1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

[SHARE] Cara Testing Iklan Facebook yang Bisa Memperkecil Kerugian

Discussion in 'Facebook' started by Meetechno.com, Jul 24, 2016.

  1. Meetechno.com

    Meetechno.com Newbie

    Joined:
    Jan 22, 2016
    Messages:
    14
    Likes Received:
    7
    Location:
    Yogyakarta
    Halo Semuanya.

    Disini saya akan menjelaskan awalan melakukan testing sebuah iklan di Facebook (menurut cara saya) (jika ada kesamaan cara testing, ya kita saling sharing aja ya).

    Sedikit basa-basi, hehe... Jadi, kita sebenarnya berpikir awal beriklan di Facebook adalah untuk mencari untung (ya kan?), tapi bagaimana apabila iklan menjadi buntung? (rugi).


    Sebenarnya tidak ada kata rugi di Facebook Ads, yang ada kita beli data. Data seperti apa? Ya, Banyak data. Seperti data audience meliputi gender, usia, pekerjaan, dll. Dan itu semua butuh modal untuk mendapatkannya (tidak gratis).

    Ada cara gratis? Ada. Tapi cara gratis sulit untuk mendapatkan data yang valid. Mau tidak mau kita harus test dengan iklan, supaya mendapatkan data. Bahkan melakukan riset pun juga perlu di test untuk membuktikan bahwa data yang di dapat adalah data yang valid.


    Selain itu, ada data Pixel yang akan di dapatkan (jika menggunakan pixel di iklan Facebooknya). Semakin matang pixel (sering terpicu), semakin bagus performa iklan.

    Untuk pembahasan pixel, bisa mampir kesini : meetechno.com/apa-itu-facebook-pixel/

    Atau bisa mampir ke tread saya yang satu ini : _ads.id/forums/showthread.php/249039-SHARE-Penggunaan-Facebook-Pixel-dan-Cara-Optimasinya

    Biasanya dalam awalan beriklan di Facebook kita melakukan sebuah testing untuk produk yang dipromosikan, seperti melihat respon (baik atau buruk) dan mengetahui data-data audience yang merespon.

    Data yang didapatkan juga bisa kita gunakan untuk mengetahui interest mana yang menghasilkan banyak respon atau pembeli. (dan tentunya butuh melakukan split test untuk mengetahui banyak data dari iklan kita).


    Yang pasti modal awal untuk testing tidak perlu besar-besar, bila settingan mata uang di Facebook Rupiah, maka modal awal di iklan kita untuk testing adalah 50rb untuk 1 campaign, dan 10rb untuk 1 adset / hari (apabila melakukan split test). (tetapi modal segitu itu akan mendapatkan jangkauan yang kecil).

    Berikut ini ada pembahasan mengenai cara beriklan di Facebook dengan biaya yang sedikit (murah), silahkan mampir ke : meetechno.com/beriklan-di-facebook-ads-biaya-murah/


    Apa iklan kita bisa untung apabila mendapatkan jangkauan yang kecil? Tenang, jangkauan tersebut hanya sebagai umpan untuk iklan utama kita. Tujuannya bukan untuk menghasilkan keuntungan, melainkan untuk mencari data. (jadi jangkauan kecil tidak masalah selama kita mendapatkan data).

    Tapi jika punya banyak modal dan ingin mendapatkan banyak data, maka kita bisa memulai awal testing dengan modal 500rb untuk 1 campaign atau 1 adset (itu terserah anda). Semakin banyak data yang didapatkan, semakin bagus.


    Intinya disini adalah testing untuk mendapatkan data dari iklan mana atau adset mana yang mendatangkan pembeli dan juga memiliki respon yang banyak (respon baik).

    Tujuan dari dilakukannya testing ini adalah untuk :
    • Mencari Respon (Baik / Buruk).
    • Mencari Winning Demographic.
    • Mencari Pembeli (jika ada pembeli pada saat testing, itu justru lebih bagus).


    Perlu diketahui bahwa awal melakukan testing, iklan Facebook kita tidak boleh di Pause atau di ubah Target Audience nya, karena itu bisa membuat performa iklan menjadi buruk, terlebih Facebook membutuhkan waktu 3-4 hari untuk mengoptimasi iklan kita.

    Untuk awalan testing, biasanya saya patok target audience sekitar 250k. Semakin bagus respon dan banyak pembeli, saya naikan lagi menjadi 600k, semakin bagus, maka saya naikan target audience sehingga target audience menjadi broad. Pakai Lookalike audience.


    Untuk testing, kita bisa menggunakan PPE, atau CTW. Misalkan menggunakan CTW, maka iklan akan ditayangkan khusus kepada orang-orang yang aktivitasnya klik link di Facebook. Jadi semakin banyak yang datang ke halaman web (misal promosi produk pakai website, dll) maka semakin banyak data yang masuk, dan juga membantu pixel kita terpicu.

    Semakin pixel terpicu, semakin bagus performa iklan kita.


    Mungkin hanya segitu saja yang bisa saya sampaikan, semoga tulisan pendek saya ini bisa membantu ya... O:-)
     
    Last edited: Jul 25, 2016
    sihabbaik1 and olfix like this.
  2. reff_master

    reff_master Ads.id Pro

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    384
    Likes Received:
    9
    Location:
    Batu, Malang
    Tanya gan, PPE sama CTW apa ya artinya?

    Sent from my 2014811 using Tapatalk
     
  3. Meetechno.com

    Meetechno.com Newbie

    Joined:
    Jan 22, 2016
    Messages:
    14
    Likes Received:
    7
    Location:
    Yogyakarta
    PPE = Page Post Engagement | CTW = Click to Website (Itu semua objektif iklan di Facebook).
     
  4. londo.sukses

    londo.sukses Ads.id Fan

    Joined:
    Jul 24, 2016
    Messages:
    100
    Likes Received:
    7
    ijin nyimak gan
     
  5. wahan

    wahan Ads.id Fan

    Joined:
    Oct 15, 2012
    Messages:
    215
    Likes Received:
    4
    yah ini mah, ujung2nya TS buat post cuman mo dapetin traffic ajha ke webnya.. :D
     

Share This Page