1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

[SHARE] Teknik Keyword Research PALING RAHASIA Ala Mastah

Discussion in 'SEO' started by gari, Dec 7, 2014.

  1. gari

    gari 500.000 Keyword Setiap Hari

    Joined:
    Oct 18, 2014
    Messages:
    286
    Likes Received:
    306
    Location:
    Yogyakarta
    Assalamu alaikum...

    Pertama, mohon maaf kalau judulnya sengaja dibikin bombastis. Tujuannya biar pada tertarik baca trit ini :D (Om Momod, tolong jangan banned ane. Kalau mau ngoreksi silakan dikoreksi, tapi plis jangan di-banned)

    Kedua, ini artikel lama dari blog milik bule yang sekarang udah nggak ada. Blognya udah mati. Nah, daripada artikel ini membusuk di hard disk, saya share aja di mari, sekalian ditambahin beberapa pemikiran saya (a.k.a nubie sejati).

    Ketiga, nggak ada hal baru di sini. Maaf kalau nanti pada kecewa setelah baca thread ini. Saya cuma pengen share hal paling mendasar dari bisnis. Maaf kalau thread ini kepanjangan. Niat saya cuma pengen berbagi. Kalau ada yang salah mohon dimaafkan (dan dikoreksi). Semoga bermanfaat dan bisa diambil hikmahnya.

    Cailah.

    Kita semua yang ada di sini pasti mafhum dengan teknik keyword research paling basic:

    Pilih Niche -> Pilih Sub-Kategori -> Tentukan Produk (Buat Sendiri, Cari Produk Affiliate) -> Temukan Keyword (High Search, Buyer Keyword, Nama Produk, Low Competition) -> Buat Konten -> Publish & Sell

    Teknik keyword research ini ampuh banget. Saya sendiri udah ngerasain manfaatnya. Tapi tentu aja, alur seperti ini bukan satu-satunya.

    Sejauh yang saya pahami, bisnis adalah soal problem solving. Menyelesaikan masalah. Lebih tepatnya, memberikan solusi untuk masalah yang dihadapi orang banyak. Solusi yang bisa kita beri pada audiens, itulah inti bisnis kita.

    Contoh nih, ada orang kelebihan berat badan. Itu masalah dia. Apa solusi yang bisa kita beri untuk menyelesaikan masalah dia? Macem-macem. Bisa ebook berisi panduan diet (yang banyak tersedia di Clickbank), bisa pil pelangsing berat badan (yang offer-nya banyak tersedia di CPA network), bisa video senam, jamu singset, dan lain-lain.

    Contoh lagi, ada orang nggak punya pacar (yang jomblo maaf ya :p ). Apa solusi yang bisa kita kasih untuk menyelesaikan masalah dia? Macem-macem juga. Bisa ebook atau video tutorial soal cara nembak cewek (yang juga banyak tersedia di Clickbank), bisa berupa situs kencan (yang offer-nya juga banyak tersedia di CPA network), dan macem-macem.

    Nah, terus apa hubungannya sama keyword research?

    Dalam metode keyword research umum, kita selalu berangkat dari: memilih niche, pilih sub-kategori, baru menentukan produk. Cara ini nggak salah. Tapi bakal lebih efektif (semoga) kalau dimodifikasi jadi:

    Pilih Niche -> Pilih Sub-Kategori -> Cari Tahu Masalah Kebanyakan Orang

    Jadi bukan berangkat dari produk, tapi berangkat dari masalahnya dulu. Cari tahu dulu, apa sih masalah si A? Oh, dia butuh referensi desain kamar mandi, soalnya lagi mau bangun rumah. Pertanyaan berikutnya, ada banyak nggak orang yang masalahnya kayak si A? Ternyata banyak banget. Akhirnya kita putuskan membuat website berisi ide-ide desain kamar mandi.

    Inilah yang disebut dengan:

    PROBLEM RESEARCH

    Pada asing dengan istilah ini?

    Jangan khawatir. Saya juga, pada awalnya. Tapi ini bakal jadi make sense banget kalau udah paham.

    Intinya bukan keyword research, tapi problem research. Bukan kata kuncinya yang kita riset, tapi masalah yang dihadapi orang-oranglah yang kita riset.

    Di artikel itu ditulis, alur problem research adalah:

    Pilih Niche -> Pilih Sub-Kategori -> Cari Tahu Masalah Kebanyakan Orang (Butuh Solusi Cepat, Cari Keyword) -> Tentukan Produk (Buat Sendiri, Cari Produk Affiliate) -> Buat Konten -> Publish & Sell

    Beda dikit dengan alur keyword research biasa:

    Pilih Niche -> Pilih Sub-Kategori -> Tentukan Produk (Buat Sendiri, Cari Produk Affiliate) -> Temukan Keyword (High Search, Buyer Keyword, Nama Produk, Low Competition) -> Buat Konten -> Publish & Sell


    Intinya, cari tahu dulu masalahnya apa, pikirkan solusinya, kemudian tentukan produknya. Jadi produk dipikir belakangan, setelah kita tahu apa masalah orang-orang yang ingin kita cari solusinya. Produk ini bisa macem-macem, contoh: blog, forum, website, ebook, video tutorial, jasa, dan segala-galanya.


    Contoh kasus #1:

    Kita tahu bahwa Secondhand Serenade (band Amrik) habis release lagu baru. Video clip-nya nongol di YouTube. Di kolom komentar banyak yang mengeluh, susah cari chord gitarnya di internet. Belum ada yang share. Nah, ini adalah masalah/problem. Kebetulan nih, kita jago main gitar. Sekali denger lagunya Secondhand Serenade itu, kita udah tahu pasti kunci gitarnya. Langsung deh kita bikin blog baru. Postingan pertama kita adalah chord gitar lagu barunya Secondhand Serenade. Selesai posting, kita bikin komentar di video YouTube Secondhand Serenade yang isinya dalam bahasa Inggris kurang lebih: "Hai bro and sis, gue barusan bikin artikel tentang chord gitar lagu ini. Nih linknya: hxxp://blog-baru-ente [dot] com/chord-gitar-lagu-baru-secondhand-serenade." BOOM! Hari pertama, dijamin blog ente kebanjiran visitor. Kenapa? Karena ente berhasil menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi orang-orang.


    Contoh kasus #2:

    Kita tahu bahwa di Ads.id ini banyak banget yang pingin punya high quality blog berbahasa Inggris, tapi nggak bisa bikin artikel berbahasa Inggris. Setiap ada yang bikin thread tentang teknik ngeblog, yang komentar hampir seragam: "Ah, ane nggak paham bahasa alien." Atau, "Ah, ane nggak jago linggis-linggisan." Nah, ini adalah masalah. Apa solusi yang bisa kita kasih? Kebetulan kita jago nulis bahasa Inggris. Kita putuskan untuk membuka jasa penulisan artikel berbahasa Inggris di forum Trade > Service. Akhirnya kita kebanjiran order, bahkan sampai ngangkat 10 orang karyawan. Usaha kita sukses. Kenapa? Karena kita sudah menjadi solusi bagi masalah yang dihadapi orang-orang.



    Q: Terus gimana caranya cari tahu masalah yang dihadapi orang-orang?

    Belajar jadi orang yang peka. Perhatikan orang-orang di sekitar kita. Perhatikan social media (hint!). Cari tahu apa yang sering mereka keluhkan di Facebook, Twitter, Path, dll. Ingat, keluhan = masalah. Dan masalah =$$$

    Hehe.

    Perhatikan juga masalah yang ada pada diri sendiri. Ini bisa berpotensi menghasilkan $$$ juga. Tapi pastikan dulu masalah kita sama dengan masalah kebanyakan orang.

    Nah, udah paham kan? Mudah-mudahan paham dah. Kalau belum paham, coba baca 2-3 kali. Kalau belum paham juga, berarti emang nasib ente (piss gan!).

    Jadi sekarang nggak usah lagi bikin thread gak jelas kayak gini:


    • [ASK] Niche Blog Apa yang Paling Menghasilkan Buat Main Blog English?
    • [ASK] Niche Blog Apa yang Paling Laris Buat Main Blog Indo?
    • [ASK] Keyword Apa yang Paling Hot?
    • [ASK] Enaknya Bikin Blog Apa Ya?
    • dll dll dll... bla bla bla...


    Sejauh pengalaman saya berbisnis, produk apa pun insya Allah PASTI LAKU, asalkan produk itu menjadi solusi bagi masalah orang-orang. Produk apa pun pasti ada pasarnya. Pasar = orang yang punya masalah. Blog yang nggak ngasih solusi apa-apa aja banyak yang ber-traffic tinggi, apalagi yang bisa ngasih solusi buat masalah orang.

    Ngerti kan?


    Tips: Untuk dapetin ide niche, coba kunjungin Yahoo! Answers. Di situ isinya penuh dengan pertanyaan orang-orang yang "bermasalah." Kumpulin "masalah-masalah" ini, pikirkan solusinya, lalu pikirkan blog/web/produk apa yang bagus untuk dijadikan sebagai solusi permasalahan tersebut. Dan ingat, web kayak gini bukan cuma Yahoo! Answers. Ada banyak lainnya. List ~> hxxp://en.wikipedia [dot] org/wiki/List_of_question-and-answer_websites


    Catatan: Ngejalanin trik ini nggak bakal bikin ente dapet $1000 dalam semalam. $1000 dalam semalam itu mungkin banget, tapi butuh kerja keras berbulan-bulan, atau mungkin bertahun-tahun. Earning yang ente dapatkan dengan menjalankan trik ini bisa jadi lebih buruk daripada ketika ente menjalankan teknik keyword research biasa. Tapi setidaknya, dengan menjalankan teknik ini ente sudah berusaha memberi sumbangsih pada dunia dengan cara memberikan solusi bagi masalah orang. Which is, itu adalah sesuatu yang sungguh-sungguh mulia (menurut ane).




    "... Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia.” (HR. Thabrani dan Daruquthni)





    UPDATE (09/12/2014)


    Alhamdulillah, banyak mastah turun gunung gara-gara thread sederhana ini. Ini salah dua yang paling oye. Simak kata-kata mereka baik-baik.


    Pembahasan mengenai "Framing" oleh mastah ZVOUS -> hxxp://ads.id/forums/showthread.php/198219-SHARE-Teknik-Keyword-Research-PALING-RAHASIA-Ala-Mastah?p=2584601#post2584601

    Pembahasan mengenai "Tool Monitoring Percakapan di Social Media" oleh mastah EKALAYASEO -> hxp://ads.id/forums/showthread.php/198219-SHARE-Teknik-Keyword-Research-PALING-RAHASIA-Ala-Mastah?p=2584706#post2584706


    Makasih share-nya mastah! :)

    Bermanfaat banget banget banget!!
     
    Last edited: Dec 9, 2014
  2. M_Top

    M_Top Hero

    Joined:
    Feb 27, 2014
    Messages:
    570
    Likes Received:
    13
    Location:
    Demak Kota Wali
    nyimak dulu...
     
  3. sarjiyo

    sarjiyo Ads.id Pro

    Joined:
    Jul 7, 2011
    Messages:
    315
    Likes Received:
    17
    Location:
    Yogyakarta
    gue suka jalan pikiran lo gan...nice share..
    coba ane terapin di permasalahan ane..:D
    thanks for sharing
     
  4. gari

    gari 500.000 Keyword Setiap Hari

    Joined:
    Oct 18, 2014
    Messages:
    286
    Likes Received:
    306
    Location:
    Yogyakarta
    Silahkan gan. Jangan lupa like-nya yah :)

    Wah, bener nih. Sampai kelupaan.

    Salah satu cara untuk mencari masalah adalah dengan melihat diri kita sendiri. Tapi pastiin dulu masalah kita sama dengan masalah kebanyakan orang.

    Makasih tambahannya gan :D
     
  5. yogayps

    yogayps Ads.id Pro

    Joined:
    Jul 18, 2014
    Messages:
    476
    Likes Received:
    31
    Location:
    Jakarta Timur
    Mantab mas analisa nya. Menginspirasi sekali :D
     
  6. gari

    gari 500.000 Keyword Setiap Hari

    Joined:
    Oct 18, 2014
    Messages:
    286
    Likes Received:
    306
    Location:
    Yogyakarta
    Makasih gan. Semoga bermanfaat ya tips singkat ini.

    Ini saya lagi baca ulang, takut ada yang kelupaan. Hehe
     
  7. sathreea

    sathreea Super Hero

    Joined:
    Jun 13, 2011
    Messages:
    7,720
    Likes Received:
    1,001
    Location:
    Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia
    Keren! Sumpah keren banget trit ente gan, ngerubah mindset dan cara pandang ane tentang semuanya!

    Kalo udah ol pc, gw like postnya!

    Thanks, semoga berkah buat ente :muah:
     
  8. desiredlash

    desiredlash Super Hero

    Joined:
    Jun 23, 2011
    Messages:
    2,747
    Likes Received:
    86
    Thanks for sharing, membuka pikiran :ninja:
     
  9. jokokendil

    jokokendil Hero

    Joined:
    Sep 5, 2010
    Messages:
    528
    Likes Received:
    164
    Location:
    Kudus, Jawa Tengah
    High Quality share. Makasih udah berbagi gan :)
     
  10. gari

    gari 500.000 Keyword Setiap Hari

    Joined:
    Oct 18, 2014
    Messages:
    286
    Likes Received:
    306
    Location:
    Yogyakarta
    Makasih, mastah Satruk :lovekiss:

    Makasih gaan. Semoga bermanfaat ya..
     
  11. lawas

    lawas Ads.id Pro

    Joined:
    May 6, 2012
    Messages:
    356
    Likes Received:
    36
    Makasih gan.. Menambah wawasan baru
     
  12. AwalzhYe

    AwalzhYe Ads.id Pro

    Joined:
    Oct 18, 2013
    Messages:
    400
    Likes Received:
    24
    Location:
    Dasbor Blogger & Wordpress
    Nice share gan, "problem research" :D
     
  13. PamanSAM

    PamanSAM Work SMARTER

    Joined:
    Jan 5, 2014
    Messages:
    160
    Likes Received:
    726
    Location:
    Negeri Paman Sam
    super sekali mastah, thanks for share.
    belum pernah kepikiran sebelum nya.
     
  14. hadiruz

    hadiruz Ads.id Fan

    Joined:
    Aug 1, 2013
    Messages:
    126
    Likes Received:
    5
    Location:
    http://taskulit.id
    Mantap mas bro.... bener banget teorinya
    Coba ah...
     
  15. voldis

    voldis Ads.id Fan

    Joined:
    Mar 22, 2013
    Messages:
    236
    Likes Received:
    15
    Location:
    Malang
    Ini yg paling ane suka.
    Bisnis blogging dari pendekatan psikologi.

    HQ Posting. I like it.
     
  16. zvous

    zvous κΉ€νƒœμ—° admirer

    Joined:
    Aug 12, 2011
    Messages:
    547
    Likes Received:
    303
    yang di share TS ini termasuk salah satu ilmu preselling, jadi pembaca disodorkan masalah yang mereka alami, kemudian kita memberikan solusi kepada mereka.

    mau nambahin juga ya,

    di dalam problem research ini ada juga yang namanya, framing. Maksudnya seperti bgini, cara kita menyampaikan informasi, ikut andil dalam mempengaruhi sudut pandan/pola pikir pembaca kita.

    misal:

    9 dari 10 bayi lahir normal
    1 dari 10 bayi lahir cacat
    kedua informasi di atas merupakan telaah dari 1 informasi yang sama, namun framing yang di ambil penulis mengakibatkan perbedaan sudut pandang ke pembaca, yang satu lebih positif dan yang satu lebih negatif.

    ada lagi misalnya,
    suatu survey di adain secara iseng2 di suatu PTN swasta di jakarta, dan para mahasiswa di tanya 2 hal, 1) apakah kamu senang/bahagia sekarang?, 2) sekarang ngejomblo ya?
    klo misal nya sekumpulan mahasiswa di tanya ke-2 pertanyaan ini, korelasi jawaban ke2 pertanyaan terkadang ga nyambung.
    tapi coba bayangin, klo urutan pertanyaan nya di balik, pertanyaan no.2 di tanya lebih dulu, "kamu ngejomblo sekarang?", dan ketika ditanyakan pertanyaan no.1 secara tidak langsung mahasiswa yang ditanya berpikiran bahwa "saya bahagia/tidak bahagia" dalam konteks ke-jomblo-an saya.

    menarik ya? hehehe. sangat menarik. saya juga masih belajar juga kok, masalah2 bginian.
     
  17. irfanesia

    irfanesia Super Hero

    Joined:
    Feb 15, 2011
    Messages:
    1,923
    Likes Received:
    59
    Location:
    Malang
    menarik sekali sharenya.. baru kepikiran.. makasih sudah membuka pikiran.. :D
     
  18. hadiespeed

    hadiespeed Ads.id Fan

    Joined:
    Sep 2, 2014
    Messages:
    164
    Likes Received:
    4
    Location:
    Boyolali
    Thanks Mastah.
    Sangat bermanfaat
     
  19. itbrain2014

    itbrain2014 Newbie

    Joined:
    Jun 23, 2014
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Location:
    Sidoarjo
    thanks solusinya...
     
  20. serdadu

    serdadu Newbie

    Joined:
    Jul 11, 2014
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    ilmu yang sangat menarik kadang kita juga lupa masalh pd diri kita sendiri.
    Nice Mastah
     

Share This Page