1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Diskusi Redenominasi Rupiah di Indonesia dan Tentang Sanering Rupiah

Discussion in 'Internet News' started by MasDhani, Dec 8, 2012.

  1. p3durungan

    p3durungan Super Hero

    Joined:
    Jan 26, 2009
    Messages:
    18,673
    Likes Received:
    6,050
    Location:
    depan laptop
    mungkin pada saat aturan nya resmi digunakan justru kita di forum ini akan beralih menggunakan USD sebagai standard :lol:
     
  2. missyswan

    missyswan Super Hero

    Joined:
    Jun 3, 2010
    Messages:
    1,211
    Likes Received:
    100
    mantab aja.. jadinya nanti kurs 1$=Rp9 wew... :D
     
  3. bill_gates

    bill_gates Bismillah

    Joined:
    Dec 19, 2010
    Messages:
    1,507
    Likes Received:
    43
    Location:
    Redirect 301
    bakalan kaget kali ya kalo cek tabungan tiba" berubah :D
     
  4. ddr1986

    ddr1986 Super Hero

    Joined:
    Oct 2, 2011
    Messages:
    1,172
    Likes Received:
    461
    Location:
    Juventus Stadium
    kenapa gak mikirin gmn mengurangi kemiskinan (kesenjangan sosial) secara maksimal..
    malah bikin proyek yang tidak terlalu penting...
    #ada aja akal cari proyeknya, ujung2nya tar dikorup
    :bosan:
     
  5. marvinsitorus

    marvinsitorus Hero

    Joined:
    Jan 2, 2008
    Messages:
    659
    Likes Received:
    40
    Location:
    Kuta
    Masuk akal, karena dari sekian banyak tamu asing yang ane dapat kebanyankan stres ngitung anggka 0, sampai saking stres nya ane pernah dikasih tips Rp. 1.000 karena mungkin dia pikir tu duit udah gede banget. Tapi karena ane liat mukanya disaat kasih tu uang sungguh-sungguh ane maklum, emang dia bener-bener puyeng mikirin banyaknya anggka 0 di uang kita.
     
  6. ibnuroem

    ibnuroem Super Hero

    Joined:
    Dec 13, 2009
    Messages:
    4,116
    Likes Received:
    361
    masing2 kementerian punya jobdesc dan program masing2, ini kan program Kemenkeu yg ngurusin moneter dan fiskal Indonesia, ya wajar mereka ngajuin program seperti ini.
    klo soal kesejahteraan mgkn fokusnya kemensos, kemenaker dll

    gak usah terlalu paranoid, coba liat sisi positifnya aja mas. ini penting jg lho diwacanakan. lagian masih dalam tahap RUU di DPR, jadi masih perlu pembahasan dan waktunya jg masih panjang.

    klo soal potensi korup, lha celengan mesjid aja bisa dikorup apalagi proyek besar spt ini. :swt2:
     
  7. nashrullah

    nashrullah Hero

    Joined:
    Apr 29, 2012
    Messages:
    593
    Likes Received:
    48
    Location:
    ciputat
    Ane coba mikir terbalik.. Yang dapet untung kl ini terjadi itu siapa?

    Yang
    jelas kalo redenominasi jadi dilaksanakan, akan ada pencetakan beberapa pecahan uang baru secara serentak. Dananya juga gak sedikit untuk nyetak uang baru, bisa jadi ada segelintir orang bermain disini untuk keuntungan pribadi atau kelompoknya.

    Yang ane rasa ini cuma akal2an proyek nyetak duit :D

    Cuma pendapat pribadi...
     
  8. extraldonary

    extraldonary Pejuang Blog

    Joined:
    Jan 19, 2008
    Messages:
    2,660
    Likes Received:
    480
    Location:
    Sleman
    untuk bikin simple pencatatan akuntasi dll pasti sangat kerasa banget bedanya, juga dalam hal prestise juga sedikit naiklah ya sebenarnya kebijakan apapun akan selalu tetap ada pro kontra, klo soal cetak uang, mau ada redenominasi atau enggak, uang baru akan selalu terus dicetak, dan ini juga nyetaknya bertahap sampai 10 tahun, jd gak terlalu ngaruh sih, paling emang volumenya akan lebih meningkat
     
  9. doremi

    doremi Super Hero

    Joined:
    Jul 3, 2012
    Messages:
    769
    Likes Received:
    93
    Menurut para ahli ekonomi, dampak Redenominasi yang paling berbahaya adalah efek psikologis yang bisa mengubah dinamika pasar. Kesederhanaan sebuah nilai mata uang bisa membuat beberapa pihak menaikkan harga barang oleh karena terkesan murah. Contoh sederhananya, sebelum Redenominasi harga satu piring Nasi Padang adalah Rp 10.000. Setelah Redenominasi harganya berubah menjadi Rp 10 saja. Oleh karena Rp 10 itu terkesan kecil, maka dinaikkanlah harganya oleh penjualnya menjadi Rp 20, bahkan Rp 25, sebab secara psikologis hal ini terkesan enteng.

    Meski secara teori, Redenominasi tidak akan memberikan efek negatif terhadap perekonomian. Nanum dalam tataran praktis, pelaku ekonomi adalah manusia yang tindakannya tidak sepenuhnya bersifat rasional karena adanya pengaruh emosi sehingga respon terhadap kebijakan Redenominasi ini tidak bisa kita asumsikan 100% bersifat rasional. Ketakutan akan adanya kemungkinan inflasi akan menyebabkan orang akan cenderung memegang barang, terutama yang nilainya tahan terhadap inflasi. Sebagai contoh adalah emas. Tentu saja hal ini bisa berdampak buruk terhadap laju pertumbuhan ekonomi karena berpotensi mengurangi konsumsi. Apabila terjadi penukaran Rupiah ke mata uang lain yang lebih kuat, maka akan terjadi penurunan nilai Rupiah terhadap mata uang lain.

    Dampak lainnya yang perlu diperhatikan dengan cermat adalah adanya potensi pembulatan harga ke atas dengan alasan untuk mempermudah transaksi. Harga barang yang dahulu Rp 1.700,- akan menjadi Rp 1.7,-. Karena alasan yang telah disebutkan di atas, harganya akan dibulatkan menjadi Rp 2,-. Tentu saja secara luas, praktik ini akan mempertinggi tingkat inflasi.

    Zimbabwe adalah contoh negara yang gagal dengan kebijakan Redenominasi yang ditetapkan pada Agustus 2010 lalu dengan mengubah uang 10 miliar dolar Zimbabwe menjadi 1 dolar Zimbabwe atau menghilangkan 10 angka nol. Selain Zimbabwe, Negara yang juga gagal melakukan Redenominasi adalah Korea Utara, Ghana, Brasil dan Nigeria. Mayoritas, kegagalan Redenominasi itu disebabkan pemerintah gagal mengendalikan laju inflasi. Sementara, sisanya, pemerintah tidak siap mencetak uang baru (contoh Korea Utara). Korea Utara kehabisan won baru setelah melakukan Redenominasi atas won.

    Menyadari akan resiko tersebut, pemerintah pun menyiapkan waktu sepuluh tahun untuk mewujudkan rencana Redenominasi ini. Hal ini mencontoh Turki yang sukses dengan Redenominasi mata uang ‘Lira’nya. Turki memulai Redenominasi Lira setelah persipan selama kurang lebih tujuh tahun. Sejak 1 Januari 2005, pada awal tahun anggaran, Turki melakukan Redenominasi terhadap lira. Redenominasi dilakukan di awal tahun anggaran dengan tujuan agar semua catatan pembukuan keuangan negara dan perusahaan langsung menggunakan mata uang baru dengan angka nominal yang lebih kecil.
    Setelah Redenominasi, semua mata uang lama dikonversikan ke mata uang baru. Jika nama mata uang lama adalah lira Turki dengan simbol ‘TL’, maka mata uang baru diberi kode ‘YTL’ yang artinya uang baru lira Turki. Huruf Y adalah singkatan dari yeni dalam bahasa Turki, yang artinya baru. Turki melakukan Redenominasi lewat beberapa tahap. Tahap pertama, mata uang TL dan YTL tetap beredar secara simultan selama setahun. Setelah setahun, mata uang TL ditarik. Waktu setahun ini bertujuan agar warga memiliki waktu leluasa menggantikan TL ke YTL.
    Pada tahap kedua, setelah beberapa tahun, mata uang YTL dikembalikan menjadi TL. Dengan kata lain, penggunaan TL dengan angka nominal baru dipulihkan. Untuk membantu pengenalan mata uang baru dan untuk menghindari kebingungan dalam proses penggunaan YTL dari TL, dua mata uang dengan daya beli serupa itu dicetak dalam warna dan desain serupa. Misalnya, desain dan warga mata uang 1 YTL sama dengan 1.000.000 TL.

    Kesimpulannya, rencana Redenominasi Rupiah oleh pemerintah yang bertujuan demi efisensi dan kepraktisan dimana diharapkan dapat memacu pertumbuhan ekonomi, harus mendapatkan dukungan dari semua pihak dan dilakukan secara bertahap dengan tidak tergesa-gesa. Selanjutnya langkah sosialisasi yang matang dengan memperhatikan tingkat inflasi. Yang perlu juga diperhatikan dan dijaga adalah nilai tukar yang stabil, penurunan suku bunga, pertumbuhan berkelanjutan, Produk Domestik Bruto, dan cadangan devisa yang kuat. Semoga Redenominasi Rupiah bisa positif bukannya negatif.

    dikutip dari _http://pasardana.com/tag/redenominasi/
     
  10. bed_boy

    bed_boy Twitter ADDICT

    Joined:
    Nov 11, 2009
    Messages:
    2,055
    Likes Received:
    132
    Location:
    Jogjakarta
    Kalau saya mikirnya :

    "jangan-jangan ini proyek BI dkk lagi untuk menggerus pemborosan uang negara. Toh, yg sekarang aja lebih baik. Masyarakat punya mimpi untuk dapat Rp 1000.000 daripada nanti di kurangi nolnya jadi Rp 1000 walau nilainya sama. Bau-baunya bakal korupsi again. Optimis? Wah, gak kayaknya, kita masih perlu maju untuk sektor rill bukan aset2an dan saham2an yg tidak jelas kemanfaatannya untuk masyarakat secara langsung. Semoga aja yg lebih darurat di optimalkan dulu dari segi ekonomi indonesia. Misalnya pembayaran utang negara ini ke negara lain, terus gak utang lagi. Peningkatan ekspor dengan bantuan modal dan pembelajaran para UKM serta petani dan nelayan agar lebih modernisasi. Hm... liat saja deh bergulirnya kemana"
     
  11. xtmxady

    xtmxady Super Hero

    Joined:
    Dec 13, 2009
    Messages:
    3,854
    Likes Received:
    74
    Location:
    Tarakan BAIS \m/
    Lhaa belum ada redenominasi dah dana d korup sana sini. Ini yang masih kelihatan banyak angka enol nya lho ya :cool::cool: hhi hhi

    Sent from my GT-I9300 using Tapatalk 2
     
  12. northpole

    northpole Hero

    Joined:
    Dec 5, 2012
    Messages:
    693
    Likes Received:
    141
    smart analysis :ok: walau kutipan hehehe
     
  13. ipankss

    ipankss Ads.id Pro

    Joined:
    Nov 6, 2007
    Messages:
    427
    Likes Received:
    11
    hehehe kayanya bakal ada lahan baru lagi nih utk di korupsi...kaboooorrrrrr
     
  14. Affiliator

    Affiliator Ads.id Pro

    Joined:
    Jul 17, 2012
    Messages:
    448
    Likes Received:
    32
    kalo di negara miskin kayak disini... ane kira susah diterapkan...
     
  15. K4yrul

    K4yrul Ads.id Pro

    Joined:
    Mar 16, 2012
    Messages:
    302
    Likes Received:
    15
    Location:
    Online Shop
    kayaknya ne proyekan BI buat mencetak uang yg baru dech...

    Emang bagus seeh,, tapi prosesnya panjang...
     
  16. Tn.Farid

    Tn.Farid Hero

    Joined:
    Dec 10, 2011
    Messages:
    585
    Likes Received:
    21
    emang bagus juga... soalnya duit kita (rupiah) kebanyakan nol nya....
     
  17. Uya Jelek

    Uya Jelek Super Hero

    Joined:
    Jul 28, 2009
    Messages:
    847
    Likes Received:
    51
    Location:
    Tanah Grogot, Kaltim
    Kalau enol-nya kurang tiga, ntar koruptor gak minat korupsi soalnya dikit wkwkkwk.... :D
     
  18. budii

    budii Newbie

    Joined:
    Sep 25, 2012
    Messages:
    9
    Likes Received:
    0
    Bagus juga ya, biar gak ribet :)
     
  19. house

    house Ads.id Fan

    Joined:
    Jul 7, 2010
    Messages:
    200
    Likes Received:
    5
    Wah, pendapat ane yg awam masalah ginian..redenominasi itu penting gak penting...sekarang gak masalah juga kalo gak terbit uang cepekan..sekarang gopek aja udah mulai dibuang2 sama org2 di kota besar...kalo buat ane..gak masalah jumlahnya berapa yg penting perut bisa kenyang
     
  20. macan87

    macan87 Ads.id Pro

    Joined:
    Mar 29, 2009
    Messages:
    296
    Likes Received:
    5
    Location:
    dpn laptop
    plus minus dari redenominasi lumayan jg. pemerintah emang hrs pertimbangkan dgn matang nih.
     

Share This Page