1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Trafik web Gnews berguguran: Ini penyebab dan cara ngeremnya....

Discussion in 'Internet News' started by dutosolo, Nov 13, 2014.

Tags:
  1. dutosolo

    dutosolo Super Hero

    Joined:
    Jan 10, 2012
    Messages:
    2,010
    Likes Received:
    2,369
    Location:
    omkicau.com
    Assalamu'alaikum wr wb.

    Ada berita dari kawan tentang trafik beberapa website yang terdaftar di Google News (Gnews) berjatuhan, drop sampai 80%-an. Belum sempat saya cek-cek SERP beberapa web GNews, saya mendapat keluhan lagi dari satu teman pengelola Gnews lainnya, tentang hal yang sama, trafik drop sampai 70% dalam 4-5 hari belakangan ini.

    Penurunan secara umum dimulai pada 31 Oktober dengan kecenderungan terus turun (tanpa ada kenaikan sama sekali) sampai hari ini. Konfirmasi dari teman lain mengatakan sebenarnya penurunan beberapa web GNews sudah berlangsung sejak 1-2 bulan lalu. Namun "sapu bersih" GNews memang lebih massif terjadi pada sepekan belakangan ini.

    Banyak penyebab bisa disebutkan. Namun yang jelas, algoritma google untuk sampai kapanpun (ini baru hipotesis saya) adalah menempatkan web-web entah GNews ataunon-Gnews yang memang "bermanfaat" bagi pembaca. Manfaat itu bisa terlacak dari ketersediaan artikel atau sejumlah artikel yang selalu dilihat pengunjung dan benar-benar dibaca pengunjung (robot google bisa membaca yang beginian). Artinya, itulah perlunya sebuah website mengandalkan artikel-artikel yang memiliki keyword relatif abadi yang bisa bersaing dengan website lainnya dan karenanya selalu didatangi pengunjung yang berasal dari mesin pencari (organic traffic).

    Jika sebuah website mengandalkan kata kunci temporer (inilah yang umumnya menjadi andalan teman-teman pemilik web GNews), maka dipastikan trafik mereka jatuh ketika para pesaing dengan SDM dan sumber data dan dana yang lebih besar "membengkakkan" jumlah artikel tiap hari dengan keyword-keyword temnporer mereka.

    Website yang hanya mengandalkan kata kunci temporer, dengan demikian, tidak akan mampu bertahan lama dalam persaingan "membanjiri keyword temporer" di jagat maya jika mereka tidak mau melipatkan sumber data (posting). Mereka akan digilas pemain-pemain kawakan yang sudah memiliki modal (SDM, dana, data) yang lebih besar.

    Jika tidak ingin semakin jatuh dan terpuruk, para pemain GNews dengan SDM dan modal terbatas (atau dibatasi) harus mulai bermain ke postingan-postingan yang memiliki daya saing pada penanaman keyword yang relatif abadi. Jika tidak memulai hal itu, jangan guling-guling sambil nangis kalau webnya benar-benar jatuh terpuruk...:nangis:


    Jika sobat adalah pemain "GNews SDM terbatas", mulailah bermain lebih smart ketimbang sekadar "kopas dan rewrite" berita dari web Gnews yang benar-benar "ber-SDM tak terbatas". Meski berita-berita mereka juga sama dengan berita-berita web Gnews lainnya, tetapi hitung dulu berapa banyak postingan harian mereka. Jika sobat belum mampu bersaing dengan cara mereka membanjiri dunia maya dengan data-data berkata kunci temporer, jangan berharap sobat bisa bertahan lama.

    Harap diingat juga, para pemain Gnews raksasa diback-up dengan kepemilikan mereka atas forum-forum yang pengunjungnya sudah mapan dan sangat maniak. Mereka sudah memiliki akar, yakni para pembaca setia mereka, dan kehadiran para maniak ini bukan lagi dari mesin pencari, tetapi mereka langsung ketik domain, atau bahkan tinggal pencet dari brangkas bookmark di perangkat.

    Saran akhir: mulailah memposting artikel-artikel bermakna, artikel-artikel yang berguna, yang mampu bersaing menanam keyword abadi di mesin pencari.

    Sebagai bahan introspeksi, tanyakan pada diri sendiri dan silakan dijawab sendiri: "Apakah GNews saya benar-benar bermanfaat bagi orang lain? Apakah Gnews saya benar-benar unik dan berbeda dibanding web-web Gnews lain? Apakah Gnews saya, saya garap sepenuh hati untuk memberikan kemanfaatan bagi orang lain? Apakah Gnews saya benar-benar saya pelihara bukan semata-mata mengejar trafik dan dollar dari adsense?"

    Jika sobat bisa menjawab jujur pertanyaan di atas, maka sobat akan segera tahu di mana kelemahan dan keunggulan Gnews sobat.

    Semoga bermanfaat.

    Wassalamu'alikum Wr. Wb.
     
    Last edited: Feb 14, 2016
    sucipto82, vanmovic, announ and 19 others like this.
  2. servvo

    servvo Forum reader

    Joined:
    Oct 10, 2010
    Messages:
    7,174
    Likes Received:
    1,009
    Location:
    Barat Bantul City
    referensi baru om,
    menurut ane juga gitu blog Gnews yang kuat updatenya yang nangkring di depan. dan siapa cepat bikin update yang masuk trend ya dia yang jadi raja hehehe
     
  3. nyubitool

    nyubitool AdSense Pro

    Joined:
    May 9, 2012
    Messages:
    259
    Likes Received:
    9
    ah gak juga
    menebak2 sama aja kayak meraba2, dalam artian belum jelas. Waktu habis buat menebak2 mending ya buat trial and error
    web yg banyak dibaca banyak visitor dapat tempat istimewa? Ah gak juga, buktinya beberapa web agc saya juga masih adem ayem sampe sekarang sejak setahun yg lalu.
    so apa kesimpulannya? kalo saya sih index itu vital dan itu penting
     
  4. Jago Hp

    Jago Hp AdSense Pro

    Joined:
    Apr 5, 2013
    Messages:
    497
    Likes Received:
    13
    kebetulan ane ngelola sejumlah gnews om, dan sperti yg om katakan blog Gnews mulai berjatuhan. mnurut ane ada sejumlah faktor yg mempengaruhi menurunnya trafik gnews,hal ini juga disebabkan update dari google untuk serp gnews.

    sebagai contoh, sebelumnya berita yg tampil di hasil penelusuran web menggunakan tag line "berita untuk Kw yg diketika", mial berita untuk samsung galaxy s5.

    tapi sekrang sudah berganti, menjadi hanya "dalam berita" yang dipkai untuk tagline nya. semenjak perubahan itu sya merasakan memang semakin sulit menebus pejawan google dengn gnews. tpi kmren sudah dpet sdkit celah yg bisa dipkai untuk mengatasinya, salah satu caranya adalah meningkatkan kualitas dan kuantitas artikel. mngkin ada yg punya saran lain?
     
  5. ingkong

    ingkong Super Hero

    Joined:
    Jan 17, 2014
    Messages:
    2,298
    Likes Received:
    221
    indeks banyak tapi di page 100 juga sama aja Bohong :)
     
    Tride, cbpartner and workingonit like this.
  6. dutosolo

    dutosolo Super Hero

    Joined:
    Jan 10, 2012
    Messages:
    2,010
    Likes Received:
    2,369
    Location:
    omkicau.com
    Sip kalau begitu. Lha tipsnya apa? Rahasia?
    Semoga selamat sampai tujuan.....

    Sip. Artinya sudah ketemu poinnya ya Om. Lanjutkan....

    Hehehe, betul juga Om....
     
  7. mermanarts

    mermanarts Super Hero

    Joined:
    Dec 20, 2012
    Messages:
    2,190
    Likes Received:
    127
    Location:
    bandung
    bener juga nih kata mastah :D
     
  8. sulajam

    sulajam Hero

    Joined:
    Feb 15, 2013
    Messages:
    715
    Likes Received:
    14
    iya mas, kalau bidik yang terpopuler biasanya cuma bertahan 1-3 hari
     
  9. gazam

    gazam AdSense Fan

    Joined:
    Mar 28, 2013
    Messages:
    106
    Likes Received:
    26
    Location:
    Senja Suatu Kala
    Waalaikumsalam wr wb

    Masuk akal sih analisanya, meskipun sy yakin rujukannya hanya berdasarkan asumsi2 semata......
     
  10. WawanSetyawans

    WawanSetyawans Hero

    Joined:
    Sep 19, 2012
    Messages:
    618
    Likes Received:
    34
    Tapi tetep aja alasan utama pemilik Gnews orientasinya pada Dollar. Semua harus sepakat. :salaman:Kita butuh dollar. :mataduitan:Kalo alasannya dollar ya kita cari dollar bukan cari artikel update rewrite sana-sini tanpa mementingkan keunikan dan manfaat konten itu sendiri. Kenapa tidak build langsung aja blog non Gnews dalam jumlah banyak untuk menghasilkan dollar yang banyak pula. Yupps. kebanyakan deh komennya. Sekian dan terima kuasihh.. :lovekiss:
     
  11. dutosolo

    dutosolo Super Hero

    Joined:
    Jan 10, 2012
    Messages:
    2,010
    Likes Received:
    2,369
    Location:
    omkicau.com
    Betul Om. Dan asumsi dan feeling itu juga yang saya jadikan patokan untuk membangun beberapa blog saya dan juga untuk blog andalan saya karena memang untuk jualan....

    Ini SS histat terbaru dari blog andalan yang awalnya saya bangun berdasar asumsi: ___

    [​IMG]
     
  12. zvous

    zvous 김태연 admirer

    Joined:
    Aug 12, 2011
    Messages:
    542
    Likes Received:
    252
    Meskipun saya ga punya website di Gnews, krn keterbatasan sumberdaya, tapi saya kurang setuju ama kesimpulan mas duto

    nih bagian saya yang ga setuju

    kenapa saya kurang setuju? karena pas hari ini juga lagi nelaah lebih lanjut tentang Gnews, pas sedikit bertentangan ama kalimat di atas
    saya quote dari sini hxxps://support.google.com/news/publisher/answer/40787?hl=en
    klo yg saya tangkep d sini, harus 'berita', klo bukan berita jangan! nah bagi saya sendiri 'berita'=ya kek berita di kompas, detik, dan yang lain, yang sedang ngebahas masalah berita terkini. bukan mengejar salah kiword tertentu. at least bagi saya seperti bgini sudut pandangnya.

    kesimpulan saya: web gnews = bukan web soloist, tapi lebih ke arah tim (bagi saya 5 orang atau lebih untuk maintenancenya)


    kita butuh duit, oke setuju. tapi klo gnews orientasi dollar, kurang setuju. lebih kearah "gw-ngeluarin-berita-ini-duluan-drpd-yg-lain"
    makanya skr di tv nasional banyak yang sejenis Citizen Journalism, fungsinya apa buat si tv? mereka dpt berita-nya duluan dari tv lain. untungnya bagi yang submit? duit.
     
  13. rumahawan

    rumahawan AdSense Fan

    Joined:
    Dec 4, 2013
    Messages:
    228
    Likes Received:
    100
    mangstab om duto...
     
  14. dutosolo

    dutosolo Super Hero

    Joined:
    Jan 10, 2012
    Messages:
    2,010
    Likes Received:
    2,369
    Location:
    omkicau.com
    Betul. Tetapi cek saja isi Kompas atau Detik. Back up (baca postingan pendukung) mereka, sampai ada soal resep masakan, tips belanja dan tips-tips lainnya, dan bahkan mereka menyediakan platform blog gratis (kompasiana, blog detik) itu yang membuat pembaca "nyantel banget" dg branding kompas atau detik.
    Itu antara lain kekuatan mereka untuk memiliki akar massa yang kuat. Apakah mereka dibanned Google atau kena diindex karena melanggar aturan Gnews dengan beberapa bagian tips dan trik yang tidak dipisahkan dari news? Enggak.
    Contoh kasus lain adalah Gnews sidomi. Mereka memberikan tips triks dan aneka hal di luar Gnews yang tidak dipisahkan sebagaimana seharusnya aturan Gnews. Kena penalti? Enggak juga.
    Banyak faktor bermain di sana.
    Yang jelas saya setuju bahwa Gnews punya aturan main, tetapi aturan main itu bisa "kita mainkan".

    Tetapi kalau tidak setuju dengan pendapat saya, ya tentunya saya welcome. Dan perlu saya telaah lebih jauh.

    Siaaaaappppp!!!!

    Lha memang begitu kok. Kalau ada yang menyimpulkan sebaliknya, ya malah salah. Lha Gnews itu memang perlu SDM banyak, smart dan profesional je.
     
    johnlemon likes this.
  15. sms2indo

    sms2indo Super Hero

    Joined:
    Mar 16, 2014
    Messages:
    1,372
    Likes Received:
    154
    Location:
    http://sms2indo.com
    Kalau artikel berita sudah digarap sepenuh hati dibumbui cinta, tapi pada akhirnya di copas begitu saja sama website lain, bagaimana donk.
     
  16. dutosolo

    dutosolo Super Hero

    Joined:
    Jan 10, 2012
    Messages:
    2,010
    Likes Received:
    2,369
    Location:
    omkicau.com
    Direlakan dan didoakan saja. Ganjaran baliknya lebih bejibun.
     
  17. WawanSetyawans

    WawanSetyawans Hero

    Joined:
    Sep 19, 2012
    Messages:
    618
    Likes Received:
    34
    Kurang setuju dengan pernyataan diatas. Gnews harus berita, enggak kok. Keyword yang sifatnya abadi juga banyak bertebaran di blog-blog gnews. Keyword abadi seperti resep masakan, kesehatan malah bisa jadi penguat trafik, Meski di beberapa kasus blog non gnews bertenteng di atas untuk kata kunci abadi namun Web Berita KW abadi juga lumayan ngasih trafik meski tidak sebanyak kata kunci temporer, atau berita trend yang ledakannya luar biasa. Kesimpulannya. Menurutku sih KW abadi ga melanggar. Malah bagus. Setuju sama om duto.

    Mari kita cari dollar lagi. :mataduitan:
     
  18. dutosolo

    dutosolo Super Hero

    Joined:
    Jan 10, 2012
    Messages:
    2,010
    Likes Received:
    2,369
    Location:
    omkicau.com

    Cari dolar atau rupaih? Ya itu wajib. Tetapi memberi tips orang cari dolar dan rupiah dengan usaha jualan masakan dengan memberi tips resep masakan atau resep kue, entah kue basah atau kue kering (untuk buka usaha kecil misalnya), itu juga wajib, hehehe....

    BTW, Om pernah enggak mengetikkan kata kuncu "resep kue" atau lebih tajam lagi "resep kue basah" dan "resep kue kering"?? Apa ketemunya? Nah itu hanya salah satu contoh artikel yang bermanfaat, hehehe. (Ngetikkannya di mesin pencari google untuk keyword-keyword itu, nanti kalau sudah sempat saja....)
     
  19. w0ngsimp4ng

    w0ngsimp4ng AdSense Fan

    Joined:
    Mar 14, 2013
    Messages:
    211
    Likes Received:
    98
    ane setuju gan karena ane juga merasakannya perbandingannya :mukamesum:
     
  20. iwakpeyek

    iwakpeyek AdSense Pro

    Joined:
    Mar 31, 2012
    Messages:
    423
    Likes Received:
    48
    belum punya g news, nyimak aja :D
     

Share This Page