1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

(For Seller Only) Tips Memenangkan Dispute Paypal

Discussion in 'Payment Processor' started by fric dev., May 2, 2012.

  1. fric dev.

    fric dev. AdSense Pro

    Joined:
    Jun 13, 2010
    Messages:
    433
    Likes Received:
    126
    Location:
    Amsterdam
    Bagi kebanyakan orang yang sering berjualan ataupun berbelanja online, Paypal adalah salah satu media transaksi yang tidak bisa terpisahkan baik untuk para penjual maupun pembeli. Dengan jumlah pengguna tidak kurang dari 230 juta di manca negara, Paypal di percaya menjadi media pembayaran online terbesar di dunia.

    Salah satu fitur terpopuler dari Paypal adalah Buyer Protection Policy-nya. Yaitu suatu ketentuan jika barang/service yang dibeli tidak sampai, atau tidak sesuai dengan yang apa yang digambarkan oleh si penjual maka si pembeli berhak mengajukan keberatan dan meminta uangnya kembali seutuhnya. Disini bisa dikatakan bahwa Paypal sangatlah berpihak dan menjamin keamanan si pembeli.

    Tapi dengan adanya ketentuan ini, tidak jarang pembeli yang nakal/curang menyalahgunakannya untuk mendapatkan keuntungan yang bukan haknya.
    Bakal menjadi suatu kerugian bagi si penjual yang telah mengirimkan barangnya dan pasrah membiarkan uang yang sudah terbayar kembali lagi ketangan si pembeli karena complain palsu nya.
    Hampir semua penjual online mungkin pernah mengalami hal seperti ini, dimana sangatlah mengesalkan jika bertransaksi dengan pembeli semacam ini.



    Dibawah ini adalah tip and tricks untuk penjual atau pebisnis online bagaimana cara untuk memenangkan perselisihan atau dispute dalam sidang di Paypal Resolution Center agar Paypal berpihak lebih berat ke penjual dan mengabaikan pengaduan palsu si pembeli.


    Hal yang perlu disiapkan sebelumnya:
    Kamu harus mempunyai halaman Term of condition/Term of Service dan page Refund Policy di webshop kamu. Ini akan menambah kepercayaan pihak Paypal terhadap kamu sebagai penjual online yang professional.

    - Buat halaman “Terms of Condition/Terms of service” dan “Refund policy” di webshop kamu. Jika kamu sedang menjual produk/service kamu di marketplace, forum atau iklan baris, sisihkan dua ketentuan tersebut di tekst deskripsi jualan kamu.
    Isi ke dua halaman diatas dengan isi yang sesuai dengan peraturan yang kamu bisa buat sesuka hati, dan ketentuan-ketentuan mengenai ketentuan garansi yang kamu tawarkan.

    [​IMG]

    - Di halaman check out dalam webshop kamu, pasang sebuah kalimat yang menekankan bahwa si pembeli harus setuju dengan Peraturan/Terms of condition dan Ketentuan Garansi/Refund policy sebelum melakukan pembelian.

    [​IMG]
    Setelah set up diatas selesai, kamu bisa dengan leluasa mempromosikan dagangan kamu tanpa terlalu khawatir menghadapi buyer atau pembeli yang nakal.
    Karena dibawah ini saya akan menjelaskan bagaimana menghadapi orang-orang tersebut dan memenangkan dispute mereka di sidang Paypal Resolution Center.
    Walaupun saya tidak bisa menjamin 100% keberhasilan cara yang saya akan jelaskan, tapi kans kamu sebagai penjual untuk menang bakal lebih tinggi.
    Berikut tricks untuk bagaimana menghadapi buyer yang nakal jika mereka tiba-tiba meng-dispute pembelian mereka dan meminta uangnya kembali.

    1. Setelah mengetahui bahwa si buyer meng-dispute transaksinya, segera kontak buyer tersebut melalui email yang sebelumnya di pakai untuk transaksi. Tanyakan perihal mengenai alasan kenapa mereka dispute/komplain atas barang atau service yang kamu telah kirim/jual. Penting: Tanyakan dengan bahasa yang sopan, be calm and professional. Jangan langsung terbawa emosi.

    2. Secepatnya setelah email kamu terkirim ke si buyer, segera log in ke Paypal account kamu, Jangan tunggu sampai si buyer mereply email kamu. Segera masuk ke Resolution center di dalam Paypal kamu dimana dispute case si buyer akan tertera disana. Deny/tolak dispute tersebut dan Respond/Communicate with Buyer, dan kirim pesan di kolom message di dalamnya kurang lebih seperti ini, “Buyer telah setuju dengan Terms of use/condition dan Refund policy kamu sebelum membeli, dan buyer tidak merespond apapun untuk menjelaskan mengenai complaint nya. Barang/service telah sukses terkirim dan sesuai dengan apa yang digambarkan.”
    Disini kamu telah menolak permintaan si buyer untuk mendapatkan uangnya kembali, sehingga dana akan di tahan oleh pihak Paypal.

    3. Setelah dispute si buyer di tolak, dan dana di hold/ditahan oleh pihak Paypal.
    Ulangi tahap diatas/respond dispute, tapi kali ini dengan memilih pilihan yang berbeda, yaitu Escalation. Ini adalah permintaan untuk meminta pihak Paypal untuk mereview kasusnya karena dianggap kamu dan si buyer tidak dapat menyelesaikannya sesuai keinginan bersama.
    Kirim pesan yang sama seperti sebelumnya. Ini adalah step terakhir dimana kamu akan menunggu keputusan sidang siapa yang akan memenangkan kasus-nya.
    [​IMG]
    Setelah melakukan 3 tahapan di atas, kamu sebagai seller telah memperoleh 2 points besar untuk memenangkan Dispute casenya.
    Point pertama adalah karena Buyer telah setuju dengan aturan Term of condition/service dan Refund policy dalam website kamu, sehingga aturan pembelian mutlak di tangan kamu sebagai penjual, dan Point kedua adalah karena si buyer tidak bertindak serius dalam mengakhiri permasalahanya nya (dikarenakan tidak adanya atau lamanya respon dari si buyer mengenai permintaan penjelasan komplainnya)
    catatan: Walaupun akhirnya si buyer reply, tapi claim Escalation kamu di Paypal lebih cepat dari dia, sehingga dia sudah kalah dalam startnya.

    Setelah kurang lebih 2 hari, kamu akan mendapatkan email dari Paypal mengenai keputusan review dari pihak Paypalnya. Tidak menutup kemungkinan juga paypal akan meminta bukti-bukti mengenai transaksinya, disini kamu bisa mengirimkan link Terms of service dan Refund policy di website kamu, atau sekedar Printscreen-nya.
    Pastikan bahwa memang apa yang tetera disana sesuai dengan apa yang sebenarnya, sehingga pihak Paypal yakin bahwa tidak ada penipuan/kesalahan yang dilakukan kamu sebagai penjual.

    Jika kamu menang kamu akan mendapatkan pesan kira-kira seperti dibawah ini yang berarti kamu telah memenangkan sidangnya, dan uang kembali ke account Paypal kamu.
    ” We have concluded our investigation and have decided in your favor. Any
    funds that may have been temporarily held have been returned to your
    account.”
    Selamat mencoba! dan sekali lagi saya tidak menjamin 100% bahwa trik diatas bakal selalu berhasil karena setiap permasalahan bisa saja berbeda. Hanya saja dari 8 Dispute yang saya dapatkan dalam 1 tahun kebelakangan ini semuanya berhasil saya menangkan, makanya saya pede berbagi tips nya disini.
    Tapi ingat juga, mohon tidak untuk menyalah gunakan tips/trick ini sebagai cara untuk merugikan buyer/customer kamu. Tetaplah berlaku jujur dan sopan dalam berjualan. Karena walaupun itu dunia maya, hukum karma tetaplah berlaku. B-)

    Good luck! :)

    ps: Satu tips lagi, untuk menghindari dispute yang dilakukan buyer, kalau dalam transaksi non-web atau face-to-face/chat/forum/email usahakan meminta si buyer untuk melakukan pembayaran melalui Personal payment (bukan Purchase) dengan pilihan Gift, atau Payment owed. Karena pilihan ini bakal menyusahkan bahkan tidak memungkinkan pihak pembeli untuk men-dispute/claim refund. Tapi gunakan cara ini hanya untuk pembeli yang kamu belum kenal, atau dirasa mencurigakan bakal berlaku tidak jujur, karena mungkin tidak semua pembeli mau menerima cara ini dalam bertransaksi.


    Jika berkenan mohon:
    1. Klik tombol LIKE
    2. Rate this thread: Excelent (5 stars)
    3. Share with Facebook
    4. Tinggalkan komentar/reply

    Terima kasih sebelumnya.


    Source:hxxp://www.riman.co/post/21742989451/tips-tricks-memenangkan-dispute-case-paypal-resolution-c
     
    Last edited: May 2, 2012
    cexers, wongbedjo, kimbut and 45 others like this.
  2. xavierix

    xavierix Super Hero

    Joined:
    May 22, 2011
    Messages:
    1,707
    Likes Received:
    165
    Location:
    makassar
    wah..berguna sekali tipsnya mas..walaupun ane belum pernah dapat kasus kayak gini dalam kegiatan online ane selama ini..tapi suatu saat bisa saja saya ketemu situasi kayak gini. Terima Kasih
     
  3. aditiya1920

    aditiya1920 Super Hero

    Joined:
    Apr 16, 2010
    Messages:
    1,865
    Likes Received:
    40
    Location:
    Balik Nek Babat, Lamongan
    Lengkap banget gan tip2 nya... Bisa buat pelajaran nih untuk mengatasi buyer yang "NAKAL".. :)
     
  4. hijack3d

    hijack3d Newbie

    Joined:
    Nov 19, 2009
    Messages:
    594
    Likes Received:
    15
    Location:
    localhost
    Mantabb tips nya bro.... secara saya jg pernah ngerasain gmn sakit nya dicurangin buyer2 nakal.... gara2 itu jg jd males jualan :D
    Patut dicoba neh :)
     
  5. neobyadver

    neobyadver Super Hero

    Joined:
    Apr 22, 2010
    Messages:
    1,321
    Likes Received:
    119
    Location:
    Taman Dayu Pandaan
    like it keren2 tips nya bookmar dulu gan
     
  6. raiction

    raiction Hero

    Joined:
    Jan 8, 2012
    Messages:
    507
    Likes Received:
    12
    Location:
    pamekasan
    shere yg berkualitas ni ....
    thanks gan
    nice share
     
  7. mukh17

    mukh17 Perjaka Single

    Joined:
    Mar 6, 2010
    Messages:
    2,506
    Likes Received:
    99
    Daging segar ni thread :D
     
  8. satsuke

    satsuke Hero

    Joined:
    Apr 15, 2010
    Messages:
    513
    Likes Received:
    20
    Location:
    jogja
    mantab gan, ini dulu yang buat ane berpaling ke LR :D
     
  9. Publisher Services

    Publisher Services Hero

    Joined:
    Oct 15, 2011
    Messages:
    722
    Likes Received:
    58
    Location:
    Bandung, Indonesia
    thanks wejangannya mastah... kayanya ini boleh-lah ditempel bata kuning (sticky) om p3d... :peace:
     
  10. cavenagie

    cavenagie New Comer

    Joined:
    Feb 9, 2012
    Messages:
    43
    Likes Received:
    0
    agaimana klo kasus dispute bukan dari jualan? kita beli PP tp di-dispute PP
     
  11. trianoraga

    trianoraga Super Hero

    Joined:
    Jul 7, 2010
    Messages:
    1,433
    Likes Received:
    921
    Like dipencet bro...akhirnya ada tambahan tips buat hindarin buyer nakal
     
  12. dandyr

    dandyr Super Hero

    Joined:
    Oct 19, 2010
    Messages:
    4,478
    Likes Received:
    117
    Location:
    Don't Judge a Book by Its Cover
    jual beli pp kan dilarang.. bisa2 dibekukan akunnya bro oleh pp kalo ngelapor
     
  13. gaptekbanget

    gaptekbanget New Comer

    Joined:
    Apr 27, 2012
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    gan, tapi gimana kalo yg di beli pp balance ?

    kemarin tiba2 pp temporarily hold my balance (neg balance)
    setelah aku ty2, katanya pp , sumber dana dari pengirim meragukan, aku disuruh tunggu hasil investigasi
    nah td, aku disuruh respond

    padahal bukan sekali aja aku transaksi sama tk.jual pp balancenya..

    aku harus gimana ya ?

    please help..

    thank you
     
  14. rickybugs

    rickybugs New Comer

    Joined:
    Dec 1, 2011
    Messages:
    41
    Likes Received:
    1
    Location:
    Bedroom
    keren om tipsnya jadi ngerti dikit tentang PP .. :)
     
  15. abdul_azis

    abdul_azis █--★★KILLER★DESIGNER★★--█

    Joined:
    Apr 14, 2012
    Messages:
    1,191
    Likes Received:
    133
    Location:
    ★★ Jasa Desain ★★ bit.ly/killerdesign
    mantaap sharingnya nih , berguna bgt om
    persiapan nanti kalo terjadi sesuatu
     
  16. genggamcahaya

    genggamcahaya Hero

    Joined:
    May 12, 2010
    Messages:
    605
    Likes Received:
    28
    share yang mantab dan mencerahkan. Makasi mastah
     
  17. mr.iqbal

    mr.iqbal New Comer

    Joined:
    Nov 28, 2011
    Messages:
    21
    Likes Received:
    13
    Location:
    Jakarta
    thanks mastah atas wejangannya :)
     
  18. Niubi

    Niubi Hero

    Joined:
    Apr 2, 2012
    Messages:
    540
    Likes Received:
    76
    makasih byk om tipsnya, bsa dijadiin referensi nnt klo jual beli lwt PP, like kepencet :)
     
  19. Risnanda

    Risnanda Super Hero

    Joined:
    May 9, 2012
    Messages:
    858
    Likes Received:
    21
    Location:
    Gresik
    kalau jual pulsa terus kena dispute bagaimana mastah ? kasih pencerahan ya :)
     
  20. L-man

    L-man AdSense Fan

    Joined:
    Jul 16, 2011
    Messages:
    211
    Likes Received:
    11
    Location:
    Malang Jatim
    tips yang aq cari2. terjawab sudah tanda tanyaku tentang pencegahan dan penanganan dispute paypal. makasi
     

Share This Page