1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Website VS Marketplace, Mana Lebih Bagus?

Discussion in 'Diskusi Umum Internet Marketing' started by mulia, Mar 16, 2020.

  1. mulia

    mulia New Comer

    Joined:
    Apr 5, 2008
    Messages:
    13
    Likes Received:
    5
    Location:
    bali
    Banyak yang bertanya mana bagusan punya website sendiri atau posting produk di marketplace atau sosmed? Sebetulnya masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya.

    Kalau website kelebihannya adalah kontrol ada di tangan kita sebagai pemilik. Jadi selama kita perpanjang domain dan hostingnya, maka website tersebut akan bisa kita pakai. Juga website tersebut berguna untuk menunjukkan profesionalitas kita sebagai penjual karena kalau produk di taruh di website sendiri, ibaratnya kita punya toko sendiri. Dan juga kita bisa taruh nama website kita di kartu nama atau media promosi lainnya dengan mudah sehingga orang akan mudah mengaksesnya... Kekurangan website yaitu berbayar dan kadang ga semua orang bisa buat website sendiri, jadi perlu modal yang lebih untuk bisa memilikinya.

    Sementara kalau produk di taruh di marketplace atau sosmed memang tidak perlu bayar, tapi kita tidak bisa kontrol. Jumlah tulisan tentu diatur oleh mereka, gambarnya pun ga bisa seenaknya, juga terkadang website mereka kadang down yang bikin lapak kita ga bisa diakses. Nah kalau udah kayak gitu, tentu aja orang lain ga bisa ngeliat produk kita disana...

    Trus mana yang lebih efektif pake website atau marketplace?
    Kalau menurut saya, lebih baik gunakan keduanya. Jadi di website ditaruh link-link ke sosmed atau marketplace, sementara yang dipromosikan adalah websitenya karena di website kita bisa naruh pixel buat ngelacak orang yang udah berkunjung kalau kita mau promosi menggunakan media berbayar.

    Sementara marketplace bagusnya buat nerima pembayaran karena orang lebih nyaman dan aman bertransaksi menggunakan marketplace karena mereka terima barangnya dulu baru uangnya masuk ke penjual.

    Cuman kalau modalnya terbatas, ya bisa pakai marketplace dulu. Nanti kalau sudah ada modalnya bisa tambah medianya menggunakan website supaya bisa lebih terkontrol bisnisnya. Karena kedepannya kita ga pernah tahu apa yang terjadi dengan website marketplace / sosmed tersebut. Jangan sampai ketika website mereka down atau tutup, orang ga bisa ngeliat produk yang kita jual...

    Semoga bermanfaat...
     
  2. Dendy RO

    Dendy RO New Comer

    Joined:
    Feb 6, 2020
    Messages:
    13
    Likes Received:
    3
    Hmmm.. betul tuh, korelasi antara Marketplace dan Website harus ada.

    Banyak brand yang sudah punya website sendiri tapi menjual produk di marketplace bahkan ada lebih dari 1 akun.

    Klo punya web doank tanpa dimasukin ke marketplace agak kurang buat konversi penjualan, Beberapa pembeli menggunakan marketplace karena ngejar promosi, seperti potongan harga dan gratis ongkir serta mereka akan merasa terjamin dengan tanda "OFFICIAL STORE" dan sistem pembayaran rekening bersama.
     
    SJMedia likes this.
  3. farahsm

    farahsm New Comer

    Joined:
    Wednesday
    Messages:
    35
    Likes Received:
    2
    terimakasi gan pencerahannya
     
  4. Key

    Key New Comer

    Joined:
    Jan 18, 2020
    Messages:
    27
    Likes Received:
    2
    Ada kelebihan dan kelemahan. Ikutin budget dan alur aja dl kl pemula di marketplace kali ya..
     

Share This Page