1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

[Share] Strategi Jualan Saya (Dropshipp) di Ebay & Screenshoot Penghasilan

Discussion in 'Berbagi Pengalaman' started by geloraku, May 5, 2013.

  1. im-januardi

    im-januardi Hero

    Joined:
    Sep 11, 2011
    Messages:
    508
    Likes Received:
    66
    Location:
    KALBAR
    Nice share mastah,...

    Tapi kalau share SC doang kalau ngak dikasih STRATEGI BERTAHAN yang ampuh kayaknya kurang mantap deh mastah,..

    maaf ane sedikit menambahkan,..

    EBAY yang sekarang BUKANLAH ebay sebelum tahun 2010. Semenjak peraturan baru tersebut, ebay berubah . Jujur ane salut sama mastah yang masih bisa bertahan selama ini. N ane lihat dari screenshut erning di bulan pertama yang 1 - 5 $$ tu... kayaknya mastah jualan "penny aution" ya ??? ( CIMIW )

    nah , itulah, kita sama. Saya jg belajar dari ebook2 gartisan itu. TAPI CELAKANYA ane masuk tahun 2012. Dan trik itu NOT WORK any more. Sepanjang pengalaman ane kurang lebih mau deket 1 tahun ini, orang indonesia sangat susah bertahan untuk seller sesudah tahun 2010 tu ( CMIIW ). Ebay sangat ketat dengan "strategy penny aution " seperti itu. dan ane ke BANNED gara2 :

    1. Feedback manipulation (beli barang murah dibawah $5 ; $0,xx - $5 ) (ane )
    2. Terlalu awal melisting barang ( baru daftar ebay langsung buka akun seller dan jualan ) (ane )
    3. "penny Auction " listing
    4. Copy right issue ( bagi penjual tshirt )

    tapi itu pengalaman ane, saya rasa akan berbeda dengan mastah2 ( CMIIW ). saya termasuk yanh hampir menyerah dengan marketplace ebay. Bahkan baru-baru ini akun terbaru ane yang bertahan 5 bulanan ke SUSPENDED lagi gara2 tidak sengaja melisting lebih dari JATAH BULANAN. Dan celakanya ane ane hapus pun, Mereka nggak peduli, Tetep mesuspend akun ane. Padahal, ane nggak melakukan lagi 4 hal diatas ( nasib,..nasib ).

    Tapi ya udah lah, sekarang ne malah ngak terlalu berharap ke ebay lagi. Emang masih ada marketplace yang lain sih,..


    Overall. maaf mastah , n temen-teman. Ni hanya curhatan ane. Ane delet jika dirasa mengngangu.. ( he :D )

    Nah, menurut mastah giman atu ????? STRATEGI bertahanya ?????

    ane tetep pemain dropship, tapi sekarang lebih serius dari itu berkat modal yang didapet dari bisnis ini. (alhamdulillah lah )

    so,??.please.... sranya mastah buat newbiw@ yang baru masuk di ebay ....
     
  2. geloraku

    geloraku Ads.id Pro

    Joined:
    Jul 2, 2009
    Messages:
    295
    Likes Received:
    207
    ane masi nubi om.... semangat!

    ya... gan. makasi dukungannya

    jangan maen maen om,

    Hm,,, strategi bertahan, ya?

    aku pikir ga ada strategi om...hanya barangkali perlu menghindari barang-barang counterfeit. itu aja.
    untuk new seller, ada baiknya jual barang sendiri dulu. ga perlu yg mahal-mahal...search dulu pake keyword: indonesia, barang apa yg banyak terjual...kalu dah ketemu, beli dah tuh barang, minta invoice untuk menjaga hal-hal yg tidak diinginkan seperti susspend ebay atau pp limit...

    ================================================

    beljar menyikapi suspend atau limit sebagai hal yg positif, bahwa itu merupakan sebagian proses verifikasi yg memang perlu ada. karena kita maenan nya dunia international.dan urusannya dengan duit. mereka hanya perlu data-data faktual.

    Penyebab Paypal Limit
    berikut ini hal-hal yg biasanya menjadi penyebab akun limit atau closed:

    - verifikasi data >>>> ini untuk kebutuhan bersama. PP tentu ga mau dong menerima orang yg ga jelas keberadaannya :) apalagi ini online, dan wordwide pula. sesekali mereka membutuhkan update data ;) solusi: selalu siapkan dokumen2 penting seperti scan KTP, Proof of address seperti rekening listrik, surat pajak bbm, atau tagihan lainnya yg menunjukkan alamat kita, faktur pembelanjaan barang-barang yg se niche, lalu billing stattement CC.... dan scan hard copy CC , sesekali pp minta itu kalau data-data lainnya kurang meyakinkan. Maaf sy tidak membahas pengguna VCC di sini...karena banyak sekali yg tumbang dalam menghadapi persoalan data terutama urusannya dengan CC. walaupun ga sedikit jg yg berhasil lolos...pinter2 kt aja bro

    - akses akunnya pindah-pindah >>>> Konon PP butuh cookies untuk mengidentifikasi, dan juga memasang sistem pengenal IP address..jadi kalu IP addressnya terlalu jauuh loncat-loncatnya, pp ga mau juga ambil resiko. maka di limit lah. untuk menjaga saldo kita. solusi: selalu gunakan browser dalam satu user window yg sama, dan provider yg sama.....

    - Transaksi yg ga jelas >>>> terlalu sering menggunakan personal payment tanpa diimbangi dengan metode lainnya terutama yg membutuhkan fee ...ini sebagai salah satu sumber pemasukan pp nya soalnya...:D....
    kalau transaksi di ebay, justru lebih bisa dipertanggungjawabkan, karena ebay dan pp itu sodaraan....satu company beda managemen...makanya ebay rekomendasikan pp, dan begitu juga sebaliknya....

    - apa lagi ya?? lupa....


    Penyebab ebay suspend


    - Proses verifikasi data.... ini biasa terjadi pada new seller, bahkan kepada seller lama sekalipun jika ebay membutuhkan update data.

    - ebay suspend kebanyakan karena seller menjual barang-barang tiruan. dan sudah diperingati tetep aja mengulangi kesalahan. Ebay selalu memberi penringatan secara bertahap. satu kali kena VERO (Verified Rights Owner) akan kena sanksi minimal, jika berulang, ya ditutup lah.... ini yg perlu mendapat perhatian serius dari new seller.... apalagi ebay seller indo yg kebanyakan bermain tshirt design, watch design, dan sejenisnya.

    Ebay tidak akan memberi tindakan sebelum pihak terkait melaporkan pelanggaran hak cipta tersebut kepda pihak ebay. kalau ktia merasa tidak melanggar dan memiliki bukti-bukti kuat, ebay memberi kesempatan appeal kepada penuntut.

    - apalagi? lupa lagi....sorry


    ============================================

    Oya ada lagi, selalu bayar fee ebay tepat waktu ya....:)


    Jadi saya pikir perlu out of the box untuk bis bertahan di ebay. rata-rata mindset ebay seller kita terbentuk dari jalur yg sama.....ebay bukan hanya tempat jualan kaos custom, ga hanya tempat jualan jam tangan custom, bukan hanya tempat jualan penny auction, masih ribuan model item yg bisa kita jual, bahkan jasa sekalipun.

    Sekali lagi saya hanya mengingatkan, coba mencari "REKANAN" supplier yg terpercaya dan friendly..... terus sampai ketemu.

    Oya, saya sendiri menghindari kerjasama satu pihak dengan dropshipper.... artinya, kerjasama yg tanpa support langsung... karena akan sulit ke depannya...
     
    mytelcoit and ardman like this.
  3. Pebisnis.FJB

    Pebisnis.FJB Hero

    Joined:
    Feb 10, 2013
    Messages:
    546
    Likes Received:
    8
    Location:
    Makassar
    Wa gan, bikin ngiler juga tu yak :D
     
  4. geloraku

    geloraku Ads.id Pro

    Joined:
    Jul 2, 2009
    Messages:
    295
    Likes Received:
    207
    alhamdulillah...bro.. sekecil apapun yg terpenting rasa syukur
     
  5. geloraku

    geloraku Ads.id Pro

    Joined:
    Jul 2, 2009
    Messages:
    295
    Likes Received:
    207
    Bagaimana saya lolos dari DISPUTE dan Sedikit Renungan:

    silakan lihat screenshootnya:

    View attachment 29580

    Kronologisnya:

    Terus terang saya menyempatkan untuk membuat trit ini dalam keadaan galau. Seorang buyer Russia membuka dispute atas pembayaran salah satu item yg saya jual $689. Otomatis, saldo pp saya memiliki negatif balance sebesar itu. kebetulan saat itu, saya baru withdrawl, dan saldo pp hanya beberapa dollar saja. tetapi itulah yg kemudian membuat saya harus mengambil antisipasi segera; Menghapus semua listingan saya di ebay! itu untuk mencegah terjadinya masalah baru. Masalahnya saya sendiri tidak tahu akan berlangsung berapa lama kasus tersebut. Kalau ada pembayaran yang masuk, otomatis akan memotong negatif balance tersebut, dan itu artinya, saya tidak akan bisa menggunakan pembayaran lain yg masuk. Menyedihkan! saya tidak berjualan selama kurang lebih 10 hari!

    Oya, ini bukan transaksi di ebay, ya. Sebetulnya saya tidak pernah mau bertransaksi diluar ebay, tetapi karena ada beberapa hal, saya menyetujuinya. dan terjadilah transaksi sekitar tanggal 13 maret 2013, (tanpa melalui ebay). Saya mengirim item tersebut sekitar satu minggu setelah menerima pembayaran, karena kebetulan item tersebut sedang kosong di suplier. Saat pembeli dispute, proses pengiriman sudah lebih dari satu bulan. Padahal sebelumnya sudah saya beritahukan kepada buyer bahwa proses pengiriman mungkin akan terlambat sekitar 1-2 bulan, karena dia sendiri memilih kurir yg murah (salah sendiri).

    Lalu apa yang sya lakukan ketika mengetahui kasus tersebut.

    Saya menghubungi Supplier. Saya memintanya untuk menghubungi forwarder untuk mengetahui keberadaan barang tersebut. Saya beruntung mendapat rekan yg bertanggung jawab. Dia langsung menghubungi forwarder dan mendapat berita bahwa item memang masih dalam perjalanan. tidak beberapa lama kemudian saya cek update tracking number sudah ada perubahan hasil. Status masih : "Handover to airline" ....

    Saya juga memintanya untuk menghubungi buyer. Saat itu dia akan berperan sebagai tim after sales service. dia mencoba menghubungi buyer melalui telepon, namun gagal! dan kemudian menghubunginya melalui email.

    Saya sendiri langsung memberi respon laporan dispute tersebut di bagian resolution centernya Paypal. Saya meminta maaf, dan mencoba menjelaskan kenyataannya. saya juga memberikan laporan hasil pelacakan. Bersikaplah sebagai penjual yg bertanggungjawab. saya mencoba menghubungi melalui email dan mengupload bukti hasil pelacakan. demikian.... hampir setiap hari saya memberi kabar kepada buyer melalui email dan halaman resolution center. Saya juga terus menghubungi supplier untuk membantu melancarkan proses pengiriman.

    Selama itu, sama sekali tidak ada respon dari buyer. Saya mencoba memahaminya, sampai kemudian hasil pelacakan menunjukkan item "delivered' !!!! senangnya.........dan beberpa waktu kemduain, saya kirim email ke buyer untuk memberitahu hal ini, saya minta kerjasama buyer untuk segera menutup kasus tersebut (tentu dengan mencoba berbahasa santun). Beberapa menit kemudian saya melihat perubahan di resolution center.......lihat screenshoot di atas! Yeah! Paypal memberitahu bahwa kasus mendapat penyelesaian, dan buyer sudah menutup kasus tersebut. Alhamdulillah! Setelah proses tersebut, paypal perlu melakukan review beberapa menit. dan tidak lama kemudian, saldo paypal saya kembali normal!

    Oke, lalu apa hikmahnya??

    - Usahakan memiliki tracking number yg update terus dalam setiap penjualan. selain akan berguna untuk kita dan buyer, juga sebagai bukti kepad apaypal jika kemudian kita harus naik banding.

    - Usahakan utuk sesekali memerika TN tersebut, jika tampak agak terlambat, hubungi buyer dan beri penjelasan. Paypal juga memfasilitasi hal ini, untuk mengabarkan kepada pembeli sebelum mereka "mungkin" membuka dispute :(

    - usahakan untuk selalu memberi kabar perkembangan hasil trace TN melalui email dan halaman resolution centre, itu bisa menjadi nilai tambah dimata buyer dan PP.

    - Saya bersyukur memiliki Rekan Suplier yg bertanggung jawab dan awesome....:)

    - Selalu tenang dalam menghadapi persoalan terutama dihadapan pembeli. Beri mereka penjelasan untuk mengurangi kekhawatiran.

    - Maju terus pantang mundur! haha.....

    GO A HEAD!
     
    adang83 likes this.
  6. syahruldoank

    syahruldoank Hero

    Joined:
    Jul 17, 2011
    Messages:
    504
    Likes Received:
    48
    Saya juga punya pengalaman seperti itu Gan. Tapi pada kasus saya buyer tidak dispute cuma dia cuma khawatir dan selalu nanya-nanya kenapa barangnya belum juga tiba.
    Ya saya coba untuk selalu menanggapi setiap emailnya dan saya yakinkan kalau barang sudah dikirim dan saya kirimkan melalui email alamat situs tracking dan tracking numbernya kepada buyer supaya dapat meyakinkan buyer bahwa saya tidak menipu buyer.
    Oh ya gan kalau memberi kabar perkembangan hasil trace TN melalui halaman resolution centre itu bagaimana caranya ya Gan? Soalnya saya kalau buyer nanya-nanya mengenai barang yang dibelinya saya hanya memberi kabar lewat email. Dan satu lagi apa supplier agan dari china? kalau iya apa jasa pengiriman yang biasa agan pakai? apakah China Post Register Air Mail? Dan apa alamat situs untuk tracking numbernya?
    Terima Kasih atas jawabannya.
     
    Last edited: May 8, 2013
  7. rivaldi703

    rivaldi703 Newbie

    Joined:
    Mar 17, 2013
    Messages:
    33
    Likes Received:
    0
    liat paymentnya bikin ngiler :D

    mau ikutin jejak ah :hmm:
     
  8. adang83

    adang83 Hero

    Joined:
    Nov 24, 2008
    Messages:
    612
    Likes Received:
    68
    Location:
    Kota Bahagia
    ane sudah pensiun dr ebay
    but nice share brother
     
  9. geloraku

    geloraku Ads.id Pro

    Joined:
    Jul 2, 2009
    Messages:
    295
    Likes Received:
    207
    Melalui halaman resolution centre hanya copas ajja hasilnya, tanggal jam dan statusnya, terus dikasi alamat web untuk trace dan nomornya om..... suplier sy dari china, biasnaya sih pake DHL atau Fedex atau paling gak EMS....cuma ini kebtulan ke Russia, ongkir selangit om...jd ane kasi alternatif pake speedpost grupnya singapore post karena merupakan salah satu rekanan juga....

    hayu sharing bro.. ;)

    thanks brother...
     
  10. GerobakDagang[dot]Com

    GerobakDagang[dot]Com Hero

    Joined:
    Oct 20, 2010
    Messages:
    556
    Likes Received:
    9
    Location:
    Jakarta Timur
    @geloraku

    salut masbro ente bertahan masih, ane bagi donk suppliernya.. jarang banget tuh dpt supplier tanggung jawab gitu.. xxiixix..ane jualan gak di ebay lagi, jualannya di pasar sendiri, alias toko online ane sendiri.. :D
     
  11. 90317+0312

    90317+0312 Hero

    Joined:
    Sep 8, 2012
    Messages:
    609
    Likes Received:
    43
    angkat aku jd muridmu mastah.. pkk'y like nie thread..
     
  12. syahruldoank

    syahruldoank Hero

    Joined:
    Jul 17, 2011
    Messages:
    504
    Likes Received:
    48
    Maaf ni gan saya mau tanya agan kan menawarkan free shipping padahal jasa pengiriman atau kurirnya berbayar, apa agan tidak rugi nantinya? bagaimana caranya agan mengatasinya?
    Terima kasih atas jawabannya gan.
     
  13. sulhamsyahid

    sulhamsyahid Ads.id Pro

    Joined:
    May 9, 2013
    Messages:
    312
    Likes Received:
    19
    Location:
    Makassar
    asli bikin ngiler banget penghasilnya.
     
  14. candungan

    candungan Ads.id Starter

    Joined:
    Aug 10, 2012
    Messages:
    98
    Likes Received:
    2
    pengen coba, tapi terbentur modal...
    pembayaran dari buyer di hold dulu sama paypal... otomatis putaran modal jadi lama..
    jadi buat yg modalnya pas-pasan kyknya berattttt... (:|
     
  15. syahruldoank

    syahruldoank Hero

    Joined:
    Jul 17, 2011
    Messages:
    504
    Likes Received:
    48
    Nggak juga kok gan, kalau memang modal pas-pasan ya dagang kecil-kecilan dulu gan.
    Nah kalau udah terkumpul dana dan tidak dihold lagi, baru ditingkatkan ke dagangan yang harganya agak mahalan dikit.
     
  16. geloraku

    geloraku Ads.id Pro

    Joined:
    Jul 2, 2009
    Messages:
    295
    Likes Received:
    207
    thanks bro semoga bermanfaat

    Cek inbox bro...free shipping itu cuma siasat aja, itu kalkulasi dari harga & ongkir... untuk memudahkan buyer juga yg ga mau repot memperkirakan ongkir.. jadi sy rata-ratakan saja ongkirnya....

    harus bikin lebih ngiler lagi nih..haha.

    ada yg di hold ada yg kagak gan... kabar terbaru, malahan ga di hold sekarang.. registrasi pun ga sesulit sebelumnya. register langsung di ebay.com, ga redirect ke .com.sg (singapura), jadi di ebay ga perlu add cc lagi..cma subscribe ke PP aja...


    setuja sama mas bro.... semua bentuk usaha saya pikir perlu merangkak telebih dahulu... dan ga ada yg tanpa modal. kalau memang modalnya bukan berbentuk uang, tentunya tenaga, waktu, pikiran tetap dikerahkan ;)
     
  17. geloraku

    geloraku Ads.id Pro

    Joined:
    Jul 2, 2009
    Messages:
    295
    Likes Received:
    207
    Aplikasi-Aplikasi untuk mendukung penjualan:

    Berikut ini aplikasi-aplikasi yg mungkin bisa jadi pertimbangan ....aplikasi ini ada di halaman my ebay >>> aplikasi...

    1. Template
    ANITEMPLATE lumayan bagus...ada trialnya 14 hari kalu ga salah, dan subscribe $2.99/month stelahnya

    2. Fasilitas Chat
    eLiveHelp, 14 Day Free Trial
    $2.95 Standard Membership
    $4.95 Gold Membership

    3. Membuat katalog pdf otomatis dan gratis
    "PDFCatalog" ini gratis. secara otomatis akan membuatkan katalog seluruh item jualan kita; judul, image, dan harga...lumayan untuk sarana promosi dan konsumsi pelanggan...;)

    4. Membuat listingan kita tampil di fanpage facebook
    "Social Store" 7 day free trial, $3.99 per month. ... ini untuk menjaring traffic dari facebook fanpage kita

    Dan lain-lain, silakan eksplorasi sendiri di halaman my ebay >>> applikasi


    eLiveHelp
     
  18. satriyoiii

    satriyoiii Hero

    Joined:
    Jun 28, 2012
    Messages:
    537
    Likes Received:
    29
    Re: [Share] Strategi Jualan Saya (Dropshipp) di Ebay & Screenshoot Penghasilan

    wow nice om,

    Sent from my GT-S5300
     
  19. syahruldoank

    syahruldoank Hero

    Joined:
    Jul 17, 2011
    Messages:
    504
    Likes Received:
    48
    Ini serius beneran nih Gan?Apa Ebay udah baik sekarang? Apa Ebay udah mengubah kebijakannya?
    Kalau memang benar ini kesempatan bagus sekali nih Gan, terlebih buat orang yang mau mulai bisnis di Ebay. :komunis:
     
  20. masazies

    masazies Ads.id Fan

    Joined:
    Jan 17, 2011
    Messages:
    104
    Likes Received:
    2
    gimana dengan selling limit bro? bukannya akun baru cuma bisa listing 10 item atau 500$ doang yah sebulan?
     

Share This Page