1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

[SHARE] Penggunaan Facebook Pixel dan Cara Optimasinya

Discussion in 'Facebook' started by Meetechno.com, Jul 21, 2016.

  1. Meetechno.com

    Meetechno.com Newbie

    Joined:
    Jan 22, 2016
    Messages:
    14
    Likes Received:
    7
    Location:
    Yogyakarta
    Halo Semuanya.

    Disini saya akan menceritakan bagaimana menggunakan Facebook Pixel pada iklan Facebook saya dan penjelasan mengoptimasinya.

    Mungkin sebelumnya, penjelasan Pixel Facebook bisa dilihat disini _meetechno.com/apa-itu-facebook-pixel/

    Facebook Pixel itu kan fungsinya untuk Tracking, Retargeting dan juga Optimizing Iklan kita di Facebook. Nah, untuk fungsi Tracking, biasanya bisa kita gunakan untuk melihat iklan mana yang terjadi penjualan (mencari data penjualan). Data-data penjualan ini yang nantinya akan kita lihat di Facebook Report di akun iklan kita.

    Dan untuk Retargeting biasanya untuk menargetkan iklan ke orang-orang yang sebelumnya sudah membeli produk kita atau sudah melakukan add to cart sebelumnya namun tidak jadi membeli (mungkin orangnya lupa). Biasanya pembelian tidak terjadi pada iklan pertama kali yang dilihat oleh orang (target audience), biasanya se-pengalaman saya, apabila iklan dilihat 2x atau lebih oleh target audience, maka orang tersebut berkemungkinan untuk membeli.

    Tapi, jika kita menunggu iklan sampai dilihat berkali-kali oleh orang lain, maka akan menunggu waktu yang lama (dan butuh dana yang sangat banyak untuk iklan). Apalagi pihak Facebook berupaya lebih agar iklan tidak tayang berkali-kali kepada penggunanya (agar tidak terjadi overlap). Nah, fungsi retargeting ini yang harus digunakan.

    Pixel akan terpicu apabila pengunjung mengunjungi halaman iklan kita (website, landing page, dll). Ibaratkan orang masuk ke rumah, lalu pergi, namun pemilik rumah memberinya pelacak agar bisa dilacak keberadaannya (istilahnya seperti itu).

    Dengan diberi pelacak (istilahnya), maka kita bisa targetkan iklan kita ke orang-orang yang telah mengunjungi halaman iklan kita, jadi iklan kita bisa berkali-kali tayang ke orang yang sudah kita retargeting, dan tentunya tidak akan memakan biaya iklan yang banyak, karena biaya iklan retargeting tergolong murah.

    Untuk meretargeting, kita perlu membuat custom audience di menu Audience Facebook Ads, lalu, pilih Website Custom Audience.

    Fungsi ketiga yang biasa digunakan yaitu Optimizing, nah ini fungsi yang sangat bagus untuk mencari sales. FB Pixel kan bisa melihat iklan mana yang terjadi penjualan, maka apabila ada iklan yang terjadi penjualan, maka FB Pixel tersebut akan terpicu. Dan dengan terpicunya FB Pixel ini, maka data penjualan tersebut akan terekam di FB Pixel kita (istilahnya FB Pixel melacak orang seperti apa yang membeli produk yang kita iklankan).

    Dengan FB Pixel merekam data ciri orang-orang yang membeli di Iklan Facebook kita, maka saat kita beriklan selanjutnya, kita tidak perlu memasukan interest baru lagi, hanya tinggal masukan target lokasi, gender, umur, atau lainnya yang diperlukan, lalu optimize ads for (misal untuk mengoptimasi pembelian, maka FB Pixel di Event Purchase yang dipilih). Pastikan data Purchase kita harus banyak, agar FB Pixel tersebut bisa lebih pintar dalam memilih orang-orang yang tepat yang aktivitasnya membeli.

    Jadi iklan kita akan tayang kepada orang-orang yang hampir sama aktivitasnya dengan orang-orang yang sebelumnya membeli di halaman iklan kita sebelumnya.

    Syarat agar Pixel bisa melihat orang-orang yang memiliki ciri-ciri aktivitas membeli adalah FB Pixel khusus optimasi Purchase/Add to Cart harus terpicu setidaknya beberapa kali sehari (maksudnya iklan kita harus terjadi pembelian setiap hari agar terpicu FB Pixel khusus Event yang kita pilih, misal Purchase berarti pembelian, Add to Cart ya untuk Add to Cart, dll). Intinya, semakin banyak Purchase yang terjadi maka semakin pintar FB Pixel kita mengenali orang-orang yang aktivitasnya membeli di Facebook.

    "Untuk mendapatkan Winning Campaign di Facebook, dibutuhkan trial dan error. Winning Campaign membutuhkan banyak data, dan data didapat dari hasil meriset, semakin banyak melakukan riset, maka semakin banyak data yang didapat, semakin banyak data yang didapat, maka semakin dekat kita dengan Winning Campaign kita. Yang terpenting jangan pernah menyerah beriklan di Facebook." < Sekedar penyemangat dari saya hehe..

    Segitu saja yang bisa saya jelaskan dari saya, semoga penjelasan saya bisa membantu dan dapat dimengerti. Terimakasih.
     
  2. LukFit

    LukFit Ads.id Starter

    Joined:
    Sep 16, 2014
    Messages:
    82
    Likes Received:
    8
    Location:
    Banyumas
    <br/>
     
  3. holicstyle

    holicstyle Newbie

    Joined:
    Nov 27, 2013
    Messages:
    19
    Likes Received:
    0
    keren huu :)
     
  4. j4ck4l89

    j4ck4l89 Newbie

    Joined:
    Dec 10, 2011
    Messages:
    27
    Likes Received:
    2
    ada teman yg sering make teknik ini, tp ane gk ngerti.. mungkin krn ane g cocok di air hehe
     
  5. blethu

    blethu Hero

    Joined:
    May 5, 2013
    Messages:
    666
    Likes Received:
    259
    Location:
    tuxtheme.com
    kalo ane pasang fb ads natural aja..blm pernah pake pixel
     
  6. yugaeko

    yugaeko Super Hero

    Joined:
    Aug 16, 2010
    Messages:
    752
    Likes Received:
    119
    Location:
    Malang, Jawa Timur
    (ASK)
    1.satu pixel code apa bisa u/ banyak website?
    2. Jika tidak bisa, bagaimana cara dapatkan new pixel u/ web yg lain? Harus bikin akun pengiklan baru atau?
     
  7. eBizz

    eBizz Ads.id Pro

    Joined:
    Feb 13, 2010
    Messages:
    396
    Likes Received:
    7
    Location:
    Bekasi
    Nongkrong dulu dimari ahh.., ane baru aja pake pixel..pengen tahu pengalaman para master disini..
     
  8. exceljesap

    exceljesap Ads.id Fan

    Joined:
    Feb 12, 2014
    Messages:
    112
    Likes Received:
    5
    Belum pernah nyoba, siapa tau rejeki-nya, belajar belajar :)
     
  9. Meetechno.com

    Meetechno.com Newbie

    Joined:
    Jan 22, 2016
    Messages:
    14
    Likes Received:
    7
    Location:
    Yogyakarta
    1 buah Pixel bisa digunakan di banyak website kok. Pasang scriptnya di website, sehabis itu buat custom audience yang berbeda-beda di menu audience Facebook. Nantinya data audience itu yang membedakan data Pixel yang terekam di website 1 dan website lainnya.
     
  10. jooyun

    jooyun Hero

    Joined:
    Jun 16, 2010
    Messages:
    642
    Likes Received:
    31
    thanks for infonya
     
  11. martin80

    martin80 Ads.id Pro

    Joined:
    Feb 17, 2012
    Messages:
    440
    Likes Received:
    25
    meski kuat modal kalo mau fb ads, kalo modal tipis siap-siap lambaikan tangan ke kamera.. CMIIW
     
  12. Meetechno.com

    Meetechno.com Newbie

    Joined:
    Jan 22, 2016
    Messages:
    14
    Likes Received:
    7
    Location:
    Yogyakarta
    Santai aja gan, gak perlu modal gede2 beriklan di FB Ads, yang udah expert di Facebook Ads pun mulai iklan dari modal yang kecil dulu, misal $20 buat testing. Kalo modal gedenya baru buat scaling hehe
     
  13. hadiruz

    hadiruz Ads.id Fan

    Joined:
    Aug 1, 2013
    Messages:
    126
    Likes Received:
    5
    Location:
    http://taskulit.id
    Mantap info basicnya
    Klo bsa tambahin detailnya
    Makasih gan
     
  14. yugaeko

    yugaeko Super Hero

    Joined:
    Aug 16, 2010
    Messages:
    752
    Likes Received:
    119
    Location:
    Malang, Jawa Timur
    wokeh, thanks om.. ;)
     
  15. Meetechno.com

    Meetechno.com Newbie

    Joined:
    Jan 22, 2016
    Messages:
    14
    Likes Received:
    7
    Location:
    Yogyakarta
    Sama-sama bro, semoga membantu ya hehe
     
  16. wahan

    wahan Ads.id Fan

    Joined:
    Oct 15, 2012
    Messages:
    215
    Likes Received:
    4
    saran sih buat yang takut untuk mulai beriklan di fb ads, mending berguru baek2 ke mastah/temen yg dah work iklan di fb..
    jangan sampe ke hasut ngiklan di fb itu mudah, pdhl yah..

    audience fb di indo itu gak ada yg pasti..
    kebanyakan orang2 di indo itu buat fb asal2an..

    jadi sebelum kecemplung..
    mending berguru ke mastah/temen yg dah mahir..

    CMIIW
     
  17. akhmad88

    akhmad88 Ads.id Starter

    Joined:
    Jul 18, 2014
    Messages:
    51
    Likes Received:
    0
    Location:
    imyu
    per bulan oktober ini, objective purchasing resmi hilang ya gan?
     
  18. jooyun

    jooyun Hero

    Joined:
    Jun 16, 2010
    Messages:
    642
    Likes Received:
    31
    thans sharenya om
     
  19. Dwi inayah

    Dwi inayah Newbie

    Joined:
    Mar 21, 2017
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Terimakasih Gan atas share ilmunya. Semoga berkah.mau nanya nih. Misalnya nih. 1 akun fb punya 2 fanpage. Nah kedua fp ini mo diiklanin. Itu pixel codenya sama apa beda ya?
     
  20. mamznur

    mamznur Ads.id Fan

    Joined:
    Mar 28, 2017
    Messages:
    235
    Likes Received:
    18

Share This Page