1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

[SEOWEBHOSTING TIPS N TRICK] Jangan sampai salah pilih Hosting!

Discussion in 'Hosting & Domain' started by Seo Web Hosting, Nov 17, 2020.

  1. Seo Web Hosting

    Seo Web Hosting New Comer

    Joined:
    Nov 2, 2020
    Messages:
    22
    Likes Received:
    4
    Buat kamu yang ingin membuat website dan bingung gimana cara cari hosting yang bagus dan berkualitas pastinya harus banyak pertimbangan dari berbagai aspek, jangan sampai kalau salah pilih malah akan merepotkan diri sendiri dan berpengaruh buruk pada website kamu.
    Dibawah ini SEOWEBHOSTING akan memberitahu apa saja yang harus kamu perhatikan saat akan membeli hosting. Semoga bermanfaat.

    1. Sesuaikan dengan Budget
    Harga hosting yang mahal tidak selalu jadi yang terbaik, sekarang ini sudah banyak penyedia jasa hosting dengan harga yang murah dan layanan yang cukup baik. Kamu bisa sesuaikan budgetmu dengan kebutuhan hosting kamu.

    2. Pilih Provider yang Tepat
    Sekarang pilihlah provider hosting yang tepat dan sesuai dengan budget kamu. Pastikan memilih provider hosting yang mencantumkan info dengan lengkap yaaa...
    Hindari provider hosting yang tidak mencantumkan info alamat lengkap di website mereka dan hindari pula iming – iming harga yang terlalu murah dan kadang tak masuk akal. Kamu bisa tanyakan tentang fitur atau kelebihan ke Customer Service provider melalui live chat. Carilah live chat yang cepat tanggap dan jelas dalam memberikan penjelasan. Selain itu kamu juga bisa melihat review mereka biasanya ada di halaman testimonials atau review di media sosial mereka. Biasanya orang kunjung menyampaikan keluh kesah mereka di fans page provider hosting tersebut.

    3. Lihat besaran disk space, bandwidth dan fitur hosting
    Pada point ini barulah kamu perhatikan kebutuhan kamu. Baiknya pilih space dan bandwidth secukupnya jika kurang bisa di upgrade, kalau pilih space dan bandwidth yang besar dengan harga yang lebih mahal tapi tidak terpakai sama saja dengan pemborosan. Untuk fiturnya rata – rata provider hosting sudah menyediakan software auto installer yang ada pada kontrol panel hosting biasanya yang digunakan adalah Cpanel, Direct Admin & Plesk, sesuaikan dengan yang kamu inginkan.

    4. Siapkan Dana Cadangan
    Selalu siapkan dana cadangan jikalau nantinya terjadi suatu hal, contohnya saja mungkin anda perlu mengupgrade akun hosting anda karena besaran disk space sudah penuh atau hal yang tak terduga lainnya.

    Tambahan tips dibawah ini yang bisa kamu jadikan acuan agar tidak salah pilih Hosting!

    1. Kehandalan dan uptime
    Web hosting yang kita pilih harus memiliki jaminan uptime yang baik. Setidaknya cari yang memiliki uptime minimal 99%. Periksa juga redudansi host, tanyakan bagaimana cara mereka mengatasi kegagalan fungsi jika terjadi error/kerusakan. Misalnya, generator cadangan dan Uninterruptible Power Supply (UPS).

    2. Dukungan pelanggan
    Ciri web hosting yang baik adalah memiliki tim dukungan (teknis) handal yang siap membantu kita kapanpun jika dibutuhkan selama 24/7, termasuk hari libur. Karena server dan jaringan harus selalu dipantau setiap saat. Dukungan pelanggan bisa melalui email, telepon, dan live chat.

    3. Backup data
    Pilihlah web hosting yang juga menyediakan layanan backup data untuk file kita untuk mengantisipasi hal yang tidak terduga agar bisa di restored dengan mudah. Cari tahu seberapa sering server bisa melakukan backup. Lakukan juga backup sendiri ke hardisk untuk berjaga-jaga.

    4. Lokasi server
    Lokasi server juga bisa menjadi pertimbangan ketika memilih web hosting tergantung dengan siapa target pengunjung kita jika lokal, pilihlah lokasi server yang berada di Indonesia dan begitupun sebaliknya.

    5. Fleksibilitas
    Mengingat bisnis akan terus tumbuh dan berkembang, Penting memilih web hosting yang memungkinkan dan memudahkan kita melakukan upgrade sumber daya di kemudian hari. Ini termasuk penambahan ruang penyimpanan, RAM, processor, jumlah akun email, dan yang lainnya.

    6. Kapasitas penyimpanan dan transfer data
    Pastikan kapasitas ruang penyimpanan cukup untuk menampung file-file website kita. Sesuaikan kapasitas penyimpanan dan transfer data (bandwidth/traffic) data yang ditawarkan dengan kebutuhan website kita saat ini.

    7. Fitur yang ditawarkan
    Terlepas dari apapun sistem operasi yang kita gunakan, pastikan server memiliki beberapa fitur dasar berikut ini:
    FTP, SSH
    PHP, Perl, CGI
    Subdomain
    Statistik dan logs
    FrontPage extensions
    Email

    8. Mudah digunakan / control panel site management tools
    Pilihlah hosting yang memiliki control panel yang mudah digunakan untuk mengelola akun web dan email kita. Jika memungkinkan mintalah demo untuk melihat control panel hosting tersebut, dengan begitu kita bisa mencoba dan merasakan bagaimana mengelola server website.


    Jika ada tambahan silahkan comment ya..
     

Share This Page