17. Mhs

    Mhs AdSense Fan

    Joined:
    Apr 13, 2019
    Messages:
    180
    Likes Received:
    36
    Sepakat .... dengan pendapat agan
     
  18. rawapesona

    rawapesona 10000USD/Month

    Joined:
    Jan 26, 2011
    Messages:
    4,608
    Likes Received:
    308
    Location:
    https://proreview.host
    tulisannya bagus, sangat berbobot di sertai dengan study banding (domain de/cn)
    semoga para pemangku kebijakan (pandi) bisa memahami tulisan yang baik ini
     
  19. Mhs

    Mhs AdSense Fan

    Joined:
    Apr 13, 2019
    Messages:
    180
    Likes Received:
    36
    Semoga ya gan , karena .id merupakan bagian ekstensi yang juga layak meraup sukses ketika kita bangga dengan ekstensi yang menjadi salah satu simbol kekuatan negeri ini di ranah digital, setidaknya dibanggakan oleh para pengguna dalam negeri dulu sebelum kemudian jadi salah satu pilihan bagi pengguna manca negara.

    Kalau domain .id masih semahal saat ini maka para pengguna di negeri ini akan lebih memilih .COM atau ekstensi lain. bukan karena tidak tahu adanya domain .id , tetapi karena harga .com yang lebih murah , lebih mudah diucapkan dan dikenal secara global oleh pengguna yang paling awam sekalipun.
     
  20. radex78

    radex78 AdSense Fan

    Joined:
    Jun 21, 2013
    Messages:
    176
    Likes Received:
    18
    .id mungkin mewakili identitas negara, tapi dalam jangkauan pasar lebih luas, mungkin .com lebih efektif
     

Share This Page