1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Tips Bermain Catur Dengan Benar

Discussion in 'Games' started by Mahmoed Amin, Jun 9, 2024 at 5:03 PM.

Tags:
  1. Mahmoed Amin

    Mahmoed Amin Newbie

    Joined:
    Feb 24, 2024
    Messages:
    4
    Likes Received:
    1
    Location:
    Probolinggo
    Catur merupakan salah satu permainan yang banyak diminati diseluruh dunia, tak hanya dikalangan orang dewasa bahkan dikalangan anak muda juga banyak yang meminati permainan ini, salah satunya seperti Gukhes Dommaraju, dia merupakan pecatur muda berumur 17 tahun asal India yang baru saja menjuarai turnamen Kandidat ditahun 2024 dan sekaligus menjadi calon juara dunia termuda sepanjang sejarah catur dunia.

    Nah buat temen-temen pemula yang ingin belajar bermain catur mungkin bertanya-tanya, apa aja ya yang perlu diperhatikan dalam bermain catur ? Kali ini saya akan bahas sedikit tentang apa saja yang perlu dipelajari ketika ingin bermain catur.

    Agar bisa menguasai permainan catur dan mendapatkan kemenangan, temen-temen perlu melakukan beberapa hal berikut :

    1. Menguasai Petak pusat

    Langkah awal saat kalian bermain catur adalah poin penting untuk strategi permainan kalian, dan bagian yang paling penting dari papan catur adalah petak pusatnya. Petak pusat catur adalah empat kotak yang berada ditengah papan catur ( E4, E5, D4, D5 ). Jika perwira atau pion kalian sudah bisa menguasai petak pusat catur, kalian akan dengan mudah menentukan strategi permainan kalian.

    2. Mengembangkan Perwira

    Pengembangan buah catur adalah salah satu hal terpenting ketika kita bermain catur, jadi pengembangan buah catur itu sangat dibutuhkan untuk menunjang perminan kita agar bisa meraih kemenangan. Kalau kalian sudah mengembangkan perwira kalian( Menempatkan perwira atau pion ditempat yang bagus ), Artinya kalian sudah siap menuju ke midle game.

    3. Mengamankan Raja

    Selain penguasaan petak pusat dan pengembangan perwira, kalian juga jangan lupa untuk membawa raja kalian ke posisi yang lebih aman, kalian bisa memilih cara rokade pendek atau rokade panjang, opsi ini menyesuaikan dengan keadaan permainan kalian, yang pasti jangan pernah menempatkan raja kalian di posisi center ya guys, karna hal itu akan akan memudahkan lawan kalian untuk menyerang raja kalian.

    4. Tidak Cepat Menukar Perwira

    Menukarkan perwira yang kalian miliki dengan lawan kalian dalam permainan catur adalah sesuatu yang normal dalam permainan catur, akan tetapi kalau kalian terlalu cepat menukarkan perwira tanpa melihat keuntungan yang bisa didapat di langkah selanjutnya maka itu bisa saja malah merugikan kalian ya.

    5. Jangan Memberikan Buah Catur Secara Cuma-Cuma

    Sebagian pemain pemula biasanya memberikan pion atau perwira mereka secara gratis pada lawannya, hal ini bisa saja terjadi dikalangan pemula, karena menganggap pion sebagai komponen yang tidak terlalu penting dalam permainan catur. Nah kebiasan seperti ini jangan kalian biasakan ya guys, karena dalam permainan catur semua buah catur yang ada itu memiliki tugas masing-masing. Jadi, jangan mudah memberikan buah catur kalian secara Cuma-Cuma ya guys.



    Oke guys,, kira-kira seperti itulah prinsip dasar dalam permainan catur ya, semoga berguna buat kalian ketika bermain catur. Kalau kalian ingin lebih memperdalam lagi tentang bagaimana cara agar bisa menjadi seperti pemain profesional, caranya ialah sering-sering main catur guys hehehe...
     
    Admin likes this.

Share This Page