1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Cara Handle Writer Dari Jarak Jauh

Discussion in 'Diskusi Umum Internet Marketing' started by Diki Supian Dita, Aug 30, 2019.

  1. Diki Supian Dita

    Diki Supian Dita New Comer

    Joined:
    May 9, 2019
    Messages:
    12
    Likes Received:
    3
    Location:
    Rajagaluh, Majalengka
    Assalamualaikum agan-agan semuanya..

    Sebelumnya terimakasih sudah berkenan membuka post ini :proud:

    Mohon maaf nih bukan maksud mau menggurui master, suhu, juragan, dan super hero yang sudah lama ada disini, ane cuma ingin berbagi sedikit pengalaman yang mungkin belum seberapa..

    Buat agan yang mau tau langsung intinya, bisa langsung ke poin-poinnya yaa

    Langsung to the point aja. Ane fresh graduate, fakir ilmu, belum punya kerja kaya di kantoran, minim pengalaman organisasi (waktu kuliah, ane idealis banget untuk bidang akademik sama finansial). Oleh karena mindset yang cukup money oriented, segala bidang usaha ane coba mulai dari jualan pulsa, jadi writer, sampai jadi admin di salah satu perusahaan jasa penulisan SEO. Tugas admin saat itu, mencakup handle klien, handle dan control kinerja writer, hitung jumlah order, ngedit artikel,cek plagiarism, training writer baru, dan segala yang berkaitan dengan dunia perartikelan (si bos sibuk, jadi hampir semua tugas dilimpahkan ke admin, huhu).

    Alhamdulillahnya, berkat pressure yang ane dapet dari pengalaman kerja itu, banyak pelajaran yang bisa di ambil. Ane jadi tau gimana aturan main yang baik kaya gimana. Sekarang, ane udah bisa buka jasa penulisan artikel sendiri. Kalau gak percaya, bisa di intip lapak ane muditawriter(dot)com

    Tapii, meski males ikut organisasi tapi ane cukup rajin ikut seminar-seminar kewirausahaan, business plan, dan sebagainya di fakultas-fakultas sebelah (apalagi kalo gratis, dikasih makan, makin semangat berangkat). Di seminar itulah ane dapet satu strategi buat kontrol “pegawai” meski si bos tidak ada di tempat. Cara ini, belakangan ane coba terapkan ke writer. Ternyata hasilnya CUKUP MEMUASKAN.

    Writer yang bekerja dikontrak dengan sistem freelance dengan berbagai latar pendidikan dan pekerjaan yang variatif. Lalu, gimana mereka bisa mengerjakan artikel dalam jumlah banyak, enak dibaca, dan tepat waktu? Ada beberapa action yang ane terapkan ke writer.

    1. Writer bukan robot, jadi berikan mereka porsi pengerjaan yang sesuai dengan kemampuan. Misalnya, per hari wajib mengirimkan 3 lampiran artikel per klien. Jumlah itu bisa disesuaikan dengan jumlah kata yang dipesan. Jangan di rodi, kasian mereka.

    2. Berikan payment yang sesuai. Masalah payment sepertinya udah jadi rahasia umum. Intinya, jangan berikan writer fee yang terlalu murah. Kalau perlu, berikan reward yang sesuai dengan kinerjanya. Semakin kesejahteraan “pegawai” terjamin, semakin semangat pula “pegawai” saat bekerja. Begitu kira-kira kutipan narasumber business plan yang pernah ane ikuti.

    3. Berikan deadline yang rasional. Deadline memang menjadi suatu kepuasan bagi klien. Sebagai owner, sudah sepantasnya kita memberikan estimasi waktu pengerjaan yang rasional dan possible untuk dikerjakan. Toh, masalah deadline bisa dinegosiasikan dengan klien. Deadline yang cepat bisa sangat memuaskan klien, tapi menyiksa writer. Akibatnya, writer tidak akan merasa enjoy ketika menerima order tulisan lagi. Dampaknya, tulisan yang dibuat akan terkesan asal-asalan, kehilangan mood nulis, bahkan parahnya ngaret dari deadline dan pesanan tidak bisa selesai tepat waktu.

    Sejauh sepak terjang yang sudah dijalani, handle writer jarak jauh itu tentang seni tarik-ulur yang kita lakukan. Jangan terlalu kuat menarik, nanti bisa putus. Jangan terlalu diulur, nanti bisa hilang kendali. Begitu kira-kira.

    Anyway, sekian dulu sharing kali ini. Terimakasih bagi agan-agan semua yang sudah berkenan membaca dari awal sampai akhir. Kalau ada hikmah yang bisa diambil, semata-mata berasal dari Allah SWT. Semoga bisa bermanfaat ya.
    Wassalamualaikum wr,wb :bye:
     
  2. linkcluster

    linkcluster AdSense Pro

    Joined:
    Jan 6, 2011
    Messages:
    495
    Likes Received:
    34
    Location:
    under contruction
    pake manajement program apa gan?
     
  3. Diki Supian Dita

    Diki Supian Dita New Comer

    Joined:
    May 9, 2019
    Messages:
    12
    Likes Received:
    3
    Location:
    Rajagaluh, Majalengka
    Manajemen program gimana nih gan maksudnya?
     
  4. khazari sofal

    khazari sofal AdSense Fan

    Joined:
    Mar 25, 2019
    Messages:
    118
    Likes Received:
    13
    Location:
    404
    Mungkin maksudnya kayak trello, quire atau lainnya. Jadi semua kerjaan bisa terdokumentasikan dengan baik dan sesuai dengan deadline yang ada
     
  5. Diki Supian Dita

    Diki Supian Dita New Comer

    Joined:
    May 9, 2019
    Messages:
    12
    Likes Received:
    3
    Location:
    Rajagaluh, Majalengka
    Sekarang saya masih kerjakan manual gan, soalnya kerasanya lebih enak, rapi, sama mudah dipahami. Masih cari2 tools yang sesuai dengan kebutuhan.
     
  6. aka_omerta

    aka_omerta Hero

    Joined:
    Feb 4, 2012
    Messages:
    709
    Likes Received:
    57
    Location:
    Bekasi - Subang - Yogya
    Dengan berjalan bisnis nanti akan tau polanya sendiri...dengan pola tsb Ana punya team writer yg udah kerjasama dari 2013...
     

Share This Page