1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

[SEOWEBHOSTING INFO] KAMU HARUS TAU SSD & HDD SERVER..!!

Discussion in 'Hosting & Domain' started by Seo Web Hosting, Nov 10, 2020.

  1. Seo Web Hosting

    Seo Web Hosting New Comer

    Joined:
    Nov 2, 2020
    Messages:
    21
    Likes Received:
    2
    Dalam dunia hosting ada penyimpanannya juga lho mungkin dari kalian sudah gak asing dengan penyimpanan SSD & HDD, nah SEOWEBHOSTING mau membahas tentang SSD & HDD nih , Semoga Bermanfaat ya [​IMG]

    SSD Singkatan dari Solid State Drive atau Solid State Disk, yang berarti perangkat penyimpan data yang menggunakan serangkaian IC sebagai memori yang digunakan untuk menyimpan data atau informasi.

    Secara garis besar, SSD adalah perangkat keras penyimpanan data yang menggunakan non-volatile memory sebagai media penyimpanannya dan tidak menggunakan piringan magnet dan data yang tersimpan pada SSD tidak akan hilang meskipun tidak menggunakan daya listrik.

    Pemanfaatan SSD tak hanya digunakan pada laptop saja, namun juga pada layanan website. Saat ini sudah tersedia layanan wrb hosting berkualitas dan terbaik menggunakan SSD di SEOWEBHOSTING. Pastinya layanan web hosting SSD tersebut lebih cepat daripada layanan hosting biasa yang masih menggunakan HDD. Sekarang anda bisa menikmati kenyamanan layanan web hosting di SEOWEBHOSTING.

    Komponen SSD Antara Lain :

    [​IMG]

    KELEBIHAN SSD Antara Lain :
    1. Performa Lebih Cepat

    SSD lebih cepat dalam hal kecepatan read and write, misalnya saat membuka program berat, saat transfer file maupun pencarian file

    2. Tidak Menimbulkan Bunyi
    Saat digunakan, SSD tidak mengeluarkan suara karena materi komponenya hanya terdiri dari sekumpulan memori.

    3. Lebih Hemat Energi / Daya Listrik
    SSD hanya membutuhkan 10 persen daya dari hard disk

    4. Lebih Minim Kerusakan
    SSD tidak menggunakan media cakram yang mudah tergores jadi Lebih tahan terhadap guncangan.

    5. Respon Lebih Cepat
    SSD tidak menggunakan mekanik jadi respon lebih cepat daripada Hard disk.

    6. Memproses File dan Data Lebih Cepat
    Proses file dan data dengan SSD cuma membutuhkan waktu 50 persen dari hard disk

    7. Perawatan Lebih Cepat
    Maintenance dengan SSD cuma membutuhkan waktu 10-50 persen dari hard disk(maintenance misal,scanning virus,clean up registry).

    KEKURANGAN SSD Antara Lain :
    1. Harga yang Lebih Mahal

    Harga per Byte kapasitas mencapai 10x harga per byte Hard Disk

    2. Kapasitas Kecil
    Karena SSD tidak menawarkan kapasitas yang besar dengan rentang harga yang sama dan SSD digunakan untuk mengejar PERFORMA, bukan STORAGE.

    3. Memiliki Batas Umur

    Umur pakai SSD jauh lebih pendek karena siklus read and write SSD lebih pendek

    Nah sekarang kita pindah ke HDD nya yaaa.. [​IMG]

    Hard disk adalah sebuah hardware yang biasa digunakan untuk menyimpan data di sebuah komputer atau laptop. OS, software dan kebanyakan file semua disimpan di drive hard disk. Hard disk yang digunakan pada server adalah hard disk server. Secara umum, server adalah inti dari data yang ada pada jaringan. Sedangkan hard disk adalah Gudang data, yang menyimpan semua jenis data dan aplikasi.

    Agar sebuah hard disk berfungsi dengan baik saat memproses dan menyimpan data dalam jumlah yang teramat besar dan jam kerja yang Panjang, server akan menggunakan hard disk bertipe SAS. Kenapa? Karena Hard disk tipe SAS ini banyak dipilih karena kecepatannya yang tinggi, stabil, dan memiliki fitur keamanan yang baik. Sedangkan pada server low end, umumny tipa hard disk yang digunakan adalah tipe SATA.

    Pilih Hard Disk Server yang tepat dengan 3 syarat berikut :
    - Reliabilitas
    - Performa
    - Waktu Respon

    Tipe HDD Server :

    1. SATA
    SATA memiliki kriteria kecepatan operasional berkisar 5400 RPM sampai 7200 RPM. Memiliki kemampuan auto correct yang bisa memperbaiki kesalahan yang ditemukan. Hal ini tentu saja sangat bagus dari sisi keamanan data saat proses transfer terjadi. SATA sangat tepat digunakan untuk penyimpanan massal, yang tidak memelukan kinerja yang paling optimal.

    2. SATA Raid Edition
    Ini adalah tipe terbaru dari SATA dan penyempurnaan versi sebelumnya. Kecepatannya pun stabil di angka 7200 RPM. Driver tipe ini memiliki keistimewaan pada kemampuan RAID controller commands.

    3. SAS
    SAS memiliki kecepatan sampai 15000 RPM untuk memproses data. Pada SATA generasi ketiga, bandwith maksimal yang mampu dihasilkan SATA adalah 6GB per detik. Sedangkan SAS dengan generasi yang sama mampu menghasilkan bandwith sebesar 12 GB per detik. Jika anda menginginkan disk yang memiliki kecepatan diatas rata-rata, SAS adalah pilihan yang tepat.

    Keunggulan Hard Disk Server daripada Hard Disk Biasa :
    - Hard disk server memiliki ketahanan menghadapi guncangan dan getaran. Hal ini karena adanya control getaran tambahan

    - Teknologi khusus yang secara signifikan meningkatkan akurasi.
    - Mampu melakuan diagnostic mandiri yang akan memberikan pemberitahuan yang tepat waktu saat terjadi kerusakan pada hard disk.

    PERBEDAAN SSD & HDD SERVER :

    1. Cara kerja SSD dan HDD menjadi perbedaan paling mendasar yang bisa ditemukan. Jika HDD yang selama ini kita gunakan memanfaatkan perpaduan antara sistem mekanik dan elektrik sebagai komponen penunjang performa, maka SSD lebih mengarah ke sistem full-elektrik tanpa adanya part yang bergerak ketika proses penulisan maupun pembacaan data.

    2. Bicara soal kecepataan baca dan tulis data, Solid State Drive (SSD) lebih bisa diandalkan karen mampu unggul hingga delapan kali lipat dari kecepatan baca dan tulis yang dimiliki HDD.

    3. Perbedaan berikutnya bisa dilihat dari segi ukuran dan bentuk, dimana HDD memiliki dimensi lebih besar dari SSD.

    4. Solid State Drive (SSD) memiliki baderol harga yang lebih mahal dibandingkan dengan Harddisk Drive (HDD).

    Nah, jadi segitu penjelasan soal SSD & HDD Server. sampai sini sudah cukup jelas ya?
    Buat yang nyimak makasih udah mampir kesini dan jangan lupa tinggalin jejak comment yaaa..!!
     

Share This Page