1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

BURUH Lulusan SMP sekarang SUKSES jadi Publisher !

Discussion in 'Berbagi Pengalaman' started by bernandin, Nov 14, 2013.

  1. bernandin

    bernandin Super Hero

    Joined:
    Jan 20, 2010
    Messages:
    4,337
    Likes Received:
    872
    Location:
    Bondowoso
    Dua minggu belakangan, demo buruh marak dimana-mana. Tuntutan mereka sama : agar gaji UMR/UMP bisa dinaikkan secara signifikan. Meski acap membuat jalanan macet, dan perusahaan tempat mereka bekerja terpaksa tutup karena tak kuat menanggung beban biaya, demo buruh itu terus berjalan dengan penuh gelora.

    Ditengah suara protes yang terus membahana itu, kita mungkin perlu menengok kisah Darmanto, buruh kasar yang hanya lulusan SMP. Dalam sunyi, ia lebih memilih mengubah nasib dengan tangan sendiri. Tidak dengan suara tuntutan yang acap *****akkan telinga.

    Kisah Darmanto adalah sekeping cerita tentang kegigihan, tentang daya juang yang bertumpu pada etos kemadirian; dan bukan selalu menuntut pihak lain agar dirinya sejahtera.

    Saya mengenal Darmanto dari internet. Beberapa kali saya order layanan dia untuk melakukan review dan mencantumkan backlink ke web yang saya miliki. Ongkosnya Rp 100 ribu per review. Sejauh ini, saya puas dengan hasil kerjanya.

    Lalu disebuah sore yang tenang, tiba-tiba telpon saya berdering. “Hallo, mas Yodhia, ini Darmanto”.

    Saya banyak memberi order kepada para blogger penyedia layanan review web dan penulis artikel. Namun hampir tak ada yang menelpon balik. Makanya saya agak terkejut dengan telpon Darmanto di sore yang teduh itu.

    Ia bilang, selalu melakukan ritual untuk menelpon balik para pelanggannya : sekedar silaturahmi dan menanyakan apakah puas dengan hasil kerjanya. After sales service, begitu isitilahnya. (buruh yang hanya lulusan SMP ternyata paham benar dengan strategi customer retention. )

    Lalu kemudian kami berbincang-bincang tentang sejumlah hal, dan juga tentang kisahnya.

    Darmanto adalah pria dari kampung udik. Tepatnya di dusun Dusun Kranding, Warungpring, 2 jam dari kota Pemalang. Sebuah dusun yang berada di bibir hutan Randudongkal, jauh dari modernitas dan hingar bingar dunia digital.

    Ia hanya lulusan SMP. Ia tak punya uang untuk sekolah ke SMA. Selepas SMP ia hanya bekerja sebagai buruh rendahan di sebuah perusahaan percetakan di Jakarta Barat.

    Namun gajinya tak seberapa. Ia bosan dengan kemiskinan yang setia menemaninya. Dari komputer di kantornya, ia kemudian sekilas berkenalan dengan dunia internet – sebuah dunia yang ia pikir, mungkin bisa membuatnya terbebas dari kelas buruh rendahan.

    Begitulah, tiap akhir pekan ia lalu nongkrong seharian di toko buku Gramedia, dekat kos-kosannya yang reot di kawasan kumuh Jakarta Barat. Ia betah berjam-jam di toko itu demi membaca dan menggali ilmu tentang internet (ia hanya sanggup membaca di tempat, sebab ia tak cukup punya uang untuk membeli buku-buku tersebut).

    Ia nongkrong membaca begitu banyak buku tentang internet : tentang blogspot, wordpress, PHP, online reseller hingga Search Engine Optimation.

    Istilah-istilah dunia online itu tak membuatnya gentar, meski ia sadar hanyalah buruh lulusan SMP dari sebuah desa nun jauh di pedalaman.

    Kegigihannya untuk mengubah nasib membuat ia tekun belajar secara otodidak. Sebab hanya dengan ini, saya bisa mengubah nasib secara mandiri. Begitu ia membatin kala itu, sambil kakinya pegal-pegal lantaran ia hanya boleh membaca buku di tempat toko buku sambil berdiri berjam-jam.

    Kala malam tiba, ia menghabiskan waktu di internet dengan tarif termurah. Ia tekun mempraktekkan apa yang telah ia baca. Pelan-pelan ia kemudian bisa membuat web, melakukan programming CSS, hingga mengulik teknik tentang optimasi page rank.

    Dengan kemauan, tak ada yang tak mungkin bahkan bagi buruh kasar yang cuma lulusan SMP.

    Dari proses itu, ia kemudian memberanikan diri memberikan layanan jasa internet : mulai dari membuat web design, jasa review blog hingga jasa SEO. Ia masih melakukannya sembari tetap bekerja sebagai buruh rendahan di kantor percetakan.

    Setelah dijalani selama setahun secara sambilan, ia merasa waktunya tak lagi cukup : sebab order alhamdulilah terus datang.

    Enam bulan lalu ia resmi resign dari jabatannya yang ia sandang dengan penuh kepahitan : buruh kelas rendahan dengan upah pas-pasan. Kini ia bekerja secara full time sebagai : an Internet Expert from Randudongkal.

    Ia juga memutuskan untuk pulang ke kampungnya, dusun Kranding yang jauh dari keramaian. Dari desa yang sunyi itu, ia menjalani usahanya dengan penuh passion (meski desa, koneksi internet di dusunnya tergolong cepat karena masuk dalam jangkauan SmartFren).

    Penghasilannya kini jauh lebih banyak dibanding saat ia menjadi buruh rendahan. Bukan hanya itu, ia bisa menjalani usahanya dari desanya yang teduh, dengan biaya hidup yang jauh lebih murah di banding di Jakarta.

    Kalau melihat hasil kerjanya yang pernah saya order dari dia, saya tidak menyangka kalau ia hanya lulusan SMP. Artikel reviewnya oke, dan yang lebih penting : dampaknya bagi page rank web saya termasuk signifikan (web saya di mata Google menjadi kian cemerlang).

    Sekali lagi, kisah Darmanto menyuguhkan sekeping wisdom : perubahan nasib bisa dilakukan siapa saja, tanpa melihat status pendidikan, kelas sosial ataupun apakah Anda lahir di kota atau desa kampungan.

    Darmanto mungkin sejenis insan yang percaya bahwa hanya dirinya sendiri yang bisa mengubah nasib; dan bukan dengan berpangku tangan pada belas kasihan orang lain. Spirit kemandiriannya membuat ia terus gigih belajar, mengejar ilmu dan kemudian memanfaatkannya demi perubahan nasib.

    Saat saya bilang mau menulis kisahnya di blog saya ini, ia tampak terkejut. “Wah jangan mas. Saya cuma lulusan SMP dan orang kampung. Ndak layak masuk di blog sampeyan”, begitu ia bicara di ujung telpon. Tidak Dar, saya menjawab. Saya juga belajar sesuatu darimu.

    Sejenak ia terdiam. “Kalau begitu, terima kasih banyak mas”. Ia mengucapkan kalimat ini dengan terbata-bata, seperti menahan keharuan.

    Ia memang layak terharu penuh rasa bangga. Sebab apa yang ia lakukan bisa menjadi teladan yang berharga bagi dua anaknya yang masih kecil-kecil.



    Sumber: strategimanajemen.net/2013/11/03/buruh-lulusan-smp-itu-mengubah-nasibnya-secara-dramatis-melalui-keajaiban-internet/


     
    Last edited: Nov 16, 2013
  2. aliasnawi

    aliasnawi Super Hero

    Joined:
    Apr 17, 2010
    Messages:
    3,334
    Likes Received:
    128
    Location:
    aliasnawi.com
    wuih jadi terharu...
     
  3. mister-fp

    mister-fp Ads.id Starter

    Joined:
    Oct 4, 2013
    Messages:
    95
    Likes Received:
    5
    Location:
    Madiun
    salut teh
    semangat ya, bikin kita-kita ikut termotivasi :)
     
  4. Syailendra

    Syailendra Siswa Ads-id

    Joined:
    Jan 14, 2012
    Messages:
    1,179
    Likes Received:
    189
    Location:
    Indonesia
    Manteb Gan Tehnik Menulisnya Jadi Keren banget Kisahnya Darmanto udah Kayak Baca Cerpen
     
  5. rajagibber

    rajagibber Ads.id Starter

    Joined:
    Sep 17, 2013
    Messages:
    52
    Likes Received:
    6
    Location:
    Neptunus
    keren mastah, bikin semangat lagi.
     
  6. mbendoll

    mbendoll Blogcepoters

    Joined:
    Jan 30, 2013
    Messages:
    1,981
    Likes Received:
    1,141
    baca ini ane jadi semangat.. thx gan sharenya.. kebetulan akhir2 ini ane lagi kumat malas.. baca ini ada semangat lagi.. hehehee :D
     
  7. Al theradz

    Al theradz Hero

    Joined:
    Oct 25, 2013
    Messages:
    710
    Likes Received:
    20
    Location:
    Wonosobo - Yogyakarta
    Mantap gan, sangat menginspirasi :D
     
  8. yugozone

    yugozone Ads.id Fan

    Joined:
    Nov 15, 2010
    Messages:
    150
    Likes Received:
    5
    tanpa melihat jenjang pendidikan, asal mau berusaha dan terus belajar, bisa sukses seperti ini. terharu jadinya
     
  9. drumband

    drumband Ads.id Fan

    Joined:
    Oct 6, 2013
    Messages:
    236
    Likes Received:
    15
    sama donk sama Soeharto..mantan presiden RI
    lulusan SMP..tapi sukses..anak dan cucunya pada tajir tajir tuh :silau:
    referensi _http://id.wikipedia.org/wiki/Soeharto
    Setamat SMP, Soeharto sebenarnya ingin melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi. Apa daya, ayah dan keluarganya yang lain tidak mampu membiayai karena kondisi ekonomi.
     
  10. anakbungsu89

    anakbungsu89 Hero

    Joined:
    Jul 5, 2013
    Messages:
    746
    Likes Received:
    29
    Location:
    Zalfa Miracle
    So inspiring
     
  11. mbah owl

    mbah owl Ads.id Pro

    Joined:
    Nov 12, 2013
    Messages:
    343
    Likes Received:
    9
    Location:
    Yogyakarta
    Salut dengan kemauan dan kerja kerasnya.
     
  12. iamn34r

    iamn34r Familyman

    Joined:
    Dec 2, 2009
    Messages:
    588
    Likes Received:
    276
    Location:
    Suroboyo jeh
    Wah. Cerita kayak gini yg mbikin tambah semangat kerja. Thanks gan
     
  13. autocontent

    autocontent Robbi Yatsir

    Joined:
    May 10, 2012
    Messages:
    1,982
    Likes Received:
    47
    emang keren terharu
     
  14. kalila

    kalila Super Hero

    Joined:
    Jan 13, 2011
    Messages:
    837
    Likes Received:
    100
    Inspiratif banget...
     
  15. donz13

    donz13 Ads.id Pro

    Joined:
    Oct 10, 2012
    Messages:
    294
    Likes Received:
    14
    Location:
    Swiss van Java
    gileeeeee...pagi2 dapet suplemen yg super bgt....salut dan sukses selalu buat mas Darmanto :nangis::nangis::tepuktangan:
     
  16. SangAgkuh

    SangAgkuh Banned

    Joined:
    Aug 16, 2012
    Messages:
    679
    Likes Received:
    129
    Location:
    Babatan, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
    merinding ane baca cerita ini..
    :semangat!:
     
  17. van_arista

    van_arista Konsultan Toko Online

    Joined:
    Aug 22, 2009
    Messages:
    3,336
    Likes Received:
    1,235
    Location:
    Surabaya
    keren.. inspiratif banget... thanks sharingnya...
     
  18. syahruldoank

    syahruldoank Hero

    Joined:
    Jul 17, 2011
    Messages:
    504
    Likes Received:
    48
    Luarrr biasa.
     
  19. forced.id

    forced.id Ads.id Fan

    Joined:
    Jun 16, 2011
    Messages:
    162
    Likes Received:
    3
    Location:
    Red District
    murni inspirasi..memang lebih baik begitu daripada demo2 ga jelas malah ujung2nya phk..[-(
     
  20. ideku

    ideku Newbie

    Joined:
    Oct 3, 2011
    Messages:
    1,073
    Likes Received:
    24
    jadi menambah semangat...thanks to TS dan Sdr.Darmanto !
     

Share This Page