admaven Iklan SAM
  1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Tips Bangkit dari Kegagalan Startup (uhuk)

Discussion in 'Internet News' started by maswepe, Nov 1, 2021.

  1. maswepe

    maswepe Newbie

    Joined:
    Aug 7, 2016
    Messages:
    15
    Likes Received:
    1
    Naik turunnya bisnis adalah hal biasa dalam dinamika startup. Jika sebuah startup awalnya yakin akan sukses tetapi kemudian harus memutuskan untuk menutup bisnis karena berbagai alasan, jangan jadikan kegagalan sebagai alasan utama untuk menghentikan impian Anda.

    Ketika sebuah startup gagal, ada beberapa pilihan dan cara memperbaikinya agar Anda bisa kembali menjadi pengusaha dengan memulai bisnis baru.

    Tips berikut ini akan membantu Anda melanjutkan rutinitas Anda dengan harapan mendapatkan kembali motivasi untuk membangun bisnis baru ketika Anda baru saja mengalami kegagalan dalam dunia startup.

    Terima Realita yang Ada

    Cara pertama untuk melakukannya adalah dengan menerima kegagalan yang ada dan realita yang dialami apa adanya. Jangan menghindari atau menutupi kesalahan karena alasan malu atau enggan, karena hal ini dapat menunda kemajuan. Lupakan dengan cepat lalu ambil semua sisi positif pelajaran dari kegagalan ini sebagai tindakan pencegahan untuk bisnis yang akan datang.

    Berinteraksi dengan lingkungan yang tepat

    Yang perlu Anda ketahui adalah ketika Anda gagal membangun sebuah startup, Anda tidak sendirian. Banyak juga yang terpaksa menutup perusahaan rintisannya dengan berbagai alasan. Untuk itu, cara yang benar untuk dapat berbagi pengalaman dan mencurahkan keluh kesah kegagalan usaha adalah dengan berkumpul bersama para penggiat startup lain yang pernah mengalami masalah dan kegagalan yang sama. Alhasil, mereka bisa saling mengenal dan belajar dari kesalahan yang dilakukan masing-masing startup.

    Beristirahat sejenak

    Cara lain untuk membantu pulih dari kegagalan adalah dengan beristirahat bersama keluarga, teman, dan orang-orang terkasih. Sehingga Anda bisa melupakan kesalahan yang pernah dilakukan dan kegagalan yang pernah terjadi. Biarkan tubuh dan pikiran Anda beristirahat, lalu kembali beraktivitas untuk membangun perusahaan startup baru.

    Bersiap Kembali Bekerja

    Kegagalan bukan berarti Anda tidak dapat membangun kembali bisnis Anda yang sudah ada, jangan jadikan kegagalan sebagai alasan untuk tidak mau mengambil tindakan dan melanjutkan pekerjaan Anda. Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah memulai kembali pekerjaan dengan memilih proyek yang tepat, dan tentunya memperhatikan berbagai hal dengan seksama untuk menghindari kesalahan yang dilakukan sebelumnya.

    Sabar Dan Realistis

    Perusahaan yang dapat bertahan dan meraih kesuksesan adalah perusahaan yang sudah berdiri sejak lama, dan tentunya tidak terjadi dalam semalam. Untuk itu, ketika sebuah perusahaan start-up gagal melanjutkan usahanya di usia yang relatif muda, jangan memaksakan diri dan berpikir negatif. Tidak sedikit pengusaha yang pernah mengalami kegagalan di awal usahanya, namun setelah bertahun-tahun berbisnis mereka mampu meraih kesuksesan.

    Belajar dan perluas wawasan

    Cara lain untuk membangun kembali startup baru yaitu dengan belajar, mengikuti seminar, meneliti dan memverifikasi ide atau produk yang akan diluncurkan. Oleh karena itu, Anda sudah memiliki ilmu dan bekal yang cukup dan tentunya dibutuhkan untuk mulai mendirikan perusahaan startup baru.
     
  2. Alex writer

    Alex writer Ads.id Starter

    Joined:
    Dec 17, 2022
    Messages:
    52
    Likes Received:
    2
    Nasihat yg bagus :)
     
  3. radex78

    radex78 Hero

    Joined:
    Jun 21, 2013
    Messages:
    718
    Likes Received:
    78
    Intinya tetap semangat meskipun pernah sekarat
    Selagi mentari masih berputar, masih ada pagi yang akan mencerahkan gelapnya malam.
     
  4. smanduta

    smanduta Ads.id Fan

    Joined:
    Dec 4, 2014
    Messages:
    172
    Likes Received:
    27
    Location:
    Tangerang
    Setuju ... Pemula biasanya Egois yang di kedepankan ... sepaham mas ...
     
  5. Bagas Andra

    Bagas Andra Newbie

    Joined:
    May 6, 2020
    Messages:
    22
    Likes Received:
    2
    nice tips mas..
    walaupun ndak semua orang bisa melakukannya.

    Sent from my SM-A705F using Tapatalk
     
  6. Mhs

    Mhs Ads.id Pro

    Joined:
    Apr 13, 2019
    Messages:
    304
    Likes Received:
    80
    Barangkali boleh dishare mas start up apa yang pernah atau sedang digeluti saat ini ?
     
  7. Yuangga

    Yuangga Ads.id Starter

    Joined:
    Mar 30, 2020
    Messages:
    51
    Likes Received:
    9
    Gw bingung. ini tips buat siapa ? CEO ? atau Pekerja? wkwkwkwkw... karena udah pasti beda lah tipsnya..

    kalau dari point of view saya, kebanyakan startup yang failed itu karena emang ga works aja businessnya. Cara menilai ini kan bisa dilihat dari

    1. Result pekerjaan sewaktu pre-seed / seed funding.
    2. Problem solving yang tersedia dari produk yang dibuat.

    Dari 2 point diatas itu juga sebenernya ga cukup. Kalau CEO atau orang sekitarnya kurang bisa naratif memperkenalkan bisnisnya. Contoh, liat aja CEO Kopi kenangan. Gimana cara ngomongnya.. hahahaha..
     

Share This Page