1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Sekilas Algoritma Google

Discussion in 'Adsense News' started by misterluthfi, Jun 28, 2012.

  1. misterluthfi

    misterluthfi AdSense Pro

    Joined:
    May 24, 2011
    Messages:
    275
    Likes Received:
    168
    Location:
    33 km timur Djokdja
    Salam mastah, masbro, dan mimin momod. Ijinkan ane share tentang hasil diskusi komunitas gelatik selam Jogja yang diisi oleh mastah coding Jarot Syahputro beberapa hari lalu.
    Isi trit ini simpel, tetapi semoga bisa memberikan sedikit pemetaan pada nubiers kayak saya agar tahu garis2 panduan IM.

    Langsung sadja ane share isi acara tersebut:

    CMIIW (Correct Me if I’m Wrong) .

    1. Algoritma Page Rank

    Kata mas Jarot, Algoritma Google yang satu ini bersifat statis. Artinya, rumusnya akan selalu sama, (wah semoga saya tidak salah tulis) PR4*3 = PR4-1, memiliki backlink dari 3 situs PR 4, maka anda akan memiliki satu situs page rank 3. Memiliki satu backlink (BL) dari PR5 berarti anda memiliki satu situs dengan PR 5-2 = PR3. Sesederhana itu! Jadi tidak benar memiliki banyak BL lalu situs menjadi lebih gagah, belum tentu. Saran dari beliau, biasakan saja cari BL dari sesama kawan. Mudah croschecknya dan mudah menghubunginya. Algoritma ini sama dan berlaku terus sampai saat ini. Sebagai catatan blog PR3 sudah cukup untuk mengobrak abrik SERP Google, apalagi PR yang lebih tinggi.

    2. Algoritma Duplicate (ah lupa namanya…)

    Maaf saya lupa istilahnya, tapi pada prinsipnya Algoritma ini berprinsip untuk memberi tanda (Flagging) pada situs-situs atau blog yang melakukan copy paste, atau duplicate content.

    Sebelum share lebih jauh, mas Jarot juga menyampaikan tentang fenomena Flagging ini. Lelaki yang mengaku profesi utamanya adalah sebagai bapak Rumah Tangga dengan sambilan internet marketing dan coding ini mengatakan bahwa indikator yang paling mudah untuk Google melakukan Flagging adalah dari traffic Unique Visitor (UV).

    Cara mas Jarot menguji premis ini adalah dengan membuat situs yang dicoding sedemikian rupa supaya memperoleh UV sejumlah tertentu. Awalnya situs coding mas Jarot bisa menembus angka 50K (lima puluh ribu) UV per hari…tapi tak beberapa lama langsung tewas. Diturunkan lagi target UV, dan berhasil turun menjadi 40K, tewas lagi. Teruuus diturunkan sampai 35 K dan 30K. Akhirnya UV yang aman ditemukan , yaitu 30K per hari. Ini sampel cara riset mastah kalem yang satu ini.Nah, cara Google flagging seperti itu, dengan memberikan tanda ketika traffic situs kita mencapai angka tertentu.

    Kembali pada algoritma duplicate. Algoritma ini dilaunching Google sekitar tahun 2004. Ketika itu Search Engine masih semrawut, misal dalam satu page one Google terdapat satu artikel asli, maka list dibawahnya hingga beberapa page berisi situs-situs sampah yang mencopas artikel asli secara vulgar dan biadab. Dicontohkan sebuah kejadian seorang suami yang harus menghubungi sebuah rumah sakit untuk mendapatkan dokter dengan spesialisasi tertentu yang dibutuhkan untuk menyelamatkan nyawa istrinya dalam waktu 5 menit. Suami itu bermaksud mencari artikel yang tepat melalui Google. Namun apa lacur, pej wan (page one) sampai beberapa pej selanjutnya berisi informasi sampah yang tidak ia butuhkan, karena isinya sama semua. Bayangkan, jika sampai menit ke enam ia belum mendapatkan informasi yang ia butuhkan maka nyawa istrinya terancam!

    Nah, algoritma ini bekerja untuk membuang situs yang memiliki konten sama dengan URL berbeda.

    Dunia terus berputar, begitu pun akal manusia. Muncullah fenomena SPIN ARTICLES dengan plugin-plugin dan robot-robot hasil rekayasa anak manusia. Mas Jarot kembali menjelaskan, bahwa memang algoritma duplicate ini memiliki kelemahan, yaitu dia tidak bisa mengenali apabila struktur artikel dalam sebuah page sudah berubah.

    “Masih ingat spin master?” Tanya mas Jarot. Hadirin hening. Lelaki gondrong ini bertanya lagi, “Siapa yang hadir di sini yang masih menggunakan WP Robot, Azon Profit Master, atau Samurai Robot?” beberapa ada yang masih mengangkat tangan (seharusnya banyak, tetapi mungkin malu wkwkwkwkw). Masa-masa jaya tools ini ada di tahun 2009-2010, earning bisa ribuan dolar per bulannya. Seolah-olah Google kalah….

    Namun, Google merupakan organisme cerdas yang tentu saja terus belajar. Ternyata para insinyur di sana sedang menyiapkan kejutan telak bagi para “badboy” ahli grabbing dan spin artikel instan itu. Setelah lama-ditunggu-tunggu, lahirlah Algoritma Panda pada awal tahun 2011. Lahirnya Panda menjadikan posisi dollar ers goyang.

    Pesan mas Jarot, “Kalau mau nakal dengan artikel copas, jangan sampai traffic harian situs Anda lebih dari 300 UV. Lebih dari itu mati satu tumbuh seribu, mati lagi seribu itu.” Itu algoritma lama, kalau masih terjebak juga dengan algoritma itu, menunjukkan Anda kurang “ngumpul” dan kuper terhadap perkembangan terbaru. “Berkumpullah dan Berbagilah!”

    3. Algoritma Panda

    Kehebatan Panda adalah ia algoritma yang evolve dan memiliki kecerdasan artifisial untuk terus belajar. Semakin banyak kasus yang dilaporkan padanya, semakin cerdas databasenya menghajar situs-situs yang telah diberi bendera contreng.

    Secara singkat, Panda adalah algoritma yang mendeteksi tingkat kerusakan gramatikal sebuah artikel. Hal ini sebagai upaya counter attack Google pada artikel-srtikel spin hasil kerja robot-robot grabber dan spinner. Tools tersebut mampu men-grab artikel, membuat artikel dengan struktur berbeda dari artikel asli…memang…tetapi, kelemahannya adalah tingkat keterbacaannya rendah, akibat grammair nya buruk. Bahkan, tingkat keterbacaan 60% saja sudah termasuk bagus untuk sebuah mesin spinner. Bagus di kita, bikin muntah-muntah para pembacanya…..

    So, panda adalah algoritma linguis yang akan membabat habis artikel-artikel spin dengan tata bahasa buruk. Hebatnya lagi, muncul issue yang ternyata terbukti, yaitu Panda Going Global 2011. Makanan apa itu?

    Panda tidak hanya bekerja pada situs-situs berbahasa Inggris. Panda melanglang buana untuk semua bahasa. Jadi, kalau Anda membuat situs bahasa Indonesia dengan gramatikal buruk dan keterbacaan rendah……siap-siap saja terkena tendangan Kungfu Panda!

    Apa ciri-ciri situs terkena tendangan Panda? Kembali lagi kita perlu mengingat tentang Unique Visitor. Panda memberi Flag panda situs yang berpotensi buruk dan memiliki traffic di atas 3000 UV per hari. Hampir bisa dipastikan situs yang memiliki 3000UV per hari dan readable-nya buruk itu akan terkena De index. URL situs Anda akan sirna dari posisi SERP Google…..wassalam.

    Serunya lagi, ternyata deindex tidak hanya satu jenis. Terdapat jenis deindex Panda lain yang cukup mengerikan, yaitu null deindex. Apabila deindex biasa ditandai dengan hilangnya alamat situs kita di halaman pencarian Google, Null deindex berbeda. URL situs kita tetap ada di list SITE: nama domain anda, tetapi dia dianggap null alias tidak akan mendatangkan visitor. Google menghalangi visitor untuk menemukan situs Anda di mesin pencari mereka. Wassalam…

    Trus bagaimana mengatasi deindex? Kata mas Jarot, “Move On” saja. Tinggalkan dengan ikhlas. Kecuali…… bagi situs-situs dengan PR tinggi yang masih bisa mendatangkan earning dengan jual backlink karena PR nya tinggi. Banyak di antara rekan-rekan onliners yang shock, mutung, dan menyalahkan search engine-nya. Don’t do that… Google tidak sewenang-wenang kok, kitanya yang salah telah melanggar aturan main dia. Ikhlaskan saja dan segera bangkit lakukan perbaikan. Cieee…..

    Catatan tambahan, Panda tidak pandang bulu, meskipun Anda nge-blog menggunakan Blogspot yang notabene milik Google, deindex tetap bisa dilakukan, bahkan adsense Anda di banned juga bisa meskipun digunakan di platform Blogcepot…

    4. Algoritma Penguin

    Awal tahun 2012 lahirlah algoritma baru, Penguin namanya. Perlu diingat, Penguin tidak menggantikan Panda, ia melengkapi….jyaaaah….tambah keren-keren jagoannya. Karaktyer penguin cukup unik, begitu kata Mas Jarot. Korban-korbannya bisa diajak bertobat hahaha… maksdunya, jika kita terkena imbas Penguin, lalu memperbaiki kesalahannya, masih dimungkinkan kembali lagi ke posisi semula.

    Sebelumnya, algoritma penguin ingin membenahi link building suatu situs. Caranya baik atau tidak dalam memperoleh BAcklink. Bukanakh sering kita lihat tawaran-tawaran 5$ dapat ribuan Backlink, atau berlomba mendapat BL PR7 dofollow autofollow? Nah, berhati-hatilah menggunakan Black Hat seperti itu. Penguin akan mendepak kita dari posisi depan SERP khusus kata kunci yang kita menangkan itu, tapi tidak hilang, hanya mundur. Kalau kita memperbaiki lagi cara link building kita, maka posisi kata kunci yang kita menangkan tersebut akan balik lagi. Itu kabar baik dari penguin.

    Sebenarnya banyak contoh-contoh yang disampaikan olehMas Jarot tentang Link Building ini, seperti link wide, link per page, cara jitu memasang BL PR 4 dengan timing yang manusiawi, dan lainnya. Namun, tangan saya sudah mulai keriting, dan ngantuk habis begadang tadi malam. So, itu dulu ya….

    Oh iya, terakhir sebelum melanjutkan kehidupan lagi, tentang Adsense yang deindex. Mas Jarot berpesan untuk membaca kembali TOS Google Adesense . Patuhi itu.

    5. Banned Adsense

    Banned adsense terjadi sebagian besar karena (based on cases):

    1. Kita memasang adsense di halaman yang tidak ada artikelnya seperti site map atau pada halaman yang diaggap Google sebagai duplicate content seperti page about me, disclaimer, DCMA, dan term reference .

    2. Ada protes dari pemilik artikel asli yang tidak kita tanggapi, dari tingkatan inbox, PM, hosting, akhirnya naik banding sampai adsesne….wassalam. Banned deh.

    Begitu dulu ya kawan-kawan, semoga bermanfaat. Doakan ane terus diberi waktu dan kesehatan supaya dapat terus berbagi. Saya doakan juga kawan-kawan supaya tambah sukses. Amin!
     
  2. indra_sinatra

    indra_sinatra Hero

    Joined:
    Nov 5, 2011
    Messages:
    579
    Likes Received:
    15
    Location:
    Medan, Indonesia
    wah, baru tau ane klo logika ini yang dipake Google.

    makasih buat share nya, mastah.
     
  3. 4ndr1

    4ndr1 Banned

    Joined:
    Jun 13, 2008
    Messages:
    2,358
    Likes Received:
    498
    Location:
    Country Of Corruption
    mantap...pagi2 udah di kasih sarapan. makasih sharing'a mas bro :D
     
    Last edited: Jun 28, 2012
    tigis likes this.
  4. thevamp

    thevamp AdSense Fan

    Joined:
    Mar 12, 2011
    Messages:
    230
    Likes Received:
    5
    Location:
    Di Rumah
    wah keren nih threadnya, mau lanjutin baca :)
     
  5. sathreea

    sathreea Super Hero

    Joined:
    Jun 13, 2011
    Messages:
    7,762
    Likes Received:
    993
    Location:
    Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia
    Like penceted.. baru tau aku algoritma google

    jadi jangan salahin google yaaa :)
     
  6. embey

    embey Super Hero

    Joined:
    Sep 27, 2011
    Messages:
    953
    Likes Received:
    91
    Location:
    Kotabaru Gunungnya Bamega
    Mantabs Sharenya oey.... kelanjutan yg dibawah ini yg dinantikan

    "Sebenarnya banyak contoh-contoh yang disampaikan olehMas Jarot tentang Link Building ini, seperti link wide, link per page, cara jitu memasang BL PR 4 dengan timing yang manusiawi, dan lainnya. Namun, tangan saya sudah mulai keriting, dan ngantuk habis begadang tadi malam. So, itu dulu ya…."
     
  7. RagieL

    RagieL Super Hero

    Joined:
    May 22, 2010
    Messages:
    3,305
    Likes Received:
    94
    Location:
    www.imers.club
    makasih sharingnya, kemarin gak bisa ikutan karena baru mudik..
     
  8. Schwarzkophf

    Schwarzkophf Super Hero

    Joined:
    Nov 13, 2008
    Messages:
    2,315
    Likes Received:
    71
    Location:
    Depok
    keren2 ,,,
    cukup menarik utk membuat banyak orang menjadi putih :senyum:
    ane juga lagi dalam pencarian ke gelap atau ke terang :senyum:
     
  9. Rikzahakim

    Rikzahakim Super Hero

    Joined:
    May 20, 2012
    Messages:
    820
    Likes Received:
    1,003
    kalo kita jujur bkalan makmur ...
     
  10. mumetbanget

    mumetbanget New Comer

    Joined:
    Nov 30, 2011
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Location:
    purwokerto
    waaah bener2 baru tau...O:-)
     
  11. iamn34r

    iamn34r Familyman

    Joined:
    Dec 2, 2009
    Messages:
    588
    Likes Received:
    276
    Location:
    Suroboyo jeh
    Mantab sharingnya gan. Emang blog robot ane begitu nyampe >2000uv langsung deindex. Ternyata g cm ane aja
     
  12. opah22

    opah22 AdSense Fan

    Joined:
    Jun 28, 2011
    Messages:
    108
    Likes Received:
    3
    Pagi-pagi sudah dapat pencerahan yg seger mantab nih..... :semangat!:
     
  13. Content Repost

    Content Repost Super Hero

    Joined:
    Sep 6, 2011
    Messages:
    1,184
    Likes Received:
    839
    Keren .. mantap sharingnya :lovekiss:
     
  14. adin770

    adin770 AdSense Pro

    Joined:
    Jan 13, 2010
    Messages:
    440
    Likes Received:
    20
    makasi masbro uda share , tambah ilmu :D
     
  15. kevinringo

    kevinringo New Comer

    Joined:
    May 22, 2012
    Messages:
    46
    Likes Received:
    7
    Location:
    Yogyakarta
    heheh iya sempat catat juga ilmunya mas Jarot PageRank ____--____
    PRn*3 = Prn -1 > Pr4*3 = pR4-1 = Pr3 " orangnya Kalem banget ya.. huhuh.. sangar tapi..'
     
  16. envygreen

    envygreen New Comer

    Joined:
    Apr 1, 2011
    Messages:
    43
    Likes Received:
    0
    Location:
    yogyakarta
    sharing yang di gelatik selam memang mantap... :D
     
  17. penguin.orange

    penguin.orange AdSense Fan

    Joined:
    Dec 23, 2011
    Messages:
    189
    Likes Received:
    10
    dulu lumayan ngeh sama panda, sekarang mau baca2 yang penguin dulu ah.....
     
  18. djayuz47

    djayuz47 AdSense Starter

    Joined:
    Mar 12, 2012
    Messages:
    52
    Likes Received:
    0
    "Google tidak sewenang-wenang kok, kitanya yang salah telah melanggar aturan main dia. Ikhlaskan saja dan segera bangkit lakukan perbaikan. Cieee….."

    Bener juga yah,,
    :D
    -like penceted..
     
  19. 24kusnendar

    24kusnendar AdSense Starter

    Joined:
    Jun 10, 2011
    Messages:
    85
    Likes Received:
    0
    Sekarang google ska yang jujur, maju terus Google, :semangat!:
     
  20. satriadanil

    satriadanil AdSense Starter

    Joined:
    Jul 23, 2010
    Messages:
    99
    Likes Received:
    3
    bermanfaat gan, pantas saja dulu blog ane ada 2 yang kena tendang, keduanya hasil kopas dan hampir mirip sih
     

Share This Page