1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

[SHARE] Teknik Buat Artikel MANUAL “BERGIZI” Dengan Cepat ++ Optimasi Artikel Biar MELEJIT JIT JIT!

Discussion in 'SEO Articles' started by kazarazak, Jun 6, 2018.

?
  1. 1

    0 vote(s)
    0.0%
  2. 2

    0 vote(s)
    0.0%
  3. 3

    22.2%
  4. 4

    11.1%
  5. 5

    0 vote(s)
    0.0%
  6. 6

    0 vote(s)
    0.0%
  7. 7

    22.2%
  8. 8

    22.2%
  9. 9

    0 vote(s)
    0.0%
  10. 10

    22.2%
  1. kazarazak

    kazarazak New Comer

    Joined:
    Dec 7, 2017
    Messages:
    30
    Likes Received:
    52
    Location:
    Microsoft
    Wow, wow, wow. Judul artikelnya keren banget ya? Apa perasaan saya doang? Au ah.

    Pertama-tama, perlu saya jelasin: saya bukan mastah – hanya orang yang sudah biasa sarapan, makan siang, dan dinner sambil ngetik – haha...

    ... langsung menuju ke topik.

    Teknik Buat Artikel “BERGIZI” Dengan Cepat

    Sudah jadi “penyakit” banyak webmaster. Paling males itu pasti buat artikel. Nggak ada bahan lah. Nggak ada inspirasi lah. Nggak ada motivasi lah. Pokoknya serba nggak ada.

    Sebenernya gini, masalahnya (menurut saya) cuma satu: WRITER BLOCK.

    Ini ini biang keladi yang bikin banyak mastah dan webmaster lainnya males buat bikin artikel. WRITER BLOCK terlalu gede. Penyebabnya? Banyak. Ini beberapa penyebab WRITER BLOCK nongol dan bikin jadi males bikin artikel:

    1. Nggak nguasain topik yang mau ditulis – contoh, pengen tulis artikel dengan keyword: “cara meluluhkan hati wanita.” Ya gimana mau tulis artikel ini, wong punya pacar aja enggak. Hasilnya: WRITER BLOCK muncul.

    2. Bingung cari referensi – sebenernya referensi banyak – banyak banget malah. Tulis keyword di SE aja, referensi muncul semua. Sayangnya, nggak semua referensi yang kita baca sreg dan bisa ditulis ulang untuk jadiin artikel unik. Balik lagi, referensi dapet, tapi topik nggak dikuasain. Hasilnya? Muncul lagi deh itu WRITER BLOCK.

    3. Sering salah ngetik (typo) – saya punya beberapa orang yang saya ajarin tulis. Baru ini saya temuin, ternyata bisa loh ngetik typo bikin kesel sendiri. Ada satu teman saya, karena saking seringnya typo waktu ngetik artikel, jadi kesel sendiri dan malah nyalahin keyboard. Keyboard salah apa coba. Ketika kesel muncul dan bikin males ngetik, jadi deh itu buka hp dan main mobile legend. Hasilnya? WRITER BLOCK NONGOL.

    4. Ilang inspirasi bikin kalimat waktu lagi bikin artikel – ini paling sering kejadian. Ingin bikin artikel 1000 kata, baru 300 kata sudah ilang inspirasi bikin paragraf selanjutnya. Sebenernya ini soal kebiasaan aja sih – bisa dilatih dan dibiasakan. Tapi, kalo sudah sering kejadian ilang inspirasi waktu proses bikin tulisan, biasanya WRITER BLOCK langsung menggeliat dan bikin males ngetik lagi.

    Ada banyak lagi penyebab writer block. Tapi saya stop sampe 4 aja biar nggak pusing. Setuju?

    TRIK Bikin Artikel Cepat Walaupun Nggak Menguasai Topiknya

    Dari bahasan tentang writer block di poin sebelumnya, saya asumsikan mastah sudah tahu masalah utamanya sulit buat artikel. Paling sering, biasanya topik nggak dikuasain, bingung ngerangkai kalimat akhirnya artikel ditinggalin, dan sulit cari referesi.

    Ini trik yang bisa jadi solusi...

    ... simpel. Buat artikel, harus punya step yang jelas. Kalo ngacak dan nggak terkordinir, gimana mau rapih? Wong situ liat artikelnya aja males, apalagi yang baca. Ogah. Mending tidur.

    Ini step saya waktu bikin artikel.

    Rapihin target keyword di excel

    Step awal harus jelas
    . Mau bikin artikel dengan keyword apa, rapihin di excel dengan urutan dari awal (pencarian terbesar) sampe akhir (pencarian terkecil).

    Saya pribadi, nyantumin optimasi on-page sedikit kaya penggunaan internal link dan anchor text formula yang menurut saya works. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar di bawah.

    [​IMG]

    Rapih, kan? Buat serapih mungkin di awal. Menurut saya ini penting banget. Ada campur tangan psikologis di sini. Secara nggak langsung, saya ngajak otak buat nyusun rangkaian timeline kerja yang harus saya selesaikan.

    Di file excel itu, simpel – tapi rapih. Tertata. Enak diliat. Jadinya, saya punya target buat nyelesain kerjaan ini. Ini bagus juga buat target jangka pendek. Gausah muluk muluk lah menghasilkan 1 milyar tujuh ratus juta empat puluh dua ribu lima ratus ribu rupiah sebulan dari blog. Kejauhan targetnya. Buat target pendek dulu aja. Selesain bikin 10 artikel ini. Udah itu dulu.

    Terus, setelah file excel dibuat, apalagi? Lanjut.

    Saatnya bikin artikel

    Jeng jeng! Saat bikin artikel dengan modal file yang sudah ada di excel. Skala prioritas – kerjain yang berat lebih dulu. kita buat artikel awal dari keyword: “cara memikat wanita.” Karena ini artikel paling banyak jumlah katanya, ini juga salah satu sinyal harus serius bikinnya.

    Artikel ini akan nyangkup banyak topik dari keyword-keyword di bawahnya. Orang pada bilang, ini maksudnya keyword turunan. BUKAN. Saya nyebutnya kaya orang bule: topical relevance.

    Langkah pertama: cari sumber referensi artikel dengan keyword “cara memikat wanita.” Caranya: ketik di google search: “allintitle:cara memikat wanita” (tanpa tanda kutip).

    Ini salah satu trik buat cepet lewatin langkah pencarian sumber. Ambil sumber dari urutan 1-5 di SERP aja. Nggak usah jauh-jauh di belakang SERP. Kenapa? Tinggalin dulu, nanti kita bahas poin ini.

    [​IMG]
    Langkah kedua: setelah dapet sumber artikel kompetitor urutan 1-5, lihat jumlah katanya. Web mana yang paling banyak, kalo dapet, alhamdulillah. Kalo belum, coba cari sumber lainnya.

    Nah, dari case ini, saya ambil artikel dari web tipspengembangandiri. Kenapa? Artikelnya lebih dari 1000 kata. Cocok buat saya tulis ulang. Stepnya jelas dan nggak banyak berkelit.

    Langkah ketiga: BIKIN ARTIKELNYA! Jangan males. File excel sudah menunggu buat dikelarin, itu! Ayo gerak. Eits, tunggu dulu, ada triknya...

    ... jadi gini. Jangan langsung tulis ulang dari awal sampai akhir. Kualitasnya, pasti biasa aja. Triknya adalah: tulis ulang poin intinya saja.

    Sebagai contoh, dari web tipspengembangandiri, saya langsung tulis ulang (rewrite) artikelnya langsung ke poin inti, tanpa embel embel dan basa basi. Ini jadinya:

    [​IMG]

    Sedikit kalimat di atas adalah yang saya tulis ulang dari sumber tipspengembangandiri. Sebenarnya, di website itu kalimatnya cukup panjang dengan poin-poin (heading) yang kemudian dijabarkan. Saya hanya tulis menggunakan numbering supaya singkat – padat – jelas.

    Inti dan trik dari langkah ketiga adalah: TULIS ULANG POIN INTINYA DULU. Tidak usah pedulikan yang lain. Tidak usah pedulikan kalimat pembuka, penutup, dan jembatan antar kalimat. TULIS POIN INTINYA DULU.

    Setelahnya, coba lihat, berapa jumlah kata yang sudah di dapatkan. Apakah 600 kata? Berarti, mastah perlu menulis 400 kata tambahan. Tapi nanti. Selesaikan dulu keyword lainnya dengan pengulangan langkah ketiga.

    Ingat, triknya: tulis ulang inti pembahasan dari seluruh keyword yang ada di excel lebih dulu. setelahnya, lihat kekurangan jumlah kata pada seluruh keyword. Kalau sudah cukup, tinggalkan, kalau masih kurang seratus atau dua ratus kata, sisipkan kalimat tambahan.

    Langkah keempat: oke – saya asumsikan, ketika masuk ke langkah keempat, poin inti pembahasan dari seluruh keyword sudah dibuat. Ketika masuk langkah empat, berarti mastah sudah punya 10 artikel yang isinya poin inti dari kumpulan kata kunci di excel.

    Nah, ada trik selanjutnya.

    Lihat file excel. Saya mencantumkan INTERNAL LINK (lihat gambar di atas).

    Ini triknya: Pertama, mastah sudah punya sederetan artikel yang isinya pembahasan inti dari keyword dengan kekurangan jumlah kata. Kedua, mastah punya sederetan internal link yang harus dibuat.

    Triknya adalah: buat kekurangan jumlah kata pada artikel itu menjadi kalimat yang tujuannya membuat internal link antar keyword artikel. Untuk lebih gampang, saya buat ilustrasi kecil dengan kata. Untuk lebih gampang mencernanya, lebih baik sembari melihat gambar file excel di atas.

    Semisal, artikel No.1 punya kekurangan 400 kata (600 kata sudah diisi dengan poin pembahasan inti), berarti kita buat kekurangan kata untuk membuat internal link. Jangan asal, buat senatural mungkin dan sesuai dengan ANCHOR TEXT FORMULA yang ada di excel.

    LANJUT DI BAWAH...
     
  2. kazarazak

    kazarazak New Comer

    Joined:
    Dec 7, 2017
    Messages:
    30
    Likes Received:
    52
    Location:
    Microsoft
    ... LANJUTAN.

    Ini contoh beberapa kalimat yang bisa digunakan dalam case ini:


    Ulangi sampai semua internal link dibuat. Selesai. Dengan beberapa kalimat terbuat yang tujuannya untuk membuat internal link, 400 kata tidak akan sulit untuk dibuat.

    Kesimpulan

    Dengan cara ini, banyak banget manfaatnya kalau blog mastah menerapkannya

    Artikel berkualitas, “BERGIZI”, dan berkesinambungan – pengunjung blog bakal betah. Bounce rate bakal minim. Google spider bakal kangen sama blog mastah sampe bolak balik kunjungan. Hasilnya? Index mantap. SEO On-Page luar biasa. Topical relevance bagus (dipercaya sama Google buat dapat ranking tinggi karena blog punya artikel yang dicari pengunjung).

    Udah, ya. Kesimpulan jangan panjang-panjang. Sekarang saya mau memikat hati wanita Uganda.

    Tambahan:

    Cara ini berlaku buat blog apa saja. Berapapun keyword yang ingin dibuat, kurang lebih langkahnya sama. Yang penting, ini pondasinya – kalau sudah menguasai dan terbiasa, gedein ukuran dan kualitas Cuma masalah waktu dan kebiasaan untuk punya target.

     
  3. Sofian Maolah

    Sofian Maolah New Comer

    Joined:
    Nov 11, 2016
    Messages:
    33
    Likes Received:
    2
    Location:
    Jakarta
  4. harimurti7

    harimurti7 AdSense Starter

    Joined:
    May 16, 2014
    Messages:
    92
    Likes Received:
    7
    Location:
    Yogyakarta
    Nice share mastahh....thx

    Sent from my Redmi Note 5A using Tapatalk
     
  5. Abu Fatham

    Abu Fatham New Comer

    Joined:
    May 9, 2018
    Messages:
    21
    Likes Received:
    2
    Super duper...

    Sent from my SM-G610F using Tapatalk
     
  6. wanto mujahiroh

    wanto mujahiroh Hero

    Joined:
    Oct 27, 2016
    Messages:
    575
    Likes Received:
    29
    Location:
    Indonesia
    Mantap and jos mastah
     
  7. Octaavia182

    Octaavia182 AdSense Fan

    Joined:
    Mar 7, 2015
    Messages:
    247
    Likes Received:
    25
    Location:
    bekasi
    mantep bngt sharenya...mau tanya mas..cari relevancy keywordnya pakai apa ya
     
  8. kazarazak

    kazarazak New Comer

    Joined:
    Dec 7, 2017
    Messages:
    30
    Likes Received:
    52
    Location:
    Microsoft
    Rata2 semua research KW tools bisa dibuat ubek-ubek relevance keyword kok.

    Mau langsung cari juga bisa, LSIGraph aja.
     
    konekten likes this.
  9. arifboy

    arifboy Super Hero

    Joined:
    Oct 29, 2012
    Messages:
    820
    Likes Received:
    44
    Location:
    Online
    keren.. dari dulu bingung nyari cara yg mudah thx
     
  10. kazarazak

    kazarazak New Comer

    Joined:
    Dec 7, 2017
    Messages:
    30
    Likes Received:
    52
    Location:
    Microsoft
    Semoga bermanfaat, gan.
     
    konekten likes this.
  11. submitclimb

    submitclimb AdSense Fan

    Joined:
    May 14, 2013
    Messages:
    215
    Likes Received:
    20
    Location:
    DENPASAR - BALI
    Mantab dan kayaknya saya akan gunakan cara ini mulai sekarang... Makasih banget Guruku.
     
  12. cyberworlds

    cyberworlds Hero

    Joined:
    Feb 20, 2012
    Messages:
    515
    Likes Received:
    27
    Location:
    M A K A S S A R KOTA DAENG
    nitip peci dlu... ntar balik lagi...

    Sent from my Redmi 4X using Tapatalk & Movie21.top
     
  13. pitekwalik

    pitekwalik AdSense Fan

    Joined:
    Sep 24, 2017
    Messages:
    151
    Likes Received:
    11
    numpang nyimak dimarih ya gans
     
  14. ~XerXes.DiGitaL.Com~

    ~XerXes.DiGitaL.Com~ Super Hero

    Joined:
    Nov 14, 2009
    Messages:
    1,757
    Likes Received:
    194
    Location:
    Sleman, DIY
    Mantap mas. Terstruktur dan actionable :D
     
  15. kazarazak

    kazarazak New Comer

    Joined:
    Dec 7, 2017
    Messages:
    30
    Likes Received:
    52
    Location:
    Microsoft
    Astaga, gan. Seneng banget saya kalau cara ini bermanfaat dan kepake bukan buat saya doang.

    Boleh dong, masa nggak boleh.

    Ngabuburit juga boleh, gan.

    Makasih banyak, mas. Sharing pertama saya, hehe.
     
    konekten likes this.
  16. Sydney-Id

    Sydney-Id AdSense Fan

    Joined:
    Feb 22, 2012
    Messages:
    153
    Likes Received:
    62
    Location:
    Sydney Australia
    Wow, benar-benar bergizi om...
    Like added
     
    kazarazak likes this.
  17. Mamik76

    Mamik76 AdSense Starter

    Joined:
    Apr 23, 2015
    Messages:
    59
    Likes Received:
    2
    Nyimak dulu, terima kasih pak guru
     
  18. ritaelan123

    ritaelan123 AdSense Fan

    Joined:
    Apr 4, 2016
    Messages:
    200
    Likes Received:
    17
    Location:
    sumedang
    beda ilmu beda guru, cara saya agak berbeda,,tpi sama2 menghasilkan berkualitas bagus,,,,mantap ilmunya gan....
     
  19. didin1513

    didin1513 Hero

    Joined:
    Jul 27, 2013
    Messages:
    547
    Likes Received:
    26
    Location:
    surakarta
    mantab share, like meluncur bozzz
     
  20. mandela83

    mandela83 Super Hero

    Joined:
    Oct 5, 2010
    Messages:
    1,651
    Likes Received:
    68
    Location:
    Bogor
    Mantap sharingnya, terima kasih
     

Share This Page